1

Topic: Kesulitan bersosialisasi

rachanlie, terlalu 'easy' sama orang juga bikin cemas yak... Haha, ga ada abisnya deh urusan..
Emang musti dikintilin tuh, udah sering kejadian anak diculik soalnya..eh, malah nambahin parno ya...
Ga bisa bantu juga ya, karna blm pernah ngalamin ky gitu.. Tp boleh di-share ya mom, gimana triknya ntar buat Kana supaya bisa aware sama org asing..

2

Topic: Kesulitan bersosialisasi

senasib. Kembar saya dulu juga begitu.. Kalo ada orang asing di rumah ato liat orang asing langsung histeris. Threatnya:
- sering ajak maen di dpn rumah, maen bola, belajar jalan, liat bunga, menyapa teman sebaya ato orang lain yg lewat..

- Kalo ada orang asing di rumah atau kita ajak ke acara keluarga, sebelum mereka sentuh, cubit, gendong, cium si kembar, saya dan suami membiasakan untuk memperkenalkan dulu sambil jabat tangan. Layaknya kita kalo ketemu orang baru. tentu saja sambil bilang "Kak, ini temannya bunda, namanya om bla..bla.." ya kalimat perkenalan layaknya kita kenalan gitu deh. Setelah jabat tangan kita ngobrol sama mereka sambil libatin anak. misal "Kira juga tadi kesini naik becak, tante..." tentu biasanya yang diajak bicara akan merespon dengan memandang anak kita. Dengan melewati tahap perkenalan saya rasa anak akan merasa dihargai privacy-nya.

- Kalo ada yang langsung unyul2 nyelonong maen cium, dan kembar langsung nangis, biasanya saya gendong mereka, sambil menenangkan. Setelah tenang baru saya kenalin seperti tahapan diatas, sambil saya bilang, "maaf ya tante bla..bla tadi langsung cium kakak. Abis gemes liat kakak.. Kaget ya kak? Maaf ya kak.." biasanya orang tersebut langsung ikut merespon dengan kata "iya.. maaf ya nak..." heuheu... itung2 sambil ngajarin orang lain agar gak langsung main selonong aja.. hahaha...

Alhamdulillah sekarang Kira-Kara mulai mudah beradaptasi. kalau harus ikut ke acara keluarga, gak langsung nangis. dan butuh waktu adaptasi kurang dari 30mnt untuk bisa bersosialisasi sama orang yg lebih tua. Kalo sama sebaya, Kira-Kara sudah mulai berani agresif duluan dengan menyapa, ala gaya mereka tentunya. Karena blum bisa bilang "hai/hallo.." yg ada si anak di towel2, atau dipegangin tangannya sama Kira-Kara, mungkin maksudnya mau ngajak salaman. hahahaha...

Hope it's help ya mamas...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's