SOCFORTY-ONE: Stop Child Abuse!

Berawal dari dimuatnya artikel saya tentang Mini Social Campaign: Stop Child Abuse! di sini, maka kesempatan untuk melakukan aktivitas kampanye sosial untuk amal ini pun muncul kembali. Di luar ekspektasi saya, artikel tersebut ternyata mendapatkan sambutan yang hangat dan positif. Bahkan, salah satu pelopor rental perlengkapan bayi di Jakarta, Bambino Piccolo pun tertarik mengajak saya bekerja sama untuk membuat mini social campaign ini menjadi lebih luas. Bambino Piccolo, melalui ownernya, Mba Nonik, langsung menghubungi saya setelah membaca artikel tersebut.

Sebagai program manager yang ditunjuk oleh Bambino Piccolo, saya pun mulai memikirkan segala hal yang menyangkut pelaksanaan kegiatan kampanye sosial ini. Selaku owner Bambino Piccolo, Mba Nonik sangat terbuka dan membantu saya mulai dari pematangan konsep hingga terjun langsung untuk survey yayasan dan pemilihan vendor produksi kaos.

Program kampanye sosial ini kami namakan SOCFORTY, yang merupakan kepanjangan dari Social Campaign For Charity. SOCFORTY ini merupakan program kampanye sosial yang ditujukan untuk kepentingan amal dan dilaksanakan dalam kurun waktu satu tahun dengan beberapa tema yang akan diusung. Karena kampanye sosial ini berbasis internet dan metode crowdfunding, maka kami harapkan pesan persuasif yang ingin kami sampaikan akan diterima oleh masyarakat pada umumnya dan secara khusus, oleh para orangtua muda yang ‘melek’ social media serta peduli pada isu yang terjadi di sekitarnya. Pesan persuasif kampanye akan kami sampaikan dalam wujud penjualan merchandise bertema serta sharing informasi terkait tema kampanye melalui twitter @bambinopiccolo dan fanpage.

Untuk putaran pertama (SOCFORTY-One), kami sepakat untuk mengangkat kembali tema stop kekerasan pada anak. Mengapa demikian? kami merasa bahwa isu kekerasan pada anak adalah isu yang mengkhawatirkan dan memiliki kecenderungan untuk meningkat di negeri kita. Bahkan, pada tahun 2013 lalu, beberapa aktivis pejuang hak anak dan beberapa lembaga yang bergerak di bidang anak, menyebut tahun 2013 sebagai tahun darurat kekerasan pada anak di Indonesia karena skala kasus yang terus meningkat. Berdasarkan data dan laporan yang diterima Komnas Anak Indonesia, dalam empat tahun terakhir (2010 hingga 2014) , sebanyak 21.689.797 kasus kekerasan pada anak telah terjadi di 34 provinsi dan 179 kabupaten/kota di Indonesia. Jumlah ini hanya jumlah berdasarkan kasus yang dilaporkan, belum lagi kasus-kasus yang tidak dilaporkan. Angka ini saja sudah cukup membuat kita selaku orangtua tercengang.

Terkait dengan tema SOCFORTY-One ini, kami merangkul YKAI (Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia) sebagai beneficiary program kami. YKAI merupakan pelopor yayasan yang fokus dan bergerak di bidang hak asasi anak sejak tahun 1979. YKAI kami anggap sejalan dengan tema kekerasan pada anak, mengingat yayasan ini memiliki berbagai program terkait kekerasan pada anak yang cukup variatif dan inovatif. Antara lain program dan penelitian tentang pencegahan kekerasan terhadap anak di sekolah (di 4 sekolah dasar di Jakarta Selatan sebagai pilot project), assessment dan kegiatan seminar parenting skill di sekolah, pembuatan modul pencegahan kekerasan pada anak di sekolah, layanan konseling bagi korban kekerasan pada anak, advokasi dan audiensi dengan pemerintah dan lembaga lainnya terkait isu kekerasan pada anak pun telah dilakukan oleh YKAI.

Dari segi merchandise, untuk putaran pertama kami memutuskan untuk membuat kembali kaos dengan tema stop child abuse yang designnya berbeda dari mini social campaign sebelumnya. Selain itu, kami coba menampung saran dari para pembaca artikel dan teman-teman, sehingga kaos ini tidak hanya ditujukan untuk anak saja, tetapi juga untuk keluarga (family t-shirt). Jadi para mama bisa kembaran pakai kaos dengan anak dan juga suami. Setelah berpikir keras tentang konsep design kaos dan berdiskusi dengan designer kaos, maka inilah sample dari family t-shirt yang akan dijual:

Bagaimana menurut urban mama? Semoga design kaosnya berkenan di hati para mama, sehingga banyak mama yang membeli sekaligus berpartisipasi dalam SOCFORTY-One ini (amin). Untuk pemesanan kaos sekaligus berdonasi, mama bisa langsung klik di sini. Mama bisa terus memantau akun twitter dan facebook bambino piccolo ataupun akun twitter dan FB saya untuk update kampanye SOCFORTY-One: STOP CHILD ABUSE. Akhir kata, saya sangat bersyukur sekaligus tak sabar untuk memulai kegiatan ini. Mohon doa dan dukungan dari urban mama sekalian agar program kampanye sosial ini bisa sukses dan pesan persuasifnya tersampaikan. Terima kasih.

18 Comments

  1. avatar
    Gena Lysistrata February 27, 2015 12:36 pm

    @pradany hayyu: ahhh mama nav,makasih ya udah support dan beli kaosnya

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    pradany hayyu February 24, 2015 3:13 pm

    Semoga sukses social campaign-nya ya, mama Janthra. Kaosnya aku udah pesen 1 buat Nav. Hehe.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Gena Lysistrata February 21, 2015 4:43 pm

    @mba cindy: iyaa mba cin.makasih byk ya atas doa dan supportnya

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Gena Lysistrata February 21, 2015 4:42 pm

    Mama Nara: hai mama Nara!makasih yaa atas sarannya

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Cindy Vania February 18, 2015 11:11 pm

    Keren banget idenya mama janthraa..design kaos juga oke.
    Semoga kaosnya laris manis ya mbaa :)

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.