1

Topic: Menilai pertumbuhan anak menggunakan growth chart WHO

Hi, nimbrung ya Moms. Kebetulan aku juga br belajar baca GROWCHART, diajarin sama DSAnya.
Intinya sih mnrt DSA aku itu selama BB dan TB anak masi di dalam kurva itu, artinya masih dlm kategori "aman", SELAMA ya itu td :
1. Grafiknya tidak pindah lajur menjauhi garis hijau. Misalnya anak kita diplot ternyata dia digaris presentil 15th. Biarpun itu dibawah garis hijau tp slama pertumbuhannya mengikuti garis 15th itu apalagi kalo makin deket ke hijau artinya ya perkembangannya baik2 saja.
2. Grafik tidak naik turun scara drastis. Misalnya: tdnya di lajur kuning, tau2 bulan depan di lajur hitam, trus bulan depan tau2 di merah. Naa itu perlu waspada kalo spt itu katanya.
3. Grafik yg stagnant 3 bulan berturut2 juga hrs mulai diwaspadai
4. TB dan BB sebaiknya berada di presentil yg sama (misalnya BB di presentil 15th sebaiknya TB juga di presentil 15th)

Anakku termasuk mungil/slim, bukan bayi2 montok chubby gitu...hihii..Kalo diplot dia di presentil 15th, baik TB dan BBnya, jd hitungannya proporsional. DSA jg ga bilang ada sesuatu yg salah kok, krn pas diliat perbulannya, titik2nya terus naik mengikuti garis kuning dan menuju hijau..bukan ke merah...Tp emang deg2an sih rasanya punya baby yg bawaannya slim. Suka takut dia kurang gizi/nutrisi.
Sblm ke DSA ini , aku suka stress juga kalo liat bayi2 lain yg pd montok2 dan beratnya rata2 diatas dia...Tp stlh dikasi penjelasan, lmyn jg santai skr hehe...yg penting anaknya sehat dan lincah.

Oya DSA itu rata-rata kenapa ya lebih nganjurin pake GC yg presentil ketimbang yg Z-SCORE?

BTW di komputer rumah aku juga install GC yang WHO-Anthro. Abis enak bisa masukkin individual assessment untuk data anak kita, jd bisa kepantau terus perkembangannya. Input datanya juga gampang bgt. Kayanya emang wajib punya deh itu GC WHO Anthro.

...I love my baby benz...

2

Topic: Menilai pertumbuhan anak menggunakan growth chart WHO

wau wau..berapa hari ga dibaca..dah banyak masukan berharga banget !! itu GG yang who-anthro wajib ya diinstal..

3

Topic: Menilai pertumbuhan anak menggunakan growth chart WHO

ini chartnya applicable buat preemies gak? anakku lahir 2.39kg 47cm. Sempet turun ke 2.1kg di semingu pertama.
waktu kontrol 9weeks, anakku BBnya 1kg dibawah P3, TBnya 2cm dibawah P3. Skr dia 12w, kayaknya masih tetap dibawah pita2 P3.
*jadi khawatir* :/
tapi DSA-nya gak komen apa2 sih, cuman bilang semuanya OK.

Oya pernah denger ktnya chart2 ini diplot berdasarkan formula fed babies. Betulkah demikian?? Jadi kalo ASIX babies sangat mungkin berada dibawah chart2 itu. Even so, selama anaknya sehat sih should be nothing to worry about. Ada yang punya info ttg ini?

^_^

4

Topic: Menilai pertumbuhan anak menggunakan growth chart WHO

urun rembuk....
idealnya yg dipake GC WHO (z score atau persentil ngga masalah), terakhir publikasi thn 2006 kl ga salah... ini sudah direvisi berdasarkan data breastfed babies secara umum di seluruh dunia. lengkapnya di http://www.who.int/childgrowth/standards/en/

populasinya:
"The study populations lived in socioeconomic conditions favourable to growth and where mobility was low, ?20% of mothers followed WHO feeding recommendations and breastfeeding support was available. Individual inclusion criteria were: no known health or environmental constraints to growth, mothers willing to follow MGRS feeding recommendations (i.e. exclusive or predominant breastfeeding for at least 4 months, introduction of complementary foods by the age of 6 months, and continued partial breastfeeding up to at least 12 months)."
(http://www.who.int/childgrowth/standards/Chap_2.pdf)

saya lebih senang pake z-score krn patokannya lbh jelas... disebut "underweight" hanya kalo sudah di bawah garis -2, dan dikatakan "severely underweight" di bawah garis -3.

yang saya penasaran malah GC khusus anak Indonesia yg katanya sudah dibuat tapi kok ngga nemu2... ada yg bisa bantu?