1

Topic: Kesulitan bersosialisasi

Kemaren aku bawa Dinar (2yo) ke rumah sepupunya yang ultah, dengan tujuan biar dia bisa ketemu dan maen sama para sepupu, nenek-kakek (sodara2 ibuku), om-tante2nya..
Pas dateng langsung digendong dan dikerubungi sama semua orang, lah ga disangka2 Dinar malah nangis kek takut gituuu... trus selama disana, dia nutup mukanya pake 2 tangan dan cuma ngintip2 gitu, nangisnya nangis beneral lagi, jadi bercucuran tu airmata... aduh, itu reaksi yang ga saya perkirakan sebelumnya... berharapnya dia bisa maen sama sepupunya yg seumuran, trus emaknya bisa ngobrol2 sama family yang rata2 walopun satu kota tapi jarang ketemu..
Akhirnya saya ga tega liat dia kayanya uncomfortable banget deh, ga ada tanda2 beradaptasi sama lingkungan, padahal udah banyak yang ngajak maen dan coba ngalihin perhatiannya kaya liat taman, maen bubble yang ditiup gitu, sejenak dia ok tapi pas nyadar omnya ngeliatin yaaa langsung mewek lagi datengin gw...jadilah kita cuma sejam disana...
padahal kalo ke mall, Dinar biasa aja... mungkin karena dikerubutin gitu ya, terus ada yg maksa gendong lagi padahal udah nangis bombay gt...
haduh, mesti gimana ya??? saya sih ga terlalu khawatir sebenernya, mungkin karena jarang ketemu aja, makanya Dinar ga familiar sama para family member.. tapi maksud saya ini gimana nge-treatnya suapaya ga berlanjut dan dia bisa nyaman walaopun ketemu dsama orang yang baru ketemu...
Mungkin ada mamas yang anaknya pernah ngalamin kek gini, share yaaa... tengkyuuuu...
Mamod, kalo ada topik yg sama pls digabung aja, tadi udah searching tapi belum ada kayanya ya...

2

Topic: Kesulitan bersosialisasi

mamadinara, yasser juga gitu, histeris kalo dikerubungi orang banyak, padahal orang2 itu gemes sama dia n pengen main. Keknya emang harus sering2 diajak sosialisasi. Sekarang sedikit mendingan, kmrn krn suatu alasan dia kubawa mampir bentar ke kantor n orang2 menyapa dia, dia mau senyumin. Mungkin krn datengnya one by one, ga sekaligus, jadi dia ga shock. Yg masih jadi pe-er klo dateng ke kawinan, dia ga suka suasana hingar bingar pesta, dan pas pesta biasanya orang excited berkumpul dan menyapa. Histeris deh doi.

Menunggu sharing dr mama2 lain...

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

3

Topic: Kesulitan bersosialisasi

@mamadinara dan mamapamz Tos dulu ahh..anakku juga fobia keramaian,tapi cuma di event2 juga aja..terutama event keluarga yang orang2 pada mau ngajak main dan gendong,sama juga kalau kawinan ga histeris sih tapi yg jelas dia gamau turun jalan maunya digendong sampai setidaknya acara sudah berlansung hampir sejam dimana dia udah merasalebih familiar >_<;;

Udah gitu sampe sekarang anakku juga kalau dipegang org selain aku atau papanya kaya digendong aki nininya yang hampir tiap minggu ketemu pasti nangis2 minta lepas..kadang jadi ga enak,wong aki nininya sendiri ko ga mau gendong cuma kalo dia mood aja mau gendong

aku coba tiap sore ajak jalan ketemu orang2,tapi intinya sih buat dia ga masalah ketemu asal ga dipegang kaya fobia sentuhan orang asing gitu deh >_< aku juga sering ajak keluar ketemu org2 lain tapi sampai sekarang masih sama aja..pokonya butuh waktu lebih dari 45 menit buat dia mau bersosialisasi sm yg lain,itu pun bertahap ya,kalo udah berjam2 baru deh diapain juga mau,sebelnya kalau misal acara keluarga salah satu anggota keluarga udah bilang "Raffa..payah" karena ga mau digendon,maksudnya becanda sih tapi jadi makin sedih :'(((

Kalau ada yg punya solusi monggo deh dishare,aku sih bingung aja nanti kalo masuk PG gimana ceritanya hehehe

4

Topic: Kesulitan bersosialisasi

mamadinara kayanya sih kebanyakan baby/toddler emang gitu ya, ga suka kalo ketemu n langsung dirubungin orang banyak. Mungkin kaget kali ya, apalagi kalo sehari2 di rumah sepi2 aja.
Sarah (1,5 y.o) juga gitu, ga masalah kalo ke tempat rame kayak mall atau kawinan (asal moodnya emang lagi ok), tapi kalo ke arisan keluarga dimana orang2 pengen pegang2 dia langsung deh senewen n maunya nempel aku terus. Tapi kalo kita dateng duluan pas acara masih sepi, dan dia liat orang dateng satu per satu, dia ga kaget dan pelan2 mau maen. Mungkin bisa dicoba :)

5

Topic: Kesulitan bersosialisasi

ternyataaa, dinar bukan satu-satunya ya.. Aku pikir dia udah aneh aja gitu, hehe...
Thank you sharingnya, mama yg cantik..
Berarti mesti sering2 diajak begaul gt ya bok, asli kemaren malu banget ngeliat my dinar yg nangis2.. Ketauan bgt emang emaknya ga gaul, anaknya jarang diajak pergi2, hihi... Paling diajak ke mal (yg mana biasa aja ktemu orang2) atau ke minimarket deket rumah..
Abis gmna dong, aku lebih betah di rumah.. Mw ngajak dinar jalan itu mikir bgt deh, bkn apa2, aku kn kmana-mana naek motor (alhamdulillah blm punya mobil) jd takut klo ada apa-apa di jalan, belum debunya, asap knalpot, jd klo ga kepaksa ya mending di rumah aja..
Tapi gara-gara masalah ini, aku kepikiran buat nitipin dinar ke paud deket rumah.. Biar dia bisa bersosialisasi, maen sambil belajar dikit2..
Emaknya jg jadi niat ngajakin dinar maen ke rumah sepupu2nya, biar lebih familiar sama wajah2 mereka..

6

Topic: Kesulitan bersosialisasi

mamadinara, iya stuju banget tuh sering2 diajakin main sama sepupu2nya. Sayangnya aku kerja, klo wiken pengennya jalan ke mall kek rekreasi kek hehehe..
Diliat2 sebenernya si Yasser ini pengen main dengan yg sebayanya, habis klo ada sekumpulan anak suka dia ikutin, senyum2, tp harus dia yg 'bergerak', kalo ada yg lebih agresif malah dia ga suka. Kaya pas dirumah ada sepupunya dateng, nyentuh mainannya dia, eh si yasser jejeritan dan menepis tangan sepupunya. Ini terjadi juga dengan other toddlers.
Trus satu lagi, dia lebih 'lunak' dengan yg berjenis kelamin wanita hahaha... Kalo cowo suka dicuekin sama dia;p

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

7

Topic: Kesulitan bersosialisasi

maggut-manggut sambil nunggu sharing mamas lain :/
yuna (2.5th) baru seminggu ini saya masukin playgroup krn ga ada toddler lain diskitaran rumah, dan selama seminggu ini pun saya dan yara(10bln) harus ikut masuk kelas playgroup! krn yuna nangis kejer klw ngeuh sy gak ada disisinya *tepok jidat

8

Topic: Kesulitan bersosialisasi

@pamz hihi bener banget..kalo ama cewe lebih kalem juga tuh raffa,hihi bs gitu yaa :D tapi tetep aja sih kalo cewe/cowonya agresif dia ga suka,cuma suka main bareng tapi ga mau disentuh2 kalaupun udah nyaman

@rynzdecutest wah aku juga musti siap2 ya berarti nemenin tiap hari ^^;;; rencana pengen masukin ke PAUD juga pas stlh 2th biar ketemu banyak temen sebaya

9

Topic: Kesulitan bersosialisasi

mamadinara kejadian yg sama jg terjadi sama hansa. tiap ke nikahan orang, nangiiis mulu bawaannya, apalagi pas liat penganten. trus tiap dikerubutin sama sodara2 juga nangis mulu, pengen digendong aja bawaannya. emang sih, salah gw juga yg jarang membiarkan hansa bergaul sama lingkungan. akhirnya, solusinya tiap sore ngajak hansa keluar rumah buat main sama anak2 sebayanya dan kadang anak2 tetangga diajak main brg ke rumah. ahamdulillah, sekarang udah gak takut dan gak nangis lg kalo dikerubutin orang.
eh, paud or play grup jg ide bagus tuh supaya anak lbh bisa bersosialisasi.
HTH :)

10

Topic: Kesulitan bersosialisasi

mamadinara sifat anak memang berbeda-beda. Mungkin Dinara termasuk anak yang agak pemalu dan susah bersosialisasi dengan orang baru. Tenang mom, ini masalah yang sangat umum.

Kalau anakku Syuja, sering aku atau mba nya ajak keluar rumah setiap pagi atau sore hari. Main bola, maen sepeda, atau sekedar jalan-jalan dan kumpul bocah. Kalau lagi males ga usah lama-lama mom. Ini sangat membantu banget loh mom. Terus menurutku bener banget masukin PAUD dan sering ketemu ama sepupu2 nya.

Mudah-mudahan membantu ya....Semangaaaat mamadinara:)

11

Topic: Kesulitan bersosialisasi

mamadinara sebenernya ini common banget, dan ada sebutannya yaitu stranger anxiety. emang mungkin yang diketemuin bukan beneran stranger, tapi karena emang gak familiar jadinya dia ngerasa gak kenal dan takut.

anak gue udah umur 3thn aja masih begitu. dulu waktu kecil lebih parah, dia langsung tutup muka kalo ada orang yang gak dikenal negor dia, dan langsung meluk kenceng banget.

gue pernah nulis ttg stranger anxiety ini dan tips2 gimana cara ngadepinnya di SINI .. semoga membantu yaa.. !

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

12

Topic: Kesulitan bersosialisasi

hehe iya sama, aysha pun gitu..
tapi gw sangat yakin karena aysha jarang ketemu orang laen selain gw dan mbak2nya sehari2. jangankan ketemu sodara2 yang jarang ketemu, kalo ke rumah ortu gw aja, kadang lamaaaa bgt "on" nya utk maen atw sekedar digendong aki nya..nah yg keliatan beda banget udah ga "ndeso" lagi itu ketika gw dinas luar kota yang sehari2nya aysha dititip di rumah ortu atau mertua. otomatis, udah ga ada lagi tuh yg namanya stranger anxiety..kalo bertamu ke rumah sodara pun dia mau salamin satu2 semuanya..maen sama sepupu2nya..
tapiiii pas gw balik ngantor spt biasa dan dirumah cuma ada gw dan mbak2nya doang, nah pas balik ketemu org2 gituuuu lagi deehhh hahahaha...tp skrg udah ga terlalu sih krn dalam 2 bulan ini gw sering banget dinas jadi proses sosialisasi aysha membaik pesat :D
yang kocak, waktu di hotel..aysha ceria banget keluar kamar, lari2 sambil nyanyi, masuk lift sambil nyanyi..pas di dalem lift, ada org laen masuk, otomatis kepala nunduk trs jadi dieeeemmm bgt hhihihi...bsknya pas gw kenalin busway pun gitu, sebelum masuk busway ngoceeehh mulu, pas masuk, seketika tertunduk :D kata suami gw, laen kali kalo kemana2 kita ngangkot yuk biar dia biasa.....hihi

~Aysha's mom~

13

Topic: Kesulitan bersosialisasi

Pamz, si Yasser udah keliatan 'bakat'nya ya... calon-pria-perebut-hati-wanita, haha...
Slesta, thx ya gw udah baca artikelnya.. ini apa perlu diganti ya judul threadnya??
Mia Septiana,sama banget buuu, Dinara jg begitu...
Anyway, beberapa hari ini gw ajakin Dinara nongkrong di masjid deket rumah, ceritanya ngabuburit.. awalnya maen deket2 gw, besoknya udah mulai menjelajah halaman masjid sambil deketin anak2 yang pada maen juga sambil lirik2 ke emaknya dengan pandangan bu-daku-mw-maen-sama-kakak-nih... udah mulai biasa aja klo ada anak IRMA yang ngajakin ngobrol, cuma berapa detik sih dia udah tarik2 baju ngajakin gw pulang, hehe... tapi paling ga ada kemajuan lah soalnya klo kemaren2 dia baru liat aja udah nangis..
Soal PAUD, belum riset yg deket2 rumah.. kayanya bakal ditunda, banding-bandingin dulu sebelum masukin Dinara ke situ.. sambil dikenalin suasananya biar ga kaget pas ditinggal..

14

Topic: Kesulitan bersosialisasi

Share ya...kbtulan br dpt pencerahan dr psikolog anak yg aku smpt ngobrol byk, pas bgt topiknya nih,,,

Dia cm blg gn, "Naah emak2nya sndiri gimana? Pas kecil apa tidak pernah takut or malu? Ayooo pasti uda pd lupa kan...". Trus skr balikin ke kita sendiri, gmana kalo Ibu sy bawa ke tempat baru yg , tarolah 1 pesta yg isinya org2 blm Ibu familiar, trus apa rasanya...tiba2 semua org mau ngobrol sama Ibu, smua mata ngeliatin Ibu, mau jawil2 Ibu, ada yg narik2 tangan Ibu mau gandeng Ibu, bersaut2an ngoceh di kuping Ibu....
Yakin...ga histeria jg Ibu rasanya?
Uda gitu org yg bawa Ibu, yg mana bisa diharapkan bs memberi rasa aman di tengah2 keheboham itu malah nyorong2in Ibu ke crowd itu, " Ayo....udah gpp, sanah deh..ayooo udah gapapa...nanti saya disitu ya kalo mau cari aku"

Anak kecil ya sama aja, bayi kan manusia jg Bu sama spt Ibu toh...
DANG! Ketohok aku lgs..Kdg iya bener, kita kurang mikirin dr sisi point of view anak kita, mikirnya dr sisi kita gmn spy anak kita terlihat supel, mau membaur, dibilang gak takut org, pemberani, blablabla...Tp kita lupa bgt kdg utk masuk ke dunia mrk dan mahamin knp mrk spt itu...hiks..

Dia jelasin lg, hal pertama kembali lg melihat ortunya, si pembuat adonan. Gimana kitanya sndiri pas kecil, pemalu gak? Trus Ayahnya kan jg berperan sbg penyumbang saham terbesar, gmana Ayahnya pas kecil? Pemalu? Curigaan? Kalo salah satu iya, ya berarti jelas knp anak kita begitu. Pastinya warisan dr salah satu ortunya..dan itu sifatnya template aka ya emang adonannya spt itu. Ya kita terima, hrs ikhlas dan jgn menuntut tp kita mensupport.

Jgn dia uda ketakutan malah kita sorong2x spy berani, kita banding2kan sama anak org or kakak or adiknya..
Cara yg plg baik adalah memberikan rasa nyaman dulu. Dan kita hrs jd org yg plg bs ngasih dia rasa aman dan nyaman pas moment tsb berlangsung. Build trust.

Intinya kita butuh empati tinggi utk ngertiin yg dia alamin instead ikut2 stress puyeng mkrn...apa kata duniaaa ni, anak gue ko takut org.

Bbrp tips yg bs bantu:
- pas br dateng kalo anak mulai nervous ketakutan, jgn abaikan perasaan si anak. Temani dulu mungki bs Ibunya di luar dulu main2 sama anak di halaman depan, smp dia familiar sm rumah itu
- PANTANG ninggalin anak sndirian apalagi diojok ojok , disorong2 suru baur atau disodorin utk org lain gendong. Tanya dulu hal2 spt , "Kamu mau kalo digendong Eyang Uti?" kalo dia ga mau ya kita hargai keinginan dan keputusannya
- bisa pas ibu dan anaknya lg pengenalan di halaman depan, Ayahnya masuk dulu ke dalam, sounding ke member famiky di rumah tsb kalo si adek dicuekin aja dulu suru pd jual mahal, jgn tiba2x diserbu kaya brg dagangan hehe...
Dicuekin gitu sgt bantu anak lbh cepet nguasain keadaan dan ga merasa terintimidasi
- kalo ada yg maksa2 tarik gendong anak kita pas lg begitu, kita as their parents, sbg 2org yg plg jd kepercayaan si anak dr sejak dia lahir, sudah sepatutnya lbh bisa ada di kubu anak kita, hrs bisa blg, "Maaf ya si dedeknya masi blm nyaman ni, gpp ya cuekin aja dulu biar dia sama aku dulu ya..." katakan dgn senyum aja
- Pantang jg terus mengatakan, " Its ok...ya Nak, gpp kok...gpp yah..its ok". Krn buat dia saat itu apa-apa banget...hehe, jd kita cukup kasih perasaan nyaman aja dgn terus dampingi.

Terakhir tipsnya ya tebelin muka...krn ga ada abisnya kalo kita dgrn komen kanan kiri. Dan malah numbalin perasaan anak akhirnya. Sekali trauma malah lbh susah lg build the trust.

Tips ini jg pernah aku baca sih di babycenter.com. Mdh2an share aku membantu ya...
FYI anakku Benz jg bukan tipe yg cepet welcome sama org. Dia tipenya sgt alert dan waspada stiap masuk lingk baru. Plus ditambah aku jg bukan tipe suka pegi2 ketemu org ramai.

Hehehe pas aku telaah, Ayahnya Benz pas kecil itu pemalu, smp skr juga kalem, dan pendiam ga suka keramaian. Aku sndiri buka tipe suka kumpul2 or pegi2, bs disebut aku tipe introvert dan bukan sanguinis.

Jd...klop toh...drmana Benz dpt warisan itu hehe ga fair memang kalo aku menuntut Benz kecil jd anak yg easy, mudah mingle, dan ramah menegur org yg baru dia kenal. Jd ya aku terima dgn ikhlas template-nya Benz dan berusaha kasih kenyamanan aja saat dia mrasa terancam...

Smg membantu ya sharingan aku ini...

...I love my baby benz...

15

Topic: Kesulitan bersosialisasi

supaya anak kita supel atau bisa bersosialisasi dengan baik, apakah harus dibiasakan sejak kecil gt? ada pengalaman, dari kecil ada anak yang jarang bahkan ga pernah ketemu sama orang luar.. jadi sehari-hari cuma ketemu sama keluarganya aja.. waktu mulai besar, ternyata dia bingung dan ga tau bgmn cara utk bersosialisasi sm org lain..

16

Topic: Kesulitan bersosialisasi

Aku pernah punya penggalaman yang "terrible" ttg kesulitan bersosialisasi ini.

Sebenarnya anakku (cowok, waktu itu 2,5 thn), termasuk anak yang ramah dan gampang bersosialisasi. Tapi entah kenapa dengan waktu itu.
3 bulan sebelum kami pulang ke Bandung, anakku memang jarang kuajak keluar rumah, karena selain aku lagi mabok-maboknya krn hamil muda, di balikppn tempat kami tinggal waktu itu juga sedang ekstrim cuacanya, hujan terus tiap hari. Anakku sampai 3 bulan berturut2 kena batpil dan radang.

Jadi singkatnya akhirnya kami ke Bandung dlm rangka merayakan ultah mertua. Banyak saudara yg ingin mengajak anakku main. Tapi entahlah waktu itu, anakku tidak seperti biasanya. Dipanggil2 orang (selain mama-papanya), ga mau nengok sama sekali, diajak bicara saudara2ku juga diem saja, cuek tdk mau merespon.

Kakak2 iparku mulai berkomentar, "anakmu autis ya?". Bahkan ada kakak ipar yang menyuruh suamiku agar minta maaf ke kakaknya yang menderita autism, jangan2 semasa aku hamil, aku/suami pernah berbuat buruk ke kakak. Sedih banget rasanya. Orang jaman sekarang paranoid sekali dengan autism, kadang mereka main judge seenaknya, pdhl mereka bukan pakar disini. Deteksi autism itu kan susah, yang pakar saja bisa salah bagaimana dengan orang awam. Dan suamiku terpengaruh dengan kata-kata kakaknya. Aku sudah bilang ke suamiku, feelingku sbg seorang ibu mengatakan nothing wrong dengan anak kita. Dia mengajakku ke dsa untuk berkonsultasi ttg ini.

Akhirnya aku cerita ttg masalah ini ke Bapak mertua (suamiku takut anakku autis). Bapak mertua bilang, "anak autis mah bukan kayak gini". Puluhan tahun membesarkan anak berkebutuhan khusus, bapak dan mamah mertua pasti sudah kenyang pengalaman dengan hal ini. Time will prove, pendapat siapa yang benar.

Skrg kebetulan aku tinggal di mertua. Jd di rumah anakku tdk lagi cuma bergaul dgku. Dia sdh "kembali" jd anak yg gampang bersosialisasi. Diajak main siapapun mau.

17

Topic: Kesulitan bersosialisasi

babybenz stuju ga bisa dipaksa. Terakhir kali aku ke kawinan temen, aku wanti2 bbrp temen supaya yasser jgn ditegor2 dl, biar dia enjoy sendiri dl. Lumayaaan,,biasanya tiap kawinan, dateng, salam, ngibrit pulang krn yasser rewel, kmrn sempet makan, antri salam, ikut foto2 :)

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

18

Topic: Kesulitan bersosialisasi

Pamz and all Mamas:
Ya betul, yg terpenting adalahnya kita sbg ortunya hrs lbh kuat back up dia. Mksdnya jgn kita jd malah minder, or jd ikutan panik pas anak lg ketakutan gitu. Anak seumuran batita-balita itu lagi peka2nya, dia berasa loh kalo kita tu ga pede krn dia, or kita ikutan panik, malu...

Ada yg ledek2 justru kita hrs back-up anak kita, jgn malah ikutan bilang "iya ni..penakut anakku"
ato seringnya "tau nih..takut org, payah emang si adek"

yaaah kasian juga anaknya kalo smp denger hehehe...

kdg kita suka lupa mkrnya mereka anak2, mana ngerti justru mnrt psikolog itu malah dr umur2 segitu mereka lg peka-pekanya dan sensi2nya menyerap dan mencerna semua yg mereka dengar...:)

His best advice is to stand by their side , comfort them sampai masa2 menakutkan itu mrk bisa laluin...JGn sebut kata2 "Gapapa kok Nak gapapa...yah gapapa..."
KRn buat mereka itu apa-apa...jd kalo kita bilang gapapa, ya kita brarti aga2 so teuuu sama perasaan mereka hehehe...

...I love my baby benz...

19

Topic: Kesulitan bersosialisasi

babybenz setuju sama sharingnya.. Dan selama ini gw+suami juga berusaha untuk bersikap seperti itu. Kebetulan gw tau tentang ini dari seminar pengasuhan anak. Dan sampai sekarang yang masih jadi biggest problem adalah orang tua kita berdua, baik MIL maupun bokap gw yang sering maksa untuk ngajak Kana. Masih struggling banget. Tapi emang agak susah yah kalo udah berurusan sama orang tua. Kadang-kadang mereka bisa ngerti, kadang-kadang ampyun susahnya. Tapi sejauh ini udah mulai mendingan. Kalau kita bilang tidak, mereka akan sedikit mengerti dan ngasih Kana "space". Tapi ya itu.. Kadang-kadang aja.. :(

Sejauh ini Kana untuk sosialisasi dibilang gampang-gampang susah. Yah mirip sama mama dan papanya. Kalo untuk keramaian, dia udah agak familiar karena di rumah juga kita rame, jadi dia udah terbiasa. Dan lumayan sering di ajak keluar untuk main. Walau sekarang dia agak di jauhin sama anak-anak temen mainnya karena ada yang "ngomporin". Kana di anggep manja,dan lain sebagainya karena tiap dia main, pasti gw ada di sampingnya nemenin. Dan tiap kali dia takut pasti dia ngumpet di kaki gw. Dia sama kayak anak mamas yang lain, yang gak suka kalau dikerubutin. Dia lebih suka dia yang ambil langkah pertama. Gak suka kalau ada yang agresif ke dia. Itu untuk sosialisasi di sekitar rumah. Lain lagi kalau sosialisasi di luar rumah, misalnya di mall. Dia bisa anteng banget jalan-jalan di mall. Bahkan bisa dengan santainya negor SPG dan ngajak mereka liat macem-macem sambil di gandeng SPGnya itu.. Gw sama bapaknya sampai pusing. Kadang malah mau digendong-gendong sama SPGnya. Nah yang begini ini bikin gw+bapaknya was-was banget. Jaman sekarang harus ekstra waspada.. :(

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

20

Topic: Kesulitan bersosialisasi

@babybenz : wah, tipsnya sangat 'mencerahkan' bu... apalagi soal "adonan" yang ternyata setelah dirunut2 emang iya Dinara ada gen pemalu dan pendiam... klo suami sih biasa aja karena sering aku bawelin, "capek deh ngomong sendiri, ayah cuma eh,ho-oh, iya,... ngomong dong, ngobrol..." hehehe... tp adik ipar ada 2 orang dan 'paraaaah' banget pendiemnya, even sama ortunya (mertua) tetep jarang ngomong, ngedekem di kamar mulu... tapi maksudku aku ga mau anakku jadi kaya gitu...

@clar : nah, ituuu yang aku ga mau kejadian sama Dinar...

@indriani : waaaah, ter-la-luuu iparmu bu... ga mikirin perasaan ortunya yg denger>< mudah2an si jagoan tetep sehat yaaa... salam dari Dinar nih^^

@rachanlie : wah, anaknya cowok ya?? udah centil aja maen sama SPG...

21

Topic: Kesulitan bersosialisasi

mamadinara Kana perempuan ma.. Tapi emang dia lebih ramah sama perempuan juga. Kalo sama laki-laki dia milih-milih. Kalo putih, langsung di pepet. Kayaknya Kana sukanya sama cowo yang putih kayak papanya.. :D

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

22

Topic: Kesulitan bersosialisasi

rachanlie, hoho kirain cowo.. Tapi lagi2 gen berbicara ya, Kana nurun mamanya suka cowo putih, hihi..
Tapi lucu juga ya bisa ke gender gitu comfortnya.. klo Dinar merata kayanya, asal orang baru dan agresif ke dia, langsung mepet ke ketek emaknya..^^

23

Topic: Kesulitan bersosialisasi

kalau menurut aku selain memang faktor bawaan, kesulitan beradaptasi juga banyak dipengaruhi oleh kebiasaan sehari2. karena kalau aku sendiri tipe yg pendiam sama orang yg blm kenal, sedangkan suami lebih mudah beradaptasi. nah kalau josh (14mos) untungnya ikut papanya, lumayan cepat beradaptasi. selain itu juga karena dirumah jualan makanan jadi tiap hari ketemu banyak orang yg suka ngajak dia main atau sekedar colek2 gemes jadi dia terbiasa ketemu banyak orang asing dan ga butuh waktu lama untuk adaptasi. sedang temanku yg notabene pasangan yg cerewet & mudah bersosialisasi tapi karena pindah tinggal di jkt, dirumah hanya bertiga dan anaknya jarang ketemu orang asing jadi susah beradaptasi dengan lingkungan & orang2 baru plus rasa cemburunya besar banget, kalau liat orang tuanya gendong/main dengan anak lain bisa sampai nangis kejer anaknya.
tapi sebetulnya punya anak yg sulit akrab dgn orang yg baru dia kenal ada untungnya juga lhoh moms..
1. ga perlu deg2an krn takut diculik, paling ngga kalau orang asing ngedeketin, anaknya langsung nangis atau nyamperin kita. bayangkan kalau punya anak yg mau digendong siapa aja, kan repot juga tuh kalau sampai ada yg berniat jahat, dibawa pergi anteng2 aja anaknya *ok ini lebay sih, tapi jaman sekarang gitu lhoh.. boleh dong parno*
2. ga perlu repot/takut anaknya bikin nangis anak orang. jadi gini, josh tu seneng kalau ketemu orang & anak lainnya. karena belum ngerti dia suka sayang2 (baca: elus-elus), meluk & nyium seenaknya. masalahnya kalau sampai 'korbannya' nangis kan ga enak tuh ama ortunya/BS yg jagain. pernah kejadian tuh dia meluk anak temen dan yg dipeluk nangis..
yah semua ada plus minusnya sih..

24

Topic: Kesulitan bersosialisasi

vony_82 setuju sama poin pertama.. Itu yang bikin gw deg2n banget. Skarang Kana lagi gitu tuh.. Mau di gendong2 sama orang yang baru dia liat. Misalnya di mall, mau deh tuh di gendong2 sama SPG. Gw was2 banget. Makanya mendingan gw gendong atau bapaknya gendong aja. Kalo dia lari-lari, bapaknya pasti ikut lari-lari disebelahnya. Karena itu tadi.. Dia lagi mau digendong2 sm orang baru. Padahal dulu g gitu. Kalo orangnya cowo, dia masih nangis, tapi kalo cewe, dia kadang-kadang langsung mau. Parno berat gw..

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

25

Topic: Kesulitan bersosialisasi

vony, setuju bu.. yang sedang-sedang saja (kaya lagu dangdut jadul ya...) pernah baca di trit sebelah, anak akan ikut bagaimana perasaan mamanya.. Jadi klo emak feel so good sama seseorang anak bakal ngerasain hal yang sama, saya ngetes soal ini dan ternyata dari semua percobaan hasilnya positif.. Jadi kalo lagi jalan trus beberapa meter di depan liat ada tetangga, saya langsung ngebatin 'saya nyaman ketemu orang dan senang ngobrol sama siapa aja termasuk yang lagi ada di depan sekarang' dan ga disangka Dinar hehe-hoho aja disamping pas kita akhirnya beneran ngobrol.. Ga ada genggaman kenceng, ga ada sembunyi di belakang saya, ga ada nangis2.. Biasa aja gitu.. What a surprise!!