1

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

indriani budi utami wrote:

dyaharini, masih sempet belajar sebelum interview? hihihi..kebayang, sekarang baru buka buku apa aja sudah langsung direbut sama Ilyasa :)


cuma sempet buka2 dokumen ama catetan2 kecil yang dulu sempet dikerjain di kantor lama. sambil selewat2 belajarnya pas Raisha lagi tidur. pantesan waktu interview ga bisa. hehe... kayanya keterima gara2 waktu itu yang interview temennya suaminya mba Indri, alias Mas Ferdian. hahaha... emang sih koneksi tu segalanya deh. :p

Medy wrote:

Jadi IMO umur bukan patokan tapi keahlian yg lebih menentukan.


Stujuuu!!!

@dyaharini

2

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

Saya termasuk percaya, kalo niat resign kerja demi kebaikan (menjadi ibu dan istri yang baik) pasti bakalan dapet yg lebih baik dan berujung indah.
Ini kejadian ke saya, kerja sekian tahun. trus nikah, hamil, plus dapet beasiswa bareng misua sekolah S-2. Akhirnya mutusin resign th 2006(banyak yg bilang sayang..dah kerja di perusahaan oil&gas yg terjamin semuanya kok resign). Ehh pas balik ke Indonesia, dan Izza dah umur 3th, iseng nyoba apply lagi diperusahaan yg sama, tes macem2 lagi (mulai dari awal) ehh ternyata diterima lg dengan status yg lebih baik (dulu karyawan kontrak) dan bos yg super pengertian..
Jadi selama menjadi FTM tetapi keahliannya sll di update terus..kayanya kemungkinan utk back to work, besar kok.

3

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

ih, lucu2 yah critanya...
Kalo aku jujur di lubuk hati paling dalam, pengen banget nemenin anak di rumah...SAHM! Bukan apa2, pertimbanganku cuma satu, takut nanti anak2ku ga terkontrol karena pergaulan jaman skrg sudah sulit diterima akal lg deh...banyak games/apapun yg klo ga kita perhatiin bener, bisa2 kita ketinggalan ritme pergaulan anak2....
Aku sejak lahir di jkt, bgitu juga sepupu2 dr mamaku lahir dan besar di jakarta, so far kami SEMUA baik2...*suit2...hihi..ga maksud sombong, tapi ini jaraaannng banget terjadi di jkt ini..iya khan??!! boro2 di jkt, yg di daerah juga ada aja yg ga beres....
Naah, setelah kupikir2, kuamati knp kami2 ini bisa seperti ini PADAHAL orangtua kami bekerja, jawabannya cuma satu, karena salah satu orangtua kami pasti ada di rumah mendampingi kami....
kalo aku, papa dagang, buka toko di rumah, mama guru, tiap siang sudah di rumah lg...trus sepupu2ku, salah satu orngtuanya pasti siang2 pulang, mskpun mereka pegawai tapiii pasti siangnya pulang ngawasin sepupu2ku dulu, trus balik ktr lg....yah bgitulah mom, hasil pengamatanku...jadi kesimpulannya, kyknya tetep harus ada salah satu orangtua yg mendampingi anak klo memang mau baik dan benar....ataauu, usahakan semaksimal mungkin utk siang2 pulang utk mendampingi/mengawasi anak2 kita itu....
Jadi mskpun saat ini saya masih bekerja, saya pgn skali stay at home...

4

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

Semangat ibu2!!!! Diriku juga sempet nganggur luammmaaa karena ingin take care si Ayla. Tapi ternyata balik ke kerjaan lagi jadi bikin hidup lebih berwarna karena emang dasarnya suka kerja. Lalu jadi bisa sering menghabiskan quality time sama si anak, dan jadi jarang marah2 hahahahah :)

Rock 'n Roll Momma

5

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

Djemm.. where have u been?
hihi bener banget.. itu juga gue rasain pas balik kerja lagi. jadi lebih ngehargain waktu sama anak.. jadi gak segampang dulu mo marah2.. !!!
apalagi dulu waktu baru mulai balik kerja.. berasa banget Alyssa juga kangen ama gue! sebelumnya dia rada2 took mama for granted, begitu mama ga selalu ada setiap saat, dia kangen juga!

6

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

Bunizza, ceritanya menginspirasi sekali..mudah2an kalau someday Aku diberikan kesempatan untuk bisa bekerja lagi, dapat atasan yang super pengertian juga. Duh, jadi inget sama mantan boss di kantorku dulu yang juga pengertian dan baiiik sekali, waktu aku lg hamil hampir tiap hari dikasih buah jatah makan siangnya.

dyaharini, ketawa geli baca pengalaman interviewnya...ferdian yang tukang ngocol iitu bisa juga serius..coba dulu kuliah juga di situ, ikatan alumninya kuat ya. *ngiri mode on hehe*. Tapi kan emang alumninya pinter2, wajar saja gampang cari kerjaan :)

djemima dan fanny, iya, kuncinya quality time...sebenarnya yang bikin aku someday pingin kerja lagi salah satunya karena diriku juga dibesarkan oleh WM, tapi sampai aku gede, ga pernah tuh merasa kurang kasih sayang dan perhatian...tergantung pinter2nya orang tua bagi waktu dan memanfaatkan waktu ya. Two thumps up juga buat papa mamanya thesa

7

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

Ortuku juga dua2nya kerja,tp ampe sekarang aku ga ngerasa kurang kasih sayang juga. Jadi 'anak' mba,juga kynya aku oke2 aja. He2. Waktu aku nganggur,ibuku hot bgt nyuruh aku cari kerja,sementara suami cuek beybeh. Ibuku jg nyuruh aku ga usah parnoan dgn nitip ke art/bs. Walopun awal2 kerja was2,tapi akhirnya bs tenang pas kerja,malah suka kebablasan jadi cuek.he2. Tapi untungnya sih,aku ada tetangga yg tnyata msh ada sodara dan tnyata ortunya tmn sma. Kecil bgt dunia! Pensiunan gt. Jadi suka ikut ngejaga,jadi akunya tenang di kantor.

@dyaharini

8

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

Seru bgt ya ternyata cerita2nya. Semakin memantapkan hati buat kembali bekerja. Tingal tunggu panggilan yg tak kunung datang sajah. *memang harus sabaaar

Disambut sama anak pas baru sampe rumah tuh priceless bgt yaaaaa.....

life is about making choices

9

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

indriani budi utami Kudoain moga kl back to work lagi dapet Boss yang super duper pengertian..
Djemima Iya beneran.. kayanya gw juga termasuk yg gak bisa diem dirumah, marah2 doank, trus ga bisa ngajarin anak krn heboh nonton TV dan Online teruss..malah pas kerja, bisa dapet quality time bareng mereka, sempet nge review pelajaran sekolahnya dan ngajarin ngajinya. Tapii saluut buat para FTM yg bisa ngelepasin semua ego nya dan bener2 totally taking care their family.

Tapii beneran lho ketika kita apply kerjaan krn sebelumnya resign dengan alasan itu, perlakuannya sangat beda dan ngertiin banged. Artinya jika management menerima kt kerja kembali, mereka juga bisa nerima konsekuensi yg ada. Sampe pas anakku sakit, sang boss nyuruh saya pulang n bawa anak saya ke dokter dulu, baru balik kerja lagi. or ketika saya cuti melahirkan anak ke-dua, ditawarin utk tambahin cuti sampe 6 bulan(3 bln terakhir without pay) tapi saya nolak..sayang duitnya *mata duitan*..hehe.. pas saya menyusui, management sampe buatin ruangan menyusui. Ahh rasanya penyesalan dulu resign terobati, dengan perlakuan ke saya yg terasa diistimewakan

Dea Sabarr yaa.. Jia You...

10

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

indriani budi utami Di Balikpapan juga ya...? semoga cepet dapet yang cocok ya...alhamdulillah aku ketemu lagi sama pengasuh yang dulu jagain adikku waktu bayi, setelah itu baru berani kerja lagi

Bunizza setuju bgt deh...kalo niat resign demi kebaikan, bakalan dapet ganti yang lebih baik

11

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

Pengen banget dech kerja lagi setelah 1 taun resign,status kita yg sudah menikah dan punya anak ini memang di dunia kerja kadang dianggap sebagai kelemahan,bikin aku ragu2 untuk masuk dunia kerja lagi. Tapi setelah baca thread ini,aku jd yakin pasti bisa balik lagi bekerja. Aminn. TFS ya semua...:)

? Mommy nya Raphael Christopher Marcello (Ralph)?
::my adorable family stories::

12

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

Bunizza dan Ophi, terimaksih untuk doanya :)

Semoga mamas yang lain, yang dulu resign dari pekerjaannya karena ingin fokus mengurus anak dan keluarga, jika someday ingin balik lagi bekerja, diberikan kemudahan. Kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan, kemudahan di dalam pekerjaannya, dan dapat atasan yg pengertian *ngarep hihi*.

13

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

Hi Mamas!! Baca ini deh:

http://female.kompas.com/read/xml/2010/12/22/12100357/Menjadi.Ibu.Bikin.Pintar

Ada sedikit kutipannya:

Dalam penelitiannya, Ellison menemukan bahwa ada banyak perempuan dan ibu yang yakin bahwa otak mereka akan rusak begitu memiliki anak. "Ibu-ibu baru akan merasa kesal atau ingin marah karena mereka jadi orang yang pelupa atau sulit mencari fokus. Namun ini bukan karena hasil dari menjadi seorang ibu, tetapi merupakan hasil produk dari kekurangan tidur, stres, atau dampak dari belajar begitu banyak hal dalam waktu singkat."

Jadi, peran ibu sebenernya justru mengasah otak kita menjadi lebih pintar, kekurangan tidur, stres, atau dampak dari belajar begitu banyak hal dalam waktu singkatlah yang mebuat "loading" jadi lama. So don't be stressed out! :)

Vania : Nata & Arsa's mom
http://vaniasatriadi.com @drVania

14

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

Thanks bunnia artikelnya

It takes a village to raise a child-African proverb

15

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

leganya waktu tahu bahwa bukan gw sendiri yang begitu jd sahm kayaknya jd lebih sering marah2 dan ngomel ga jelas. setelah hampir setahun menjadi sahm sptnya gw akan kembali jd wm. alhamdulillah udah dpt pengasuh yang baik utk rasha. smg bisa dapat pekerjaan yang lebih baik dan lebih pas utk ibu2 (ga sampe malem bgt dan ga sering2 dines keluar kota). doain saya yah!!! :)

every parents has their own parenting style. and every child has their own developmental timeline.

16

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

bentar lagi study s2 saya beres, sebelumnya saya belum pernah kerja serius sih, palingan parttime2 aja ato jadi freelance tour guide.
saya jadi deg2an masih ada ga ya perusahhaan yang nerima ibu beranak 1 yang belum punya banyak pengalaman? :D
saya menikmati banget jadi full time mom (and part time student :p), tapi kepengen juga kerja diluar rumah biar update terus ttg perkembangan jaman. hehe

loving my life so much..
http://i-am-momzilla.blogspot.com/

17

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

Menarik banget topiknya:)

Setelah disertasi saya selesai, saya juga nganggur 1.5 tahun. Alasannya serba 'pas', pas disertasi selesai, pas ketahuan hamil, pas ngikut suami pindah negara (dan beberapa bulan setelah itu pindah kota), pas memang lagi ga pengen kerja setelah 5 tahun banting tulang kerja trus dilanjut sekolah.hehe

Jadi selama hamil saya adalah pengangguran bahagia:D. Setelah itu keterusan setelah anak lahir banyak urusan keluarga plus saya ga yakin bisa asix rasanya kalau harus bekerja:).

Tapi ketakutannya sama seperti mama2 semua, saya takut kalau kelamaan di rumah nanti tidak update lagi dengan dunia luar dan mencari kerja akan jadi sulit sekali (apalagi di bidang riset seperti saya). Akhirnya mulai apply2 deh dan pas setelah lulus asix 6 bulan saya mulai bekerja. Alhamdulillah kerjaannya agak fleksibel waktunya jadi saya tetap merasa punya cukup waktu dengan anak, dan bener....jadi g gampang kesal sama anak, abisnya biasanya bareng terus sekarang ditinggal kerja, yang ada malah kangen terus:)

Saya juga merasa tidak terlalu ambisius lagi seperti dulu. Mungkin itu kali ya yang perusahaan "ga suka" dari SAHM yang baru jadi WM? Kalau dulu saya bisa habis2an sampai go extramiles buat ngerjain tugas, sekarang ngerjain sesuai porsinya dan kalau bisa selalu pengen pulang teng go:p. Trus pas di rumah udah ga mikir kerjaan lagi.

18

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

ih seneng bacanya.. saya sih sekarang masih karyawan :) tapi beberapa bulan lagi ada rencana mau jadi SAHM saja..ya kalo sempet mau sambil bisnis OL (kalo sempet).. alasan mau resign adalah, mau pindah rumah kasian kalo tiap hari anak dititip mertua/ ortu ( tiap pagi harus ikut pergi, malem ikut pulang) belom kejadian sih, tapi udh kebayang aja,,
selain itu, mumpung masih dibawah 1taun anaknya, jadi ga mau kelewat deh perkembangannya dan ini yg penting adalah..Pola Asuh nya nih, saya yg notabene newmum pasti pengen begini begitu ke anak.. tapi kan suka dilonggarin / dilanggar sama yg ngasuh nya..
emang sih, sekarang enak banget kerja itu "Me Time", pulang ke rumah disambut sama senyumnya si kecil rasanya priceless :D saat weekend adalah saat nya quality time :D

tapi.. rencananya juga ga akan terus2an juga jadi SAHM.. insya allah kalo emang rezekinya,, ntar kalo ada test CPNS mau ikutan lagi.. hii.. siapa tau yah :p suami mendukung untuk bagian ini hehehe..
kalo untuk apply ke swasta lagi,, ya pengen cari yang gak "GiLa-Gilaan" ada ga yah? hehehe,,

doakan mamas :D
semangat semua :)

http://www.lianakirana.blogspot.com/
twitter : @_LianaKirana_
grateful to be born as a woman. chances to experience beautiful experience are gifted. one of them is breastfeeding.

19

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

bundaliffa

ntar kalo ada test CPNS mau ikutan lagi.. hii.. siapa tau yah tongue suami mendukung untuk bagian ini hehehe..
wrote:


aq mauuuu jugaaa...ih kali aja ya rejeki kt sama hihihi

saya pun br menjadi FTM 2bln terakhr ini,dan sebelumnya bekerja 4thn disalah 1 bank swasta...sebenernya msh pingin kerja...tp lbh kepingin lg ngurus anak :D
makanya memutuskan utk resign,,tp who knows beberapa thn lg tau2 ada kesempetan bekerja lg yaa...and ngerasain lg suasana sprti anak fresh grad yg br msk kerja hahahha

mama love habibie.....:*

http://misskembang.blogspot.com/

20

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

Menarik syekalii threadnyaa ..

Ternyata yang udah enak jadi SAHM bisa kepikir mau balik kerja lagi ya ?
Kira2 apakah yang menjadi alasan kuat balik lagi ya ya mom?

Aku sekarang status masih WM.. jadi SAHM masih jadi big dreamku sambil persiapan di sana sini (terutama masalah financialnya hehe) ...

Baby's Stuff, Kiddo's Stuff n Mommy's Stuff ....
di DavaraShop

21

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

Wuahhh...thread ini udh nganggur yah??? Ga ada yg bahas lg. Hikshiks...aku lg ngalamin hal yg sama nih. Menjadi SAHM slama 2 thn mengurangi ke PD an ku utk bekerja kembali. Aku resign krn ikut suami kuliah lg. Dan begitu balik, rasa kepengen kembali bekerja itu slalu memanggil. Hihihi...
Skrg msh mencoba apply sana sini, interview n test sana sini, terkadang terasa pahit kalo udh jauh2 datangin ktr ternyata offering tdk sesuai expected kt. Itu rasanya nelongso bgt. Emang kerasa berat krn spt mulai dari nol lg, bagaimana meyakinkan employer kalau kt bs catch up semua ketinggalan itu dgn cepat. Kok jd curhat yah. Hehehehe.

22

Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

davara wrote:

Ternyata yang udah enak jadi SAHM bisa kepikir mau balik kerja lagi ya ?
Kira2 apakah yang menjadi alasan kuat balik lagi ya ya mom?


kebetulan skrg statusku jg masih SAHM. kebetulan juga skrg tinggal di pondok mertua indah dengan pertimbangan saat ini aku msh butuh bantuan ART untuk ngurus 1 balita dan 1 bayi. Yang bikin aku suka ngayal pingin cepat2 balik kerja lagi adalah :
[list=*]
  • kalau ada yg bilang "harus bersyukur punya suami yang gajinya segitu" --> Dan akupun lalu jd merasa, kurang bersyukur apa sih aku. Emang kalau bersyukur harus bilang2 ke orang lain ya. Trus ego langsung muncul "aku juga bisa cari gaji segitu". Bukan bermaksud sombong, tp dl waktu masih kerja gajiku jg ga kalah dari gaji suami. Jadi kalau ada yg menilai aku nikah krn tergiur gaji suami itu salah bgt.[/*]
  • kalau ada yg bilang "jadi istri harus pinter masak, dandan, dll..karena suamimu jg laki-laki, jangan heran kalau besok dia cari wanita lain yg lebih muda kalau kamu ga bisa masak". Ga salah sih, kalau jd wanita harus bisa masak dll, tp apakah hanya krn masalah perut terus jd pembenaran buat cr istri baru. Kalau sdh gini ego jg langsung keluar, pingin cari kerja lagi biar kalau suami macam-macam kita ga gigit jari.[/*]


    hehehe, jd curhat ya :D

  • 23

    Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

    gue curhat yaaa... :p

    gue uda hampir 2 tahun jadi SAHM sambil kuliah. pengen banget balik kerja lagi. mungkin gue bisa lebih happy dan less whiny kalo gue kerja lagi, gue happy, orang serumah pasti happy :D karena gue targetin pertengahan tahun ini uda harus lulus S2, jadi gue uda mulai apply kerjaan, karena kuliah gue juga cuma sabtu minggu jadi harusnya ga ganggu kerjaan karena tugas juga uda ga sebanyak dulu. akhirnya ada yang nawarin kerjaan di salah satu bank. dan ga masuk. gara2 gue uda punya anak. sediiiih :(

    gue jadi berpikir, kadang orang ngeliat kita2 yang uda punya anak ini kurang berkomitmen sama kerjaan kali yah. because we have HUUUUGE responsibility in raising our kid. tricky banget sih kalo uda waktu interview dan ditanya, apa yang bakal gue lakukan kalo anak sakit tapi uda deket deadline reporting. hadeeuuuhh...

    eeeeniweiiii.. sukses yah buat urban mamas yang mau back to work :)

    learning is a never ending process
    @rhisuka

    24

    Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

    rhisuka, gw jg bingung kalo ditanya gt. Pertanyaan klasik tp bs bikin skak mat hehe..

    Gw sendiri minim bgt pengalaman kerja. Abis lulus kuliah cuma smpet jd honorer setaun, trus brenti karna mau fokus kuliah lg aja. 5 hari abis sidang tesis nikah, sebulan kemudian hamil. Gmn mau kerja, mana ada yg mau nrima emak2 hamil.
    Smpet ikut cpns, gagal diwawancara tp bkn karna perut buncit sih, emang gak rejeki aja. Yaudah jd SAHM deh. Target tdnya pngen cr kerja slepas asix, tp gak ada pengasuh. Skrg ada pengasuh, anaknya gak mau minum asip, yowes ngalah deh tunda lg smpe dy 1th bln dpn. Then..bonyok nyaranin nunggu agustus aja pas nyokap pensiun biar anak ttp kepantau, manut deh gw. Mudah2an agustus gak ada halangan lg, soalnya suami mau skolah lg taun depan jd mau gak mau harus gantian kerja.

    Jujur rada nervous jg mau cari kerja. Selain minim pengalaman, gatau knp kelamaan di rmh jg bikin semangat cr kerja gak setinggi waktu br lulus dulu. Gmn mompa semangatnya ya mamas?

    25

    Topic: Back to work after years of motherhood experiences only

    Whoaa..nemu thread yg pas ni. Habis lebaran saya mau resign *ga mau rugi pengen dapet THR :p. Pertimbangannya karena kami mau nempatin rumah sendiri dan saya ga percaya ninggalin Asha sama ART/BS saja. Tapi sepertinya rencana menjadi SAHM akan temporary saja. Krn saya juga ga bisa bayangin kalo anak udah gede saya cuma bengong nungguin anak dan suami pulang ke rumah, ditambah hati ini rasanya tak akan kuasa melihat temen2 seangkatan pada sukses jadi WM sedangkan saya bengong di rumah. Ah tidaak.

    indriani budi utami wrote:

    ernanrea & fanny, wah..ternyata masih bisa ya kerja lagi setelah hampir 4 tahun jadi SaHM, kirain kalau sudah lebih dari 2 tahun kita tidak bakalan dilirik lagi. Jadi termotivasi nih :)...Pingin someday bisa kerja lagi demi mewujudkan cita2 ibuku tercinta yang masih memimpikan anaknya bisa bekerja lagi.


    Dan yg utama, sama kaya alasan indriani budi utami. Ingin membahagiakan ibu saya yg selalu mendorong saya untuk menjadi WM agar dapat mandiri demi diri sendiri dan anak. Ahh baca thread ini jadi semangat dan PD kalo nanti setelah melewati masa SAHM yg entah akan berapa lama, insya Allah bisa dapet kerjaan lagi yg sesuai dengan kondisi saya. Semangat yaaa mamas :D

    Asha Lavenda My Lavender Love