TUM's Weekly Roundup: 7 September 2018

Selamat hari Jumat, urban Mama! Apa kabarnya Mama dan Papa sekeluarga? Usai dari gegap gempita perayaan Asian Games 2018, bagaimana aktivitas yang dijalani seminggu ini? Kami harap semua berjalan lancar ya.

Di awal bulan September ini, TUMExpert dr. Riza Sulfianna menjelaskan cara-cara yang dapat mama lakukan untuk memerah ASI yang menyenangkan agar hasil perahnya banyak. Memerah ASI ternyata banyak manfaatnya, tak hanya untuk ketersediaan stok ASIP untuk si kecil, tetapi juga untuk kesehatan payudara mama yang sedang menyusui. Selain itu, dalam tulisan tersebut dr. Riza Sulfianna menekankan bahwa menyusui seharusnya adalah proses yang menyenangkan bagi Mama, begitu juga dengan memerah ASI. Agar memerah ASI menjadi suatu proses yang menyenangkan, ada beberapa tips yang bisa membantu Mama agar hasil perahan bisa maksimal. Ternyata kelancaran memerah ASI ini banyak dipengaruhi oleh mindset dari mama sendiri, yang mana ini bisa dibentuk dan dibiasakan.

Tempat tinggal yang nyaman dan menyenangkan akan meningkatkan kualitas hidup penghuninya. Salah satu hal yang dapat Mama lakukan untuk membuat rumah nyaman adalah memelihara tanaman di dalam rumah. Ada banyak jenis tanaman yang dapat Mama rawat dalam pot untuk diletakkan di sudut-sudut rumah, seperti sukulen kaktus mini, sirih belanda, atau ketapang biola. Minggu ini Mama Ninit Yunita berbagi tips tentang manfaat tanaman Sansevieria dalam ruangan. Tanaman Sansevieria yang nama lainnya adalah snake plant atau tanaman lidah mertua ternyata tak hanya mudah dirawat dan hijau segar mempercantik rumah, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan dalam hal memperbaiki kualitas udara dalam rumah. Bagi Mama dan Papa yang memiliki anggota keluarga di rumah yang menderita asma, memelihara tanaman lidah mertua ini dapat dicoba untuk membantu memperbaiki kualitas udara dalam rumah.

(Gambar: pexels.com)

Bicara tentang hidup berkualitas, gaya hidup aktif terbukti menyehatkan tubuh dan pikiran. Gaya hidup aktif dapat dibiasakan dengan beraktivitas di ruang terbuka seperti bermain atau senam bersama di taman publik. Salah satu negara tetangga kita, Singapura, dikenal memiliki banyak public park yang bersih dan nyaman. Di setiap lingkungan perumahan, pemerintah Singapura selalu menyediakan taman publik yang dilengkapi dengan fitur taman bermain anak. Dari Singapura, Mama Enji berbagi cerita tentang salah satu taman publik bernama Admiralty Park yang terletak didaerah Woodlands. Taman tersebut baru saja ditambahkan fitur permainan anak-anak yang sangat keren. Jika urban Mama-Papa sekeluarga punya rencana untuk berlibur ke Singapura, anak-anak tentu akan sangat senang diajak mengunjungi public parks keren yang gratis ini, tentunya sambil tetap menjaga kebersihan tamannya ya. 

Akhir pekan adalah waktu spesial yang menyenangkan untuk dilewatkan bersama anak-anak di rumah. Apa kegiatan favorit akhir pekan Mama dan Papa bersama anak-anak? Jika Mama suka memasak, kami punya satu resep Köttbullar atau Swedish Meatballs yang dibagikan oleh mama Aini Hanafiah. Mungkin Mama sudah mengenalnya lewat hidangan yang sama yang dijual di food court toko furniture IKEA. Swedish meatballs adalah salah satu hidangan rumahan favorit khas skandinavia. Di negara asalnya sendiri, banyak orangtua yang senang membuat Köttbullar bersama anak-anaknya, terutama mengajak anak untuk bantu menguleni dan membulat-bulatkan adonan daging. Seru pastinya ya, akhir pekan bisa makan siang menikmati Köttbullar yang dibuat bersama-sama si kecil.

Nantikan selanjutnya tulisan-tulisan menarik dan informatif di The Urban Mama minggu depan, ya. Selamat berakhir pekan dan selamat berkumpul bersama keluarga tercinta, Urban Mama dan Papa!

 

0 Comments

Post a Comment

You must be logged in to post a comment.