1

Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

Dear Smart Mama Semua,

Mohon info dan pencerahannya dong,
Bagaimana sih menyusun family balance sheet yang simple, mudah dibaca untuk orang awam, dan membantu kita dalam menuju financial plan dan juga mengelola keuangan sehari-hari?

Ayo di share dong para jagoan finance, colek mama @slesta

mod: kalau salah kamar atau sudah ada yg bikin mohon dikembalikan ke jalan yang benar..

Mother of Universe

2

Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

koeliz kalo mau simple, simplenya kayak apa nih? balance sheet itu kan intinya sih nulis asset & liabilities. untuk perusahaan, asset itu termasuk cash, accounts receivable, prepaid expenses, investments, property, etc. liabilities termasuk account payable, hutang, etc.

nah sekarang tergantung mau bikin se detail apa. apa mau dimasukin semua property juga? atau mau bikin simple seperti:

asset = pemasukan tiap bulan vs liabilities = pengeluaran tiap bulan. biasanya sih untuk month to month di family cukup dalam bentuk ini ya.

jadi ya disebutin aja, pemasukan dari period A to B itu apa aja. lalu expensesnya apa aja.

kalo di gue, investments tiap bulan, bayar asuransi, etc gue masuk sebagai expenses (walopun harusnya kan asset). maksudnya sih supaya gue tau aja, dari pemasukan tiap bulan, duit yang mesti gue keluarkan (expenses) untuk bayar ini itu itu berapa. perhitungan investments, asuransi, etc. terpisah.

hope that helps. kalo ada pertanyaan lagi.. silahkeeuunnn.. mudah2an mama yang lain juga bisa kasih input, karena kalo urusan family, tiap family harusnya beda2 yah..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

3

Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

slesta

nah itu dia.. dulu taunya balance sheet tuh cuma pendapatan (gaji), pengeluaran (belanja), tabungan, dan hutang.

Sekarang, dah mulai kenal reksa dana, terus mulai bikin financial plan (dana darurat, pensiun, pendidikan, DP & cicilan properti, dll), asuransi juga..
Kalau balance sheet bulanan kan jangka pendek (ya pengeluaran bulan itu), sementara untuk investasi dan asuransi kan ada yang kebutuhan dan untuk tujuan jangka panjang juga (tahunan, 5 tahun, 15 th, dst)
Gimana mengkombinasikan instrumen2 ini biar tetep dapet balance sheet yang ringkes?
Seneng sih dengan skema balance sheet yang ini
tapi kayaknya kok susah ya bikin yang seperti itu.. *pengen ringkes dan komplit tapi bingung masukin angka & accountnya

Mother of Universe

4

Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

koeliz, balance sheet aku buat di excel. to be honest, aku termasuk control freak soal duit. jadi segala perintilan expenses slalu ak catat. aku buat balance sheet umum di sheet 1 dg kolom kategori yg dilink ke sheet lain utk perhitungan per kategori. misalnya makan di A sebesar Y. maka aku tulis di sheet 1 kategori "makan" akan link ke sheet 2 (kategori "makan") yg otomatis mengurangi budget utk makan yg udah ditetapkan di sheet 2. smg ga bingung..

sama kayak yg dibilang slesta, investment dan asuransi aku kategorikn expense. jadi aku buat perhitungan dl target hasil RD berapa trus hitung harus invest bulanan brp. itung2annya tinggal dimasukkan di kalkulator finansial yg tersebar gratis di internet. favoritku dl yang di website qm, tapi td ak check udah ga ada :-(

utk pengeluaran tahunan jg gitu. misal pajak kendaraan bermotor sebesar X. tiap bln udah aku sisihkan X/12. ak jg bikin budget plan tiap bulan. jadi misal bulan ini ada short trip mendadak, di awal bln aku alokasikan utk makan (misalny) lbh banyak n bikin unexpexted account (misal utk akomodasi). hope that helps. pgn bantu kasih filenya tapi laptop masih rusak, jadi bulan ini pun aku kembali mencatat manual dg buku neraca keuangan =p

5

Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

koeliz kamu rajin bangettt.. gue cuman nyatet seperti yg dibilang sLesTa. input dan output.
tapii, sekitar setahunan ini mulai menerapkan apa yg disarankan Ligwina Hananto. jadi setiap minggu ambil duit cash (misal: 1 juta) dan cm boleh spend itu buat seminggu. ini bnr2 makes life easier karena nyatetnya jadi seminggu sekali dan keliatan belanja apa seminggu itu (soalnya dimasukin sesuai tab di amplop akordeon. ini penting bgt, mengingat gue+suami beda kota, jadi budgeting penting supaya gak jebol spending kami.
pengeluaran rutin spt: bayar art, listrik, air, telpon, bensin, belanja makanan baby masuk juga; termasuk investasi akhirat (infaq/shadaqah/zakat --> yg mesti disisihkan, biar tetep berkah)
investasi masuk pengeluaran juga (buat saya) karena ada sejumlah uang yg dialokasikan buat itu :)
saya sih simpel, yg penting pengeluaran ada plafonnya dan tahu 'lari'nya kemana. :)

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

6

Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

Wahhh,, Koeliz.. pas bangetttt... gue juga lagi buat Family Financial Statement :) udah beberapa hari ini berkutat melulu sama design-nya.. Nekat nyontek punya perusahaan tempat gue kerja, FinStat-nya memang detail banget, tapi yang ada gue puyeng saat pengaplikasian dengan pemasukan dan pengeluaran keluarga..wkwkwkwkkk..

Yahh,, sementara ini hasil yang gue dapat belum final dan masih digodok, semoga ada masukkan dari mamas di TUM yaa :D

Langkah pertama, satu Sheet gue bagi menjadi 3 tabel:
[list=1]

  • Monthly Schedule. Isinya antara lain; pendapatan tiap bulan (salary atau penghasilan lain yang rutin datangnya tiap bulan), dan juga Monthly Expense --> ada rincian penjelasannya lebih lanjut nanti ya [/*]
  • Yearly Schedule. Isinya antara lain; pendapatan yang ga rutin tiap bulan such as THR, bonus, dll. Yearly Expense dan juga zakat dari Yearly Income tsb.[/*]
  • Fixed Assets. Isinya antara lain; Vehicle, Rumah, Tanah.[/*]


    Tabel tersebut nanti ada rincian kolom dari kiri ke kanan, antara lain:
    [list=*]
  • Current Month,[/*]
  • Year To Date,[/*]
  • Budget To Date,[/*]
  • Variance Over (Under),[/*]
  • Remaining Budget.[/*]


    Selanjutnya tentang Monthly Expense.
    Kalau di Tabel Monthly income gue cuma cantumkan saldo akhir bulan saja. Dari saldo tersebut nanti ada link (seperti yang dikatakan Rieda) ke Sheet Account yang dimaksud; misal Account Investasi Pendidikan. Ini supaya pos-pos pengeluaran tertentu terlihat detailnya.
    Sebagai contoh, pos-pos yang gue kelompokkan adalah sbb:
    [list=1]
  • Account Rutin Bulanan; maksudnya belanja dapur, ongkos, dll [/*]
  • Account Pembayaran KPR / KTA / Hutang Lain[/*]
  • Account Dana Darurat[/*]
  • Account Dana Orangtua/Keluarga[/*]
  • Account Pensiun[/*]
  • Account Investasi Pendidikan[/*]
  • Account Asuransi Jiwa[/*]
  • Account Shopping[/*]
  • Account Zakat[/*]
  • atau Account lain yang dirasa perlu dibuat.[/*]


    Nah... Selanjutnya, untuk LM, Deposito, RD, atau instrumen investasi lainnya...
    Berhubung untuk Account tertentu dananya disiapkan dengan salah satu atau lebih instrumen financial tersebut, jadi memang terpisah-pisah pencatatannya.
    Contoh, Dana Darurat isinya LM sebanyak X gr (senilai harga emas per akhir bulan laporan). Atau Investasi Pendidikan isinya RD sekian, LM x gr (Rp xxx).
    Palingan nanti ada Tabel tertentu apabila perlu dibuat rekapan LM, Deposito, dan RD.

    Sama perlakuannya dengan Yearly Expense, gue kelompokkan juga ke pos-pos / Accounts tertentu.

    Begitulah rancangan Family Financial Statement dari saya... cukup puyang juga nih gue :D :D :D

    Satu hal..Eh dua hal yang masih bikin gue bingung, yaitu yang pertama;
    Nilai jual sekarang
    Kalau untuk asset vehicle contoh motor, tiap bulan gue kurangi nilai depresiasi. Maksudnya apabila someday mau dijual, pasti harganya akan turun kan.. Begitu pula sebaliknya dengan Rumah / tanah, yang tiap tahun pasti naik, terutama kalau lokasinya menjanjikan.
    Nah..perlu ga yah dibuat sedetail itu?

    Yang kedua:
    Hutang Lain / KPR / KTA
    Bingung perlu atau tidak penyajiannya di halaman depan, heheheee.... Walaupun sebenarnya sudah ter statement di Account Hutang sih... Tapi bingung memperlihatkan saldo hutang awal dan saldo hutang sekarang...

  • 7

    Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

    rieda, mummyhilya
    makasih infonya.. btw saya bukan rajin, tapi karena sering bikin budget, cuma ga pernah bikin laporan keuangan hahaha.. makanya pengen bikin laporan keuangan yang simple tapi komplit :p

    jeng rieda, kalo dah ketemu filenya, mau dong dilempar hhehehe..

    btw berarti penting ya mengambil atm sekaligus tracking pengeluaran seminggu sekali.. lah kalo yang hobi nya internet banking kaya saya, kayanya susah pake sistem amplop akordeon dan ngambil seminggu sekali deh :D

    btw nulis pengeluaran sehari2 biar nggak pusing "rekapitulasi" di akhir minggu/bulan, itu gampangnya pake metode apa ya?
    apa perlu buku khusus/lembaran ("neraca manual") trus baru dipindahin ke excell? huhuhuw rempong yaaa? Ada apps buat synchronized kaya gini ngga sih?

    Mother of Universe

    8

    Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

    wow, rajin-rajin banget yaa..
    harus banyak belajar dari mama2 di sini deh.. *menyimak* :)

    koeliz,
    kalo di android ada namanya Bishinews ( Expense Manager, dll) dan ada juga Our Groceries.

    a life-enjoyer mama :)
    www.ekadeau.blogspot.com
    @ekadeau

    9

    Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

    koeliz betul kata eka, ada apps nya, kok.
    spy ga bingung.. gue bukan yg njlimet, sehari udah gue budget, misalnya, makan siang, dll budgetnya 15rb, instead of nyatet= sehari makan siang beli gado2 (6rb) +es teh (1500)+ krupuk(2000) walah.. kalau ada kembalian dimasukin ke celengan uang receh.
    Kalau nitip belanja ke pasar sm art selalu ngasih daftar belanjaan, jadi ketauan kira2 habis berapa.
    dan bener banget tuh kata amaliaputri, monthly income for monthly spending, yearly/ irregular income for yearly/irregular spending. jadi nyatetnya gak bingung.
    nah, yg mau dibikin kan cm B/S, berarti tetep aja,
    asset (income) = liability (spending,tms cicilan) + investment (soale ga bisa equity, kan??)
    amaliaputri, subhanalloh ya, sesuatu banget.. lo bikin NPV dan FV juga? mana didepresiasi pula.. itungannya scrap value pas tahun ke brp? hihihi. saya sih cuma pake formnya pajek, cm buat our family info and guide mau dibawa kemana finansial kita.. *sambil nyanyi*
    kalau utang gue masukin ke liability itu buuuk.

    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)

    10

    Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

    welehh... hebat banget pada rajin nyatet
    harus mulai bertobat dari sekarang nih gw

    Enjoying Motherhood

    11

    Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

    mama2 di tum emang canggih ya, saya senang sekali financial matters forum ini, menyadarkan saya untuk stop kegiatan foya2.

    @amaliaputri boleh di share dong mamas tabelnya. trims yaa

    12

    Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

    koeliz, eka.. iya expense manager yang di android juga helpful :) tapi aplikasi ini jalan terus yak..maksudnya pas mau lihat berapa expense untuk makan siang yang telah keluar per bulan Februari, yang terlihat malah expense makan siang dari awal tahun pencatatan..

    mummyhilya.. scrap value nya, berhubung baru punya motor, untuk motor gue itung 10 tahun.. Tapi setelah lo bilang sesuai dengan form pajak, jadi mikir kayaknya itu lebih simpel banget :) lagipula vehicle/rumah itu buat dipakai atau warisan (halahh, udah mikirin warisan aja), ya maksudnya insyaalloh bukan untuk dijual lagi..
    Dan iya nih..kayaknya gue perlu buatkan satu tabel lagi untuk catet saldo hutang ya..

    hatzsiahaan.. boleh :) masih gue utak atik biar lebih enak pencatatannya.. nanti via pm aja ya

    13

    Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

    wuih.. takjub dengan mamas disini, rinci banget untuk laporan keuangan keluarganya. Thanks sharingnya :)
    Aku cuma pakai excell sederhana, yang tercatat pemasukan dan pengeluaran bulanan.
    Untuk Investasi Reksadana aku pakai aplikasi dari ngaturduit dot com lumayan untuk tahu pergerakan nilai reksadana kita. Sebenarnya di aplikasi ini bisa mencatat pemasukan dan pengeluaran, tapi karena belum bisa diset tanggal awalnya jadi tgl 25 jadi aku males nyatetnya :)

    14

    Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

    wah keren ih mama2 di TUM, pada detail dan lengkap dan bener2 tau dengan keuangan familynya. gue malah gak sampe segitu detailnya untuk urusan pencatatan ini. kenapa ya? karena gak ngerasa perlu aja sih.. dan so far ga masalah karena gue yakin banget, pengeluaran gue ga pernah lebih besar dari pemasukan .. tapi tiap tahun gue pasti review segala asset, liabilities, etc. jadi gue tau sih cuma ga dicatet detail aja.

    jangan ditiru yaa... :P

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta

    15

    Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

    waaa.. kesentil eeuy menyimak thread ini.. saya orang yang niat pengen nyatet segala pemasukan dan pengeluaran, tapi yang ada selalu kebablasan alias lupa..
    Eh Mamas, gimana sih ngitung unexpected budget ya? misal ada trip mendadak atau ada pengeluaran buat ke dokter? maklum saya bukan pengguna asuransi. masih belum nemu yang pas di hati.

    thanks for help Mamas.

    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's

    16

    Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

    amaliaputri, pusing bacanya jujur :D

    mamas TUM hebat eiy detail dan lengkap
    masih menyimak dulu dan belajar :)

    17

    Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

    Pas bangget baca artikel ini, pas lagi ngerjain planning buat bulan May :) mumeeet hehehe..

    Dari teori yang banyak berseliweran emang teori ambil uang di ATM seminggu sekali :) Tapi udah diitung di awal, seminggu bolehnya ambil berapa dan buat apa aja. Kalau buat nyatetin yang hari2an udah pernah nyoba, dan kayaknya emang cukup 1 bulan aja, soalnya abis itu keblinger kalo mau diterusin.

    Satu hal yang paling penting bikin GL-nya deh, isinya nominal di rekening, semua harta + utang yang ada..

    18

    Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

    iyu, tau gak yuu..tabel itu baru dummy..dan pas gue masukkin data.. Ealahdalaahhhh kederrrrrrr...wkwkwkwkwkkkk :D:D:D Jadi gue rombak lagi biar lebih user friendly (bahkan buat gue sendiri :p) tapi tetap detail untuk dibaca..

    kirakara.. ahh iya..saya juga tipe yang kadar semangat nyatat expired dalam 2-3 bulan.. tapi ada suami yang detail banget merhatiin pengeluaran..Jadi tetep aja nyatet terus, hee.. Plus Thread financial matters nya TUM bikin saya mulai 'sadar'..hihiii
    Kalau unexpected budget,, kalau gak ada dananya gue biasanya pakai kartu kredit..hehee.. Atau sisa income setiap bulannya gue tabung sebagai dana darurat, jadi kalau ada apa-apa ya ambil dari pos tsb..
    Tapi tergantung unexpected budget buat apa dulu? kalau untuk medical, mungkin bisa disiapkan/disisihkan tiap bulan sebagai Dana Kesehatan.

    19

    Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

    Alamakkkk.... Laporan keuangan para mama di TUM canggih2 bgt... Scr aq cm catet pemasukan vs pengeluaran aja. Suami uda bawel suruh bikin di excel. Aq uda bikin tp yah ala kadar aja,jauh bgt dr pny mama2 disini. Musti byk belajar ni. Cb download apps yg gampang dipelajari dl deh.

    Garnetzhia and Ametysha are my little angels

    20

    Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

    Wah.. rajin2 amat ya? salut lho....saya pernah nyoba nyatet, semua pengeluaran setiap harinya, tapi cuma bisa bertahan ga sampai sebulan, karena seringnya lupa dan ujung2nya jadi ga nyatetin lagi.
    Sekarang sih, yang saya tetap lakuin yaitu, dalam seminggu, saya budgetin, buat pengeluaran berapa, dan dalam sebulan buat invest RD berapa, tab.pendidikan berapa, zakat dan kasih ortu berapa, cicilan hutang brp, dll pengeluaran rutin, kalau ada rejeki lebih, langsung sisihkan buat dana darurat atau nambah invest seperti LM atau RD.

    Love you my fam, today, tomorrow and forever :)
    Be a better person and giving as much as possible

    Mama Alifa dan Dammar ( www.adiseko.wordpress.com)

    21

    Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

    alamaaaakk, pencatetan amaliaputri meuni lengkaaap !! *standing applause*
    gw ber-background finance dan pernah bikin kaya gitu tapi berujung ga bisa konsisten ngisi secara rutin esp bagian pengeluaran bulanan, jadi in this case, gw ikutan aliran slesta, hehehe :D
    cukup tau persis hal-hal mana yang harus dibudget dari pendapatan rutin setiap bulannya..
    btw, itu kalo ngukur scrap value dari asset pribadi gimana ya, atau dikau juga bisa appraisal? apa ditreatment sama kaya aset company?

    a happy wife & mom always defines me best! :)
    @mamaaltair

    22

    Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

    hadeehh... makin puyeng deehh.. sepertinya banyak financial consultant disini yaa.. hihihi.. *melipir deh*
    iyaaa.. saya sering lupa.. apalagi kalo udah ilang nota/bon pembeliannya.. makin kacau deh.. hehe..
    Idem, setiap awal bulan/sebelum terima gaji, saya bikin proyeksi pengeluaran untuk bulan ini untuk apa saja, berapa saja.. Biasanya hanya saya klasifikasikan;
    Income: Gaji saya + gaji suami + other income
    expenses: tabungan utama + tabungan ki-ka + kebutuhan akhiran/amal + kebutuhan dapur + kebutuhan ki-ka + kebutuhan toiletrees + cicilan rumah + tagihan listrik +tgh telp + bla..bla... hehe.. maap gak bisa dijelasin satu persatu. Yang jelas kebutuhan utama harus dijumlahkan dulu dan harus balance. Kalau ada sisa, baru deh untuk kebutuhan sekunder. Biasanya diawal bulan/setelah terima gaji langsung saya plot2 ke tempatnya/rekening masing2. kalo cicilan ya langsung dibayar. tagihan listrik/telp/air/gas pun juga demikian, segera dibayarkan tanpa ditunda.

    Yang sempat bingung kalo ada kebutuhan mendadak, seperti trip dadakan yg urgent atau dana kesehatan. Karena belum pake asuransi, jadinya selama ini diambilkan dari tabungan utama. tapi ujung2nya malah tabungan utama ini jadi lebih mudah "bocor". Atau memang harus dialokasikan 1 dana cadangan lagi untuk kebutuhan urgent seperti ini ya?
    wah berarti harus bikin perhitungan ulang nih buat proyeksinya..hehe.. TIA ya Mamas..
    Maklum ini akuntan dadakan yang amburadul.. hehe.. semoga saya segera menemukan pencerahan.

    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's

    23

    Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

    kira kara sebaiknya emang ttp ada pos sendiri untuk dadakan. misalnya nih tiap bulan dimasukin sekitar 100rb ke pos itu. emg khusus untuk dadakan. kalo emang ternyata kepake dan abis jadinya emang udah direncanain untuk itu. kalo ternyata kurang dan harus ambil dari tabungan utama, jadinya nanti bulan2 ke depannya duit yang harusnya ke tab. darurat dimasukkan ke tabungan utama untuk "gantiin" duit yang kepake...

    kalo gue sih biasanya gitu yaa.. dan kadang tab dadakan ini malah sekalian jadi tab shopping juga kalo ternyata udah banyak tapi alhamdulillah ga ada keperluan dadakan hihih..

    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta

    24

    Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

    slesta,
    hhmm gitu yach?? berarti musti dikoreksi nih perhitungan nya.. Ok deh.. mumpung awal bulan, segera utak-atik proyeksi nih.. *semangat*
    Wah kalau belanja saya ada simpenan sendiri.. kalau ada uang "laki2" maka saya punya uang "perempuan" hahahah... meskipun saldonya hampir selalu minim, karena kalo sudah terisi tidak tahan untuk segera dibelanjakan.. hihihi

    thanks anyway ya Mamas..
    :)

    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's

    25

    Topic: Laporan Keuangan Keluarga (Family Balance Sheet)

    Mama,

    kalau untuk dana simpenan yang disebut2 Kira-Kara dan Slesta, serta buat simpenan yang sifatnya jangka pendek, apakah ditabung pada rekening yang berbeda-beda? atau rekeningnya sama (1), tapi ditulis pada laporan keuangan sesuai pos? Mana yang lebih "praktis" ga ruwet pas make sure kita masih ada saldo di pos2 tersebut?

    Mother of Universe