Weekend di Aldepos Salaca, Bogor

Saat weekend kadang kita ingin mengajak anak-anak berjalan-jalan keluar kota, tapi tidak mau yang terlalu jauh karena takut kecapekan di awal minggu. Beberapa waktu lalu kami sempat mengunjungi sebuah tempat rekreasi keluarga di Bogor yang bernama Aldepos Salaca. Kami berangkat pagi-pagi agar tidak kena macet dan belum terlalu panas. Tempatnya tidak sulit dicari, jalannya memang kecil, tetapi cukup untuk dua mobil.

Sesampainya di sana, anak-anak langsung berlarian ke sana kemari dan bermain. Ada beberapa permainan untuk anak-anak, mereka langsung betah dan tidak mau berhenti bermain.

Sambil menunggu anak-anak main, kita bisa sambil duduk-duduk di saung itu. Bersih dan setiap saung pasti ada keran airnya, jadi mudah membersihkan anak-anak saat mereka selesai bermain.

Ada juga beberapa fasilitas lain seperti flying fox dan memancing. Kami sempat mencoba naik ATV, anak-anak ternyata suka dan belum mau selesai padahal batas waktu bermain hanya setengah jam.  Namun akhirnya mereka mau turun juga karena tertarik untuk melihat kambing, sungai, dan lain-lain.

Tempat ini luasnya 63 hektar, jadi tidak mungkin kita bisa menelusuri semuanya. Lalu tersedia juga penginapan bagi yang tertarik untuk bermalam di sini agar lebih puas mainnya. Kita juga bisa berkemah di sini.

Kami mengajak anak-anak melihat air terjun mini dan sungai. Awalnya anak-anak sempat takut untuk turun ke sungai, tetapi pelan-pelan kami gendong dan masukkan kaki mereka sedikit demi sedikit. Setelah beberapa saat, mereka malah susah diajak berhenti main air.

Pada jam makan siang, kami kembali ke atas dan makan siang di restoran Bageung. Sebenarnya ada juga restoran Waroong Djati, tetapi kami memilih Bageung agar dekat dengan tempat anak-anak bermain. Ini makanan pesanan kami, gurame goreng kriuk, es teh manis, bakwan sayur, dan tempe mendoan.

Jangan lupa membawa stroller jika berkunjung ke sini, karena berguna untuk dipakai saat anak sudah capek dan tertidur. Oh ya, untuk masuk ke tempat ini tidak dikenakan biaya. Kita baru perlu membayar kalau mau main, makan, atau menginap. Selain permainan di atas, ada juga aktivitas seperti membuat keramik, membatik, melukis gerabah, memancing, naik sepeda, naik becak, naik sampan, memanah, memandikan kerbau, dan menangkap ikan.

 

Aldepos Salaca 
Jl. R. Abdul Fatah No. 24 Desa Tapos 2 Tenjolaya – Bogor

13 Comments

  1. avatar
    Lydia Amrina July 29, 2016 11:02 am

    baru tau ada tempat ini di Bogor..haha..padahal orang Bogor
    tfs ya mbak Yeye

    1. avatar

      As .



  2. avatar
    Yeye Adinandra July 27, 2016 3:33 pm

    @Tetehasti : Silahkan :)

    @Teh Ninit : Aha! Udah mirip namanya, wajib kesana :D

    @Ndiii : Klo kesini, mampir deh kesana.. Enakkk :)

    1. avatar

      As .



  3. avatar
    Yeye Adinandra July 27, 2016 3:31 pm

    @Febi : Iya enak.. Anak2 pd happy krn banyak mainan sangat :)

    @Ipeh : Duh ini org Bogor gmn sih hahahahaa.. Weekend ini kesana yah mama Ipeh

    1. avatar

      As .



  4. avatar
    Yeye Adinandra July 27, 2016 3:30 pm

    @Zata : Tempatnya msh sejuk.. Enak deh :)

    @ Ayu : Sblm lahiran yuks hehehe

    @Mia : Nginep sptnya enak, kpn2 yuks :)

    1. avatar

      As .



  5. avatar
    Cindy Vania July 27, 2016 8:24 am

    Tempatnya baguus banget kak,bersih dan hijau.
    *comot mendoannya*

    1. avatar

      As .