Ways To Alphabet

Kalau mengobrol dengan sesama para ibu, salah satu kekhawatiran mereka yang memiliki anak usia 2-5 tahun adalah tentang bahasa. Dari yang anaknya belum lancar berbicara hingga bagaimana para ibu harus ekstra mengajarkan calistung di rumah karena salah satu persyaratan untuk masuk Sekolah Dasar adalah anak harus dapat membaca dan menulis.

Beranjak dari sana, saya mau berbagi aktivitas yang saya dan Dunant lakukan di rumah mengenai membaca dan menulis. Sebagai catatan, jenis kegiatan yang saya sharing ini masih berupa belajar mengenal alfabet. Sedikit cerita, Dunant sebelum berusia tiga tahun belum tertarik dengan dunia huruf, atau aktivitas tracing sekali pun. Namun saya pikir, ada baiknya untuk diperkenalkan sedikit demi sedikit. Jadi saat usianya menjelang tiga tahun, aktivitas mengenal alfabetnya benar-benar seperti bermain dan bercerita. Karena bila membosankan sedikit, anaknya kabur!

Berikut beberapa aktivitas mengenal huruf yang pernah saya lakukan bersama Dunant:

1. Huruf origami binatang
Origami ini untuk mengenalkan huruf awalan sekaligus suara binatang. Origaminya bisa terus diputar yang sekaligus melatih motorik si anak. Untuk yang ingin membuatnya dapat download di littledunant.com.

2. Memancing huruf
Yang ini Dunant harus memancing ikan bertuliskan huruf yang sama seperti yang saya tunjukkan sambil saya bacakan huruf tersebut. Dunant suka sekali! Sampai sekarang pun Dunant masih suka minta untuk melakukan aktivitas ini. Padahal, aktivitas ini saya lakukan sekitar setahun lalu.

Untuk pancingannya, saya memakai penggaris yang diikat tali di ujungnya dan tempelkan magnet, dan pada “ikan”nya saya pasang paper clip. Aktivitas ini juga sekaligus menstimulasi koordinasi eye-hand, konsentrasi, dan kesabaran.

3. Tracing huruf yang sama
Ini juga salah satu aktivitas yang dulu pernah sukses membuat Dunant duduk manis dan menikmati latihan “pen control” sekaligus mengenalkan bentuk huruf tersebut. Aktivitasnya berupa menarik garis sesuai huruf yang sama, ada yang bentuk yang sama. Bentuk di sini bisa bermacam-macam. Saya memakai cap. Intinya kegiatan ini adalah untuk melatih pre-reading skill anak dan membedakan bentuk-bentuk. Bentuk-bentuk yang dipakai bisa juga berupa bentuk geometri sederhana seperti segitiga, lingkaran, bujur sangkar, dan sebagainya.

4. Telur berhuruf
Intinya mencocokkan huruf kecil dan besar. Selain itu Dunant juga perlu memasukkan kartu huruf yang sesuai ke dalam telur tersebut. Hitung-hitung untuk latihan motorik halus juga.

5. Alphabet Parking Space
Kalau anaknya suka mobil, dibuatlah aktivitas mengenal huruf-huruf ini dengan alat bantu mobil-mobilan. Saya sepertinya dulu pernah buat beberapa aktivitas huruf yang berhubungan dengan mobil, salah satunya yang ada di foto ini. Sederhana sih, saya tempel huruf di atas mobil-mobilnya, lalu saya buat tempat parkir ala-ala dengan huruf a-z. Intinya, mobilnya harus parkir sesuai dengan huruf yang ada di atasnya. Yang ini bermainnya lama banget sambil pretend play segala macam. Namun yang penting Dunant menikmati.

6. Alphabet Train
Aktivitas yang ini saya sampai buat dua kali. Saking sukanya Dunant bermain ini, saya buatkan versi lebih bagusnya pakai printable. Yang awal saya gambar ala kadarnya dengan Dunant yang juga ikut menghias kereta tersebut. Yang kedua, saya buatlah versi yang terlihat lebih bagus dengan printables. Dua-duanya saya pakai memo post it untuk menempel hurufnya. Jadi tugasnya mencocokkan huruf besar dan kecil. Selain itu, saat anak mengambil post-it berhuruf, dia harus mengucapkan huruf yang tertulis itu. Yang kedua, saya sembari minta Dunant mengucap bunyi dari huruf tersebut. Yang ini suksesnya banget menurut saya. Secara dia suka sekali dengan yang namanya kereta, hamper tiap hari Dunant membaca dan menyanyikan “alphabet train” ini. Yang mau print “alphabet train” atau sound untuk lagu “Ants on the apple”, bisa ya di littledunant.com.

Masih banyak lagi aktivitas yang dapat dilihat langsung di instagram @LittleDunant. Dulu sekali, saya sering mencampur aktivitas ini dengan gerakan motorik yang seru, seperti memanjat, atau melalui cerita dan puzzle. Selain itu, ada juga workbook dan worksheet yang berhubungan dengan alphabet ini. Contohnya alphabet craft seperti di foto ini, bisa didapat di instagram @DunantKits. Semoga kegiatan belajar alfabet ini bermanfaat ya, urban Mama!

2 Comments

  1. avatar
    ninit yunita December 12, 2018 9:18 am

    wih asik banget nih belajar alfabet ala dunant :) TFS laura.

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Dhea Adinda December 12, 2018 8:02 am

    Aku selalu menunggu artikelmu di urban mama mbaaa. Suka sekali tips-tipsnya. Thanks mba!!

    1. avatar

      As .



Post a Comment

You must be logged in to post a comment.