1

Topic: Tradisi masa nifas

Hi mommies!
Sharing ttg tradisi masa nifas yuk!
Apa2 aja yg dilakukan (dan ga boleh dilakukan) selama masa nifas menurut tradisi atau adat atau keluarga mommies sekalian.

Aku mulai duluan ya :)
Kalo dalam ada chinese, selama masa nifas itu benar2 masa istirahat, jadi biasanya kita hire seorang aunty selama 30 hari (masa nifas mnurut adat 28-30 hari aja). tar si aunty ini tiap hari memasakkan makanan khusus utk kita, yg bergizi tinggi spya bs memulihkan badan kita ASAP.

trusss slama masa nifas, gak boleh keluar rumah bahkan keluar kamar jg gak boleh, gak boleh mandi, gak boleh keramas, bahkan gak boleh minum air putih! cuma boleh minum ang co teh (teh merah)

makanya org2 yg ikut adat ini, ketika masa nifas berakhir pasti bilangnya "merdeka!!"

di tunggu yaaa cerita mommies2 yg lain :)

2

Topic: Tradisi masa nifas

Ikutan ahhh,,,

Krn keluargaku jawa, jd masa nifas ya selama 40 hr ga boleh keluar rumah, bayi jg ga boleh keluar rmh, mesti pake stagen dan minum jamu2an khusus yg abis melahirkan selama 40 hari penuh tmasuk pake pilis (jamu yg dioles di kepala yg dipercaya bs ngilangin pusing), pake jamu yg dibalur di perut (dipercaya bs mempercepat pelangsingan perut),

belum tmasuk makan aneka sayur kaya katuk, kacang ijo, buah spy mperbanyak asi

penutupnya adl diakhir masa 40 hari ini, bikin selametan kaya tumpengan beserta kue2 dan bayi digunting rambutnya trus ditanem bsama ari2 yg sblmnya udh ditanem dihalaman rmh,,

hehe ribet ya, tp seru aja sih

walau tetep pergi jg sih kl cuma ke dokter sama ke tempat ibadah

::Nathanael means gift from God::

3

Topic: Tradisi masa nifas

selalu salut sama urban Mama yang masih mengikuti tradisi2 ini selama masa nifas. disini (singapore) juga banyak yang chinese mengikuti tradisi dengan gak keluar rumah atau gak keramas selama 40 hari itu. hebat banget bisa tahan! heheh.. secara gue mah abis lahiran bawaannya pengen langsung keramas deh.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Tradisi masa nifas

Kalo saya dulu selama nifas malah tiap pagi disuruh keramas. katanya sih biar gak pucat n asinya lancar. Trus gak boleh jongkok atau duduk di lantai. Kalau tidur kaki gak boleh ditekuk, katanya sih biar gak varises. Secara tidur sambil nenenin baby ya tetep aja ditekuk. Lengkap dengan setagen dan kain jarik sampai nifas selesai, biar bentuk badannya bisa balik. Kalau saya sih berat badan bisa balik, tapi di perut ada yang nyisa. Ada tambahan gelambir yg belum bisa ilang sampai 9bulan berlalu.

5

Topic: Tradisi masa nifas

neni_arka
enak bgt boleh keramas, kalo adat saya malah gak boleh >_<

kalo ngikutin adat mmg bertolak belakang bgt ya dgn anjuran dokter.
sama dokter malah d suruh mandi, minum air putih tiap ari hehe.

6

Topic: Tradisi masa nifas

sugar kalo yang chinese tradition itu, disini dulu pernah tuh dibahas ttg asal muasalnya, dan kenapa tradisi itu gak applicable lagi.

jadi katanya tradisi gak mandi, gak keramas dan gak minum air putih itu berawal karena jaman dulu kan air itu susah. banyak tapi kan bukan yang tinggal ke kamar mandi doang, mesti nimba trus mandinya di ruang terbuka, etc. sementara di china, awal tradisi ini muncul kan ada 4 musim. jadi selama abis lahiran itu diminta ga ke luar karena takut masuk angin. dan karena udaranya juga dingin, gak keramas pun gak jadi masalah.

something like that lah.. pokoknya hubungannya sama itu tradisi jaman dulu karena keadaan waktu itu yang sebenernya gak applicable di jaman sekarang. minum teh terus2an juga sebenernya ga bagus karena itu ada caffeine nya, dan kadang malah bikin ASI jadi sedikit. nah kalo ini kan menurut dokter jaman sekarang.

bener ato gak nya.. ya gak tau hehe.. tapi emang banyak yang gak ngikutin tradisi itu, tapi gak kenapa2. tho different race and culture has different tradition. kita hanya bisa mengikuti dan menghormati tradisi yang ada, apalagi kalo emang dari keluarga yang kuat untuk mengikuti tradisi2 itu.

makanya gue bilang hebat banget buat yang mau terus melestarikan tradisi2 itu, karena jaman sekarang makin sulit dijalankan dengan segala godaan2nya hehe..

thumbs up!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

7

Topic: Tradisi masa nifas

Hampir sama sama aurel dan neni_arka, sebagai orang jawa tradisinya banyak bener.. Selama 40 hari ibu dan bayi ga boleh keluar,pake gurita dan bengkung,pake jarik (cuma kuat sampe 2minggu doang),duduknya kaki ga boleh gantung,tidurnya pake bantal yg tinggi trus kakinya ditali (biar ga ngangkang kali ya),keramas tiap hari biar asinya lancar (harus lama,pernah disuruh balik kamar mandi lg krn kurang lama),kalo keramas matanya disuruh melek (ogah banget,enakan merem),abis magrib tidur (ga dijalani krn bawaannya pengen main sama baby),makan harus ada sayur dengan banyak sekali pantangan,makanan harus dingin,dan makannya ga boleh nambah.. Ga semua mampu dijalani sih.. Hehe..
Pernah bandel keluar rumah cari sarapan sama suami,pulangnya langsung panas dingin sampe ga kuat nyusuin langsung.. Entah karena melanggar pantangan ato kecapekan aja sih..

@neena_ardyanti -- mrscosmic.blogspot.com

8

Topic: Tradisi masa nifas

Aku ga ngikutin tradisi Jawa waktu abis melahirkan; paling make stagen itu juga karena mikirnya, "enak kali ya, perut diiket kenceng gitu abis lahiran, kan kulit kaya gombyor gitu," hihi. Tapi cuma tahan 2 minggu-an, huhu. Soalnya kulit iritasi kena paremnya.

Soal ibu dan bayi yang ga boleh keluar rumah selama 40 hari, itu mungkin karena kondisi badan masih belum fit kali ya? Pernah sih, waktu Wira masih usia 12 hari-an gitu, dibawa jalan keliling komplek. Ada tetangga yang bilang, "wah, kalo bisa setelah 40 hari aja baru keluar bu." Pas sampe rumah, ternyata emang Wira rada kembung, hahaha. Abis diusap minyak telon banyak-banyak di perut, ilang deh kembungnya. Tapi abis itu emang baru jalan-jalan keluar setelah 40 hari-an sih; dengan anggapan Insya Allah fisik si bayi udah kuat. Selama 40 hari itu ya paling jemur-jemur aja di depan rumah kalo pagi :)

Mom neena_ardyanti - "kalo keramas matanya disuruh melek" Waduh... Apa kalo kena shampoo ga pedih itu ya? Huhu. Mana kalo aku keramas otomatis merem :D

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

9

Topic: Tradisi masa nifas

Walaupun aku orang melayu bukan orang jawa tapi yg diterapkan dikeluargaku juga hampir sama loh moms.
Gak boleh keluar rumah selama 40 hari, harus pakai parem, pakai pilis, duduk gak boleh kakinya gantung, makan harus yg berkuah dan pantangan makannya buaaaanyak banget... *fuuuiiihhh*, minum jejamuan dan harus pakai stagen & gurita...

Tapi emang gak semuanya aku lakuin loh, utk gurita aku cuma tahan sekitar 2-3 minggu itu juga makenya diatas bekas operasi, stagen gak kepake karena nyokap takut ada apa-apa dengan bekas operasinya.
Jejamuan gak aku minum karena gak boleh sama dokter anak ku..
Pernah aku lupa pake pilis, eehh seharian itu aku langsung pusing moms.. cuma aku anggep mungkin karena malam kurang tidur dan masih dlm penyembuhan hbs melahirkan..

Dhira's Ami

To be a wife and a mother is a gift from the god
:cool:

10

Topic: Tradisi masa nifas

pilis itu apa ya mom?

11

Topic: Tradisi masa nifas

Mom sugar - Pilis itu kaya tablet dari jamu. Yang aku pernah liat, bentuknya kaya kancing raksasa, hehe. Ukurannya gede (ga kaya tablet) karena biasanya buat lulur :) Kaya bubuk jamu lulur dijadiin bentuk tablet gitu deh. Pilis itu setauku spesifik untuk area dahi. Jadi kan kalo abis lahiran gitu suka ngerasa pusing dan pandangan mata agak berbayang. Kalo pake pilis di pelipis gitu rasanya adem. Waktu itu aku juga dibilangin supaya rutin sih, tapi aku males, hihi. Cuma make pas 3 minggu pertama abis lahiran.

Daily Journey - Life, Parenthood, Daily Antics

12

Topic: Tradisi masa nifas

Moms Maria Ulfa, sama sy jg melayu. Pada dasarnya sama yah utk segala hal yg dlakukan dan tidak dilakukan pd masa pantangan itu :) yg paling rutin itu dsruh pake stagen dan gurita smpai paha, sampai sulit jalan dan kayak pinguin hihi. Cara duduk itu paling dperhatiin. Agak lebar dikit aj, langsung dplototin ;p Lalu kapur sirih+minyak kayu putih d olesin dperut. Pilis yg malah sy jarang pake. Slma masa nifas cm pake 2kali krn bener2 sakit kepala kurang tidur. Tp sakit kepalanya jg ga ilang, kurang ampuh krn sakit kepalany yg ud parah hehe. Gak boleh mandi diwaktu maghrib, kononnya bayi bakal masuk angin :(

13

Topic: Tradisi masa nifas

Mau ikutan sharing tentang tradisi nifas ala Chinese yah, mumpung sekarang aku lagi dalam masa nifas. :)

Tradisi nifas menurut keluarga kami:

1. Ibu yang habis melahirkan dilarang keluar rumah selama 40 hari. Katanya supaya tidak masuk angin.
2. Makanan yang boleh dimakan hanya sekitar ayam arak, ikan rebus, jerohan babi, telur kampung setengah matang/ceplok. Daging sapi sama sekali dilarang. Sayur-sayuran juga hanya boleh dimakan setelah 12 hari ke atas. Oh ya, sayuran yang boleh dimakan hanya yang panas2 seperti jahe, wortel, sawi, etc. Yang dingin-dingin seperti timun, kubis, harus dihindari.
3. Dilarang keramas selama 12 hari. Ada beberapa keluarga yang melarang keramas selama 40 hari, tapi mertua sih ngijinin untuk keramas setelah 12 hari.
Alasannya karena pori-pori di kepala ibu yang melahirkan masih terbuka lebar, jadi kalau keramas setelah lahiran, si Ibu bakal sering pusing kepala pas masa tuanya.
4. Mandi harus menggunakan air rebusan sirih, serai, bawang. Supaya badan ibu yang melahirkan tetap hangat.
5. Hanya boleh minum yang hangat-hangat. Sama sekali ga boleh minum air dingin, etc.
6. Saat tidur kaki harus lurus, tidak boleh bengkok. Tapi kadang-kadang susah juga kalo harus lurusin kaki terus. Pegel bo!
7. Sesaat setelah melahirkan juga dilarang baca buku, main komputer, nonton TV, karena tekanan mata meningkat saat proses mengejan. Jadi mata harus relax dan banyak insitrahat.
Poin ini yang susah banget diturutin, secara abis lahiran itu kepenginnya cepet2 update berita kelahiran bayi ke temen2 dan famili. :p

Nah, kira-kira gitu deh tradisi nifas ala Chinese. Tiap keluarga bisa beda2, tapi sebagian besar sama kok. Semoga membantu. :)

14

Topic: Tradisi masa nifas

PinK_VatrA

sama dong, tar tradisi aku jg mirip2 kyk gitu. btw yg nomer 5, air putih boleh diminum? aku cm d bolehin minum ang co teh aja >_<

15

Topic: Tradisi masa nifas

hampir sama kayak kappachan, meskipun keturunan Jawa tapi ga ngikutin tradisi Jawa. setelah melahirkan memang pake pilis dan kawan2nya gituh + stagen, krn berharap perut akan kembali rata *ngareppp. tp bertahan sampai sekitar 2 mingguan, sama niy dgn kappachan, daerah perut kena iritasi, entah krn pilis ato krn plastik bekas sc. sampai ke dokter segala utk konsultasi krn takut kenapa2.
iyah soal gag boleh keluar rmh siy ngikut ajah, cuman keluar rmh utk ke dokter duang.
trus klo duduk kakinya gag boleh digantung, katanya biar gag bengkak. disuruh mkn ayam kampung tiap hari, kacang goreng, sayur2an. katanya biar cepet sehat dan asi nya banyak.

mommy of little prince named Azzam

16

Topic: Tradisi masa nifas

Secara adat Jawa (Timur), ibu yang baru melahirkan (dan bayinya) memang nggak boleh keluar rumah sampai berusia "selapan" atau sekitar 36 hari. Tapi kalo pengalamanku, berhubung aku lahiran pas bulan puasa, nggak mungkin dong pas Lebaran eike mendem di rumah aja.... Ya udah, cuek aja keluar rumah bahkan ketika bayi belum "selapan" demi silaturahmi. Kita lebih percaya kalo bayi udah ada malaikat yang jagain, jadi ya udah tinggal kitanya hati2 dan berdoa aja. Dan Alhamdulillah buktinya nggak kenapa2 tuh aku&anakku.

17

Topic: Tradisi masa nifas

lucu jg ternyata ada thread ini..

adat chinese memang kurang lebih begitu ga boleh keramas.astaga itu paling2 ga tahan --" nambahin mesti pake kaos kaki,baju lengan panjang,ac ga dnyalain.errrrrr...iya tu tadiny dibilang jg ga boleh mandi tapi aduhhh mana enak ya --" abis bisa keramas rasany plong abis :D makanan yg harus dihindari kayak kangkung, bayam gt karena termasuk yg dingin.buah2an jg sementara ga boleh makan sama sekali.jadi selama masa nifas kemaren cuma makan katuk + wortel aja.sisany ayam arak, babi arak, ayam muayu.pagi pake misua, siang malam pake nasi.dbuatin nasi goreng jg tapi pake muayu.

oo ada hal yg lucu menurut saya,kmrn nenek bilang abis lahiran itu otot2 qt pada lepas jadi harus dgurita biar kenceng.uda dbliin gurita ama stagen ama mertua ga dipake ama sekali.bis ga tahan banget,uda rambut lepek to the max,ac ga boleh dingin,badan lengket krn mandi dibatasin cuma 1x 1hr masih harus pake gurita.wew..ga banget hahahaha..

18

Topic: Tradisi masa nifas

aku juga denger macem2 ritual dari nyokap, meskipun nggak saklek2 banget. Kalo minum jamu 40 hari sama tidur kaki kudu lurus mungkin masih bisa diusahain, yang aneh adalah abis melahirkan kalo keramas nggak boleh sambil merem, biasanya kan refleks kalo bilas sampo kadang-kadang merem.

19

Topic: Tradisi masa nifas

Mau tanya dong mom.. klo minum jamu habis bersalin itu ngefek ga? Trus bahaya ga buat yg breastfeeding??

First time mom of beautiful twins

20

Topic: Tradisi masa nifas

Saya mengikuti 2 tradisi chinese + jawa.

Ibu: Chinese dan Mertua: Jawa

So masa nifas 40 hari, tidak keramas dan tidak keluar rumah.

Yang paling tidak tahan adalah tidak keramas. Guatelnya polllll.... sudah menggunakan shampoo kering, bedak bayi agar mengurangi minyak. Tetap saja rambut seperti diguyur minyak goreng, wkwkwk.....

Setelah masa nifas berakhir, keramas adalah suatu anugerah. Rambut rontok parah.

Puji Tuhan saya nurut apa kata Ibu dan Mertua karena ada teman saya yang keramas 1 minggu setelah melahirkan. Hasilnya teman saya serink merasa pusink.

Menurut generasi sebelumnya, masa nifas penting utk masa pemulihan. Efeknya pas ntar sudah tua. Encok, gampang masuk angin, pusink, etc.

Kalo masih muda sich mungkin enga gitu berasa dan ngefek ya.

Ya turutin aja sama yang lebih tua. Toh mereka lebih punya asam garam pengalaman.

40 hari penderitaan masa nifas demi kesehatan masa tua.

"A child is created in the most being and knitted together in the mother’s womb."

21

Topic: Tradisi masa nifas

saya nifas pun juga ga boleh keluar rumah, mandi juga keramasnya ga boleh sering dan harus melek haha ini susaah dan ada beberapa pantangan makanan tapi lupa deh apa hehehe ohiya dan pake pilis diperut sm kepala.. Puanaaaass pake di tambahin minyak kayu putih sm jeruk nipis sm si mama.. Tapi nurut aja deeh

22

Topic: Tradisi masa nifas

Wahhh adat keluarga ku juga termasuk ga boleh keramas haha mandi sih untungnya masih boleh..
Pas anak pertama selain ga boleh keramas, makanan juga banyak banget larangannya. Yang boleh dimakan cuman yang keluar dari dapur oma n mama.. Itu pun semua yang berjahe (ayam jahe, ayam arak, daging jahe, telur jahe).. Ga boleh makan sayur.. Ga boleh makan buah.. *nangis di pojokan*

Pas anak kedua (setelah protes tingkat keras) untungnya agak longgar. Makanan boleh makan bebas tapi tetap harus abisin masakan oma n mama.. Pas minggu ke-2 akhirnya keramas 1x. Itu gara2 rambut selain berminyak gara2 ga keramas 2 minggu, trus kena minyak pijat pula (aku ikutan paket pijat ibu melahirkan)..
Tapi abis keramas itu malah langsung ga enak badan, sakit kepala n masuk angin>_<

Jadi kesimpulannya tradisi keluarga ga ada salah nya sih ya diikutin hehe