NASA - A Human Adventure

Enji Magetsari A working mom, originally from Bandung. She lives in Singapore with food critics son Mahavyr and husband Arrizky Magetsari.

Instagram: http://instagram.com/enjita/

Saat liburan panjang Chinese New Year di Singapura kemarin, kami mengunjungi ArtsScience Museum di Marina Bay Sands. Kebetulan exhibition kali ini bertemakan NASA - A Human Adventure yang tentunya banyak menampilkan pengetahuan mengenai spaceship dan astronaut, dua hal yang sedang digemari Maha saat ini. Exhibition ini berlangsung dari 19 November 2016 hingga 19 Maret 2017, mengajak pengunjung untuk mengeksplorasi ekspedisi NASA dan bagaimana perjalanan manusia sampai ke luar angkasa.

Selain dapat melihat lebih dari 200 artifacts bersejarah termasuk spacesuits dan astronaut survival kit, pengunjung juga dapat melihat replika dari spacecrafts yang sudah pernah dibangun. Anak-anak boleh meminjam kostum seragam astronaut selama mereka berada didapat pameran. Jika berani, anak-anak dan pengunjung dewasa bisa mencoba G Force simulation, adalah simulasi dari spacecraft Mercury Liberty Bell 7 yang dipakai oleh test pilot, Gus Grissom.

Dalam galeri pertama, The Dreamers, diperlihatkan kisah orang-orang terkenal seperti Leonardo Da Vinci, Jules Verne, H.G Wells, Chelsey Bonestell, Robert McCall dan seniman, pemikir, penulis, penemu terkenal lainnya yang mempunyai mimpi-mimpi tentang luar angkasa.

 photo IMG_2973_1.jpg

Galeri kedua, Go Fever, memamerkan perjalanan sejarah dua negara super power berkompetisi mewujudkan mimpi mereka untuk menjejakkan kaki pertama kalinya ke bulan. Di galeri ini dipamerkan replika dari Sputnik, satelit pertama yang diluncurkan ke luar angkasa, menandai dimulainya era luar angkasa.

 photo IMG_2966.jpg

Dalam galeri ketiga, The Pioneers, pengunjung dapat melihat pemikir dan NASA scientists yang menggunakan seluruh waktu, pengetahuan dan tenaganya untuk mewujudkan mimpi manusia pergi ke luar angkasa menjadi kenyataan. Pengunjung bisa melihat langsung bermacam-macam teknologi yang dipakai dalam space travel machines.

 photo IMG_2967.jpg

Ini adalah replika dari Saturn V Moon Rocket, launcher terbesar dan terkuat yang sukses membawa manusia ke bulan dan berhasil membawanya kembali ke bumi.

 photo IMG_2882.jpg  photo IMG_2975.jpg

Ini adalah spacesuits yang dipakai oleh astronaut pergi ke bulan.  photo IMG_4625.jpg

Di galeri keempat, Endurance, dipamerkan alat-alat dan perbekalan yang digunakan oleh astronaut seperti celana khusus, alat cukur, makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh astronaut dalam perjalanan mereka ke bulan.

 photo IMG_4620.jpg

Dalam galeri kelima, Innovation, pengunjung bisa melihat inovasi-inovasi yang membantu mewujudkan ekspedisi ke luar angkasa seperti Apollo Command Module yang membawa manusia pertama ke bulan, Gemini Capsule spacecraft yang didesain untuk latihan misi ke bulan, dan masih banyak lagi inovasi peralatan dan spacecraft machines.

Apollo Command Module

 photo IMG_4635.jpg

Gemini Capsule Spacecraft

 photo IMG_2980.jpg

Atlantis, Space Shuttle Orbiter Vehicle Disini pengunjung bisa naik ke flight deck untuk melihat isi crew cabin.

 photo IMG_2901.jpg

Mars Land Rover

 photo IMG_2977_1.jpg

G-Force Simulation

 photo IMG_2974.jpg

ArtsScience Museum juga memamerkan instalasi karya seniman Indonesia, Venzha Christ, lulusan ISI Yogyakarta yang membuat instalasi ini pada tahun 1996. Instalasi ini mengajak pengunjung untuk merasakan dan mendengar suara-suara yang terdengar diluar angkasa berdasarkan penemuan dari radio astronomi dan gelombang radio dari luar angkasa.

 photo IMG_4621.jpg

(Kredit foto: foto pribadi, Hans Gunawan, dan Google Images)

11 Comments

  1. avatar
    ninit yunita February 18, 2017 10:23 am

    aduhhh pengen deh ke art science museum singapore... selalu bagus-baguuus. seneng banget liat maha, happy banget mukanyaaa. :)

    1. avatar
      Enji Magetsari February 18, 2017 11:22 am

      Semua happy disini, apalagi dibolehin pinjem baju astronautnya, sayang ga ada size untuk ibuu

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    Eka Gobel February 17, 2017 5:43 am

    Wiiii seru bangett! Maha pasti seneng banget yaa..
    Semoga mampir ke Jakarta juga yaa pamerannya.

    1. avatar
      Enji Magetsari February 18, 2017 11:23 am

      Iyaaa..keren bgt iniii

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    zata ligouw February 15, 2017 3:57 pm

    waaa kereeennn, duh jadi pengen banget bawa anak2 ke sana...

    1. avatar
      Enji Magetsari February 18, 2017 11:23 am

      Yuk yuk yuk sampe 19 mareett

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Gabriella F February 14, 2017 6:39 pm

    Waaaah ini pamerannya keren bangeeeet!!! Semoga nanti mampir juga ke jakarta ya pamerannya. Atau bisa dapat rezeki ajak Al ke sana. TFS ya Enji...

    1. avatar
      Enji Magetsari February 18, 2017 11:42 am

      Iya mudah2an mampir jakarta nih, keren banget, ibunya juga sukaa

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    dieta hadi February 14, 2017 9:29 am

    aahhh kece banget, anak-anak pasti betah kalo dibawa ke sini. semoga di Indonesia ada semacam museum seperti ini juga ya, tfs ya mbak

    1. avatar
      Enji Magetsari February 18, 2017 11:43 am

      Sama-sama dietaa

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .