Pentingnya Anak Belajar Menerima Kekalahan

Sebagai orangtua, kita akan selalu merasa senang saat si kecil bisa menjadi yang terbaik, misalnya dalam pelajaran di sekolah, lomba mewarnai, belajar mengaji, les berenang, dan sebagainya. Memang berusaha menjadi nomor satu itu penting, tetapi bagi saya, mengajari anak untuk kalah dan tetap lapang dada juga tak kalah pentingnya. Saya tidak ingin ke depannya anak saya menjadi anak yang selalu menang, tetapi menghalalkan berbagai cara. Salah satu momen 'belajar kalah' ini didapatkan ketika si kecil mengikuti beberapa kompetisi di acara Open Day di sekolahnya.

Anak saya, Caca (3 tahun 8 bulan), duduk di kelas Pre-Kindy (PK). Caca memiliki postur tubuh paling besar di antara teman-teman sekelasnya. Ketika ada lomba sesama murid PK seperti fast ball (memindahkan bola sesuai warna) dan memindahkan ikan, ia selalu juara. Caca bangga sekali kalau pulang sekolah membawa piala dan hadiah lomba, serta selalu bilang kalau mau ikut lomba lagi biar punya banyak piala. Akhirnya saat ada acara Open Day di sekolah pusat, saya mengikutkan Caca ke beberapa lomba yang ia inginkan yaitu fast ball, mewarnai, dan menyanyi. Caca sangat bersemangat ikut lomba tersebut, dari jauh-jauh hari sudah berlatih dan selalu bilang kalau Caca mau menang dan membawa pulang piala.


Saya berharap dari pengalaman ini mudah-mudahan Caca belajar bahwa dalam hidup ke depannya akan ada saat-saat menyenangkan dan akan ada pula saat-saat kecewa dan sedih. Di luar semua itu, kami sebagai orangtua sudah sangat bangga melihat Caca berani berkompetisi saat lomba fast ball, berani tampil di atas panggung mengalahkan rasa takut dan gugup saat lomba menyanyi, serta mewarnai gambar secara lengkap saat lomba mewarnai.

Tetap semangat ya 'Nak, doa mama dan ayah yang terbaik selalu menyertaimu.

Related Tags : ,

8 Comments

  1. avatar
    Gabriella F March 1, 2016 10:19 am

    Betul banget, jadi sebelum berangkat ikut lomba-lomba biasa sudah dipersiapkan bahwa ikut lomba tidak sama dengan pasti akan menang dan dapat hadiah.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Siska Knoch February 29, 2016 2:55 pm

    Anak memang perlu diajari tentang yang kalah dan menang sesuai dengan tingkatannya. tp mommyluv percaya dengan sudah dibekalinya caca soal ini dan mengerti, tentu jadi akan lebih siap dan matang apabila lain waktu mengalami hal yang mungkin mirip.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    sadiyah khotimatus February 26, 2016 5:09 pm

    caca anak hebat, smangat ya :)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    irma_chan February 25, 2016 10:08 am

    Makasih mama-mama cantik..awalnya sempet kepikiran buat siapin hadiah duluan buat jaga2 kalo bocahnya cranky gak menang..tapi niat itu saya urungkan krn jadi kurang mendidik anak & takutnya malah jadi manja kedepannya..setuju sama @miminya kaka n abang

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Eka Gobel February 25, 2016 8:55 am

    Setuju, anak2 hrs diajari cara menghadapi kegagalan & kekecewaan. Tetap semangat ya kakak caca. Makin kuat dan hebat!

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.