1

Topic: Suntik Tetanus - perlu ngga sih?

Aloha mamas! *semoga ngga double forum ya, aamiin!*

Aku mau sharing plus nanya nih sama mamas yang udah senior, hehe. Aku lagi hamil anak pertama, dan udah masuk 34 minggu. Waktu minggu ke-32, aku dan suami iseng USG 4D di dokter lain (bukan dengan dokter kandunganku plus di RS lain juga). Dokter yang USG aku ini lumayan bawel orangnya dan banyak nanya ini-itu, sampe akhirnya dia nanya apakah aku udah disuntik tetanus atau belum?

Waktu itu sempet bingung dan tatap-tatapan sama suamiku, tapi ujung-ujungnya dengan polos aku jawab, "Hmm kalo sekarang sih belum, Dok. Tapi waktu kecil sih kayaknya udah..." Tiba-tiba tuh dokter langsung ngeliatin aku, aku kira mau ketawa, eh taunya dia minta aku buat disuntik tetanus saat itu juga. JEDDER langsung bengong dong aku, secara aku takut disuntik.. *mewek*

Akhirnya, dokter itu ngejelasin kalo orang yang hamil dan memang mau melahirkan normal harus banget disuntik tetanus supaya anaknya ngga terinfeksi kotoran ibunya, dan bagusnya lagi kalo disuntiknya pas awal-awal kehamilan. Aduh, aku sama sekali ngga tau hal itu karena dokter yang nanganin aku juga ngga pernah sama sekali nanyain aku udah disuntik tetanus atau belum. Terus kata si dokter USG 4D ini, "Berarti memang dokternya Ibu pingin menggiring Ibu untuk caesar tuh, dia memang udah mempersiapkan Ibu supaya bisa langsung dioperasi nantinya.." JEDDER aku kan ga mau dicaesar... *mewek bagian kedua*

Nah, pulang dari situ akhirnya suamiku bertekad mau bawa aku ke dokterku buat disuntik tetanus, tapi sebelumnya aku sempet tanya mama dan mama mertuaku apa mereka dulu disuntik atau ngga. "Aduh memangnya ada suntik tetanus segala? Kok mama ngga tau.." kata mamaku yang lahiran ketiga anaknya dicaesar. Beda lagi sama mama mertuaku yang keempat anaknya normal semua, "Oh iya, ada tuh suntik tetanus pas awal-awal hamil. Memangnya kamu belum disuntik?" NAH LHO makin bingung, apalagi makin deket detik-detik melahirkan.

Akhirnya, aku dan suami memutuskan buat tanya langsung sama dokter kandunganku. Dengan santai dia jawab ngga perlu. Kenapa ngga perlu? Katanya selama 20 tahun dia jadi obgyn ngga pernah ada masalah dengan ngga nyuntik tetanus. Katanya pengalaman yang membuktikan, dan di RS aku ini memang ternyata ngga ada suntik-suntik tetanus buat ibu hamil dari dulu. Terus aku coba tanya sama tante dan sepupu-sepupuku yang udah melahirkan di RS ini juga, walaupun berbeda obgyn, mereka juga ngga pernah ditawarin suntik tetanus dulu dan mereka baik-baik aja tuh.

Duh, jadi bingung. Menurut mamas senior gimana nih? Ada yang punya pengalaman juga ngga? Dishare ya :)


*sorry ya curhatnya kepanjangan, namanya juga anak baru :p*

@aninda143 will become a mother at her 22 years old ?

2

Topic: Suntik Tetanus - perlu ngga sih?

Aninda, maaf thread-nya diclose ya, soalnya udah ada yang sama disini :)

less ego, more heart