1

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

Hi all,

Anakku Benz sempet muncul kering2x spt itu di area dagunya, spt bulat merah bersisik kering.
Curiga DA ringan. Aku pakein sudokrem ga ilang2
Akhirnya dpt saran sana sini suru pakein California Baby yg Calendula krim, khusus kulit super duper sensitif trutama krn DA.

Harganya lumayan jd aku beli yg kecil dulu, krn toh ga dipakein 1 badan hanya area yg kering besisik itu aja.
Perubahannya cepet bgt, ga lama sisik hilang trus cuma kasar dikit. Rutin aku kasih stiap hbs mandi sama mau bobo

Alhamduliallah skr uda hilang sama sekali...

Mungkin utk kulit bayinya yg masih kenanya ringan, jgn buru2 dicobain obat dulu takutnya kekerasan. Calendula ini sih aku blg topppp bgt ya beneran sesuai claimnya dan senengnya 100% natural plus bahan2nya aman semua...

HTH yaaa...mommies

...I love my baby benz...

2

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

Mamas,
apakah biang keringat juga masuk disini? Mohon maaf kalo salah kamar.
Salah satu kembar saya, KIRA kulitnya sensitif. Karena bbrp hari ini cuaca surabaya lagi super Hot, kemarin tiba-tiba badannya merah-merah. Kalo biang keringat biasa paling mrintis2 di daerah kulit tertentu. Tapi kemarin si KIRA seluruh badan merah-merah, seperti alergi atau abis kena ulet bulu gitu. Tapi pas mau tidur, pake AC, merah-merahnya ilang. Tapi tadi pagi, bangun tidur lari2an sama adiknya, keringatan, itu merah-merah muncul lagi... Apa bener biang keringat ya? Home treatmentnya gimana ya?
Sharing dunk mamas...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

3

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

Kira Kara..problemnya sama persis nih sama anakku (3 yo). Bbrp hari bandung juga lagi panass. Kalau keringetan, di kulit anakku juga langsung muncul merah2, bentol kecil, yang kalau digaruk langsung tambah gede bentolnya dan menyebar kemana-mana. Kayanya gatalll banget sampe nangis2. Selama ini obatnya cuma talk salicyl. Tapi sepertinya ga negitu ngaruh krn dia juga ttp garuk2 dan nangis. Ada mama yang punya tips. Thx be4.

4

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

Kira Kara, Indriani,

Dulu El pernah juga muncul kaya ruam gitu, dikasih zinc salep ama dsa-nya (duh lupa euy namanya)... Tapi pernah dipakein sudocream-nya mothercare sembuh juga sih...
Tipsnya anaknya harus sering ganti baju biar area merah2nya ngga lembab, trus dilap pake air anget dulu trus pakein salep.
HTH dan semoga cepet ilang ya merah2nya :)

Reborn since El was born
@inicrey

5

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

crey..salep zink yang dimaksud namanya myco-Z?..kmrn sempat dikasih dokter untuk anak ke-2-ku, tp waktu itu case-nya ruam popok. Fyi myco-Z ini warnanya kuning. Sapa tau sama jd bisa kupakai. Kalau bukan myco-Z boleh deh nyobain sudocreamnya mothercare

6

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

Mamas, mau update info nih...
Ceritanya kemarin sore MIL panik karena merah-merahnya yg malam hari ilang, siang sama sorenya muncul lagi. Kali ini paniknya karena tetangga ada yg bilang itu bukan biang keringat, tapi gabagen. Minta saya pulang kantor dan bawa KIRA ke dokter. Duuhh... ikutan bingung juga, akhirnya saya minta suami ke dokter buat tanyain apa ini biang keringat atau gabagen.. (eh Mamas tahu gabagen kan ya??! heuheu... ada istilah nasionalnya gak sih? hehe... Maklum Jawa murni) Tapi anehnya, KIRA sama sekali gak demam, pdhl biasanya gabagen kan disertai demam tinggi. Memang 2 hari sebelumnya Kira sempat demam tapi antara 37,8 - 38'an. tapi timbulnya ruam merah ini setelah demamnya turun. Akhirnya kita ke DSA deket rumah, dibilangin kalau ini infeksi virus. Semacam gabagen tapi beda virus. ditanyain virusnya apa, itu dokter nekat nulis resep aja. Dikasih resep puyer pulaaa... aarrrghhhh!!! sebel.. waktu minta alternatif obat lain yang bukan puyer, eh malah dikasih tambahan glukosa buat minumin puyernya... hhmmm... abis itu dokternya langsung bukain pintu (alias mengusir secara halus.) dalam hati saya bilang "saya tidak akan pernah kemari lagi". Sampai di apotek, saya cecarlah itu apoteker dengan pertanyaan, ini puyernya isinya apa saja? ada antibiotiknya gak? puyer ini buat mengobati apa aja? dosisnya untuk berapa hari? dosis besar gak? dan macam2nya... sebagai bentuk pelampiasan ketidak puasan sama dokternya juga siih... hahaha.. karena gak ada antibiotiknya, dan puyer isinya untuk anti alergi dan radang, saya ambil 1/2nya untuk melegakan hati MIL. Padahal masih penasaran berat apa benar ini penyakit yg seperti itu? atau apa iya gak bisa sembuh tanpa obat? hhhhmmm... dijalan berpikir untuk tidak meminumkan obatnya dulu, sambil melihat perkembangannya, karena baru 24jam gejala timbul... sampai rumah MIL maen minumin aja itu obat ke KIRA, yang ada saya hanya bisa pasrah. Dan bersyukurnya esok paginya (alias hari ini) Merah-merah itu menghilang... Yipppiieeee.. entah karena efek obat atau karena memang perkembangan kulitnya sendiri. Tapi sampai sekarang masih penasaran itu penyakit apa yaa???! Ada yang pernah mengalami hal serupa gak sih? Penasaran tingkat tinggi nih...

Maaf Mamod, kalo OOT boleh dipindah ke related topic deh... heuheu...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

7

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

Kira Kara..gabag itu campak. Kalau ruamnya baru muncul stl demam turun namanya roseola. Kalau ruam muncul bersamaan dg demam namanya rubeola. Ada kok threadnya di TUM, search aja.

Berarti beda ya dengan bentol2 yang dialami anakku. Kalau anakku sih aku yakin bukan krn rubeola, krn dia pernah mengalami sebelumnya, dan baca2 kalau yang pernah mengalaminya akan kebal seumur hidup, kaya cacar air gitu. Sepertinya kasusnya anakku sama dg El-nya Crey. Mmg akhir2 ini anakku juga suka main di bawah pohon sirsak juga, mungkin kena debu+bulu2 ulat yg suka nongkrong di bawah pohon sirsak.

8

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

Thanks indriani budi utami atas infonya... Langsung kabur ke TKP.
Thanks a lot...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

9

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

Udah beberapa minggu ini daerah sekitar bawah matanya Rinjani keriiiing banget. Kayanya sih karena sering kena matahari. Ada saran kira-kira dipakein apa ya mamas? Thanks.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

10

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

nyanya,
daerah di bawah mata & kelopak mata memang sensitif. Biasanya rinjani pake pelembap apa? Sun block bayi atau krim anti ruam biasa sih harusnya bisa nyembuhin, nya.
selalu pake topi dan sunblock kalo main ke luar rumah. Even itu sore/malem, pakein tutup kepala, krn perubahan suhu jg memicu alergi - yg berefek pada reaksi kulit.
Kalo matanya gatal, jangan digaruk. Selalu cuci tangan pake sabun & potong kukunya biar gak ngelukain pas garuk2.

DA sebagian besar diturunkan dari keluarga yg memiliki riwayat DA. Biasanya akan hilang sekitar usia 3thn, 7thn dan berulang saat terkena stress atau tiap terkena alergen.


Penyebabnya bisa krn
sabun (ganti pake emolient bath),
detergent (pakaian anak dicuci terpisah dr pakaian org dewasa & pakaian dalam),
produk yg mengandung susu, telur, kacang,
AC rumah kotor, karpet, boneka, bantal, kasur, selimut yg menyimpan debu
Serangga/ binatang2 kecil di lantai, toilet, tempat bermain
Perubahan Suhu, suhu terlalu panas/ dingin
Keringat, debu dan kotoran yg menempel pada kulit


Selalu seka & keringkan badan anak bila berkeringat, ganti pakaiannya dengan pakaian lembut (katun) yg telah dicuci bersih,
manajemen 'mencuci baju' di perhatikan; pisahkan mencuci pakaian anak2 dengan pakaian org dewasa & pakaian dalam & kaos kaki.
Air cuci disaring (bisa pake filter buat kran),
Stripping clodi & pakaian dalam,
Jemur pakaian di tempat yg terkena paparan matahari langsung
Bilas pakaian sampe bersih, sampe sabun2nya keluar,
Pakaian diseterika biar lembut & nyaman dipakai
Bersihin AC, karpet, boneka, & bulu2 hewan piaraan
Rajin makan buah & sayuran
Potong kuku anak scr rutin 1mg 1x, biar kalo garuk2 gak melukai kulit & gak menyimpan kuman/ kotoran
Biasakan mencuci tangan dgn sabun
Lantai rumah dipel tiap hr, kalo anaknya suka main di lantai
Ganti sprei scr rutin
Sabun mandi diganti dengan yg mengandung emolien
Kalo enzo & dante pake Oilatum.
Gak nunjukin panik kalo meriksa ruamnya, katanya malah memicu stress pd anak & memperburuk gatal2.
Kalo sampe gatal2nya melepuh (berair), infeksi dan anak gak bisa tidur harus hubungi dokter untuk dikasih krim anti gatal dan antihistamin / antibiotik. Kalo dante waktu itu diresepin ozen drops/ ryzen (gak bersamaan).
Selalu pakein topi & sunblock kalo main di luar.
dudukan toilet harus bersih (dr kotoran & cairan pembersih) & kering, dan cuci bag belakang paha & lututnya sehabis menggunakan toilet.
Apa lagi yaaaa...?

Ya benar, ibu adalah dokter terbaik bagi anak2. That's why anak2 dititipkan pada kita, right? :)
Segitu dulu yg bisa gw share, krn enzo & dante jg pernah ngalamin gatel2 gini, bahkan sama minyak kayu putih & telon pun mrk gak cocok.
Intinya sih rumah, kamar & barang2 harus bersih dari debu, serangga, binatang berbulu, kutu, jd emang harus rajin ngevakum atau jemur kasur/karpet.
Riweuh sih, tp memang harus begitu demi sehat ya :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

11

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

Belakangan ini di leher Nara udah 2x gatel2. Gue cek kulitnya rada mengeras dan sedikit gelap, trus tambah gatel kalo lagi keringetan (kayaknya, soalnya Nara suka mengeluh gatel sambil garuk2). Itu apa sih namanya? Obatnya selama ini gue olesin sudocrem, ampuh banget dalam 3 hari biasanya udah sembuh (kulit yang menggelap itu bakal terkelupas). Tapi karena cuaca emang lagi panas banget akhirnya muncul deh nih 1 lagi, langsung oles sudocrem sering2 supaya ga tambah parah (plus sering2 ngelap keringetnya Nara).

yang selalu kangen sama si pipi gembil

12

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

Eka - gue jarang makein Rinjani pelembab sih. Paling pake liquid talc doang. Pernah dipakein sunblock merah-merah gitu mukanya. Akhirnya sekarang libur dulu maen ke luar. Sebagian besar udah gue lakuin sih itu. Nah itukan sebagian pencegahan ya? Kalo pengobatannya gmn? Kalo pake pelembab, pelembab apa ya? Binguuung, banyak bgt! Padahal dia minum air putih banyak banget..masih bingung ko kering gitu di sebagian mukanya. Thanks ya, Ka :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

13

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

nyanya kalo gue sih biasanya makein lotion aja ke muka naia. lotion yang sama yang gue pake ke badannya (biasanya sih lotion all we know nya mothercare atau burt's bees). jadi pas dipakein di badan, kan masih ada lengket2 di tangan tuh, nah itu gue olesin ke mukanya. malah gue udah ga pernah makein liquid talc. jadi mukanya tetep moisturized.

kalo sunblock, mungkin yang elo kasih rinjani gak cocok, cobain aja merk2 lain..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

14

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

sLesta - Lotion All We Know (yang pink) lagi susah dicari di Bandung & sebagian Jakarta. Gue udah nyari sebulan ini stock-nya kosong. Apa sekarang udah ada ya? Belum cek lagi. Nanti mo nyoba Burts Bee atau Sebamed aja kayanya. Banyak yang bilang oke. Tengkyu, Shin.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

15

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

nyanya
keira juga DAnya masih ada belum sembuh2 sampe sekarang. gue bawa ke dokter sih dan emang bener itu genetis dan keluar kalo ada kontak sama alergen (sejauh ini sih gue masih gatau alergen utk kasus keira itu apa).

saran dokter buat keira tuh kurang lebih:
- kulit dijaga utk terus lembap, gue pake lotion dari mustela buat keira.
- sabun mandi ganti sama yg mild dan non-preservative
- jauhin sama media yg bisa nangkep debu (boneka, karpet)
- gak boleh renang, ini yg sedih nih.. krn kaporitnya kali ya
- hindari nanas, tomat, kacang
- pakai baju yg 100% cotton

kemaren keira dikasih salep steroid hydrocortison 0.1% buat terapi DAnya utk seminggu pertama. abis itu diterusin sama protopic selama sebulan. masih belum sembuh sih karena kadang masih digarukin terus, cuman udah jauh lebih mendingan.

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

16

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

otty,
Sammmaa... cuacanya lg ga asyik banget ya..
Lipetan2 kulit anak2 jd bruntusan jg :(
Sering2 gw seka & keringin aja sih..

Nyanya,
Kalo memang rinjani gak cocok & susah nyari pelembap/ sunblock biasa, mending ke dokter kulit aja..
wkt itu sih enzo & dante ke dokter kulit gw, jd 'obat'nya nyesuain sama obat gw kalo pas kena DA. biasanya dikasih obat tetes buat diminum & krim racikan buat diolesin setelah mandi untuk gatel2nya.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

17

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

eka Iya parah banget panasnya belakangan ini, Nara mandi ada sekitar 4x sehari karena keringetan parah. Kalo lagi siang2 gitu juga harus rajin ngelapinnya supaya keringetnya ga kelamaan nempel di kulit.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

18

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

charissarhanie, eka - gue mo cari pelembab dulu deh. Mudah2an cocok. Kalo masih juga baru ke dokter kulit. Mudah-mudahan ga perlu ke dokter si. Anak gue minum obatnya heseee :/ Thanks ya, Ran, Ka :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

19

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

indriani budi utami wrote:
Kira Kara..problemnya sama persis nih sama anakku (3 yo). Bbrp hari bandung juga lagi panass. Kalau keringetan, di kulit anakku juga langsung muncul merah2, bentol kecil, yang kalau digaruk langsung tambah gede bentolnya dan menyebar kemana-mana. Kayanya gatalll banget sampe nangis2. Selama ini obatnya cuma talk salicyl. Tapi sepertinya ga negitu ngaruh krn dia juga ttp garuk2 dan nangis. Ada mama yang punya tips. Thx be4.


Akhirnya dikasih tahu tetangga kalau yang dialami anakku ini namanya kaligata/biduran. Bahasa kedokterannya urticaria. Berat-ringan kaligata untuk tiap-tiap orang beda2. Ada yang cuma dikasih bedak salicyl dan bisa sembuh dalam 1 jam kemudian, ada yg lama jd perlu obat dr dokter.

Ternyata ibuku juga sering mengalami ini, walaupun aku tidak. Jadi semacam ada "kecenderungan diturunkan". Kalau kuamati biasanya yg mengalami ini yg warna kulitnya cenderung putih, krn baik anakku, ibuku, maupun anak tetanggaku itu warna kulitnya tergolong putih.

20

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

Minta saran dong mamas, ini bukan penyakit sih sepertinya. Tapi udah 2 bln ini pipi Aria ada jerawatnya ( ga tau ya apa balita bisa kena jerawat juga ). Pokoknya kalo diraba alus, tapi ada "njendel" kecil di dalamnya, disentuh ga terasa sakitdan ga pernah ngeluh sakit. Tapi kalo buat ketawa baru keliatan. Kalo untuk orang dewasa mungkin semacam jerawat batu ya ( warnanya sedikit lbh gelap dan ada satu pori2 yang bolong diluarnya ).

Sudah pernah dibawa ke dokter anak 2 kali, kesimpulannya itu memang semacam jerawat/sumbatan lemak. Menurut dokter ga bahaya, karena ukurannya sampai sekarang juga segitu2 aja. Dia juga kasih opsi kalo mau diambil bisa dirujuk ke dokter kulit, tapi sayang masih kecil, takutnya malah bikin bekas di kulitnya.
Ada yang punya pengalaman sama dengan saya? Apakah nantinya jerawatnya itu bisa ilang dengan sendirinya? Atau mungkin ada salep yang bisa buat mengurangi jerawatnya?

Thanks

21

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

mama, aku juga ikutan nanya donk...
beberapa hari ini di pipi Rama muncul bercak putih dengan tekstur sedikit kasar. itu panu atau bukan ya? kira2 ada saran salep apa yang bisa diolesin ke anak usia 1th?

~ a loving mom and a faithful wife ~

22

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

amie kumala - sama kaya Rinjani. Gue pernah mikir gara-gara kepananasan ga pake sunblock. Tapi udah gitu curiga karna aer di rumah gue kurang bagus. Sempet ke dokter terus dikasih salep merknya elox. Sekarang agak mendingan, tapi belum sembuh bener,jadinya gue ga bisa ikut kasih saran juga. Hehehe. Maaf ya :D Ikutan nunggu jawaban mamas lain juga deh :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

23

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

amie kumala + nyanya - yang mirip panu tapi bukan itu ya? dulu waktu aina masih dibawah 2 tahun, suka kayak gitu tuh. jadi kulitnya kayak kelupas halus2 gitu bukan?

kata dokter aina, dia ga kuat ama sabunnya (waktu itu pake J&J). jadi diganti ama sabun mandi yang cream, bukan yang berbusa. waktu itu sih mereknya physiogel (yang cleanser), warna pink. begitu pake itu, kulitnya langsung balik normal lagi.

setelah bbrp minggu balik normal, gue switch ke J&J lagi (biar ngirit)... eh, putih2 lagi dong! jadilah gue pake si physiogel ampe aina kira2 2 taunan. pas udah 2 tahun, gue balik ke J&J (yang milk bath), ternyata ga keluar putih2nya. sekarang udah ga pake physiogel lagi...

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

24

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

thalia - akhirnya tadi gugling physiogel. Mau nyoba cari ah! Kasian kalo keliatan putih-putih gitu. Kesannya kotor jadinya. Huhuhu. Thanks ya,Thal.

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

25

Topic: Penyakit kulit pada toddler (eczema, etc)

indriani budi utami wrote:
[

Akhirnya dikasih tahu tetangga kalau yang dialami anakku ini namanya kaligata/biduran. Bahasa kedokterannya urticaria. Berat-ringan kaligata untuk tiap-tiap orang beda2. Ada yang cuma dikasih bedak salicyl dan bisa sembuh dalam 1 jam kemudian, ada yg lama jd perlu obat dr dokter.

Ternyata ibuku juga sering mengalami ini, walaupun aku tidak. Jadi semacam ada "kecenderungan diturunkan". Kalau kuamati biasanya yg mengalami ini yg warna kulitnya cenderung putih, krn baik anakku, ibuku, maupun anak tetanggaku itu warna kulitnya tergolong putih.


Kalo biduran aku kecil juga sering tuh... tapi dari awal aku kok gak ngeh kalo itu biduran yaa... heuheu.. wah, bisa menurun yaa?? wah jadi ekstra aware nih sama ki-ka..

Eh iya Mamas,
Akhir-akhir ini KARA suka banget garukin seputar paha dan betisnya. Sampe luka baret kena kukunya. pdhl itu kuku sudah digunting juga tetep aja ninggalin bekas baretan.. kalo diliat kulitnya juga gak bentol. tapi merah-merah. bekas garukannya jadi kayak selulit gitu, putih... kira-kira bisa ilang gak ya? trus itu gatel kena apa ya? kalo semacam diaper rush kenapa sampe betis juga yach? klo biang keringat kan biasanya di daerah lipatan, kok ini di paha sama betis.. juga kadang muncul diseputar leher, merah bentol kayak digigit semut. Duh, kulit bayi bener2 sensi yaaa... even sudah toddler juga msh sensi... sepertinya memang genetik nih. seperti kulit ayahnya. jadi reiweh, apalagi tipe kulit saya kulit badak. mau kosmetik apa aja, hajarr.. mau makan apa ajah, yuk maree... jadi ngadepin kulit sensi, gergetan juga jadinyaa... hehehe... (curcol)
yang pernah ngalamin mohon sharingnya ya Mamas... Thank you.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's