Seri Dino yang Mengasyikkan

Imelda Sutarno A working mom with two gorgeous krucils. Suddenly love the outdoor recreations as an impact of married with her scuba diver husband, Bambang. Take the kids from beach to the hill, from forest to the waterfall, will always give her (and her husband) joy and enthusiastic. Cooking isn’t her middle name but always trying to give her family the best food that she can. Now she lives in Jakarta.

Anak-anak di rumah sedang menyukai dinosaurus. Kesukaan mereka muncul setelah menonton film Jurassic Park yang melegenda itu diputar ulang di salah satu stasiun TV swasta. Mereka lalu minta agar dibelikan buku-buku yang berhubungan dengan dino.

Dari sekian banyak jenis buku yang membahas tentang dinosaurus, saya menemukan seri ini pada rak-rak di toko buku. Buku ini diterbitkan bulan Maret 2016 oleh Bestari Buana Ilmu. Naskah buku ini ditulis oleh Hasna Nelfia dan ilustrasi digambar oleh Sugeng Supriyadi.



Terdiri dari 10 buku yang masing-masing membahas jenis dinosaurus yang berbeda. Tentunya jenis dinosaurus yang lumayan terkenal bagi kita orang awam sekalipun ya, seperti T-Rex, Velocipraptor, Ankylosaurus dan lain-lain. Sayangnya kami baru mengoleksi 7 saja, karena pas ke toko buku 3 serial lain sedang kosong stoknya.

Setiap buku terdiri dari 24 halaman, dan selalu memuat cerita tentang:

  1. Siapa biasanya musuh mereka?
  2. Di benua mana mereka tinggal, berapa juta tahun yang lalu mereka hidup?
  3. Kenapa dino tersebut dijuluki dengan nama tertentu. Apa ciri yang menyebabkan julukan tersebut muncul?
  4. Apa makanan mereka dan bagaimana berkembang biaknya?
  5. Bagaimana anatomi tangan dan kaki mereka?

Dan di halaman terakhir selalu ditutup dengan summary dari dino yang dimaksud. Seperti gambar di bawah ini:

Sedikit sekali bahasa ilmiah terdapat dalam serial ini. Gaya penulisannya bercerita khas anak-anak membuat buku ini digemari, karena memahami tentang dinosaurus menjadi semakin mudah.



Bentuk bukunya pun unik, tidak kotak biasa seperti buku pada umumnya. Plus harganya tidak terlalu mahal. Per buku harganya Rp19.500,-.

 

Hampir setiap malam sebelum tidur, anak-anak selalu minta dibacakan buku ini. Walaupun diulang-ulang, mereka tetap saja antusias minta lagi dan lagi. Senang rasanya bisa mengajak anak-anak bertualang ke dunia dinosaurus melalui buku.

Related Tags : ,,,

8 Comments

  1. avatar
    Eka Gobel October 31, 2016 7:53 pm

    Seru banget! Anak cowok emang sukanya dinosaurus yaaa... dan iyaa diulang2 terus ga bosen2 :)

    1. avatar
      Imelda Sutarno November 1, 2016 3:40 pm

      iya bener Eka...mamanya akhirnya ikut terkagum-kagum deh sama para dino ini, karena tugasnya ngebacain buku-buku ini sebelum tidur atau kalau pas mereka mau aja.
      Ka, kok koemn-komen di postingan ini enggak masuk ke notifikasi emailku kayak biasa ya? Jadilah aku manual ngeliatin postingan ini tiap hari, siapa tau ada komen baru masuk

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  2. avatar
    adhisti rahadi October 31, 2016 8:51 am

    Anak saya juga lagi suka dino, Mbak. Buku2 diatas termasuk yang murmer tapi kualitasnya bagus, dan ternyata lokal punya. Sekarang banyak yang ilustrasi dan ceritanya bagus, dan karya penulis dalam negeri. Makasi ya Mbak infonya :)

    1. avatar
      Imelda Sutarno October 31, 2016 11:44 am

      wah toss dulu mba Adhisti...iya bener, buku lokal gak kalah bersaing ya sama yg impor. Mudah-mudahan bisa menambah koleksi Dino anakmu ya mbak :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania October 31, 2016 7:57 am

    Hoooo ada ya buku Dino yang khusus bahas 1 jenisnya? Ini bisa dibeli di mana mba Imel? kebetulan banget kid #2 lagi sukaaaa sama Dino dan mamanya kurang pengetahuan tentang ini :(

    1. avatar
      Imelda Sutarno October 31, 2016 11:45 am

      iya akupun terkejut-kejut mbak begitu di rak toko buku ada yang bahas 1 jenis aja kayak gini hehe. Ini aku belinya di Gramedia mbak, cuma ya sedihnya kurang lengkap aja makanya gak bisa beli sepuluh-sepuluhnya, dan aku juga belum sempet tanya ke penerbitnya: apakah akan ada cetak ulang lagi atau gimana. Ayo beli mbak, asik buat dikoleksi ni :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    zata ligouw October 30, 2016 5:24 pm

    wahhh keren nih, si bungsu pasti suka banget.. makasih infonya ya mama Imelda :)

    1. avatar
      Imelda Sutarno October 31, 2016 11:46 am

      sip mbak...selamat mengoleksi ya :)

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.