Singapore Zoo

Dan ketika masanya tiba, ternyata saya dan hubby yang supersemangat! Hubby bahkan sampai mengecek ramalan cuaca via aplikasi hp-nya demi menjamin acara juragan kecil besok di bonbin berjalan mulus nggak kepotong hujan. Lalu nggak lupa browsing web Singapore Zoo. Tapi karena terlalu banyak info, akhirnya malah pusing sendiri karena sepertinya banyak yang seru.

Di sinilah media sosial punya dampak superpositif. Saya minta masukan para urban Mama yang sudah lebih berpengalaman menjelajah mantan peraduannya si Ah Meng (orangutan maskot Singapore Zoo) ini via FB dan Twitter (@theurbanmama).




*Akhirnya sampai juga... What a long ride to Mandai!


Berbekal tips dari teman-teman, hasil browsing, print-an jadwal bus Singapore Zoo serta jadwal show, Sabtu pagi lalu, melanconglah kami ke Mandai.
Kami naik taksi hingga The Heeren – Orchad dan menunggu bis Singapore Zoo yang jadwalnya akan berhenti mengangkut penumpang di halte bus di depan Hotel Meritus Mandarin Orchad itu. Sekali jalan, biaya naik bus ini SGD 4 /orang, mulai 3 tahun ke atas. Perjalanan Orchard - Mandai memakan waktu kira-kira 1 jam. Tapi justru bagus karena Rafe bisa bobo di jalan dan bangun dengan kondisi siap tempur! :)

Nah, berikut kronologis petualangan kami di bonbin Singapura via jepretan lensa.




Suasana di Rainforest Courtyard.
Bisa foto sama burung Kakatua! Mau yang gratis foto sendiri atau sama fotografer Singapore Zoo juga bisa.


 




Disapa White Face Monkey yang bebas berkeliaran! Tapi jangan kasih makan mereka ya.


 




Sowan ke lambang dufan si monyet bekantan alias Proboscis.


 




First stop: habitat bekantan dan burung enggang (hornbill).


 




Saya suka banget dengan desain displaynya yang kaya informasi.


 




Next stop: Tapir!
Loving the interactive, informative, educative, fun, hands-on learning for kids display. Bonbin Indo harus mencontoh nih.


 




Boat Ride.
Since Rafe loves boat so much, we decided to take one. Nice tour on board and you get to touch water lizard's skin and... like me... I am touching the skin of the most dangerous snake on planet. It's venom could kill a man in 15 min. It's a taipen's snake.


 




View from the boat... lovely!


 




Garden with A View.
Don't forget to take a picture at legendary Ah Meng Memorial. Ah Meng was the zoo's icon. She passed away in 08.


 




At Shaw Foundation Amphitheater.
Ready for... rainforest fights back!


 




Yang ditengah itu bukan foto abang-abang jualan obat. He's the actor in disguise.




Last stop before we want home to catch a 5.30 bus to the town: Polar Bear!


 




Fakta menarik tentang polar bear yaitu lemak di susu polar bear sampai 48% sementara di ASI hanya 4% aja gitu...
Read on the pics to know more about this lovely biggie bear.


 




These things keep polar bears busy so he won't think so much about home and thus not being homesick... Judging by the shape of the cone, you know the bear is longing for something... :D




Alhamdulillah, walau hujan di sore harinya, tapi pengalaman kami membawa Rafe ke bonbin Sabtu itu seru banget! Rafe kelihatan senang dan takjub lihat banyak binatang dari dekat. Biasanya kan dia lihat di tivi/video. Akan kami jadwalkan berkunjung secara teratur ke mari. Terima kasih kami haturkan untuk teman-teman yang sudah memberi input, what's cool n fun, di Singapore Zoo ini.


Nah, buat urban Mama dan Papa yang belum pernah ke mari, tempat ini saya rekomendasikan untuk pasangan dengan atau tanpa anak, tua-muda... untuk semua orang. Banyak yang bisa dinikmati selain melihat binatang dari dekat. Dan percayalah, keluar dari bonbin ini, Anda akan sedikit lebih tahu tentang dunia fauna dan polahnya yang... astaga, kok mirip manusia ya? :P
Bonbin yang berslogan "World's Best Rainforest Zoo" ini bisa dinikmati semua umur.



Karena sudah pernah, boleh dong kami berbagi tips-tips... semacam Sg Zoo 101 gitu, dari kami dan dari input teman-teman kami :





  • Invest di trem, harganya 5 dollar per orang (mulai 3 thn ke atas), tapi bisa dipergunakan tidak terbatas selama kunjungan Anda hari itu. Bagus buat memutari seluruh bonbin sambil melihat sekilas keseluruhan, berguna di kala capek jalan dan... waktu hujan! Naik trem putar-putar di bonbin waktu hujan nggak kalah serunya kok.


    trem ride: relaxing, fun, and good when it's raining





  • Kalau repot bawa stroller, bisa sewa stroller di sini atau malah bisa coba little xplorer ini. Serunya dobel, kalau naik trem bisa dilipat kok :). Kalau ingin pesan little xplorer, sebaiknya booking via telepon supaya tidak kehabisan.



  • Makan di Ah Meng Resto lebih seru karena banyak pilihan. KFC menang di lokasi dekat pintu masuk dan Rainforest Kidzworld. Ruangannya tertutup berAC, ngadem di AC setelah menjelajah bonbin itu nikmat, Jendral! makanya KFC selalu penuh dan cari tempat duduk butuh perjuangan tersendiri di akhir pekan.



    Suasana Ah Meng resto, do take notice that there's a big bird walking around in the resto :)





  • Splash show, dengan maskot si anjing laut Carlos adalah favorit, karena tempatnya nggak sebesar Rainforest Fights Back, kalau memang berniat nonton datang 1 jam sebelum jadwal show dan duduk-duduk aja sambil ngadem di situ daripada nggak kebagian tempat.


    Sempat terharu baca info tentang papa Pinguin dari papan info berbentuk pinguin.
    Selama 60 hari lamanya dia berdiri di tempat paling dingin di Bumi, mengerami telur di dalam lipatan kulit antara kedua kakinya. Selama periode ini katanya, 'he has nothing to eat'! Lalu setelah bayi mereka menetas, papa pinguin akan berganti peran dengan mama pinguin dalam memberi makan dan menjaga bayi mereka. Lelaki teladan masa kini itu seperti papa pinguin ya :)





  • Bawa topi, payung, jas hujan, kacamata hitam, baju ganti, sunblock sudah pasti... tapi kalau punya kipas stroller atau kipas tangan, atau bahkan kincir angin...bawa! Jangan lupa handuk kecil untuk menyeka keringat daripada buang-buang tisu.



  • Nah, kalau mau, Anda bisa juga naik gajah satu putaran. Harganya lumayan untuk seputaran itu. SGD 8 per orang. Our take on this? If you have budget, go for it! Jarang-jarang bisa naik gajah... biar pernah dan sesekali, pasti jadi pengalaman menyenangkan yang lumayan seru. Pastikan ada anggota keluarga yang bisa mengabadikan Anda naik gajah, kalau nggak jangan kuatir, ada fotografer dari Sg Zoo yang memotret Anda dan tanpa kewajiban, kalau suka Anda bisa membeli fotonya sebagai kenang-kenangan seharga SGD 20. Mahal!


    It'was raining so we had to cancel to play at Wet Play at Rainforest Kidzworld
    but at least yeaaay, we rode an elephant!

    Ps. Rekomendasi beberapa teman, Elephant of Asia show bagus banget, sayang saat kami ke sana sedang direnovasi, gajahnya sedang dalam masa pemontokan :D





  • Do take a boat ride, the view is lovely, cocok untuk ngadem saat panas, walaupun artinya another SGD 5 untuk tiket. Triknya, lucu juga beli tiket Zoo-sper; admission (SGD 18) + tiket trem + tiket boat = SGD 25, hemat SGD 3 per orang, lumayan kan? :)


Singapore ZOO
80 Mandai Lake Road
Singapore 729826
Tel: (65) 6269 3411
Fax: (65) 6365 2331
E-mail: [email protected]
Website: http://www.zoo.com.sg/

* Klik GETTING HERE untuk tahu banyak cara menuju bonbin ini
** Klik MAP untuk selayang pandang Singapore Zoo

22 Comments

  1. avatar
    Lea Hermanus June 25, 2010 11:28 am

    mbak, mo tanya waktu datang ke sing zoo bulan apa?

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Winda June 23, 2010 1:47 pm

    makasih Mama Icha buat info dan foto2nya yang lengkap, very useful, Insya Allah Feb nanti mau ajak Devan kesana, hihi masih lama ya...kalo ada info ttg Universal Studio, mau banget deh di infoin...:)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Eka Gobel June 13, 2010 9:21 am

    cha, seru banget yaa.. photo2nya juga bagus2 latar belakangnya (lho! hihihi...)
    asyik kayaknya yg Boat Ride & Garden with the View bener2 bisa untuk refreshing yaa..
    TFS, cha..

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    tiwtiw June 12, 2010 11:45 am

    foto2nya bagus2 deh Icha...
    Salah satu tempat favorit di singapore niy..setiap ke singapore,pasti ke zoo.soalnya souvenirnya lucu2..hihihi..insya Allah klo ada kesempatan mau ajak Amira ke sana..tapi,tunggu seumur Rafe dulu kyanya yaaa..
    TFS Icha..

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Icha Rahmanti June 11, 2010 7:31 pm

    hi teman-teman urbanmamaS
    thanks juga udah baca :)
    iya seru sekali ke sana, bulan2 ini kami puasa ke zoo, ngalah sama pelancong hehehe
    tapi sebelum puasa nanti pengen deh ke sana lagi karena kunjungan pertama itu gagal ke Wet Play di Rainforest Kidzworld dan belum ikutan kasih makan binatang...

    @Dian yuuk!
    @Astrid makasih :)

    happy weekend, mamaS !

    1. avatar

      As .