Persiapan Kembali ke Sekolah Setelah Liburan

Libur kenaikan kelas pun berakhir. Hari ini ada yang sudah mulai masuk sekolah kembali. Sebagian lagi minggu depan atau pada minggu terakhir bulan Juli. Setelah sekitar sebulan bebas dari rutinitas sekolah, tentunya tidak mudah untuk mengembalikan suasana hati si kecil pada kesibukan-kesibukan yang menantinya. Sama saja seperti kita harus kembali bekerja setelah berlibur. Atau seperti saat kecil dulu, tangan terasa gemetar ketika harus menulis lagi pada hari pertama sekolah.

Nah, persiapan apa saja yang dapat dilakukan agar si kecil tidak kaget dengan rutinitas sekolah?

  • Mengembalikan jam tidur dan bangun tidur seperti hari sekolah. Anak-anak perlu dipaksa kembali pada jam tidur rutin agar tidak sulit dibangunkan pada hari pertama sekolah.
  • Mengajaknya ikut mempersiapkan buku-buku dan perlengkapan sekolah. Ajak si kecil memeriksa apakah ada perlengkapan sekolah yang harus dibeli lagi dan menyampul buku-buku sekolah.
  • Memeriksa apakah seragam sekolah masih layak dipakai. Cek kembali apakah masih muat atau sudah sempit. Selain itu, kita perlu juga memperhatikan apakah warna seragam masih bagus atau sudah kusam.
  • Mengembalikan peraturan menonton televisi dan bermain game yang biasanya lebih bebas di masa liburan. Anak-anak perlu dibiasakan kembali dengan peraturan yang berlaku selama hari-hari sekolah.
  • Menghindari pergi liburan ke tempat yang jauh pada minggu terakhir liburan. Hal ini bisa mengakibatkan kelelahan yang masih terasa saat hari-hari sekolah. Mungkin untuk anak-anak yang berlibur bersama nenek atau kakek di luar kota, bisa kembali sekitar seminggu sebelum masuk sekolah.
  • Ajak si kecil menentukan bekal apa yang ingin dibawanya, menu sarapan, dan camilan untuk hari-hari sekolah.
  • Beri pengertian bahwa liburan telah selesai dan saatnya untuk kembali bekerja keras. Sama seperti kita orang tua yang kembali bekerja setelah selesai liburan.

Nah, urban mama, bagaimana persiapan menjelang si kecil masuk sekolah? Apakah ada yang ingin ditambahkan?

Related Tags : ,

3 Comments

  1. avatar
    Cindy Vania July 11, 2018 3:32 pm

    Artikel ini membantu mengingatkan supaya aku ga kebluk lagi tidurnya, dan harus ganti celana sekolah anak2. Hahaha..

    Thanks ka gab!

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Imelda Sutarno July 9, 2018 10:35 am

    Point nomor 5 itu penting banget mbak Ella. Masih banyak ortu yang gak ngeh soal liburan di hari terakhir libur sekolah. Akibatnya anak besoknya kecapean dan gak mood pas masuk sekolah huhuhu.....aku selalu menghindari point nomor 5 itu.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    dieta hadi July 9, 2018 9:20 am

    Masuk sekolah masih seminggu lagi, ibunya belum nyiapain apa-apa hehe. Kalo buat Mika paling beli buku dan alat tulis serta seragam lagi sih karena seragamnya sudah mulai kecil. Kalo Jibril kayaknya harus siapin perbekalan makanan buat TK nanti.

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.