1

Topic: Gangguan Tiroid selama hamil

Dear mamas,
Saat ini aku sedang hamil ke-2 dengan usia kehamilan 17w 5d. Anakku yang pertama baru saja aku sapih tgl 12 Des 2010 kemarin di umurnya yang ke 21m 15d. Setelah selesai menyapih Re (anak pertama ku), kok tiba2 aku merasa ada benjolan di PD sebelah kiri ku. Awalnya benjolan itu tidak terasa apa2, tapi kira-kira beberapa minggu belakangan, benjolan itu mulai nyeri. Seminggu lalu, ketika saat kontrol ke DSOG ku, hal ini coba aku tanyakan (ttg benjolan di PD ku), tapi menurut beliau, itu hal normal karena perubahan hormon ketika hamil, jadi tidak ada hubungannya dengan proses menyapih ku. Tp DSOG ku sempat menyinggung soal Tiroid. Aku lupa persis nya dia bicara apa ttg Tiroid ini, tapi intinya biasanya Tiroid ini keluar ketika hamil.

Selang seminggu aku kontrol ke dokter dan asumsi ku soal benjolan itu adalah karena tiroid, aku ngobrol dgn kk ipar ku. Ditengah-tengah obrolan dia tanya "Loe ada Tiroid yah?". Aku sempat bingung, kok kk ipar ku bisa tau kalo aku ada tiroid , kata kk ipar ku "Soalnya gw liat ada jendolan pas loe lg ngomong". Aku benar2 kaget mendengar kata2 kk ipar ku itu. Tp kalo aku liat di kaca, kayaknya ga ada apa2 alias leherku normal2 saja.

Aku sdh coba browse di Internet soal gangguan tiroid saat hamil, dan rata2 menyebutkan efek yg bikin aku agak2 khawatir soal hal ini.
Kalau ada urban mamas atau papas yg punya pengalaman ttg gangguan Tiroid ini khususnya saat hamil, boleh tolong di share ga? Sebaiknya aku harus kontrol ke dokter spesialis lain atau tidak soal hal ini?

Kalau topik ini sudah ada sebelumnya, mohon maaf yaa...
Terimakasih semuanyaaa...

2

Topic: Gangguan Tiroid selama hamil

Fika,
Gw cuma mau sharing pengalaman alm. Ibu..

Alm. Ibuku meninggal krn kanker thiroid yg jenisnya anaplastik (bener gak ya nulisnya?), memang sudah stadium akhir dan jenisnya langka, 3:10 di dunia, dan kanker thiroid ini menyerang lebih byk ke wanita, terutama wanita hamil dan manula.

Proses berekembangnya pun cepet banget. tadinya benjolan di leher itu gak sakit, dan wkt periksa pertama kali hanya termasuk tumor jinak, yg sangat wajar dimiliki wanita lansia (> menopause). Tapi lama2 berkembang jadi sebesar telur ayam dan akhirnya harus dioperasi, kemotherapy dan gagal :(

Menurut penjelasan ibu dan dokternya, tumor/kanker tsb memang pengaruh hormonal, penyumbatan kelenjar, dan krn pola hidup yg tdk seimbang. teknik mengejan pada saat melahirkan yg salah jg dapat menyebabkan pembengkakan pada kelenjar thiroid. Itulah sebabnya mengapa kita perlu menguasai teknik pernafasan dan mengejan (biasa diajarkan di kelas senam hamil atau prenatal yoga). In this case mungkin pola hidup ibuku yg tdk seimbang; suka membaca sampai larut malam dan biasa bangun pagi buta untuk shalat malam. Di pagi dan siang hari aktifitasnya padat, jadi waktu istirahatnya kurang, sehingga kelenjar thiroidnya dipaksa utk biasa bekerja keras sepanjang hidupnya..

Jadi saranku sih, selain makan makanan yg bergizi dan olah raga, istirahat itu penting banget. Memang, kopi atau teh bikin gak ngantuk, tp kalau ngantuk harusnya istirahat, krn ngantuk itu isyarat tubuh untuk mengistirahatkan organ2 tubuh kita. Selain itu, pelajari teknik pernafasan dan mengejan, penting banget lho..

Trus, jangan dipegang2, dipanasi, atau diurut2 ya benjolannya, krn bisa merangsang pembengkakan..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Gangguan Tiroid selama hamil

Dear Eka...
Thank you ya atas masukannya...
Cerita nya cukup membuat aku jadi sadar kalo aku hrs lebih jaga kesehatan. Mudah2an ini bukan tiroid yaaa... Amien...Soalnya belum periksa lebih lanjut nih... Takuuuttt... :(
Sekali lagi thanks yaaa...

4

Topic: Gangguan Tiroid selama hamil

Fika,.aduuuh..sorry ya dear..bukan maksud nakut2in..
maksud gw, kalo kerasa sakit ato mengganggu, lebih cepat lebih baik periksain ke dokter/lab yaa...
Mudah2an nothing serious dan selalu sehat kita ya dear, mwaah..

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

5

Topic: Gangguan Tiroid selama hamil

Eka, almarhumah ibu dulu konsultasi ke dokter apa? Spesialis tiroid tuh namanya spesialis endokrin bukan?
Urban mama yg lain kalo ada rekomendasi dokter spesialis tiroid ini please share ya, klo bisa di jakarta.
Gw lately mengalami gejala2 gangguan tiroid trutama rasa ga enak di tenggorokan. Cek ke dokter THT katanya tiroid gue rd membesar. Hasil USG tiroid memang menunjukkan sedikit pembesaran tp menyeluruh jadi ga terpusat membentuk benjolan. Kelenjar2nya juga normal. T3 T4 pun normal, TSH blom cek. Dikasi antibiotik slama 5 hr ga mngurangi gejalanya. Gw direfer ke dokter Sonar, spesialis onkology. Belum ksana sih, krn pengennya langsung ke ahli tiroid.
Oia gw lg ga hamil siy, numpang bahas tiroidnya disini boleh ya? *maksa*

Engkau takkan pernah bisa menggantikan semua jerih payahnya bahkan satu rintihan diantara rintihan-rintihannya pada saat melahirkan. Di dunia ini tidak ada yg bisa bekerja keras yang melebihi dari yang dilakukan oleh seorang ibu (HR. Muslim)

6

Topic: Gangguan Tiroid selama hamil

Pamz Yup bener untuk dokter yang nanganin tiroid bisa ke spesialis endokrin. Kalo di Jakarta untuk spesialis endokrin rekomen Prof. Dr Sarwono Waspadji, beliau praktek di RS Omni Pulomas dan MMC. Dulu gw pernah kesana karena kena radang tiroid. Dokternya sabar dan jelasinnya detail banget. Nah dari situ kalau ada indikasi ke arah kanker tiroid baru dirujuk ke spesialis onkologi.