Variasi Makanan pada Bekal Anak

Saya dan suami sejak awal berusaha memberikan contoh agar Miguel dan Vino makan makanan sehat seimbang, karbohidrat dilengkapi buah dan sayur. Saya memberikan pengertian ini bukan dengan cara menakut-nakuti, tetapi dengan menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang sehat dan baik dapat menjadi hal yang menarik dengan melakukan beberapa kegiatan berikut:

  • Melibatkan anak-anak dalam mempersiapkan makanan.
  • Duduk bersama anak-anak di meja makan.
  • Memberi tahu tentang manfaat dari beberapa  makanan dengan cerita atau permainan yang seru.
  • Menunjukkan kepada anak-anak bahwa saya makan dengan baik juga dan menikmatinya.
  • Membuat roti lapis dengan hiasan berbentuk muka, membuat cookies dengan hiasan sereal dan sup berisi pasta dengan bentuk huruf-huruf.
  • Menyiapkan bekal yang menarik.

Nah, sejak Abang Miguel masuk SD dan belakangan Vino juga mulai masuk PG, saya berusaha mencari ide bekal sekolah yang menarik. Sebagai variasi saya sering memberi anak-anak makanan atau bekal dengan sumber karbohidrat selain nasi, misalnya kentang, roti, sereal, atau pasta. Alasannya agar anak-anak bisa mendapatkan manfaat dari gandum utuh, seperti memperlancar pencernaan, mencegah konstipasi, mengurangi kegemukan, serta mengandung vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk kesehatan.

Biasanya bekal Abang Miguel lebih banyak dan lebih berat variasi makanannya karena ia sudah bersekolah sampai siang. Sedangkan untuk Vino yang sekolahnya hanya sebentar cukup dengan membawa camilan ringan dan buah-buahan. Kalau memang membawa nasi, biasanya camilannya saya pilihkan yang mengandung gandum utuh seperti sereal.

Untuk serealnya, favorit anak-anak adalah Koko Krunch dari Nestle. Saya memilihkan Koko Krunch karena mengandung gandum utuh serta kadar gula dan garamnya cukup rendah. Nestle juga menambahkan mineral dan vitamin penting lainnya untuk pertumbuhan anak-anak, seperti kalsium, zat besi, dan zink.

Related Tags : ,,

16 Comments

  1. avatar
    Retno Aini December 16, 2016 4:18 pm

    Wah, sama ni Chik... di sini juga sarapannya sereal koko krunch :D memang mudah sih kalau pagi tinggal tuang sereal, susu, trus tambahin buah pisang atau berries, kenyang deh Alma sepagian. Tinggal bekal sekolahnya nanti dibawakan roti atau pasta, soalnya praktis yesss :D

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    hanana fajar December 15, 2016 11:25 am

    ide nya boleh diintip kan mama chikkkk...maaciiii:)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Febi December 11, 2016 9:05 am

    Akupun suka banget Koko Crunch! Apalagi dicampur susu. Anakku Kafi (15 bulan) kalo cemilin Koko Crunch juga nggak bisa berhenti tuh. Hihihi

    1. avatar
      Siska Knoch December 11, 2016 9:52 am

      Toss dulu ya vino sama kafi, sama-sama fans berat koko krunch :D

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  4. avatar
    Enji Magetsari December 10, 2016 3:07 pm

    waaahh ini mah ibunya juga sukkaa, cereal andalan dirumah, praktis untuk travel dan mau divariasikan dengan apapun yummy..

    ibunya maha paling suka makan koko krunch pake kurma n susu coklat dingin, kalo maha paling suka dimakan gitu aja ga dicampur sama yang lain2 karena memang udah yummmyy ;)

    1. avatar
      Siska Knoch December 11, 2016 9:51 am

      waaa aku jadi pgn coba kalo dimakannya sama susu coklat hihihi

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



  5. avatar
    Eka Gobel December 9, 2016 4:06 pm

    Cakep banget chika bentonya. Selain menarik anak2 juga dapet gizi lengkapnya. Keren!
    Nah itu koko krunch memang favorit anak2 (dan mamanya) yaaa

    1. avatar
      Siska Knoch December 9, 2016 9:16 pm

      Makasi ekaaa :* biar tambah semangat makannya.
      toss dulu ah :))

      1. avatar

        As .



    2. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.