1

Topic: Reward Charts, anyone?

saking puyeng dan habis ide mau ngajarin anak supaya mandiri, kemaren coba bikin reward chart, sehari it works, mudah2an berlanjut seminggu ini, kalau sudah penuh mau coba posting gambar reward chart nya disini :)

2

Topic: Reward Charts, anyone?

SakirunS - gue sih ga pake reward chart (atau blum?), tapi setau gue, banyak yang pake, dan rewardnya cuma sticker yang bisa ditempel di chartnya tersebut... CMIIW. bentuknya bisa bintang, atau apa deh... jadi blum tentu mesti dibeliin barang. jadi lebih kayak tantangan: "bisa ga kamu ngisi 5 kotak itu ama bintang?"

bundashafa. asiii, ntar foto ya... pengen liat homemade chartnya :D

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

3

Topic: Reward Charts, anyone?

hi all, update on reward charts...

kita bikin reward charts untuk aldebaran. sederhana banget dari karton trus biar semarak, pake stiker2...
kalo dia berprestasi, kita kasih stiker lingkaran merah. nanti kalo masing2 aktivitas udah dapet 10 dots, baru deh dikasih reward.

http://farm3.static.flickr.com/2775/4346145790_6c781db1d1_m.jpg http://farm5.static.flickr.com/4059/4346143990_bbe7cbc82e_m.jpg

sejauh ini... it works. dia bangga banget kalo udah diminta nempel stiker lingkaran merah. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

4

Topic: Reward Charts, anyone?

ngga jadi pake elc punya, nit?
asik ya pake reward chart..

And thelilsolder is back. Fire!

5

Topic: Reward Charts, anyone?

mamas ..
wah baru tahu reward chart ada yg dijual jadi ya ? kereennnn ;-)

sharing aja ya mamas ...
aku sejak anak2 umur 3th menerapkan reward charts ini jg, bikin sendiri, bahkan lebih sederhana dari punyanya ninit :)

dari hal2 yg sederhana menjurus ke tanggung jwb anak2 (membereskan mainan, makan sampe habis dst), sampai akhirnya tanggung jawab untuk belajar sholat dan puasa.

dan sejak anak2 PG, di sekolahnya jg diterapin reward charts ini utk event2 tertentu. jadinya anak semangat klo star-nya semakin banyak :)

sekarang anak2 sudah di SD, ada reward charts untuk kegiatan ibadah (sholat 5 waktu, puasa, ngaji dll). charts-nya ini sudah dalam bentuk buku gitu. sampai sekarang mereka semangat mengisi tanda bintang dan diberi kesan2nya menurut versi mereka.

SakirunS
, yup dulu kami jg kepikiran jangan2 anak2 akan melakukan semua itu demi reward, bukan karena memang mereka harus melakukannya. Tapi seiring usia mereka, insyaAllah nilai2 ini bisa bertahap dimengerti kog oleh mereka.

klo akhirnya 1-2x anak2 'melanggar' tidak sholat misalnya (di kasus kami), tentunya juga masih taraf wajar, namanya proses belajar, insyaAllah dengan diajak ngobrol, dikasih contoh, diberi pengertian dll, anak2 bisa mengerti kenapa mereka mesti melakukannya.

mudah2an berguna sharingnya ya.

salam
-Lilik-

bunda shafa-hafiz-reefa

6

Topic: Reward Charts, anyone?

inga,
di singapur sold out di semua ELC nga :(

trus pas kemaren mertua ke sini... ga jadi nitip soalnya kasian takut ribet harus nyari2 ke ELC... jadi bikin deh yg versi sederhana ini. hihi...

lilik,
iyaa setuju. ke depannya pengen bgt menerapkan utk sholat dll, masih bertahap. semoga makin semangat ya.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

7

Topic: Reward Charts, anyone?

ninit oohh.. jadi yang red dot itu kalo udah complete yah. ngelanjutin pertanyaan di twitter.. soalnya gue bingung itu ada sticker mobil2an juga.. makanya penasaran itu artinya apa... :P

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

8

Topic: Reward Charts, anyone?

aih keren bgt...mau nanyak adakah bunda2 yg tau ELC cab jatim dimana ya thq...?

9

Topic: Reward Charts, anyone?

kalo buat saya, kayanya masih ga perlu pake reward chartnya, soalnya bayinya masih unyil. Tapi kayanya butuh niy buat ponakan yang umur 3 taun, soalnya skrg dia lagi acting up banget, mpe pusing seisi rumah. Maklum, BBG, bayi baru gede!harus melipir ke ELC dong yah, mudha2an ada di ELC bdg.