1

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

ikutan ya,sama kaya dewiamel,gw juga ga dibolehin bw labib jauh2 naik motor paling banter jarak 20menit dr rumah. dulu gw suka curi2 jalan2 b2 ama labib naik motor kl babehnya ga ada :D

1. gw pk lift back carrier,yg i think itu aman. krn anak ada safety beltnya dan di carriernya pun ada safety belt, ada payung mininya. biasanya spion kiri gw ke arahin ke labib biar keliatan gerak gerik dy.ini penampakan carriernya
http://a8.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/263938_10150232740873831_686488830_7497525_1863968_n.jpg

2. kupluk,jaket,celana panjang, kaos kaki is must
3. sekarang ga mungkin bw 2 bocah naik motor,kesian :(. gw termasuk yg strict juga untuk boncenngan bw anak naik motor. gw pernah dpt cerita dr suami, jd temennya suami ini naik motor sm anaknya,b2 doang. dan si anak cuma di pegangin pk tangan kirinya plus di pangku di paha kirinya. kemudian ada mobil dr pertigaan dan temennya suami gw ini kaget,dan dy banting stir,anaknya lepas dr pegangannya :(.end story tangan anaknya patah :((:((:((

please parent..safety driving dgn motorcycle ya...

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

2

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

nidya, sedih bgt ceritanya. ternyata emang pake carrier itu penting ya ..
btw, itu gak berat ya liftback, labib posisinya jadi tinggi banget gak klo di motor ?

less ego, more heart

3

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

Itu kan bs di adjust sid dudukannya,gw milih posisi yg kepalanya lbh tinggi dr pundak jd dy bs leluasa ngeliat.kl di bw jalan mah emang brt tu carrier tp kan pas di motor carriernya naro di jok,jd ga seberat kl di bw jalan

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

4

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

Mau berbagi jg nih urusan naik motor bw anak. Emang gw sih bermobil sebenernya, tp suami sehari2 kerja bermotor. jd motor emang kendaraan ke2 keluarga kami. Kalo bawa Reyu (2thn3bln) naik motor itu baru sejak dia umur 10blnan deh, tdnya cuma bwt jalan2 di kompleks. Kadang suka pergi makan ke luar gk jauh dr rmh, demi menghindar macet.

Sejak sebelum 1 thn sih untungnya udah ada helm anak yg muat bwt Reyu (kepalanya besar :p ), trus yg pasti selalu pake jaket ditutup full sampe atas, trus kain tipis kyk sapu tangan buat jg masker. Agak jarang sih memang ngajak dia jauh2 naik motor, dan anti pergi malem jg (kalau jarak tempuh lebih dr 15mnt).

Tadinya Reyu selalu berposisi ditengah, antara gw dan suami. Tapi sejak. umur 2thn, gw mulai ada kerjaan yg musti pergi pagi, Reyu jd brangkat sekolah dianter suami, jd dia berdiri d depan (skutik motornya). Tapi ya gtu selalu berperlengkapan kumplit (jaket,masker,helm) kalo keluar kompleks, walaupun cuma jarak tempuh 5 mnt (ke sekolahnya cuma 5 mnt klo naik motor).

Untungnya sih walaupun Reyu termasuk anak yg aktif berat, sejak pertama kali naik motor dia anteng banget, gk ada gerakan yg ujug2 gtu, kyknya ngerti kalo ngendaliin motor itu butuh seimbang.

Yg suka merinding tuh kalo liat anaknya berdiri2 d motor, ya walaupun ditengah antara ibu-bapaknya ya... tp tetep aja gk aman banget ya...

Carita Chandra Sakirun
------------------------------------------
If we're about to die anyway, I'd rather die fighting! Come for me, G'mork! *I* am Atreyu!
(Atreyu *The Never Ending Story*)

5

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

ikutan nimbrung ya...
kalo aku sering ajakin Dinar (2yo) pergi2 kaya ke mall ya naek motor... pake helm dan jaket dan biasanya milih waktunya yang suhu diluar rumah itu bersahabat, jadi ga pernah pergi siang2 bolong...
Dinar biasanya duduk di kursi dari rotan yang bisa dilepas-pasang kaya gini http://farm7.static.flickr.com/6061/6067406193_34277ee726.jpg
kursi dinay by annaharyanto, on Flickr
ada beberapa model tapi kurang lebih aja sih, ada juga yang pake busa tipis dan ditutup kain yang untuk mebel gitu... so far kayanya aman, sih..

6

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

Ikutan sharing..

Kebetulan kita baru punyanya motor, jadi kemana-mana pasti masih mengandalkan motor. Kalo pas kecil, Kana biasanya pake wrap, kalo sekarang pake boba. Dan kudu mesti pake gendongan dan gendong di dadaku. Soalnya kalo gak pake, aku takut sendiri. Dan kalo mau naik motor, Kana pake celana panjang, sepatu dan jaket. Untuk helm, belom muat dan Kana belom mau (masih dibujuk) jadi sementara pake hood dari boba dulu. Supaya tertutup. Dan aku seneng banget karena boba ada footstrapnya. Jadi kakinya Kana gak menjuntai-juntai kemana-mana. Aman di foot strapnya.

Kalau jaraknya deket, kita biasa pakai motor. Tapi kalau agak jauh, naik taksi aja. Atau combine, setengah perjalanan naik motor, trus motor diparkir, abis itu naik transportasi yang lain. Misalnya yang sering, kalo ke PIM, aku naik motor sampai ITC Permata Hijau, dari situ lanjut naik busway. Aku dan suami juga ngeliat tempat parkir motornya. Kalau terlalu jauh, mendingan naik transportasi yang lain aja. :)

.. i'm just a girl, a woman, a daughter, a friend, a wife, and a mother..

Our llittle space : http://kakira.my.id/ /@rachanlie

7

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

ah iya lupa belum cerita disini.

agak serem sih. jadi waktu mudik di kampung ada kecelakaan gitu. anak bayi naik motor cuma dipegangin sama ibunya. dibonceng. jalannya rusak parah ... dinda permata kayanya tau deh jalan ini, jalan yg kearah jogorogo-ngrambe, di Ngawi. yg klo ada truk lewat debunya langsung nutupin pandangan kendaraan lain.

motornya 'kejeglong' (kena lubang, apa ya bahasa indonesianya). kondisi kecepatan tinggi. jadinya keguncang, pegangannya lepas gitu dan bayinya jatuh.

terus dibelakangnya ada mobil >< ... gak usah diceritain lagi deh ya lanjutannya. ati2 ya mamas naik motornya ...

less ego, more heart

8

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

karena di yogya memang salah satu tranportasi utama adalah motor, aku terbiasa bawa bhumy sendiri sejak dia lima belas bulan pake motor matic. dulu sih pake gendongan bayi aku gendong depan, dulu malah sampe bisa nyusuin sambil motoran (yeah believe me, some unbelievable things we could manage to do).

sempet waktu itu mau beli boba, tapi sekarang berpikir nanggung, dia udah 3 tahun, boba cuma sampe umur 4 ya? dan ga tau kenapa sekarang ga berasa perlu2 amat.

daily sih sekarang sejak 2 taon setengah dia biasa aku taruh depan, dengan jaket super tebal berhodie (mau siang panas banget yg penting jaketan), aku sempet beli masker buat anak2 pas ke jakarta juga, yg bisa dicuci (modelnya anjing2an), dan selalu pake topi. so far he is fine. syukur sih mobilitas kita deket kemana-mana. ke sekolah cuma 10 menit, pasar n supermarket 5-10 menit.

kalo agak jauh sih aku selalu ngitung, cuaca n timingnya. aku selalu berusaha ga keluar malem bawa dia. kecuali mungkin aku bareng temen jadi bisa bonceng belakang atau kalo terlalu jauh n terlalu malem mending naek taksi aja.

kadang kalo dia mau agak2 ketiduran gitu, aku bangunin dulu, dan udah deket rumah, minta dia pegangan yg bener.

tentu saja, di atas semua itu, bawa motornya harus selalu hati2 kalau bawa anak. syukur2 sih kalo bawa bhumy di motor, kendaraan lain ga ada yg rese. ngeliat kali ya kalo bawa anak.

writer. translator. mother to asabhumy. yoga addict. banci dapur.

9

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

Hiii baca cerita sidta jadi serr perutnya. Satu lagi nambah info buat mama yang pakai motor matik dan bawa anaknya berdiri di depan, kalau tinggi anak masih belum lewat tinggi stang hati hati pernah kejadian di saya, ngerem dan akhirnya bibir anakku berdarah keantuk stang, kombinasi rem mendadak dan kontrol anak setinggi itu yg belum sempurna plus kriyep kriyep mungkin kena angin...

hari ini adalah hari baik

10

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

wah... kayaknya wajib absen disini yaa..
kendaraan keluarga kami motor... kalo mau belanja berangkat ke kantor, ya naik motor. lebih tepatnya ayah naik motor, bunda dibonceng. Ke supermarket terdekat biasanya juga naik motor. Kalo bareng si kembar? weew ribeett.. biasanya yang kami lakukan sbb:

- jarak tempuh harus max 15 menit.
- Jaket & carrier is a must
- Kalo hanya puter2 kompleks, anak yg di bawa di depan boleh ngadep depan. tapi kalo harus keluar jalan raya dan kondisi windy, hadap belakang.
- posisi: tetep 1 di depan, 1 ditengah. karena memang harus bawa 2. (mobil gak punya.. sedang kendaraan umum tidak menjangkau semua tujuan.. hihi)
- kalau harus ke jalan raya hindari jalan macet dan kondisi jalan tidak sedang crowded. Kalo macet, ampun, kasihan KI-KA, polusi-nya gak tahaann...
- belum pake helm, karena badan ki-ka yang masih super mungil.

hhhmmm.. apa lagi ya?? *sambil mikir*
Mamas, ada yang punya saran safety riding untuk kami yang harus bawa 2 bayi??
TFS.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

11

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

kalo saya bawa diva(3y) naik motor ya pake boncengan belakang kaya foto yg di upload rosalia .kalo diva naik boncengan kaya gitu udah dari umur 18m . waktu itu buat nganter ke sekolahnya . awalnya waktu umur 16m diva saya bonceng pake carrier di depan . tapi saya pikir kasian dia kalo di depan kena angin . akhirnya saya beli si bonceng bocah itu . selama ini sih saya ngerasa nyaman dan lebih aman ngebonceng diva . kadang diva sampe ketiduran di motor . kalo masalah mamas yg khawatir kalo jatuh anaknya bakal kebawa karna nempel di motor menurut saya sih asal kita bawa motor hati" insya allah aman" saja . lagian ga mungkin kan kita bawa motor ngebut pas boncengan sama anak . oiya kalo helm diva emang ga mau pake . mungkin dia ngerasa berat kalo pake helm . jadi kalo naik motor biasanya saya pakein jaket , kerudung dan kaca mata .

12

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

hai,baru gabung nie. dah lama intip2 isi the urban mama. liat tread "safety riding" ini jd pengen share jg. aq kmna2 naik motor sih. soalnya bpkny cila kerjanya jauh :). jadi musti mandiri hihi. cila mulai aq ajak boncengan dr umur 14bln. bwa ny pake gendongan monyet. hadap depan sih mukany. soalny cila suka liat2. jadi klo aq gendong dia hadap belakang, aqnya di ijak2 hehe. aq punya juga tuh kursi rotan kaya punya mamadinara tp takut buat make. biasanya klo bpkny cila datang baru pake itu. soalny badan q pendek hehehe. rasa2ny kok susah belok jdnya ngeri hehe. pernah nyobain pake belt yg sekarang banyak dijual, eh malah cila kedorong ke depan pas belok. jadinya gak pernah mau pakai lg. mending pake gendongan monyet aja hehe. aman (perasaan sih). Tp klo boncengan ama cila aq gak pernah jauh2. terus perginya juga klo bisa di usahain gak pas panas2.

13

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

mau share juga...

biasanya kalo naik motor yang rada jauh, perlengkapan wajibnya Ankaa (4y6m) itu helm dan jaket. trus milih waktunya juga yang kira-kira traffic ga terlalu ramai dan cuaca mendukung. dan kalau tujuan terlalu jauh (lebih dari 30 menit bermotor), saya lebih suka naik kendaraan umum. ya itung-itung mengenalkan kendaraan umum lah :D karena saya ga bisa (dan ga boleh) bawa motor sendiri, jadi biasanya motoran pas wiken aja sama suami. untuk ke sekolah, biasanya saya pake jasa ojek langganan. untungnya sekolahnya deket.

14

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

mamas, ada gak sih resikonya kalo anak terus-terusan naek motor. misal flek paru atau paru-paru basah gitu? JAdi 2 minggu lagi, daku ngantor di daerah cilandak, kantor suami di kemang, dan Ariya bakal dititipin di daerah Santa, blok M. Padahal rumah kami di cikunir.

Setiap hari kami akan menempuh waktu berangkat abis subuh sekitar satu jam, dan pulang sekitar jam 8malem dalam 1jam juga.
Pernah sih uji coba, aku boncengan sama suami, Ariya digendong ditengah menghadap aku. Pas berangkatnya sih aman, karena Ariya langsung bobok di jalan. Tapi pulangnya, dia gak bsia bobok, walhasil gak mau dipakein kupluk. Aku bawa Ariya pake baby carrier, merk cuddle me carrier, dipakein hoodie-nya juga gak mau anaknya. moga-moga sih besok lagi mau ya..

Sidta kalo Asa dibawa naik motor berapa lama tiap harinya? sering naik motor juga sejak kapan? mulai duduk sendiri di motor sejak umur berapa? hihi.. sori banyak nanya :p

oiya, kalo naik motor pake baby wrap serem gak sih? soalnya kepikiran sisa kainnya yang ngliwir-ngliwir kena angin.. dan itu masih kepake gak buat anak setaun lebih?

@ianaholic
ibu antar kota antar propinsi

15

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

Iana, asa nggak tiap hari motorannya. paling weekend. namapun mamah ayahnya sampe rumah udah jam 8, berangkat jam setengah 6, paling ya naik motornya kalau hari kerja cuma seputaran kompleks aja.

dulu jaman-jaman motoran jarak jauh itu waktu rumah yang sekarang belum jadi, mau nggak mau nengokin tiap sabtu-minggu.

dan emang agak takut efek samping kena angin dan capek juga, jadinya sengaja dibeliin baby wrap. kepake kok. sisa kainnya diiket didepan aja trs nglewer2nya dimasukin ke tengah. pake jaket dan kupluk, kaki rapet celana panjang dobel dua dan kaus kaki. biasanya sih dia tidur sepanjang jalan ya. waktu itu asa udah satu setengah tahunan.

mulai duduk sendiri umur 2,5 tahun. sekarang udah ngga bisa diwrapin dan dimasukin baby carrier, malah udah jarang dibawa motoran jauh. lebih sering naik KRL sama angkot

sebenernya, daripada udara dingin, lebih takut sama polusi sama biker sembrono. maaf ya mamas depok, bukan bermaksud mencela, tapi kenapa sih disini sering ketemu orang yang naik motornya bahaya banget T.T .

tiap hari ada aja yang ngelanggar palang kereta, nerabas lampu merah, melawan arus, anaknya diberdiriin dll. terakhir kali jatuh karena disalip di tikungan sama ibu-ibu bawa bayi, no helm-bayinya pakai baju pendek. padahal jelas-jelas udah nge-sign. antara kasihan sama kesel sih jadinya karena kaki asa sampe ketiban motor.

kalauuu aja ibu itu milih ngalah di belakang, mungkin anak kita berdua ngga ada yang benjol.

less ego, more heart

16

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

iya juga sih, pake baby wrap kayaknya lebih anget daripada baby carrier yak. mana punya Ariya ketinggalan di jogja, kayaknya besok mau minta tolong dikirim kemari deh..
Celana dobel! Oh, kenapa gak kepikiran yak, kemaren sempet mikir, pake celana bahan apa yang anget, tapi malah ga kepikiran di dobel. hihihi.. Thanks a lot mbak Sidta

KAlo cara menghindari polusi buat bayi gimana yah? kalo udah segede Asa kan bisa dipakein masker, lha kalo masih setaun, keknya belon bisa deh.. huhuuu...
Di daerah tempatku juga yang naik motor banyak yang serem, tapi emang kami gakn sampe kenapa-kenapa sih.. gak minta juga, hehe.. cuma jalanannya semrawut, banyak yang melanggar lampu merah. serem deh kao naik motor disini, untung daku selalu dibonceng ama suami..

@ianaholic
ibu antar kota antar propinsi

17

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

pengen share juga

kendaraan keluarga kami juga motor, tapi selalu aku yang bawa biar pulangnya bisa cepat nyampe ke rumah. semenjak qeeya (2.5 thn) masuk ke daycare, tugas tambahan ku mengantar qeeya ke daycare nya karena daycare nya searah dengan kantorku. Jarak dari rumah ke daycare nya sekitar 15 menit.

Biasanya qeeya aku dudukin didepan dan pake belt anak buat boncengan. Qeeya nya sih seneng2 aja, bahkan sering nyuruh aku buat ngebut *tepok jidat*

jadi peralatan wajib buat qeeya aku pakein jaket tebal berhoodie dan kaos kaki. untuk motornya aku tambahin wind shield biar mata nya ga kena debu, soalnya qeeya ga mau pake kacamata..

18

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

Mama-mama cantik, mau tanya nih...
ceritanya aku kan mulai ngantor
selama aku kerja anakku Olivia (17 bulan) dititipkan di daycare yang deket kantor
jarak rumah-kantor kurleb 7 km, aku naik motor matic
nah, sebaiknya aku pake carrier merk apa ya mom yang aman?
dan kalo usia 17 bulan baiknya digendong di depan ato belakang?

thanks

I'm feeling the most enormous heart bursting love for my daughter, Olivia

19

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

bbrp hari yg lalu sukses bawa si kelinci ke pasar naik motor ber 2 hehe hanya berbekalkan boba. di gendong ala backpack d punggung karena takut dia naik2 setang motor kalo d depan. jarak tempuh sih ga nyampe 10 menit dan dengan kecepatan max 20-30km/jam hahaha (bahkan sepeda onthel yg d kendarai mbak2 ke pasar aj lebih cepet wkwkwkw)
pengen beliin helm tapi kok gede2 ya pada. ga ad yg bs anak 1 taonan gt... mau d pasangin topi dia ga suka. takutnga d tengah jalan topinya d buang kan ga ketahuan.
secara jaraknya dekat bgt jd ga pake jaket. baju kaos biasa n celana panjang aja krn udaranya sby gerah bgt n biasa ke pasar pagi2 so mataharinya ga nyentrong2 amat.

ga berencana pergi jauh2 naik motor sama si kelinci sih... secara kalo bosen dia bs meronta2. mungkin kalo agak gedean sekitar umur 2 taonan kali ya... enak naek motor sih... ga kena macet hehehe

20

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

Dapet 'undangan' dr serene utk mampir ke thread ini. Hehe.
Seperti yg udh aku tulis di thread babywearing, kmrn suamiku coba bawa anakku pake motor berduaan aja pake BOBA. Nyaman katanya sih. Ga pegel dan anaknya jg anteng lgsg tidur. Pdhl jaraknya lmyn jauh. Kira2 skitar 45 ment-1jam perjalanan kurang lebih. Boba itu kan ada pijakannya ya. Jd kaki anak jg ga ngegantung. Itu mgkn salah satu faktor yg bikin dia nyaman. Trs hoodienya jg kan bs utk penahan angin (walaupun tetep pake topi lg sih).

Mnjwb pertanyaan serene, Kalo mnrt aku sih lbh baik digendong depan dan menghadap kita. Jd ga yg langsung kena angin. Kalo diblkg rada deg2an ga sih. Krn kan ga bener2 kliatan sm kita. Kmrn jg posisinya seperti itu. Perlengkapan perangnya pake topi, jaket, kacamata item.

Kalo aku sendiri blom pernah bawa sendiri. Pernahnya dibonceng dan pake wrap krn saat itu anakku msh bayi. Nyaman buat aku, gak pegel. Dan anakku kliatannya jg nyaman. Tidur aja gt sepanjang jalan.

Dulu wkt msh punya satu anak sih kemana2 selalu naik motor krn baru punyanya itu doang. Hehe. Tp jg paling lama nempuh skitar 1 jam perjalanan. Dg posisi anaknya ditengah. Ga pake gendongan apa2. Cukup aku pegangin aja. Tp dipakein jaket tebel, helm, kacamata dan masker. Dg syarat ibunya ga boleh ngantuk. Hihi.

Pengen sih nyobain belt2 yg suka dijual di OS itu. Ada yg pernah coba? Paling bagus yg merk apa ya? Eh, tp perlu ga sih dibeli kalo udh punya carrier? Lbh aman mana ya kira2?

Ibunya Muhammad VITO Adelard, Khadijah Sarisha alTHANYRAA & EL - Zaidaan Athalla | @RheeaNanda | http://nandapurnama.wordpress.com

21

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

@mamamio, bener banget
naik motor itu ga macet
ga enaknya kalo lagi hujan nih..

@rheananda
thanks buat pencerahannya..
iya sepertinya aku bawa anakku gendong depan dulu
ntar kalo udah bisa duduk sendiri baru duduk di belakang

suka dilematis nih denger konentar ibu2 yang lihat aku bawa anak sambil naik motor
tetep kok keamanan anak yang pertama
aku pakein dia jaket, kerudung, n celana dobel
kalo hujan ato panas terik ya berhenti dulu
semoga baik baik aja

I'm feeling the most enormous heart bursting love for my daughter, Olivia

22

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

@mamamio, bener banget
naik motor itu ga macet
ga enaknya kalo lagi hujan nih..

@rheananda
thanks buat pencerahannya..
iya sepertinya aku bawa anakku gendong depan dulu
ntar kalo udah bisa duduk sendiri baru duduk di belakang

suka dilematis nih denger konentar ibu2 yang lihat aku bawa anak sambil naik motor
tetep kok keamanan anak yang pertama
aku pakein dia jaket, kerudung, n celana dobel
kalo hujan ato panas terik ya berhenti dulu
semoga baik baik aja

I'm feeling the most enormous heart bursting love for my daughter, Olivia

23

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

rheananda itu di atas (post #37) mamanya cila udah share pengalamannya pake belt.

serene aku biasa boncengin 2 anak sendiri, soalnya suami tinggal beda kota. Kalo pergi yg deket gitu, misal jemput sekolah yg jaraknya gak nyampe sekilo -berangkat jalan kaki tapi pulang minta dijemput pake motor karena jalanannya mendaki :D - malah ga pake apa2, yg gede (4th) bonceng di belakang, adiknya (2,5th) duduk di depan, motorku bukan matic. Kalo agak jauh, tukeran posisi, biasanya si adik kugendong pake carrier, gendong belakang, karena kerasa berat kalo gendong depan. Kakaknya yg di depan pake jaket dan helm lengkap.

24

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

wah banyak juga mama biker disini :)
Anak ku dari umur 2 bulanan juga sudah diajak naik motor.
Sejak mama nya mulai masuk kantor, baby Ryan di titipin ke rumah neneknya, untungnya deketan, ga sampe 10 menit, bawa motor pelan aja. Jadi setiap pagi Ryan digendong pake kain sama mba nya trus mama nya yang bawa motor.
Karena dekat dan masih imut ga ada perlengkapan khusus. Malah kadang2 Ryan masih bobo uda diajak naik motor.

25

Topic: Safety Riding with Toddler (by Motorcycle)

Ikutan sharing yaa.. secara alat transport yang paling sering dipake adalah motor :D

Pengaman apa yang kita gunakan? apakah duduk diapit orangtua sudah cukup aman? Atau masukkan ke dalam gendongan?
Dulu kalo naek motor pasti pake sleepywrap, tapi sejak perutku sudah membuncit jdnya udah ngga bisa lg.. jadinya Abe ditaruh di tengah trus pake jarik diiketin ke badan ayahnya.. abis kalo pake sleepywrap kepanjangan hihihi..
Alhamdulillah Abe-nya anteng dan meluk ayahnya dari belakang.. malah suka ketiduran, nah kalo kek gini biasanya jariknya dilebarin jd nutupin badannya sama aku agak majuan buat jagain badan Abe biar ngga miring2 :D

Baju/kelengkapan apa yang kita kenakan ke anak. Mulai umur berapa anak menggunakan Helm.
Helm keknya blom bisa pake coz Abe baru 15 bulan.. jadi yang kudu make pasti topi/kupluk, jaket, celana panjang dan sepatu

Mamas disini setuju tidak membonceng anak dengan motor? atau sebaiknya kita menggunakan transportasi lainnya
Setuju aja asal jaraknya memang masih memungkinkan untuk naek motor dengan bawa toddler.. yang penting ingat keamanan anak aja sama peralatan tempur seperti baju ganti, makanan fav ma minuman wajib dibawa di tas :)