TUM's Weekly Roundup: 10 August 2018

Selamat hari Jumat, Urban Mama! Bagaimana aktivitas seminggu yang dijalani kemarin? Kami harap semua berjalan lancar ya.

Di bulan Agustus ini, untuk merayakan World Breastfeeding Week yang tahun ini mengusung tema 'Breastfeeding: Foundation of Life', The Urban Mama akan menghadirkan kembali tulisan-tulisan seputar menyusui. Minggu ini dibuka dengan tulisan mengenai Nutrisi Untuk Mama Menyusui yang dibahas oleh TUMExpert F. B. Monika.

Sebagai seorang konselor laktasi dan La Leche League (LLL) Leader fo Rochester South NY - US, Mbak Monik banyak sekali menerima pertanyaan mengenai nutrisi untuk Mama menyusui. Termasuk di antaranya berbagai mitos yang salah seputar nutrisi, apa yang Mama makan, dan minum selama menyusui. Menurut Mbak Monik, para mama harus kritis menyikapi berbagai iklan produk-produk yang menyatakan mampu membuat ASI lebih lancar, lebih berkualitas, lebih kental, padat gizi, dan sebagainya. Dalam tulisan mengenai nutrisi untuk ibu menyusui tersebut, Mbak Monik membahas mengenai nutrisi untuk Mama menyusui dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kerap dilontarkan para Mama menyusui.

Bicara tentang nutrisi dan makanan sehari-hari, adalah tantangan sehari-hari bagi para Mama agar dapat menyajikan makanan sehat kaya gizi untuk keluarga di rumah. Minggu ini Mama Eka Gobel berbagi resep hidangan nasi dari Jepang, yakni Oyakodon. Oyakodon yang kaya gizi ini adalah salah satu menu andalan keluarga untuk hidangan sarapan, makan siang, maupun untuk bekal sekolah. Padat gizi bukan berarti sulit disiapkan, justru Oyakodon mudah dibuat dan resepnya simpel. Mengawali akhir pekan dengan sarapan Oyakodon bersama tentu menyenangkan sekali ya. Urban Mama tertarik untuk membuatnya, silakan baca resep Oyakodon di sini.

Adakah Urban Mama dan Papa yang berencana untuk mengenalkan bahasa kedua kepada anak? Dalam tulisan Ajari si Kecil Bahasa Kedua Sejak Dini, dijelaskan bahwa waktu terbaik untuk mengajarkan bahasa kedua kepada adalah dalam waktu yang sama saat anak hampir selesai belajar bahasa pertama. Adapun cara terbaik bagi seorang anak untuk belajar mengerti bahasa baru adalah dengan mendengar secara langsung dari orang yang berbicara bahasa kedua sebagai bahasa ibunya (native speaker). Kembali lagi, setiap orangtua memiliki pertimbangan yang berbeda-beda atas pola pengasuhan anak termasuk dalam mengenalkan bahasa kedua selain bahasa ibu.

Meski bukan lagi musim liburan, untuk menyambut akhir pekan ini mari kita melanglang buana sedikit lebih jauh dari Indonesia menuju Kroasia. Apakah Urban Mama dan Papa menyukai berwisata ke tempat-tempat yang dijadikan lokasi syuting film/serial TV favorit? TUMContributor Melisa Zealanda berbagi pengalamannya saat mengunjungi kota Dubrovnik di Kroasia yang menjadi lokasi syuting serial Game of Thrones. Saat ini, kota Dubrovnik sudah bisa dipastikan menjadi destinasi impian bagi para penggemar serial Game of Thrones. Tetapi melihat keindahan kotanya, tak bisa dipungkiri siapapun pasti ingin mengunjungi Dubrovnik dan merasakan langsung kemegahan arsitektur kota tua di pesisir laut Adriatik ini.

Nantikan selanjutnya tulisan-tulisan seru dan informatif di The Urban Mama minggu depan, ya. Selamat berakhir pekan dan selamat berkumpul bersama keluarga tercinta, Urban Mama dan Papa!

3 Comments

  1. avatar
    Angie Renata August 11, 2018 5:49 pm

    Senang banget baca artikel minggu ini, variatif dan banyak info pentingnya. Minggu depan ngga boleh kelewat artikel lainnya nih :)

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    ninit yunita August 10, 2018 7:20 am

    seneng banget minggu ini baca-baca artikel TUM :)
    happy weekend urban mama semua.

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Cindy Vania August 10, 2018 5:59 am

    Aww.. ditunggu update artikel2 kece lainnya yaa..

    Banyak banget yang bagus! Suka deh

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.