TUM's Weekly Roundup: 26 Oktober 2018

Apa kabar, urban Mama dan Papa sekeluarga? Bagaimana aktivitas yang dijalani seminggu ini, semoga semuanya berjalan lancar ya.

Di Minggu ini, The Urban Mama membagikan tulisan yang mengulas tentang post natal depression (PND). Postnatal depression adalah salah satu tipe depresi yang dialami ibu setelah memiliki bayi. Menurut nhs.co.uk, PND adalah masalah umum yang memengaruhi lebih dari 1 di setiap 10 wanita dalam satu kurun tahun melahirkan. PND dapat muncul secara tiba-tiba maupun berkembang perlahan-lahan, dimulai pada tahun pertama pasca melahirkan. Adapun perlu dipahami bahwa PND dapat disebabkan oleh banyak faktor, bukan kekurangan atau kesalahan dari sang ibu. Dalam tulisan Melawan Post Natal Depression, Mama Pungky berbagi kisahnya menjalani bulan-bulan saat menghadapi PND. Dari kisah Mama Pungky, urban mama dan papa dapat melihat bahwa pemahaman akan kondisi tersebut dan bantuan dari anggota keluarga terdekat -seperti pasangan, sahabat, dan orangtua- turut menentukan keberhasilan seorang ibu untuk lepas dari belitan PND.

Kehidupan sehari-hari dapat menjadi sangat sibuk bagi kita, para orang tua. Seringkali semua kesibukan mengurus rumah, keluarga dan pekerjaan terasa berlangsung sekelebatan saja, sampai kita pulas jatuh tertidur dan terbangun keesokan harinya untuk melakukan rutinitas yang sama. Karena merasa dikejar-kejar waktu, tak jarang kita jadi melewatkan momen-momen spesial bersama si kecil. Momen-momen yang baru teramati ketika kita ‘slow down’ sejenak dan benar-benar ada untuk si kecil. Rutinitas harian memang perlu, agar keseharian kita dan keluarga berjalan mulus punya tujuan. Namun bukan berarti hidup dikendalikan oleh rutinintas, dan melewatkan banyak waktu spesial bersama keluarga. Easier said than done- apalagi dengan banyaknya tuntutan hidup masa kini dan kekhawatiran untuk menyiapkan masa depan keluarga. Namun harap diingat kembali: waktu tak dapat diputar ulang. Meski kita tidak dapat menghentikan waktu, kita dapat memilih untuk menikmati waktu yang dimiliki sekarang, saat bersama anak-anak. Dalam tulisan Ciptakan Momen Spesial Bersama si Kecil, Mama Aini Hanafiah memberikan beberapa tips untuk 'slow down' sejenak dan hadir untuk si kecil, karena momen sederhana yang menjadi sebuah rutinitaslah yang justru terasa spesial sampai si kecil besar nanti.

Bagi Mama Ninit Yunita, menyiapkan sarapan untuk anak-anak dan mengantar mereka pergi ke sekolah adalah hal yang sangat dinikmatinya di pagi hari. Menurutnya, dua hal tersebut menyenangkan karena saat menyiapkan sarapan, ia bisa mengawali hari dengan mengobrol bersama anak-anaknya. Demikian juga saat mengantar anak-anaknya ke sekolah. Namun urban Mama pasti tahu kalau pagi hari itu cukup 'chaotic'. Belum lagi kalau anak-anak bersekolah di sekolah yang berbeda, maka waktu sarapan harus disesuaikan jadi lebih awal. Atau tiba-tiba si adik lebih santai saat bersiap-siap ke sekolah, sementara si kakak sudah siap. Belum lagi peraturan plat mobil ganjil-genap yang membuat harus berangkat ke sekolah lebih awal. Melewatkan sarapan tentu saja sama sekali bukan pilihan. Sudah wajib hukumnya bagi anak-anak untuk sarapan di rumah sebelum pergi ke sekolah. Dalam tulisan Memulai Hari dengan Menikmati Sarapan, ada beberapa variasi menu sarapan praktis yang biasa disiapkannya di rumah.

Orangtua selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak. Kalau dulu sewaktu sang orangtua masih kecil hidupnya susah, pastinya orangtua tidak ingin hidup susahnya terulang juga untuk anak. Kalau dulu sewaktu kecil orangtuanya dibebani banyak pekerjaan rumah, setelah punya anak kalau bisa anak-anaknya tidak usah mengerjakan apa-apa. Apa benar begitu? Mama Fitri Anita berbagi kisah masa kecilnya berbagi pekerjaan mengurus rumah bersama saudara-saudaranya dan bagaimana hal tersebut kembali diterapkan ketika sudah berumah tangga sendiri. Ketika anak-anaknya semakin besar, mereka mulai diberikan tugas dan tanggung jawab dari mengerjakan tugas-tugas mengurus rumah, dimulai dari tugas-tugas yang sederhana. Seperti apa tahapan yang Mama Fitri Anita lakukan, urban mama dapat membacanya dalam tulisan Belajar Keterampilan Hidup.

(Gambar: www.freedigitalphotos.net)

Nantikan selanjutnya tulisan-tulisan menarik dan informatif di The Urban Mama minggu depan ya, urban mama. Selamat berakhir pekan dan selamat berkumpul bersama keluarga tercinta!

0 Comments