Nursing Strike

Sejak umur 1.5 bulan, selama saya tinggal kerja, Al diberi ASIP lewat botol. Awalnya sempat cemas Al akan bingung puting dan sempat dilatih pakai cup feeder tapi kakek dan neneknya agak kerepotan dengan cup karena Al tipikal bayi yang lasak. Ternyata setelah seminggu switch botol dan menyusu langsung tampak tidak ada masalah, latch-on ok! It seems ok to use bottles. Semua berjalan sempurna sampai suatu hari menjelang Al 6 bulan.


Mungkin karena akhir-akhir ini saya tidak tuntas mompa saat subuh, saya terkena breast engorgement di PD kanan, tepatnya clogged duct. Saat di kantor sadar bengkak dan susah dipompa, saya masih santai. Toh sampai rumah disusukan. Ternyata Al tidak mau menyusui dari PD kanan karena dia harus ekstra usaha dan dia tidak suka. Mulailah PD kanan saya dilepeh-lepeh, bahkan Al memalingkan muka. Akhirnya kasih PD kiri. PD kanan semakin keras dan bengkak. Saya mencari artikel tentang clogged duct dan cara menghilangkannya, well teori dan kenyataan kadang tidak sejalan.


Contoh:



  1. Untuk menghilangkan clogged duct sering-sering disusuin ke bayi > Al tidak mau menyusu dari PD yang terkena clogged duct. 

  2. Susui dengan PD yang tidak terkena masalah baru pindah ke PD yang bermasalah > Al langsung cranky.

  3. Pompa dulu sebelum dikasih > Tetap dilepeh.


Pokoknya Al jadi rewel setiap nyusu dan tiba-tiba dia menolak PD kiri juga. Disinilah mulai The Nursing Strike Drama. Tidak mau nyusu padahal haus, kadang dua kepalan tangannya sampai masuk ke mulut, tidur gelisah, tapi disodori PD malah dilepeh bahkan buang muka, selanjutnya nangis kejer. Penyebabnya saya tidak tahu pasti, apa karena engorgement itu atau dia teething atau kombinasi. Pernah dari siang sampe malam Al menolak disusui. Akhirnya dikasih ASIP dengan botol dan dia mau minum. Lega tapi sedih.


Breast Engorgement + Nursing Strike = Stress!




What to do?


Saya start dari diri sendiri dulu dengan memikirkan ‘untungnya’. Kejadian ini untungnya menjelang Al 6 bulan, jadi nutrisinya nanti bisa terbantu dengan solid food atau juice. Untungnya, stok ASIP masih banyak dan saya masih bisa mompa, dia masih bisa ASI. Saya izin sakit selama seminggu (ga tanggung-tanggung ya ;)). Lalu saya rutin massage dan kompres, Alhamdulillah bengkaknya berkurang, PD kanan kembali bisa dipompa. Pokoknya hati si Ibu dibuat senang dulu supaya oksitosin tetap jalan.


Browsing tentang Nursing Strike terutama di sini:)


Untuk kasus Nursing Strike saya dan Al, inilah cara yang kami lakukan:



  1. Rajin menyodorkan PD setiap Al terlihat mau nyusu, tapi kalo ditolak, tidak apa-apa. Main-main dulu, gendong-gendong dulu, cek popok, nanti coba lagi. Intinya jangan dipaksa.

  2. Lupakan dulu teori sering susui PD yang terkena engorgement. Berikan posisi menyusui yang paling nyaman dan PD yang bayi mau. Kami biasa posisi cradle dan lying down, kalau Al tidak mau posisi cradle, alihkan perhatiannya sejenak. Saya lalu mencoba posisi lying down dan sebaliknya.

  3. Jika lebih dari 4 jam masih belum mau menyusui juga, saya berikan ASIP, tapi kali ini tidak memakai botol. Dia belajar lagi minum lewat sendok atau cup feeder.

  4. Susui di tempat yang tenang, bahkan suami saya kalau di kamar pas Al lagi nyusu tidak berani bersuara. Soalnya AL bisa langsung nengok dan gagal lagi nyusunya.

  5. Kalau jago dan sempat pancing LDR, lakukan sebelum nyusu. Saya kadang bisa kadang tidak, tapi jangan sampai kelamaan pancing LDR nanti Al keburu cranky.

  6. Do something fun together. Tempo hari saya ke mall bertiga (tetap sedia ASIP in case dia haus tapi tidak mau nyusu) ajaibnya Al menyusui dua kali selama di sana. Anak mall juga nih :)

  7. Tetap cek frekuensi pipisnya. Selama masih normal dan Al ceria berarti dia tidak kekurangan cairan.


Semua langkah di atas membutuhkan tingkat kesabaran super duper tinggi dan partner yang solid. Alhamdulillah saya didukung penuh oleh suami yang dengan sabar memberikan ASIP lewat cup feeder, menaikkan mood dengan membolehkan saya membeli bedak MAC :D. Suami dan orang tua saya ikut sibuk menenangkan kalau Al sedang cranky.


Ada yang bertanya kenapa saya berusaha seperti itu toh Al sudah ASI eksklusif. Alasannya sederhana, saya working mama dan saat pulang kantor bertemu Al lalu menyusui dia rasanya menyenangkaaan sekali jadi sedihnya jangan ditanya saat momen yang menyenangkan itu berubah sehingga membuat stress.


Sampai hari ini Al masih moody kalau menyusu tapi at least lebih baik daripada menolak sama sekali. Mudah-mudahan nursing strike ini segera hilang dan tidak kembali lagi!


 

27 Comments

  1. avatar
    golda September 3, 2013 8:50 am

    aku malah ketawa. demi hormon oksitosin, dipancing pakai bedak MAC!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Dewinta Nurseha June 26, 2013 9:36 am

    wah terharu baca ceritanya :') terimakasih sudah berbagi tips, semoga bunda dan baby Al tetep sehat. ditunggu cerita dan tips bermanfaat lainnya :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Tenryita_vivie June 11, 2013 4:08 pm

    Oh lala baru atau ada istilah nursing strike
    Hhhhmmm apakah si hamka lg ngalamin yg bgini yaks?
    Soale sempat kemaren beberapa hari lalu ga mw pas disodorin PD
    kirain kolik
    Karena dia keliatan haus tp ga mau mik en nangis kuenceng
    Gak mungkin bingung puting karena pake cup feeder mik asip selama aku gawe

    Kemaren klo dia lg bgitu jadi kugendong, nyanyi nyanyi dl trus dicoba lg en mau (pernah juga enggak si)

    En cucok bgt tuh kata si mommy tuk poin 4
    Hamka juga bgitu tuh, harus ditempat tenang
    dengar swara dikit ajiah (misal pintu kmr dibuka krn papanya masuk) nah lgs deh melepas mimik

    Daaannn samas jugah kejadian mau masuk hamka 6 bulan
    (jelang 10 hari MPASI)
    kadang pengen dipercepat MPASI nya karena dia suka bgt gigit2 jari tanda ga kenyang tp karena pipis msh >6x so asip en asi ajiah trusss
    En juga sebagai WM, menyusui sepulang kntr adalah hal terindah
    mknya klo anak gak mau tuh rasanya sesuatu buangeetsss
    (sesuai bahasan mommy diatas juga)

    Senang nemu bahasan ini
    Tenkyu mommy ^_^

    *btw hamka tdnya mau dipanggil al juga tp papanya ga setuju hehehheee

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Fonda May 27, 2013 2:26 pm

    Aaaa....anakku juga kayaknya lg Nursing Strike nih. Gak mau nenen, tiap puting masuk gk mau disedot. :'( Udah 3 harian kayak gini.
    Blm tau penyebab pastinya juga nih. Yg jelas tiap saya tinggal kerja dia minum dari dot. Kalo malem biasanya mau nenen. Sediiiih....Hatiku hancur berkeping2 (oke, yg ini lebay). Kira2 saya musti gmn ya?

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Ima Rifiyanti January 18, 2012 3:18 pm

    wah kalo ga punya tim yang solid gimana mom? tim nya aja ngga punya , apanya yg mau disolidkan he,..he,..ini pengalaman saya mom, kerja di perantauan tanpa ortu tanpa mertua, berdua tok sama suami dan anak pertama yg masih butuh perhatian. Nanny juga moody kerjanya. Engorgment sering. nursing strike juga pernah,..listrik sering banget matinya. Yach,...aku bisanya berdoa aja sama Tuhan...semoga babyku sehat dengan full ASI maupun sufor,...amin

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.