Rekreasi Murah Meriah di Pulomas

Imelda Sutarno A working mom with two gorgeous krucils. Suddenly love the outdoor recreations as an impact of married with her scuba diver husband, Bambang. Take the kids from beach to the hill, from forest to the waterfall, will always give her (and her husband) joy and enthusiastic. Cooking isn’t her middle name but always trying to give her family the best food that she can. Now she lives in Jakarta.

Kalau sedang tanggal tua, mau mengajak anak liburan piknik atau sekedar refreshing pasti berpikir-pikir dahulu. Maklum, tanggal tua identik dengan semakin menipisnya kantong.

Untuk para mama yang tinggal di wilayah Jakarta Timur, mungkin tempat berikut ini bisa menjadi salah satu alternatif arena rekreasi anak yang murah meriah. Ya, tempatnya di lapangan parkir area Pacuan Kuda Pulomas.

Tempat ini terletak di samping Lapangan Pacuan Kuda Pulomas, Jalan Pulo Mas Jaya No. 1 A Kelurahan Kayu Putih Jakarta Timur. Setiap hari Sabtu dan Minggu, lapangan parkirnya sedikit berubah fungsi. Apa saja yang bisa ditemui di sana?

1. Naik kuda untuk anak

Kudanya berukuran agak kecil, sesuai dengan ukuran tubuh anak-anak usia 4-12 tahun. Para guide kuda ini menawarkan kuda-kuda tunggangannya kepada pengunjung dengan tarif Rp10,000 untuk satu kali keliling lapangan parkir. Satu putaran tidak sampai satu kilometer. Ketika anak sudah berada di atasnya, kudapun berjalan dituntun guide masing-masing. Jadi jangan takut kalau kuda tiba-tiba gelisah. Urban mama-papa pun dapat mengawasi saat anak-anak naik kuda.




2. Naik delman.

Para abang kusir delman menawarkan jasa naik delman dengan tarif Rp25,000 untuk satu kali rute memutari lapangan parkir. Keluar dari gerbang lapangan parkir, belok kiri ke arah jalan raya, terus menyusuri jalan memutar sampai depan jalan masuk apartemen Pulomas, dan kembali lagi masuk ke lapangan parkir. Worth the price untuk jarak tempuhnya.


3. Naik mobil aki

Nah ini yang paling ditunggu-tunggu oleh anak-anak. Naik mobil-mobilan bertenaga aki. Untuk 10 menit cukup membayar Rp10,000. Bentuknya bukan hanya mobil, tapi ada pula bentuk motor. Namun sayangnya mobil-mobilan ini kebanyakan sudah terlihat cukup usang dan kurang terawat. Mungkin karena heavy using, setiap hari disewakan sehingga mudah dan terlihat usang.



Setiap kali main ke Pacuan Kuda Pulomas ini, saya menyarankan sore hari seperti yang selama ini selalu kami lakukan. Karena matahari tidak terik dan langit akan semakin redup di sore hari menuju waktu magrib. Anak-anak bebas dari kepanasan. Jangan khawatir jika lapar dan haus, di luar parkiran banyak tukang makanan dan minuman berjejer menjual jajanan, namun urban mama-papa boleh juga menyiapkan bekal sendiri untuk anak-anak.

Mudah-mudahan tempat ini bisa menjadi salah satu alternatif para mama mengajak anak berekreasi di Jakarta dengan biaya yang sangat terjangkau.

7 Comments

  1. avatar
    Retno Aini December 15, 2015 2:35 am

    Waaah Pulomas! Jadi ingat jaman SMA suka lari pagi di sana hehe... Anakku senang banget pas mudik kemaren diajakin naik andong/delman, minta nambah pula xD

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Imelda Sutarno December 14, 2015 4:55 pm

    Alhamdulilah tayang lagi. Terima kasih mama mods semua :)

    @mba Cindy: iya mbak, kalo sore weekend bingung mau kemana biasanya ya main kesini. Yuk yuk kesini juga mbak

    @mba deravee03: mampir yaaa...seru kok apalagi berkudanya :)

    @eka dan mba Gabriella : iya, every kids love delman kayaknya ya. Eh gak kids aja ding, mamanya juga demen *tunjuk diri sendiri* hehe

    @mba Otie : sama-sama ya mbak. Semoga segera datang ke sini main-main :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    otie December 14, 2015 3:31 pm

    wah nice info! TFS ya..

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Gabriella F December 14, 2015 9:29 am

    Seru banget Alun dan Lintang, anak-anak selalu senang kalau diajak naik delman ya!

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Eka Gobel December 13, 2015 11:14 pm

    wah serunya lintang dan alun. enzo dan dante juga seneng banget tuh, naik kuda dan delman :)

    1. avatar

      As .