Taman Andhang Pangrenan Purwokerto

Senang sekali ya, kalau melihat kota atau kabupaten mempunyai taman kota sendiri. Taman-taman kota semacam ini menjadi alternatif tempat wisata murah meriah dan seru dibandingkan selalu mengajak anak ke mal atau bermain di indoor playground. Saya senang sekali saat mengetahui Puwokerto memiliki taman kota yang asri bernama Taman Andhang Pangrenan. Taman ini didirikan pada tahun 2011 silam, terletak di Jl. Gerilya Purwokerto dan dibangun dari area bekas terminal lama.

Waktu kemarin mudik ke Purwokerto, kami mengajak Jibril dan Jihan bermain di Taman Andhang Pangrenan. Benar saja,  saat baru melangkah masuk ke taman ini, mereka berdua sudah antusias berlari-larian. Fasilitas dalam Taman Andhang Pangrenan ini pun amat baik, terdapat arena bermain anak,  kursi-kursi taman serta tempat makan. Selain itu musholanya cukup bersih, toilet dalam tamannya pun terdapat di tiga lokasi yang berbeda, dan ada juga jogging track bagi pengunjung yang mau olahraga lari, penyewaan sepeda, juga hall outdoor untuk tempat pertunjukan.

Selain fasilitas yang sudah disebutkan di atas, terdapat juga permainan kereta mini dan komidi putar. Hanya saja karena kami datang saat pagi hari, kedua wahana mainan tersebut belum beroperasi dan kami tidak tahu apakah untuk mencobanya harus membayar lagi atau tidak. Alhasil, Jibril dan Jihan hanya menumpang duduk saja untuk foto-foto.

 

Taman kota Andhang Pangrenan ini cukup asri karena banyaknya pepohonan. Hanya saja karena pepohonan yang ada belum tumbuh rimbun dan cukup tingginya sampai jadi, kadang kalau sudah siang masih terasa sedikit panas. Asal taman ini tetap baik perawatannya, kami pikir di tahun-tahun mendatang taman kota ini akan menjadi tempat yang akan jauh lebih menyenangkan, mengingat pohon-pohonnya pun akan tumbuh menjadi lebih rindang.

Untuk harga tiket masuk ke taman Andhang Pangrenan, berlaku tiket dewasa Rp. 2500,-/orang dan tiket anak seharga Rp. 1500,-. Puas sekali acara main-main kami di pagi hari itu di taman Andhang Pangrenan. Semoga saja taman-taman kota seperti ini akan semakin banyak disediakan oleh pemerintah di kota dan kabupaten lainnya di Indonesia.

9 Comments

  1. avatar
    Neneng Restiana December 1, 2015 1:50 pm

    Zata, Iya hiburan murmer ya taman bermain kaya gini, semua anak pasti senang :)

    Teh Ninit, iya Teh tamannya keren, bersih dan luas, dan bisa ngerjain byk aktivitas di sini bahkan untuk sekedar duduk manis membaca buku atau ngobrol sm teman.

    Eka, Aamiin Ka, senang yah klo banyak RTH di banyak daerah lainnya, apalagi sempet baca billboard di Depok akan dibangun Taman Pertamina.

    Ines, seru yah Taman andhang ini, sekali2 bisa deh ntar reunian lagi main ke sana brg temen kuliah.

    Imelda, iya saling berbagi yah kita, siapa tahu ntar sempet mampir ke Purwokerto bisa deh main ke sini :)

    Shinta, iya prosotan dan play ground untuk anak2nya emang bagus banget, suka deh liatnya.

    Cindy, sama2 Cin..klo dari kayu gitu kesannya jadi lebih natural ya Cin :D

    Aini, aamiin..iya semoga taman2 kaya gini sll dijaga dengan baik oleh pengunjungnya ya Ai.

    Terima kasih juga untuk The Urban Mama sudah bisa berbagi cerita ttg taman ini :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Retno Aini November 23, 2015 5:54 pm

    Sukaaa deh di daerah2 luar Jakarta Bandung mulai banyak taman-taman publik & area bermain outdoor utk anak n keluarga gini. Bagus & bermanfaat bgt buat warga. Semoga warga setempat turut menjaga & merawat taman ini ya... Tfs yaa Neng, mau yaa sharing lg kalau ada review taman bermain publik yg keren lainnya :D

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania November 19, 2015 5:50 am

    mba Restiana,keren banget yaa taman andhang pangrenan ini.. aku suka deh kalau lihat mainan anak-anak yang dibuat dari kayu gitu :D
    TFS mba restyaa..

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Shinta Daniel November 17, 2015 6:57 am

    bagus tamannya, suka deh liat prosotannya...

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Imelda Sutarno November 16, 2015 12:10 pm

    Seneng deh baca artikel-artikel yang ceritain soal taman atau outdoor activities begini. Biar anak gak melulu taunya cuma mal aja :) TFS ya mbak Neneng Restiana

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.