1

Topic: Water Birth

hallo selamat malam, salam kenal semuanya.
saya memang melayani homebirth, namun karena banyaknya permintaan tidak semua bisa terlayani. yang pasti jika di niatkan dan berjodoh pasti alam semesta akan mengharmonikan semuanya.
beberapa klien saya ada di jakarta, bandung surabaya, banyumas, jogja, solo. ya ndelalah pas berjodoh jadi ada saja jalannya.
yang pasti bunda harus punya Birth Plan yang jelas.
harus tau filosofi, motivasi, keuntungan juga resiko waterbirth..banyak belajar itu penting karena pengetahuan adalah KUNCI bunda.
nah dari sekian banyak klien saya hampir semuanya belajar tentang hypnobirthing (bagi yang di jakarta mereka biasanya belajar dari bu Lanny Kuswandi, atau belajar self healing & TAT dengan sahabat saya Reza Gunawan) sehingga energinya sudah di balancing. yang lain biasanya ikut kelas hypnobirthing di Bidan Kita (Klaten) bahkan ada yang dari bogor, Sidoarjo, Semarang, AB Pura datang untuk ambil kelas hypnobirthing sekalian Yoga untuk ibu hamil. beberapa ada yang melengkapi dengan tai chi..semua itu adalah penunjang untuk keberhasilan homebirth, waterbirth (GENTLE BIRTH).
salam hangat
Yesie Aprillia

2

Topic: Water Birth

bidankita wrote:
hallo selamat malam, salam kenal semuanya.

nah dari sekian banyak klien saya hampir semuanya belajar tentang hypnobirthing (bagi yang di jakarta mereka biasanya belajar dari bu Lanny Kuswandi, atau belajar self healing & TAT dengan sahabat saya Reza Gunawan) sehingga energinya sudah di balancing. beberapa ada yang melengkapi dengan tai chi..semua itu adalah penunjang untuk keberhasilan homebirth, waterbirth (GENTLE BIRTH).
salam hangat
Yesie Aprillia


halloo Bu Bidan, salam kenal :D
Waah ada Bu bidannya langsung nih yang menjawab :D
Bu Yesie, kalo diJakarta dimana saya bisa ikut latihan Hypnobirthing / self healing / TAT / yoga?
Mudah2an saya bisa lahiran normal / waterbirth nanti... :D amin

Terima kasih

^^ mom_anne ^^

3

Topic: Water Birth

jakarta hypnobirthing bisa ke bu Lanny Kuswandi di
Pro V Clinic.
Jl Permata Saphir i/w5
Permata Hijau Jak sel
add saja Fb nya = Lanny Kuswandi
mas Reza juga di darmawangsa kok...
add FB nya saja

4

Topic: Water Birth

bidankita wrote:
jakarta hypnobirthing bisa ke bu Lanny Kuswandi di
Pro V Clinic.
Jl Permata Saphir i/w5
Permata Hijau Jak sel
add saja Fb nya = Lanny Kuswandi
mas Reza juga di darmawangsa kok...
add FB nya saja


Terima kasih banyak Bu Yesie ;)

^^ mom_anne ^^

5

Topic: Water Birth

Yth Bu Yesie A
Selamat bergabung di TUM. Saya senang dengan kehadiran ibu sebagai seorang ahli di bidangnya.
Semoga ibu berkenan membagi ilmu dan pengetahuan praktis kepada para ibu yang membutuhkan informasi sebenarnya.
Saya sependapat dengan Bu Yesie, untuk program Waterbirth perlu ada perencanaan "Birth Plan" yang matang sebelumnya. Tidak semata hanya ingin atau sekadar ikut ikutan saja. Ibu hamil perlu tahu A - Z nya waterbirth. Bila hanya suaminya saja yang ingin waterbirth padahal istrinya belum tahu dan paham secara jelas, maka bisa saja terjadi kegagalan.

Saran saya kepada Ibu Hamil yang berminat waterbirth sebaiknya banyak belajar dan pahami betul segala proses dan akibat dari waterbirth.

Belajar dari pengalaman istri saya, yang tidak berjodoh untuk melakukan waterbirth, bisa jadi penyebabnya karena belum siapnya istri saya untuk melakukan waterbirth, padahal saya sebagai suami ingin sekali agar melahirkan secara normal dengan waterbirth karena saya tahu manfaatnya dari waterbirth.
Untuk lebih siap dalam menghadapi kelahiran, ibu hamil yang ingin ikut program waterbirth sebaiknya belajar teknik rileksasi dan hypnobirthing, sehingga proses kelahiran bisa jadi bukan hal yang menakutkan dan menyakitkan bagi ibu hamil. Bahkan salah seorang rekan kami Hypnotherapis, sudah melakukan cara/teknik tertentu, agar kelahiran secara normal bisa dirasakan seolah olah sedang mengalami orgasme.
Betapa asyiknya melahirkan. Bisa bisa, banyak ibu ibu yang rajin melahirkan.

6

Topic: Water Birth

mamas, gw cuman pengen tau aja (maaf kalo pertanyaannya super awam hehe) : apa yang membuat waterbirth itu biayanya mahal? Apakah dari air yang digunakan mesti super steril dan ada syarat khusus tentang airnya? Atau memang karena biaya dokternya? Gw liat di bbrp video di youtube, kolam yang digunakan adalah kolam renang plastik biasa yang buat bayi, bahkan ada yang di bathtub doang. Sekali lagi maaf ya pertanyaannya, tapi sumpah deh gw penasaran kenapa mahal :) Makaciiii

Ibunya PUTRAMA ALUN TULODHO dan PUTRIKU LINTANG LELAKU.
Gemar musik rock namun tak pernah nonton konser live
https://imeldasutarno.wordpress.com/

7

Topic: Water Birth

met siang semuanya, salam kenal, saya dewi skrg kandungan masuk 32 weeks, kepengen bgt bs water birth at home, kira2 yg perlu dipersiapkan apa aja ya...

makasi

8

Topic: Water Birth

@imelda.. mahal ga nya sih tergantung lokasi, kalau di bidan sih 2-4 juta, kebetulan aku berencana WB di galenia bandung. alhamdulillah dapet 3jt (2 hari 1 malam), denger2 di bunda margonda 8 juta (itu biaya di RS).. iya, biasanya cuma kolam plastik/bathtub.. air nya harus di sterilin dulu. kalau di RS mungkin tergantung harga kamarnya juga mungkin yah.. malah kalau di Bumi sehat di bali, biayanya hanya DONASI :)

@dewiis baiknya konsultasi sama bidan waterbirth yg menerima home birth,,, karena tidak semua bisa dipanggil/bersedia... ibunya juga keadaannya harus memenuhi syarat untuk lahiran normal :)

9

Topic: Water Birth

lita_uchie : waaah baru tau skr. Thanks for the info yah jeng :)

Ibunya PUTRAMA ALUN TULODHO dan PUTRIKU LINTANG LELAKU.
Gemar musik rock namun tak pernah nonton konser live
https://imeldasutarno.wordpress.com/

10

Topic: Water Birth

seru baca thread WB, baru tau lahiran dgn WB bisa bikin relaks n mengurangi rasa sakit , moms kl di bandung WB yg direkomendasikan dmn ? dr tdbaca page1 ampe selesai blm byk yg sharing ttg WB d bdg :)

lita_uchie , galenia bdg dmn daerah mana y :) ?

11

Topic: Water Birth

@aufa di badaksinga no 8.. di belakang tulisan dago yg di bawah cikapayang itu loh.. dkt PDAM.. di bandung baru di situ,, ada gentle birth preparation class (kelas kehamilan lengkap), hypnobirthing, baby spa, prenatal yoga juga :).. kalu mau konsul/tanya2 bisa konsul ke dr.avi ato bidan okke. bisa d liat http://www.facebook.com/galenia.mcc semoga bisa membantu

12

Topic: Water Birth

lita_uchie , thanks infonya, btw kamu dpt 3jt pake bidan ?

13

Topic: Water Birth

@aufa iya,, kan di bdg blm ada dsog yg bisa water birth, baru d bali sama jkt yg ada,,, :)

14

Topic: Water Birth

kalo WB ini yg dsognya perempuan utk di jakarta dimana ya?

15

Topic: Water Birth

ternyata d sby udah ada loh metode water birth.. baru baca di koran kemarin ttg persalinan dg water birth pertama di surabaya oleh dr. amang, spog n dsanya dr. gede di Husada Utama. yaw.. telat! padahal dulu pgn banget lairan dg metode ini. apa hamil lagi aja yak??! =p

16

Topic: Water Birth

Oh yaa... wah bagus ituuu... baru kayaknya ya mbak? Pas aku hamil KI-KA cari2 info kok blum ada yaa.. Cuma bisa di Husada Utama aja yaa? (basa-basi biar gak OOT)

SETUJU (sengaja ditulis dengan huruf kapital) sebelum pindah program duluuu.. nanti kalo pas mau lahiran pulang lagi ke surabaya... ayooo... shafa udah pinter momong adik kok.. hihihihi... *kabur sblm ditimpuk sandal*

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

17

Topic: Water Birth

Rieda kira kara :
Hai mamas surabaya.. *dadah2* iya kmrn jg baru baca dikoran, dan itu water birth pertama disurabaya.. Pengen jg lahiran WB, tp telat skrg udah 37 weeks.. Mungkin untuk kehamilan ke 2 aja kali ya, smoga suami mengizinkan.. :D
Klo mamas nanti ada yg lahiran WB mohon reviewnya ya.. TFS! :)

18

Topic: Water Birth

bunda2.. boleh tau informasi apabila sudah ada yang tahu.. biaya water birth di rs husada utama surabaya sekitar berapa ya? terima aksih infonya :))

19

Topic: Water Birth

Bunda2, mau nanya ada yg pernah lahiran WB di RSPP dengan dr.Frizar? Share donk. tQ

20

Topic: Water Birth

menyimak thread ini dengan seksama ... water birth 3 tahun lalu belum masuk Surabaya, akhir-akhir ini dapet informasi tentang water birth ala CNN Hero, Bu Robin Lim, dr Bumi Sehat, Ubud... tapi ribetnya ke Ubud sebelum dan sesudah melahirkan ya hmmm

kurang berminat ala Dr Amang, karena 3 tahun lalu dia masih ragu, sekarang sudah masuk koran, harganya pasti aduhaaai T_T

In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle

21

Topic: Water Birth

boleh tau ga, kira2 apa kekurangan Water Birth dibandingkan dengan lahiran normal biasa? (Selain biaya nya ya)

utk bahan pertimbangan mom hehe thanks

22

Topic: Water Birth

Halo bundas...
Aku lagi hamil ke 2 uk 22w..lagi berencana lahiran waterbirth..
Lahiran pertama aku alhamdulillah berhasil lancar lahiran dengan relaksasi hypnobirthing dan normal tanpa induksi,tanpa ila,tanpa epidural dan medis2 lainnya..aila jg sehat,gak kuning,ngeden jg cuma 2 x smooth bgt..alhamdulillah afirmasi positifnya berhasil..terimakasih hypnobirthing..
Setelah mengalami persalinan pertama yg soulful seperti itu,aku rasanya seperti merasa terpanggil untuk mengusahakan untuk lebih 'natural' lagi,salah satunya ingin sekali waterbirth dan tentunya tetap didukung dengan afirmasi positifnya hypnobirthing juga..
Tapiiiiiiiii......
Pas browsing dan survey sana sini..RS yg biasa nanganin waterbirth udh menarik fasilitas2 WB itu dikarenakan adanya edaran dari POGI (persatuan obsgyn indonesia) tentang tidak rekomendasinga WB,memang aku sih bs mengerti dari segi prosedural dan tata laksana RS,waterbirth emang ga bisa sembarangan 'ikut2an' aja mau waterbirth..harus dibekali ilmu yg kuat,mental yg siap,dan oemahaman spirit tg kelahiran yg matang sehingga segala resiko dapat diatasi bersama dengan rileks..memang klo dilogikakan dengan intervensi tata laksana medis RS yg konvensional akan mengundang banyak pertanyaan ttg resiko...
Tapiiiii....
If im (insya Allah) ready sama itu dan mau belajar utk ini..tp ternyata RSnya lg gak ready..sebut aja sam marie wijaya,mmc,rs asri,klinik permata bintaro..semua yg aku telpon udh ga ada WB..kecuali bunda menteng,yg jauh bgt dr rumahku di bintaro..huhuu
Sempet ada yg bilang di rumah aja,tp suamiku gak pede krn kondisi rumahnya gak memungkinkan, ada ketidak pedean pada kesterilan dll..
Ada saran jika mau tetep WB kmana? Tapi yg tetep domisili jakarta (mengarah ke selatan) dan gak di rumah...
Makasiih...

23

Topic: Water Birth

bun irma imu di RS bunda margonda masih melayani WB, insya allah anak ke 3 ini saya akan kembali metode WB karena memang perbandingannya berasa banget dgn lahiran normal. kalo buat saya waterbirth lebih relax dan saya bisa mengikuti naluri alamiah.

btw memang isi edaran POGI apa ya bun sampai tidak merekomendasikan metode WB?

nidya,ninit,mimilabib,nietz----->itsMe www.nidyalharasati.wordpress.com