1

Topic: Kendaraan Bermotor: Kredit vs Cash

Ohh.. kayaknya gue rada-rada salah nangkep pertanyaannya kemaren..

Sebenernya kalau emang belum mampu untuk beli cash tapi butuh kendaraan pribadi, yah kredit juga gak papa karena kredit rumah dan transport itu masih dihalalkan timbang kredit sepatu :)
Apalagi kalau setelah dihitung-hitung ongkos (misal) bus suami istri buat ngantor sebulan nggak jauh beda dari biaya kredit + bensin motor.
Belum lagi faktor2 yg gak kehitung lainya misalnya bisa sampai di rumah lebih cepet sehingga waktu sama anak lebih banyak, bisa boncengan berdua suami sambil peluk-pelukan sepanjang jalan, dsb :p

Idealnya yg pernah gue baca, max ongkos transport (termasuk cicilan mobil/motor, bensin, tol, parkir) itu gak lebih dr 15% total budget kita. CMIIW

2

Topic: Kendaraan Bermotor: Kredit vs Cash

sekedar saran, kalo memang mo ambil kredit kendaraan bermotor, mending ambil kreditnya di bank aja, jangan ke leasing. karena bunganya lebih murah. cuman kalo ambil ke bank memang harus mobil baru sih ya, setauku kalo second jarang ada bank yang mau membiayai :)

3

Topic: Kendaraan Bermotor: Kredit vs Cash

Cash tentu...kalo ada uangnya lebih baik cash :)

Gue tuh tadinya hobi nyicil. Beli apa2 nyicil. Itu beberapa tahun lalu. Pas beli sih enakkk seneng cuman keluar dikits uangnya. Habis itu kadang dalam perjalanan nyicil suka ga punya duit pas jatuh tempo cicilan karena tuh duit kepake dimana2, dan akhirnya stres sendiri...bertobatlah akhirnya.

Gue baru beli mobil nih, dan lagi inden, dan kan DP dulu tuh, pas mobil udah ada baru akan dilunasin, dari pertama sih udah nyiapin dana sejumlah harga full mobil on the road termasuk asuransi, nah pas DP kan cuma kepake sebagian, sisanya langsung gue deposito yang tanggal cairnya sehari sebelum perkiraan datangnya si mobil.

Jadi dengan begitu di account current gue / account sehari2 gak kesisa uang itu deh, takut kepake soalnya :D

Lagian kalo gue memang prefer cash karena gue financial planner yg buruks. Suka impulsif beli2 macem2 terus nyesel. Jadi buat pembelian yg gede2 gini mendingan beres di awal daripada belakangan gue stres sendiri karena kekurangan dana buat bayar.

Adik gue nyicil mobil juga minjem cuman 30 juta aja krn alesan kena bujuk racun sales buat upgrade specs mobilnya (pas mau beli mobil sebenernya dananya cukup tapi terus dia iseng mau nambah2 specs kaya TV, sound system lebih bagus, jok kulit dllsb) itu nyicil 2 tahun aja dan bunganya kalo ditotal ama pokoknya jadi 40 jutaan...woott? 10 juta bunganyaaaa? 1/3 pinjaman hiks.

Yah kalo ada uangnya sih mendingan cash yah, tapi kalo emang teguh pendirian dan pinter ngatur keuangan, yaaa udah nyicil juga ga papa sih :)

Ngomong2, leasing + bank memang bunganya kecilan bank. Biasanya dealer kerjasama sama bank atau leasing tertentu, tapi kalo ga mau pake rekanannya mereka juga ga papa.

4

Topic: Kendaraan Bermotor: Kredit vs Cash

Linda
setahuku bank ngebolehin kok kredit mobil second tapi tahunnya dan kondisinya memang ketat syaratnya. cmiiw

5

Topic: Kendaraan Bermotor: Kredit vs Cash

iya bener, dulu aku pernah coba ngitung-ngitung, jumlah uang total yang kita keluarkan kalau kredit motor/mobil di dealer/leasing bakalan jauuuh lebih besar drpd kalau kita kredit motor/mobil lewat bank.

Trus juga daerah tempat kita beli mobil/motor juga mempengaruhi harga. Dulu waktu di balikpapan, niat beli mobil selalu urung krn beda harga mobil bisa 10-20 jt lebih mahal dibanding jika beli mobil di jakarta/bandung (jawa). Jadi masih mending beli mobil di jawa trus dibawa lewat kapal ke balikpapan krn jatuhnya bakalan lebih murah.

Oya, pengalaman waktu mengajukan kredit mobil ke B*A di bandung kmrn2 cepet banget, orang banknya cuma datang sekali dan 1-2 hari kemudian sdh langsung approved.

6

Topic: Kendaraan Bermotor: Kredit vs Cash

Kalo gue utk pengeluaran yang lebih dari 6x pendapatan per bulan lebih baik dicicil, porsi cicilannya aja yang diperhatikan jangan sampe ganggu yang laen, alias not more than 15% pendapatan :) utk kendaraan.

Buat yang punya cash, itu lebih baik. Tapi saya pribadi ngga pernah beli mobil baru sih karena turunnya cepet banget. Udah 2 kali beli yg umurnya masih < 18 bulan dengan milestone < 20ribu km.
demikian IMHO.

7

Topic: Kendaraan Bermotor: Kredit vs Cash

fanny iya sebenernya memang ngebolehin kredit mobil second, tapi karena ketat persyaratannya itu (tahun, kondisi, bahkan ada yang merk ditentukan juga) banyakan marketing bank lebih menyarankan sekalian mobil baru aja :)