1

Topic: Kalender Penghitung Masa Subur

Dear all,

New comer nih. :D Seneng deh baca-baca info di TUM. Jadi banyak tau.

Saya mau nanya, adakah yang pernah menggunakan alat penghitung masa subur? Yang ada info suhu tubuh, jadwal menstruasi, suhu basal, etc.

Saya pernah dengar tentang sympto-thermal calendar. Adakah yang udah pernah nyobain? Pengen tau juga, nama aplikasi ini yang direkomendasiin buat di iPad/iPod apa ya?

Saya sedang TCC nih. Menikah hampir 2 tahun, tapi udah 2 kali keguguran. Jadi pengen nyobain teknik menghitung kalender ini.

Thank you... :)

-Ami-

2

Topic: Kalender Penghitung Masa Subur

hai amikumi,
sama nih aku juga lagi TTC, alat penghitung masa subur banyak kok di situs2 di internet, bahkan ada aplikasi buat iphone/ipad ato android cari aja di marketnya....kalo aku pake Period Time buat android, disitu bakal di prediksi kapan masa-masa subur kita. Cuma aku kemaren sempet ngaco mensnya, jd kayanya perlu diadjust ulang.

Nah kalo pake aplikasi itu bisa diperkirakan tuh, kapan hari2nya harus "rajin bikin" hehehe...

Tapi menurutku pembuktian bener ato ngga perkiraannya cobain pake alat tes kesuburuan dulu, kalo ternyata bener baru deh itu valid buat dipake...

3

Topic: Kalender Penghitung Masa Subur

Hi Suciharini,

Thanks ya infonya. Kemaren sambil nyari-nyari juga, akhirnya buat kalender sendiri pakai excel. Sempet juga dapat aplikasi sympto buat iPad. Jadi sekarang pake dua-duanya. :D

Aku udah beberapa bulan nyobain test kesuburan yang banyak dijual di apotek, tapi belum pernah dapat hasil yang "SUBUR" gitu. Padahal kayaknya udah feeling subur. Hihihi...

Semoga kita berhasil yaaa...

-ami-

4

Topic: Kalender Penghitung Masa Subur

ini kalender penghitung Masbur yang biasa aku pake

http://botefilia.com/index.php/fertility-calculator/

http://www.justmommies.com/ovulation-calendar.shtml

http://www.fertility.com/en/stage3/tools/ovulation_calculator/ovulation_calculator.html

silahkan pakai yang mana aja.. :D

5

Topic: Kalender Penghitung Masa Subur

wow sekarang banyak yah ovulation calendar.
sekedar share aja, 2 tahun yg lalu aku make fertilityfriend.com (berbayar).
sama sih buat ngitung ovulasi juga, tp data yg dientry g hanya tanggal mens, tapi juga suhu basal, lendir vagina, dll. sampe dulu aku bela2in beli thermometer basal di malaysia krn saat itu belum ada yg jual di indo. dan karena data di entry setiap hari, masa ovulasi yg diperkirakan pun bisa berubah krn yg diamati termasuk lendir vagina.

aku sendiri periode mensku gak teratur jd merasa terbantu sekali. untuk bulan pertama kemungkinan perkiraan ovulasi nya g valid krn dia hanya punya sedikit data, setelah 3 bulan entry data sudah mulai valid, aku buktikan juga dengan ovu test d hari perkiraan ovulasinya.

alhamdulillah setelah make 7 bulan dah berhasil hamil, entah faktor apa sih...yg jelas buat yg trying to conceive, aplikasi semacam ini sangat berguna.

aku coba buka http://www.justmommies.com/ovulation-calendar.shtml ini bagus juga

6

Topic: Kalender Penghitung Masa Subur

syahdiar
wuuiiih, ampe beli yg berbayar, cm karena data yg di entry lengkap, jd kebantu yah mba?
aku ga pake termometer basal mba, krn ga ada yg jual di pekanbaru. jd nya pake termometer biasa.

7

Topic: Kalender Penghitung Masa Subur

kalo yang menstruasinya ga teratur gimana ya? apa kalender masa subur itu bisa dpake ya? Trus ni, ada ga ya tanda2 yg bisa diliat langsung pas kita ada dalam masa ovulasi?

8

Topic: Kalender Penghitung Masa Subur

@registia
BILA SIKLUS HAID TIDAK TERATUR

Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.

Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumus


Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang - 11

Contoh :

Seorang isteri mendapat haid dengan keadaan : siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama haid sampai haid
berikutnya)

Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama haid.

sumber: https://www.facebook.com/groups/akuinginhamil/doc/10150389590167289/

9

Topic: Kalender Penghitung Masa Subur

Hi all, sekedar share..

Aku dulu pake kalender yang ada di aplikasi sympto dan whattoexpect TTC untuk iphone/ipod. Ngebantu banget, dan alhamdulillah akurat yah. Sekedar note: sebisa mungkin setelah haid selesai usahakan suami langsung "setor", karena sperma kan bisa hidup 2-3 hari di dalam. Meanwhile, setelah haid berhenti untuk afdolnya kita mulai test2 ovulasi setiap hari di jam yang sama (yang bagus adalah sekitar jam 8-10 karena bukan urine pertama di pagi hari) buat jaga2 aja sediakan test pack utk 5-7 hari. At least, ini berhasil sih buat gw.. :)

I'd like to see every side of a story because I care :)

twitter: @kartikafirdaus - fb: http://facebook.com/kimionline

10

Topic: Kalender Penghitung Masa Subur

Hohohoho...
pada ingin hamil ya bunda...
hai hai bun...
Assalamu'alaykum...
kenalin aku fafa..
newcomer nie di TUM...
sering baca dan intip dari kemarin2.. tpi belum registrasi.. baru sekarang resmi join with TUM..

Butuh info banyak dengan program hamil nie bun...
jalan 3 bulan menikah.. belum rejeki..
Memang masih awal siih. tpi keinginan untuk segera punya momongan nggak salah kan bun.. palagi diprogram dr sekarang.. :))

bagi resepnya dunk bun...
siklus haidku teratur... jadi setiap tgl 29 insyaAllah selalu haid...
skrng aku konsumsi Anmum ktnya sih untuk penuhin asam folat...

mksh ya bunda2 yang cantik.. :)

11

Topic: Kalender Penghitung Masa Subur

wah Ny.J info hitungannya mantep banget, langsung saya bukmark :)
journallove Selamat yah say, masih penganten baru dong ^^ dinikmati aja dulu, kalo udah rejeki gakan kemana. supaya ke kitanya juga ga terlalu stress yang malah bisa ngaruh secara psikis dan imbasnya ke hormonal juga. Selain susu, baiknya sih asupan gizi dari sumber makanan langsung yang harus lebih diperbanyak. misalnya aja brokoli, ini juga kaya asam folat, ikan salmon, dan kacang-kacangan. dan jangan lupa berdo'a sama yang punya segalanya di dunia ini yah ;)

12

Topic: Kalender Penghitung Masa Subur

saya pakai kalender kesuburan dari playstore android. ada 3-4 aplikasi. kadang beda2 gitu deh tanggal perkiraan ovulasinya. yah tapi tempur aja 2hari sekali di tanggal subur. tapi masih belum rejeki sih,

13

Topic: Kalender Penghitung Masa Subur

Halo semua. Sekedar share saya juga pakai aplikasi HP menstrual calendar. Memang sebenarnya ini utk menghitung siklus menstruasi tapi ada juga info mengenai masa subur. Kemarin sempat lihat2 di situs brand susu juga banyak penghitung masa subur.

14

Topic: Kalender Penghitung Masa Subur

Saya juga pakai applikasi dr Playstore.namanya Ovuview. Alhamdulillah akurat utk saya. Aplikasi itu bisa dipakai utk TTC maupun utk menunda kehamilan, tinggal pilih sesuai kebutuhan :D

~your smile is my happiness~