1

Topic: Water Birth

selamat ya nidya,
uuh..jadi semakin pengen nih utk waterbirth ;)
ngebayangin ada lilin2 aromatherapy gt, romantis deh hihihi..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

2

Topic: Water Birth

hi mama / calon mama..

Mo sharing dikit:
Di Bali ada waterbirth, 3 tempat, yg paling terkenal sih yg di BumiSehat di UBUD oleh Bidan Robin Lim (Oppie Andaresta jg waterbirth di sono) bayarannya sukarela kalo ga salah, malah kalo mau bisa lgsg Lotus Birth juga,

Aq sendiri, WaterBirth + Lotus Birth tapi bukan di bumisehat, oleh dr. Hariyasa Sanjaya, aq melahirkan Jordan kmrn di RS Bersalin Harapan Bunda, RSnya ga gede, tapi lumayan lah (yg penting kan WB-nya) n bidan2 disana sudah terbiasa dg WB ini, total biaya 6 or 7 Juta (uda VIP room) yah jgn bandingin dg RS di Jkt or RS lainnya yah utk VIProom nya.. But for me smuanya OK2 aja.. Serasa di rumah..

Kalo pengalaman WB: lumayan mengurangi rs sakit pas uda masuk kolam, tapi aq telat bgt masuk kolamnya, krn diinduksi juga (ampun deh sakitnya) dr bukaan 5 tiba2 loncat kebukaan 10 (mgkn krn aq uda ngeden2 kali ya saking sakitnya) n bidan pendamping kaget: lah koq uda bukaan 10, airnya masih blun siap, akhirnya cepet2 lah disiapin (n aq bener2 dilarang keras utk eden, krn ketuban blun pecah), setelah msk air, dktr jg blun dateng... Pas dktr dateng pas ketuban pecah, n dktr tinggal bilang "yak skrg" hihihhh... Ga lama nongol deh Jordannya...

Klo sama dktr kandungan qu, biasanya wajib didampingi suami (suami ikut msk kolam) n sebelumnya suami jg ditraining untuk masas punggung istri pas wkt proses kontraksi bukaan utk membantu ngurangin rs sakit...

*waktu melahirkan Jordan, suami msh kerja di Luar Negri n ga bs pulang, jadinya aq ditemeni bidan pendamping dr pihak dokter (+by. 500rb) tapi sgt membantu, krn dr proses bukaan n ampe bener2 melahirkan diriqu ditemeni mba bidannya itu, ampe2 dia msk kolam jg.. Hihih...

Byk jg loh pasien dr. Hari yg WB, bahkan ada yg dr Spore n Makasar khusus dtg utk melahirkan WB di Bali n banyak pasiennya yg bule juga WB,

Ohy, sbelum memutuskan WB biasanya pasien2 diajak untuk ikut seminar dulu ttg WBnya, knapa WB, n ada videonya gitu... Jadi setelah seminar suami/istri bisa memutuskan apa mau WB or ga..

Wah.. Jadinya panjang bgt yak... Thanks

Have a great day all

3

Topic: Water Birth

thank thalia & eka...oya..menjelang persalinan aku rajin mantengin youtube tntng proses waterbirth,buat bekal pas lahiran secara ga pernah ikut senam hamil samsek :D

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

4

Topic: Water Birth

Setelah sukses water birth di Jakarta waktu ngelahirin anak pertama...apa daya anak kedua ga bisa water birth soalnya pindah ke Singapur 2 bulan sebelum ngelahirin...jadi anak kedua lahir di Singapur melalui persalinan normal...

sekarang udah bisa ngebandingin nih antara ngelahirin di air dan nggak di air...
kesimpulannya...i prefer water birth...
kenapa? air emang bener2 bikin rileks...di dalam air sakitnya kontraksi bener2 jauh berkurang...
sementara waktu ngelahirin anak kedua...sakit kontraksi bener2 tak tertahankan...akhirnya menyerah dan minta epidural... :P

there's no place like home...

5

Topic: Water Birth

Hi temans, salam kenal yah ...newbie nih.. :)
ada yg tahu nggak selain di Sam Marrie, MMC dan Bunda, apakah ada RS lain yg bisa water birth juga? RSPI or KMC ada nggak ya?

thank u mamas :)

6

Topic: Water Birth

Yth Moms

Saya perlu info, kalau janinnya saat di USG ada indikasi terlilit tali pusar di lehernya dan setelah dicek dengan CTG, kondisi janin/bayi masih dalam keadaan normal.
Apakah persalinan dengan water birth masih bisa dilakukan bila ada indikasi lehernya terlilit tali pusar?
Tolong sharingnya, bagi teman yang pernah mengalaminya. Saya perlu saran dari teman teman karena istri saya ingin sekali water birth.

Terima kasih
Wassalam

7

Topic: Water Birth

Abi Annabella,

Sorry sebelumnya kalo misalnya agak kurang membantu,

Secara teknokterannya, mungkin bisa ditanyakan lgsg ke dokter kandungannya n kalo bisa lgsg konsul ama dokter yg biasa Nanganin WB dari awal2 kehamilan, krn perkembangan bayi n ibunya pasti akan di pantau,

Usia kandungannya brp bulan, mdh2an bayi masih bisa muter2 lagi n ga jadi kelilit deh,

Kalo pengalaman saya, pas di USG dulu, ga ada indikasi kelilit tali pusar, tapi ternyata pas lahir, kelilit tali puser 2x,
Dokternya aja agak kaget, mgkn pas dalam proses kontraksi bayinya gerak ato mank pas di USG ga kelihatan lilitan tali pusarnya..

Tetep smangat....

8

Topic: Water Birth

mei jordan wrote:
Abi Annabella,



Kalo pengalaman saya, pas di USG dulu, ga ada indikasi kelilit tali pusar, tapi ternyata pas lahir, kelilit tali puser 2x,
Dokternya aja agak kaget, mgkn pas dalam proses kontraksi bayinya gerak ato mank pas di USG ga kelihatan lilitan tali pusarnya..

Tetep smangat....


Pertanyaan saya untuk mei jordan : Maaf saya tidak mengikuti cerita sebelumnya, apakah kelahirannya via water birth dan apakah pas lahir kondisinya kelilit tali puser?. Maksud saya apakah dalam kondisi kelilit tali pusar bayinya masih bisa lahir via water birth dalam kondisi sehat dan aman.
Bagaimana kita bisa tahu bahwa kondisi janin masih bisa lahir selamat walaupun dalam kondisi terlilit tali pusar, karena pada umumnya dokter beralasan tidak mau ambil resiko, biasanya langsung ambil jalan pintas untuk dicesar/dioperasi saja.
Untuk antisipasi berbagai macam resiko, saya perlu tahu dokter kandungan yang pro persalinan normal, apakah ada teman yang bisa kasih saran, khususnya di sekitar Jakarta Timur atau di RS Carolus (yang pro IMD)?.

Terima kasih
Wassalam

9

Topic: Water Birth

Aq prnh jg bc crt tmn yg obses ma metode ini tp sayangny g kesampean krn pembukaannya lambat, akhirnya lahiran biasa deh jd aq sempet ragu jg ma metode ini tp stlh bc pengalaman2 mommies di TUM ini mostly koq menyenangkan y pake metode water birth ini, jd kepengen niy ntr kl dkasih rejeki bs hamil&lahirin anak ke 2 :)

btw, kolam yg dipake kayak gmn siy bentuknya ?? *penasaran*

~ Living The Life And Loving It ~

10

Topic: Water Birth

Disty Putri,
kalo yg aku pake di SamMarie kolam tiup kaya kolam anak2 gitu tapi gede, diameter 1.5 - 2 m lah kira2...
trus kolamnya dibawa pulang...

there's no place like home...

11

Topic: Water Birth

Disty Putri,
aku di RS Bunda margonda pake bathube yg kaya jacuzi. dan ga bs di bawa pulang *yaeyalahh:D* HTH

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com

12

Topic: Water Birth

piw, ooo gt ya, lmyn donk kl dbawa plg, ntr skalian bs bwt renang baby d rmh :) tfs.

nidya, tfs, trnyt beda-beda ya, btw jgn sampe dibawa plg deh, bs nambahin tagihan tuh ntr :)

~ Living The Life And Loving It ~

13

Topic: Water Birth

Abi Annabella,

iya saya WB + IMD + LotusBirth, n waktu lahir kmrn, baby Jo kondisi kelilit tali puser 2x (ketahuannya pas bayi uda nongol),

Kalo soal dokter sih, saya cuma tau yg di daerah Denpasar aja, krn saya tinggal di sini, ada bbrp dokter yg bener2 pronormal bgt, salah satunya dr. Kandungan saya kmrn, karena kondisi sy yg telat 8 hari n air ketuban udah berkurang, dirangsang obat bubuk 2hr ga kontraksi + dirangsang infus jg blun, total saya dikasih obt rangsang itu 4hr, saya rasa kalo ama dokter lain saya pasti bener2 udah di sesar... Dokternya malah nyemangatin sya yg udah mulai cape krn uda 4hr di RS tapi bayi blun nongol2 jg... Hehhehehe

Istrinya Abi Annabella uda brp bulan kandungannya? N emangnya sudah pasti ya kebelit tali pusar?

Disty Putri,
Klo di RS Harapan Bunda Bali kolamnya kaya kolam bathup tapi bulet gede, kalo ada indikasi Yg WB penuh pasiennya, ibu yg ga dapet room WB disuruh beli kolam yg kaya PIW sebut itu.. (Mrk ga siapin kolam tiupnya).

14

Topic: Water Birth

mei jordan wrote:
Abi Annabella,

Istrinya Abi Annabella uda brp bulan kandungannya? N emangnya sudah pasti ya kebelit tali pusar?

.


Kalau menurut hitungan rumus : hari pertama mens terakhir dikurangi 3 bulan dan ditambah 7 hari, Istri saya diperkirakan EDD (Estimasi Due Date) pada tanggal 31 Oktober 2010.

Pada saat di USG 4 minggu yang lalu, dokter bilang ada lilitan tali pusar, kemudian di CTG untuk mengetahui kondisi janin, dan hasil rekamnya menunjukan kondisi janin masih baik. Dokter bilang jangan sampai janin bermasalah dan karena ada kemungkinan dicesar.
Berhubung kami tidak ingin dicesar, kami lakukan afirmasi agar janin melepaskan lilitan tali pusar.
Seminggu kemudian diUSG lagi , dan ternyata lilitan tali pusar di leher sudah hilang. Masalahnya, kata dokter muka janinnya sekarang tengadah menghadap ke atas walaupun posisi sudah di tempat keluar, jadi ada kemungkinan kalau wajah janinnya keatas akan menyulitkan bukaan saat persalinan, karenanya ada kemungkinan dicesar juga.
Karena kami bersikeukeueh, tidak mau dioperasi, Setiap malam kami afirmasi bayi agar saat melahirkan telungkup menghadap ke bawah dan lahir dengan cara normal alami , selamat, sehat lahir batin.
Seminggu kemudian di USG lagi, ternyata ada lilitan tali pusar. Lalu kami bilang ke dokternya, apakah adanya lilitan tali pusar di leher janin harus selalu dicesar, karena menurut saya kalau lilitannya hanya satu kali dan tali pusarnya panjang, saya kira bisa saja dilahirkan normal. Namun kata dokter, bagaimana kalau tali pusarnya pendek dan terlilitnya banyak, jadi dokter tidak mau ambil resiko dan harus dioperasi.
Berdasarkan penjelasan dokter tersebut, saya ingin tahu, kapan keputusan bahwa dengan adanya lilitan tali pusar dileher harus selalu dicesar, padahal datanya hanya berdasarkan USG, sedangkan hasil CTG nya tidak bermasalah.
Untuk menemukan solusinya, kami terpikir untuk cari second opinion pada dokter lain agar bayi bisa lahir melalui persalinan normal dan alami (water birth).
Kami butuh saran teman atas masalah saya ini, dan kami perlu juga informasi rekomendasi dokter yang pro persalinan normal di Jakarta untuk second opinion.
Sempat juga terpikir, dari pada kesulitan di Jakarta, maka kami ingin water birth dan Lotus Birth di Bali, hanya saja terkendala teknis karena sudah mendekati saat terakhir bayinya mau brojol..
Semoga saja pada kelahiran anak kami berikutnya, bisa persalinan di Bali sekalian pelesiran dan berlibur panjang.
Terima kasih
Wassalam

15

Topic: Water Birth

mei jordan, tfs yaaa..

~ Living The Life And Loving It ~

16

Topic: Water Birth

Abi Annabella,
if i were you i wont take the risk...
dsognya kalo ga salah dr. otamar juga ya?
well, kalo emang dsognya adalah dokter yg biasa nanganin water birth dan dia gak yakin untuk melakukan water birth karena ada permasalahan dengan kehamilannya, saya sih ga akan memaksakan water birth...
kalo saya loh ya...

there's no place like home...

17

Topic: Water Birth

piw wrote:
Abi Annabella,
if i were you i wont take the risk...
, saya sih ga akan memaksakan water birth...
kalo saya loh ya...


Akhirnya istri saya melahirkan pada tgl 29 Oktober 2010 dengan cara Cesar, walaupun dari awal kehamilan kami sudah memprogram untuk persalinan normal dan water birth.

Insya Allah, persalinan anak berikutnya kami merencanakan persalinan melalu water birth dengan persiapan yang lebih matang dan jauh jauh hari.
Bila perlu, kami akan datang ke Bali sambil sekalian liburan dan water birth/lotus birth di bidan Robin. Semoga menjadi kenyataan.

Terima kasih
Wassalam

18

Topic: Water Birth

Abi Annabella,
Selamat atas kelahiran anaknya...yang penting anaknya lahir sehat...
mudah2an persalinan berikutnya bisa water birth...

there's no place like home...

19

Topic: Water Birth

Abianabella,

Wah.. Congrats yah uda lahiran Istrinya,

Yess.. Smoga kelahiran selanjutnya bisa waterbirth deh..... Amin.... Iya di ibu Robin Lim, juga ada ibu Brenda (oot dikit: saya blun knal lgsg ama ibu Robin, tapi sy knal ama bu Brenda, salah satu penasehat di yayasan ibu robin lin, skrg bu Brenda buka klinik Rumah sehat madani, sya suka sharing ama beliau soal baby juga, bu Brenda asli org amrik, tapi dia muslim, kmrn sy sempat tanyakan ke bu Brenda soal istri abi, tapi kayanya uda telat, saya baru buka thread ini skrg... Maaf ya.... )

smoga ibu n bayinya sehat slalu ya.. Nah skrg pasti lagi mantengin thread baby deh.. Hehheeh

20

Topic: Water Birth

waterbirth syaratnya persalinan diyakini tidak berisiko utk lahir normal, tidak ada ketuban pecah dini karena air bisa mempermudah masuknya kuman ke jalan lahir...
mengurangi nyeri, robekan perineum (tetapi ini tgt teknik mengejan jg) sebaiknya pasien yg berencana waterbirth sudah berlatih senam hamil dan mengetahui bagaimana prosedurnya.
lucu memang melihat bayi bisa berenang sendiri ke atas kolam dan sgr imd..
kebetulan di rsb tempatku bisa waterbirth mgk gak semewah di bunda tp lumayan :D (rsb permata sarana husada pamulang)

21

Topic: Water Birth

dewdew wrote:
Nimbrung ya...

aku kemaren kehamilan pertama juga waterbirth, tapi gagal :D
soalnya udah bukaan sepuluh, udah di dalem kolam 4 jam, bayinya ga turun2 ke jalan lahir. Otamar sampe bingung sendiri, ini kenapa ga turun2. Jauh banget pas diperiksa dalem.

Akhirnya keluar kolam dan...c-sectio :D



@mba dewdew,
Mo tanya mba'.. kalau kasusnya seperti mba' bgitu..
bagaimana untuk biayanya? apakah dikenakan 2 biaya, biaya waterbirth dan c-sectio?

mungkin ada info tentang kasus seperti ini bunda2 :D

need info,
thx :D

^^ mom_anne ^^

22

Topic: Water Birth

Bunda TUM..

apakah ada info dokter yg recommended di Sammarie selain Dr. Otamar untuk lahiran dengan cara waterbirth?
karna sekarang sudah ada Sammarie Basra, dan lebih dekat dengan rumah ku dibandingkan yg di wijaya.
Tetapi dr. Otamar ngga praktek di Sammarie Basra :(
jadinya bingung deh mo coba lahiran waterbirth di Sammarie Basra..

Please infonya Bunda TUM,
thx :D

^^ mom_anne ^^

23

Topic: Water Birth

mom_anne wrote:

apakah ada info untuk lahiran dengan cara waterbirth?
Please infonya Bunda TUM,
thx :D


Untuk info waterbirth coba buka : http://www.bidankita.com/.

Saya pernah tanya ke tim waterbirthnya yaitu Ibu Yesie Aprilia, menurut informasi : petugasnya bisa dipanggil dan datang ke rumah orang yang akan melakukan waterbirth. Selain waterbirth, petugas menguasai hypnobirthing dan lotus birth (ari ari(pusar) bayinya tidak dipotong, dibiarkan mengering sendiri.

Untuk Bunda yang menginginkan kelahiran waterbirth, sebaiknya melakukan latihan dan persiapan menghadapi waterbirth, antara lain, rajin senam hamil, sebaiknya ikut kelas hypnobirthing.

Teman saya seorang Hypnotherapis di Denpasar: Pak Agus Wirajaya, Istrinya Bu Conny berhasil melakukan waterbirth di rumahnya. Istrinya rajin mengikuti kelas senam hamil dan hypnobirthing. Bayinya dilahirkan di rumah dengan metode waterbirth dan lotus birth. Info jelasnya bisa ditanyakan ke http://www.facebook.com/agwirajaya . twitter : @agus_wirajaya

24

Topic: Water Birth


Untuk info waterbirth coba buka : http://www.bidankita.com/.

Saya pernah tanya ke tim waterbirthnya yaitu Ibu Yesie Aprilia, menurut informasi : petugasnya bisa dipanggil dan datang ke rumah orang yang akan melakukan waterbirth.

wrote:


@Abi Annabella,
terima kasih infonya :)
bidankita itu di Klaten ya? waaah apa bisa datang ke jakarta?
Apakah di Jakarta sudah ada yg bisa datang kerumah untuk waterbirth?

thx 4 info.. :D

^^ mom_anne ^^

25

Topic: Water Birth

Saya pernah tanya ke Bu Yesie, bisa datang ke rumah di Jakarta. Coba saja hubungi via email.
Kalau di Jakarta, saya belum tahu bila ada dokter atau bidan, yang bisa waterbirth dan hypnobirthing di rumah sendiri.
Terima kasih
Wassalam