Prakarya Untuk Ngabuburit

Menemani si kecil menjalani Ramadhan pertamanya memang seru dan menantang ya urban Mama. Dari mulai membangunkan anak untuk sahur, mengakali supaya ritual sahur jadi seru, menemani dan memotivasi anak agar memperbanyak ibadah, menyiapkan hidangan tajil, sampai mengisi waktu anak di siang hari agar terlupa waktu menuju berbukanya. Yang satu ini tak kalah serunya.

Selain mengikuti pesantren kilat, bermain permainan panjang seperti monopoli atau membuat prakarya bisa juga menjadi alternatif untuk anak-anak mengisi waktu. Tak terasa waktu 2-3 jam lewat begitu saja.

Salah satu kreasi saya dan Nathan (7 tahun) di Ramadhan ini adalah membuat prakarya artwork untuk mengisi waktu. Awalnya mau buang kotak bekas surprise egg dan kertas warna sisa Nathan-Netta bermain. Akhirnya benda tersebut 'disulap' menjadi rumah-rumahan untuk mainan Sophia, kebetulan surprise eggnya dapat mainan tokoh Sophia. Sekalian membuat pohon dan semak di sekitar rumahnya. Bahan-bahanya hanya kertas warna, kotak bekas serta gabus untuk membuat pohonnya (bisa juga memakai karton bagian tengah tisu gulung, pokoknya asal pohon bisa tegak berdiri).

Nathan pun tidak mau kalah, dia ikut membuat laut berikut lumba-lumba loncat. Saya membuat rumahnya dari kotak, terinspirasi dari postingan teman di facebook. Saya sendiri takjub melihat Nathan punya ide membuat efek ombak bergulung dan lumba-lumba meloncat, entah idenya dapat dari mana. Untuk lumba-lumba loncatnya Nathan buat dengan ditopang menggunakan stick es krim.

Kalau yang berikut ini adalah kreasi Nathan dan Romo-nya. Mereka membuat pabrik dari plastik bekas wadah biskuit (plastik dalam kaleng biskuit). Untuk asap-asapnya menggunakan kapas, dan detail pabriknya dibuat dengan kertas warna dan mainan Nathan.

   

 

Intinya adalah bersenang-senang bersama anak mengisi waktu berpuasa. Untuk prakarya-prakarya ini mungkin tidak rapi karena finishing karya ini tentunya atas kendali si anak. Orang tua hanya menemani dan memfasilitasi kreatifitasnya, sehingga kembali ke tujuan awal: 2-3 jam berlalu tanpa terasa menuju waktu berbuka :)

Urban Mama-Papa ada yang membuat prakarya serupa bersama si kecil? Untuk ide-ide kreasi membuat prakarya bersama anak, urban mama-papa bisa cek di thread ini dan di sini.  Kalau sudah berkreasi, ditunggu sharingnya di forum ya! Semoga menginspirasi dan selamat menjalankan puasa yang menyenangkan bersama si kecil.

11 Comments

  1. avatar
    Mama Windy July 27, 2015 2:42 pm

    Terima kasih, Siska.. :)
    Saya gak kreatif kok, ide bikin rumah -> dr facebook teman, ide laut plus ombak -> idenya Nathan, ide asap2an dari kapas -> idenya suami, hihihihi..

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Siska Knoch July 24, 2015 12:07 am

    masih kagum sama ide asap-asapan dari asap parbiknya :)
    Kreatif banget windy. thank you for sharing!

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Mama Windy July 23, 2015 8:20 am

    Sama2..
    Mari iseng2 sambil senang2 bareng anak.. ;)

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Cindy Vania July 20, 2015 10:59 am

    Nathan dan mama Windy kreatif bangeett..
    Terimakasih yaa ide prakarya rumah dari kotak surprise egg,punya 3 kardus nih dirumah :D hihi

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Mama Windy July 17, 2015 8:42 am

    Sip sip.. silahkan coba dan kalo udah ikutan dipostingin di forum gallery kids art and craft ya.. :)
    Oh iya.. udah lebaran ni...
    Selamat hari raya Idul Fitri ya urban mama semua..
    Taqobalallahu mina wa minkum. Shiyamana wa shiyamakum
    Semoga amal ibadah kita semua diterima dan mohon maaf kalau ada salah2 kata selama saya bergaul di TUM ini ya.. :) :)

    1. avatar

      As .