1

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

Mamod, Semoga topik kali ini tidak dobel post yaa.. Saya hanya ingin para Mamas yang lain yang memiliki bayi prematur bisa saling berbagi. Karena bayi prematur biasanya memiliki permasalahan yang sedikit lebih kompleks dibanding bayi normal, maka pengasuhannya pun sedikit berbeda.
Karena saya pun juga memiliki bayi prematur yang melewati serangkaian terapi pada 1 tahun pertama mereka. Dan ada beberapa mamas yang share ke email saya dan chat langsung, jadi kenapa tidak kita bagi sama2 di forum. jadi bisa juga dibaca para Mamas yang lain yang masih nyaman menjadi silent reader agar lebih aktif. Karena saya lihat di forum pregnancy lebih ke kehamilan dan Mamanya, tidak spesifik ke bayinya. CMIIW. dan silahkan dihapus/digabung ato dipindah kalo saya salah ya Mamod.. :)

Untuk Mamas yang memiliki bayi prematur mohon sharenya dunks untuk:

1. Lahir prematur di weeks berapa?
2. BB & TB lahir brp?
3. Memiliki kelainan bawaan waktu lahir gak? Kalau ada, apa kelainannya?
4. Rangkaian terapi yang harus dilewati pada 1 tahun pertama apa saja?
5. Usaha apa yang mamas lakukan untuk catch up ke kemampuan layaknya bayi normal?
6. Bagi dunk tips merawat bayi prematur dari Mamas sekalian!

Silahkan share pengalamannya disini yaaa.. Saya akan menulis menyusul :) hehe.. TFS Mamas!

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

2

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

Ki-Ka, mbak, tadinya agak berpikir bahasannya sama dengan topik Bayi Mungil. udah mau diclose aja tapi setelah baca-baca lagi banyak juga yang bayinya ngga prematur, dan fokus ke berat badan lahir aja.

jadi deh thread yang Mengasuh Bayi Prematur ini kita buka aja ya. supaya mamas yang punya premie bisa cerita lebih panjang dan lebar :D

thread bayi mungil diubah judulnya supaya lebih fokus ke pembahasan tentang bayi berat badan lahir rendah (BBLR)

silakan

less ego, more heart

3

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

Hay..Yang pertama share nih..Asikksss..Hehee...

Anakku Jonash terlahir prematur di usia kandungan 35minggu karena aku terkena Pre eklamsi. Masuk ke dalam kategori Pre eklamsi berat karena anakku lahir BBLR. Jonash lahir dengan BB 2160 PB 44cm. Pada saat di lahirkan alhamdulillah sehat, nangis spontan dan nilai APGAR 9/10. Tapi beberapa jam stelah dilahirkan jonash sempet lupa napas alias berhenti bernapas tiba2 atau istilah kedokteran APNEU sebanyak 2x20 detik. Katanyaaa sihh itu hal yang wajar untuk bayi prematur karena memang pastiny ada pertumbuhan organny yang belum sempurna. Masuk NICU selama 9 hari dengan tertancap infus dimana2 (dua tangan dan kakinya). BBnya sempet turun sampai ke 1800 dan kuning sebanyak 2x. Sedih rasanya ngeliat anakku saat itu.
Pas pulang dari RS banyak banget wejangan2 yang dikasih tau sama suster.
1. tidak diperbolehkan menyusui langsung dulu sampe berat anaknya 2500 dengan alasan harus ngejar berat badannya dulu dan kalo bayi prematur itu daya menghisapnya belum bagus jadi kalo menyusui langsung dia akan cepet cape. jadi untuk semetara pakai dot dulu sembari mengasah kemampuan menghisapnya. *yang disesalkan sampe sekarang kenapa ngikutin tuh suster aneh*
2. dikamar tidak boleh ada debu sedikit pun
3. kalo mau pake AC suhu nya 28-29C. karena bayi prematur rentan terhadap udara dingin. tapi bener lohh, jonash kalo suhunya 27C aja udah langsung cegugan padahal ortunya udah bagaikan di sauna. Fiuhh...
4. Jaga suhu anak 36.5-37.5C, dan harus dicek pagi dan malam.
5. Kasih susu /3jam
6. dimandiin 1x aja sorenya di seka ajah

Setelah pulang dari RS bagaikan drama di rumah, ga ada yang berani mandiin atau minumin susu karena baru kali ini ada baby mungil di rumah. Cuma aku seorang diri. Kasih minum susu juga haru super duper extra sabar bisa sampe 1 1/2 jam. Dan suksess anakku ga mau menyusu langsung juga, kalo kata eyangnya bingung puting, soalnya udah kena dot duluan. Aku yang super hygienis terbantahkan selalu sama mamaku yang pemikirannya "anak tuh jangan diimit2 biar terbentuk juga imun tubuhnya". Yaa akhirnya jadilah lama2 emak cowboy. super cowboy malah.hihihiii...anakku dibedong cuma sampe umur 3minggu, ga pernah di pakein sarung tangan dan sarung kaki, ga pernah diguritain, dimandiin 2x sehari langsung dijebur ke embernya lebih tepatnya baskom karena embernya masih kegedeaaan super.hahahaa...dan seterusnya jonash ga pernah diperlakukan seperti bayi prematur. cuma aja aku ga berani tengkurepin sampe umur 1bulan. jadilah sekarang kepalanya peyang.Hiksssss....
Pas umur 1 bulanan, aku melihat ada yang aneh sama testisnya. setelah kutanya ke DSAnya katanya anakku ada hidrokel (ada cairan di dalam kantung testisnya) lagi2 katanya biasa terjadi pada bayi prematur. akan hilang dengan sendirinya. tapi kalo sampai 6 bulan ga hilang harus dilakukan operasi sekalian sunat biasanya. alhamdulillah umur 3 bulan menhilang sedikit demi sedikit.
Treatment yang sampe saat ini udah dijalankan yaitu cek mata untuk kemungkinan adanya ROP. dan alhamdulillah hasilnya bagus ga ada ROP.
selanjutnya lagi menunggu untuk tes BERA. selain ke DSA spesialis bayi NICU, dari umur 2 bulan jonash dipantau tumbuh kembangnya oleh DSA spesialis tumbuh kembang. menurut DSAnya perkembangannya sesuai usia korektifnya. Jadi kalo dibandingkan dengan anak seusianya jonash aga terlambat. harus terus diransang dengan stimulasi2. dan aku ga pernah cape untuk menstimulasi jonash. Berbagai mainan yang atraktif dengan warna2 gonjreng dibeli. Trus imunisasi juga berjalan seperti normalnya.

Di usianya 6 bulan sekarang alhamdulillah perkembangannya sepertinya sudah sama dengan anak2 seusiany. BBnya malah diatas rata2 usia 6 bulan. BB 11kgan PB 68cm. Gendut nan montogh. Yang ngeliat sekarang ga akan percaya kalo dulu jonash tuh lahirnya imyutt unyu2. Jonash udah gegulingan muter2 sesuka hati menguasai tempat tidur, ngoceh teriak dan mulai bisa ngikutin kalo kita bicara apa.memang belum bisa duduk tapi udah mulai onggong2 bahasa jawanya.hihihiii...kalo kata mamaku kayanya malah merangkak duluan.

Pada akhirnya saya memutuskan berhenti dari pekerjaan untuk menjadi FTM *secara ga percaya sama ART* karena mau konsen mengurus jonash, mencurahakan seluruh wakttu untuknya. memberikan MPASU yang terbaik untuk jonash karena udah mulai makan kan.. Sudah cukup saya tidak bisa memberikan ASIX karena kebodohan saya sendiri jadi kali ini ga mau kecolongan lagi jonash kena yang instan2.

Panjang yaa sharenya.hehehee...ini juga udah di singkat sedemikian rupa.hehehe...
Ditunggu share dari mamas or papas lainnya..

4

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

halooo, mau ikutan sharing juga :)

dulu sempat baca2 di thread pregnancy ttg pre-eklampsia dan premature, seperti kata kira kara mungkin lebih fokus ke kehamilan dan proses melahirkannya walau ada juga info yang nyelip2 ttg mengasuh anak premature disitu, tapi saya juga bacanya telat baru pas anak udah gede.. hahaa..
Btw, moga post ini bisa membantu juga yah..

Anak saya lahir di weeks 36, karena pre-eklampsia. Waktu USG terakhir (3 hari sebelum operasi) beratnya 2,1 kilo.. tapi pas lahir jadinya 1,946kilo dan PB nya 46cm..

Pas lahir, alhamdulillah Akhtar langsung nangis spontan, DSOGku sampai teriak kesenengan, "Wah, nangis!" katanya..Hihii..
Terus di tes pernapasan, pakai selang terus dicopot gitu deh (gak tau pastinya gimana, cuma diceritain suami).

Ohiya, 2 minggu sebelum operasi saya sempat disuntik kematangan paru 2 kali, just in case lahiran lebih awal soalnya BB anak waktu di USG saat itu cuma naik 60gram selama 1 minggu.. Mungkin karena udah suntik itu yah jadinya anakku ga pakai selang2..cuma di inkubator 2 hari sambil dipasangin alat buat deteksi nafas dan denyut jantung.. Setelah semuanya stabil, diperbolehkan keluar inkubator tapi masi belum boleh pulang sampai seminggu.

Kalau pas minum susu sama susternya selalu disendokin. Begitu udah keluar inkubator baru dicoba disusuin langsung. Saat itu Akhtar udah punya reflek menghisap, jadi langsung nyusuin / ga pake botol..
Cuma ada yang disebelah anakku, lahir 31 weeks *kalo ga salah inget* belum ada reflek menghisapnya, Ibunya sampai sedih banget sewaktu nyodorin PD tapi anaknya cuma diem :( hikss..
Kata susternya "gak apa2..dicoba terus" akhirnya dilatih juga pakai dot sih, biar ada reflek menghisapnya.

Terkadang anak premature capek nyusu duluan, Akhtar suka ketiduran pas lagi nyusu. Jadi berasa dikiitt banget yang diminum. Dikasih tips sama susternya, kalau tidur dikelitikin kuping sama kakinya biar bangun lagi..

Sama kayak katanya mamionash, bayi premature rentan dingin.
Dulu, saya ga bisa bedong-in anak..jadi lepas mulu, dan akhirnya karena kasian *atau karena ketidaktahuan saya dan suami* ga dibedong, akan tetapiii baju yang dipakai akhtar cuma popok sama kutang, pikiran waktu itu biar motoriknya terasah *plak! diri sendiri*
Alhasil 5 menit kemudian, Akhtar jadi biru dan pucettt banget.. Langsung cepet2 dibedong ngasal dan disusuin..

Mandi cuma diseka sampai umur 1bulan. Kata suster sih gak apa2 diceburin ke bak, tapi saya masih takut, ibu saya juga, soalnya akhtar kan mungil sangaaat :D Udah gitu begitu dibuka baju anaknya langsung pucet, sapa yang gak ngeri coba..
Waktu 1 bulan, baru coba diceburin, kita cuma pakai mangkuk berdiameter 20 cm buat mandinya, hihii.. Sekarang mangkuk itu jadi tempat buat naruh telur.
Pas dimandiin Akhtar langsung menunjukkan muka nyaman, mungkin serasa pas di perut yah..hehee.. Semenjak itu selalu diceburin, kecuali pas udara dingin..ya di-lap aja..

Ohiya, waktu sebelum keluar RS sempat di tes HB, terus pendengaran juga. Dikasih surat pengantar untuk terapi tumbuh kembang nanti di usia 3 bulan. Cuman pas Akhtar 3 bulan, saya nanya ke DSAnya katanya gak perlu.. yaudah deh nurut aja..

Untuk imunisasi sama dengan usia lahir.
Kalau makan disesuaikan dengan usia koreksi, menurut dokternya supaya usus nya kuat dulu.. Jadi Akhtar baru mulai MPASI saat usia 7 bulan.
Sama seperti makan, perkembangan motorik juga disesuaikan dengan usia koreksi, patokan saya dari babycenter:
http://www.babycenter.com/0_warning-signs-of-a-physical-developmental-delay_6720.bc
http://www.babycenter.com/0_warning-signs-of-a-language-communication-developmental-dela_6734.bc
Di cek waktu lagi gundah2nya kenapa anak belum bisa tengkurep dan duduk..
Kalau dari usia lahir Akhtar termasuk telat, tapi kalau disesuaikan dengan usia koreksi masih cocok. Akhirnya makin kesini makin cuek aja..hehee

Pas usia 8 bulan, Akhtar sempat sakit dan HB nya drop sampai 5,00! Ferritin 2.83 (dimana normalnya 10)
Dites segala macem, dari cek HB tiap 2minggu, feritin tiap 2 bulan (dan skrg baru inget kalo belum dicek lagi. Cowboy juga nih..)
Terus dites HB elektroforesa buat melihat apakah HBnya drop disebabkan karena thalassemia. Alhamdulillah hasilnya bukan thalassemia beta.. Namun antara thalassemia alfa carrier atau anemia defisiensi besi (ADB). Cuma untuk deteksi thalassemia alfa carrier atau bukan harus dilakukan tes genetik, yang akhirnya kita putuskan untuk tidak ambil tes tsb..
Menurut dokter2 yg saya temui, katanya memang kalau anak premature pembentukan hema nya belum sesempurna anak yg lahir cukup bulan, ada yang bilang juga cadangan zat besi yang dia bawa pas lahir itu belum cukup memenuhi sampai waktunya dia MPASI..
Nah, ini yang bikin saya nyesel juga sama DSA pertamanya.. Kenapa kok saya ga dikasi tau, atau dikasi suplemennya gitu kek.. Karena temen saya dengan dokter yang sama dikasi suplemen zat besi sebelum MPASI..

Mulai semenjak itu saya gonta ganti DSA demi bertemu DSA idaman, total udah 7 DSA..hahahaa :D akhirnya saya capek juga karena kan harus jelasin history dari awal..

Sekarang Akhtar masih rutin minum suplemen, walau HB & feritin-nya udah normal tapi angka MCV-nya belum dibatas normal..Jadi yah sesuai saran beberapa dokter diterusin sampai 2 tahun..
Untuk physical and language development masih ada yang belum bisa dilakukan Akhtar, tetapi menurut dokter hal tsb belum telat jadi saya dan keluarga coba menstimulus Akhtar terus..
Dan saya selalu mencoba tutup kuping aja dari pertanyaan orang sekitar kenapa anak saya belum bisa begini atau begitu :) yang paling sussseh kalau ada yang komentar anak saya belum bisa ini dan itu karena saya-nya yang kurang kasih stimulus..bawaannya pengen melotot! :D

hadehhh, panjang juga yah sharing-nya..hihiii

5

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

Dulu pas onash pulang dari RS juga dibawain suplemen dan pas kontrol pertama kali setelah pulang di tambah lagi dengan suplemen zat besi. Tapi hanya diminum beberapa kali ajah. Lagi2 ngikutin kata2 mama, kok anak masih bayi gini udah dikasih suplemen macem2 sih..Alhasil ga pernah di kasih lagi. Itu penting yaa?? *langsung was2 tingkat tinggi*

6

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

MamiOnash,
AFAIK, apabila hasil tes darah menunjukkan adanya defisiensi zat besi atau kekurangan zat besi memang harus minum suplemen zat besi. Karena kekurangan zat besi dapat mempengaruhi tumbuh kembang bayi. tumbuh kembangnya jadi tidak maksimal. kalau pada anak umumnya, kekurangan zat besi membuat anak menjadi kurang nafsu makan (GTM) dan menjadi mudah lelah. Kalo sudah susah makan, maka asupan zat besi juga susah masuk. jadi zat besi dan nafsu makan seperti lingkaran setan.. Tapi sumber zat besi memang tidak hanya didapat dari suplemen saja. Kalau bayi sudah mulai MPASI bisa diberikan lewat makanannya. IMHO penting untuk memperhatikan asupan dan tumbuh kembang bayi prematur. selebihnya tentang zat besi bisa dibaca di sini CMIIW ya Mamas. HTH ya mami Onash.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

7

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

MamiOnash,
Dulu sempat dikasi tau DSA bahwa pada bayi premature dan bblr rentan kekurangan zat besi.. Akhtar baru dapet suplemen itu setelah sakit, muka pucet, badan lemes, dan di tes darah ternyata HBnya drop banget.. Dari darah itu lah akhirnya dapet terapi suplemen zat besi.
Sebenarnya Akhtar juga gak minum sesuai dosis, hehee.. Disuruh DSA 2 kali sehari, tapi emaknya cuma minumin 1 kali sehari aja, itu juga kadang kelupaan. Kepikiran ginjalnya dari bayi minum suplemen terus kok kasian ya..
Kalau udah mulai makan lebih enak mom, tinggal kasi daging-ati-bayam atau makanan high iron lainnya.. :)

8

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

Waktu itu sih DSA nya sempet berucap kalo 2 suplemen itu harus diminum sampe umur 2 tahun dan perkembangan babynya di pantau sampai 10 tahun. Entah DSA nya yang lebay atau saya yang terlampau cuek yahh..hihihii... Jonash udah mulai makan sih, tapi masih buah2an ajah. Beda dokter beda pendapat. Saya udah ke 4 DSA *Hahahaaa...* dan empat2nya punya pendapat beda2. Fiuhhh...DSA yang terakhir bilang sih jonash perkembangannya ga terlambat dan usama aja kaya baby seumurnya. Jadi pas 6 bulan kemaren udah mulai saya kasih makan, tentunya setelah bertanya ke DSA nya dan diperbolehkan. Tapi kalo menurut DSA tumbuh kembangnya sih baru boleh dikasih makan pas 7 bulan. Alhamdulillah sih udah hampir 2minggu dikasih makan puree buah ga ada apa2 sih..
Tapi jadi pengen tanya DSA yang sekarang deh tentang pemberian suplemen itu.beneran jadi was2 nih..Hehehee...

9

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

Ikutan share yaa...

Saya dulu melahirkan Nayara (skrg 17 bln) di usia kehamilan 35 weeks karena kelainan jantung hormonal, hipertensi, sungsang, kelilit tali pusar 3 x, dan ketuban habis (komplit ya). Waktu sebelum melahirkan taksiran berat janin sudah 2.7kg, ternyata lahirnya 2.5kg/47 cm. Saya juga udah disuntik buat kematangan paru waktu itu karena 'ngerasa' bakal prematur secara riwayat kehamilannya 'menyeramkan'.

Pas lahir ngga langsung nangis, Apgar awal cuma 6/8. Sempet fototerapi sampe umur 2 bulan bolak-balik gegara bilirubin naik turun terus, sampe ampir 30mg/dl. Karena sering fototerapi itu, berat badan sempet susah naek.

Karena parno (atau lebay ya:p), saya cek semua lengkap sejak lahir. Mulai dari mata untuk screening ROP, THT untuk BERA, sampai ke tumbuh kembang 3 bulan sekali sampai sekarang. ALhamdulillah semua normal.

Saya kasih suplemen zat besi juga sejak lahir sampai sekarang,sesuai rekomendasi IDAI;D
Makannya waktu itu engga sesuai usia koreksi karena waktu Naya umur 6 bulan, udah ada tanda' siap makan' jadilah makan di usia 6 bulan yang sesungguhnya.

Merawat bayi prematur itu emang engga gampang, musti rajin tutup telinga kalo ngedengerin komentar orang yang engga enak kayak 'Kok kecil banget sih?'.--> pngalaman pribadi:p

10

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

Halo mommies, share ya

Saya melahirkan putra saya Prabu (15 month) pada usia kandungan 31weeks. Waktu itu indikasinya IUGR (Intrauterine growth restriction) maksudnya pertumbuhan janin yang tidak normal selama dalam rahim. Kasus saya diperkirakan karena plasenta yang terbentuk nggak bisa cocok untuk ibu sehingga aliran nutrisi dan oksigen ke janin tidak sempurna. Akibatnya ke ibu kena PEB (pre-eklamsia berat), waktu itu tekanan darah sudah sampai 200/160 jadi terpaksa di operasi. Prabu lahir waktu itu BBLSR, BB: 1460 PB:38. Puji Tuhan, nggak ada bawaan lahir. Di NICU selama 3 minggu, sempat kuning dan APNEA. Pulang dengan berat 1700. Waktu itu heran juga BB belum sampai 2000gr kok udah di suruh bawa pulang. Tapi menurut dokter dan paramedis disana, Prabu kondisinya sehat dan minumnyanya pun sudah lancar jadi daripada terkena sakit di rs maka sebaiknya dibawa pulang. Jadi kami bawa pulang putra kami. Sempat baca-baca tentang resiko BBLSR, kami hanya berpasrah dan terus berdoa. Wah, mommies saat itu isinya cuma nangis aja sih, hehehe.... Sampai mencapai berat 2500gr terapinya hanya gendong kanguru sih nggak ada terapi yang lain. DSA juga nggak nyaranin apa-apa hanya menyelesaikan jadwal periksa ROP. Mengenai kelambatan tumbuh kembang secara motorik sih nggak ada ya. Hanya memang 12 bln pertama membutuhkan ekstra usaha, karena kemampuan minum susunya dan makannya nggak begitu bisa. Sampai umur 12bln kemampuan minumnya hanya 60ml makannya hanya 2 sendok teh. Alhasil 12 bln BBnya hanya 6700gr. Bener-bener frustasi deh mommies, nah setelah konsul DSA setelah usia 12bln diberi obat perangsang nafsu makan. Memang perlu ketelatenan di level paling tinggi sih, tapi sekarang ada hasilnya dalam 3 bulan ini beratnya sudah naik 3kg :) Perkembangan motorik halus, kasar dan verbalnya pun sudah ok. Sudah bisa berkomunikasi meski dengan bahasanya sendiri. Sudah bisa panggil mama, papa, menunjukkan cicak dengan kata cak. kadang menirukan suara burung dan memanggil kak. Usaha yang kami lakukan adalah membiarkan Prabu untuk bereksplorasi semaunya. Saat ini kami bersyukur bisa merasakan keajaiban ini. Jadi mommies, tetap semangat :D

11

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

maaf saya mau nanya, dengan metode kangguru, apa bayi prematur usia 2 bulan dapat melakukan perjalanan antar kota dari Jakarta ke Bandung?

12

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

ummu fathimah,
sebaiknya dikonsultasikan dengan DSA nya. lebih khawatir pada kondisi fisik dan metabolismenya belum sempurna, apalagi yang prematur. Kalo saya sarankan lebih baik diatas 6 bulan. Lebih leluasa lagi diatas 1 tahun. HTH

il_miele
I feel you.. :) saya membawa pulang si kembar salah satunya juga masih BB 1900gr. Di rumah juga gak ada yang berani pegang kecuali saya. Saya mandikan sendiri. Mulai dari 1 hari 1x. sampai akhirnya bisa mandi 2x sehari. Tapi grafik pertumbuhan BB nya jauh lebih cepat setelah di rumah drpd ketika masih di RS. Mungkin juga kondisinya yang sudah jauh lebih stabil yaa.. :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

13

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

melunasi janji untuk berbagi cerita tentang merawat bayi kembar saya yang prematur nih Mamas...

Kembar saya KIRA & Kara lahir di usia kandungan 33 weeks. Sebelumnya memang sudah diprediksi lahiran maju dari HPL karena memang kapasitas kandungan yang kecil. menurut DSOG, kapasitas kandungan saya 98% untuk kehamilan bayi tunggal. Tapi tetep saja kaget ketika maju hingga ke minggu 33.
Bayi 1 - KARA, lahir dengan BB 1500gr / 41cm. Apgar lupa. Dengan kondisi fisik, organ pencernaan dan hati yang belum matang sempurna. Lahir langsung puasa total, dengan asupan makanan lewat infus. Sering lupa nafas dan biru karena kehabisan ketuban, sehingga 24 jam pertama menggunakan masker Oksigen di inkubator. Kurang lebih 20 hari pindah2 selang infus, tangan-kaki tidak dapat dihitung bekas biru2nya. Belajar minum lewat selang sonde mulai dari 0,5cc. Amazingnya bayi satu ini memiliki tekat yang kuat. ketika waktunya minum tiba, dia akan cabut selang sondenya, karena keukeuh minta minum lewat mulut. Padahal DSA melarang keras minum lewat mulut, takut tersedak. Saya, mengikuti insting seorang ibu, saya paksa perawatnya untuk memberikan ASI hanya setetes (note. HANYA SETETES), dan setelah merasakan setetes itu si baby langsung diam dan terlelap tidur lagi, sehingga perawatnya dapat dengan mudah memasang selang sonde lagi. Daan kejadian itu berlangsung setiap hari sampai DSA menyerah dan selang sonde benar-benar di lepas. Padahal 1 tindakan memasang selang sonde dikenakan biaya yang lumayan.. KARA 1 hari bisa 2-3 x melepas selang sondenyaa.. alamaakkk..
3x harus sinar UV karena keadaan hatinya yang belum sempurna, sehingga bayi sering kuning. Beruntung golongan darahnya ikut saya, sehingga tidak harus terjadi pergantian golongan darah yang menambah resiko untuk Hatinya. Oh iya, sempat diberikan semacam cairan penambah imun tubuh yang dimasukkan lewat selang infus, yang harga perbotolnya aje gileee.. dan untuk 2 anak total habis 8 botol.. (semalam langsung gak bisa tidur tuuh) hehe...
KARA pulang dari RS dengan BB 1900gr. Seperti bayi prematur lainnya, sebelum pulang dapat wejangan untuk:
1. Setiap hari rajin pijat bayi
2. Setiap hari rutin gendong dengan metode kangguru (skin to skin touch)
3. cek suhu setiap hari, terutama sebelum mandi. Mandi cukup 1hari 1x dulu sampai BB benar2 siap
4. AC Kamar di set di suhu ruang, tidak terlalu dingin.
5. cek BB dan kontrol DSA mulai 1minggu 1x, trus 2minggu 1x sampai 1 bulan 1X sampai usia 1 tahun. Setelah 1 tahun kontrol 3-6 bulan sekali sampai 2 tahun.
6. Terapi minum lacto B setiap hari sampai usia 1 tahun. Dengan dosis yang ditentukan DSA.
7. Terapi minum vit K dan zat besi
8. Cek mata ROP

Bayi 2 - KIRA
lahir dengan BB 2010gr / 43cm. Dengan kondisi fisik serupa, organ pencernaan dan hati yang belum sempurna. Bedanya hari pertama, KIRA dibolehkan mencicipi minum ASI. dapat setetes. Tapi ternyata organ pencernaannya belum siap. Perutnya melembung sampai kelihatan urat2nya biru. Ternyata isinya gas. hari ke-3 terjadi pendarahan di lambungnya. akhirnya puasa total sampai hari ke 20, pakai selang infus. Terapinya serupa dengan KARA, ada cairan imun tubuh yang dimasukkan lewat selang infus itu. minum vitamin K, minum Lacto B, minum zat besi. hanya beda-beda dosis, berdasar BB dan kondisi fisik masing2 bayi. total 30 hari di inkubator. Dan dijinkan untuk dibawa pulang di hari ke 38.
Pulang dengan BB 2200gr.
Rangkaian terapi di rumah juga sama seperti KARA. Bedanya ketika usia sekian bulan KIRA sempat mengalami keterlambatan motoriknya sehingga terapi di klinik fisioterapi. Beruntung masih terbilang belum sangat terlambat dan hanya 2x datang, KIRA berhasil mengejar ketertinggalannya.

Intinya, mengasuh bayi prematur memang ekstra aware dan sabar. Notice setiap perbedaan perkembangan. Apakah masih terbilang normal atau sangat-sangat terlambat. Apabila sangat terlambat, segera mungkin konsultasikan dengan tenaga ahli agar segera dapat mengejar ketertinggalannya. Perkembangan bayi memang berbeda-beda tapi paling tidak sesuai dengan panduan tumbuh kembang anak. HTH Mamas...

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

14

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

akhirnya pas ke dokter kemaren nanya juga tentang pemberian suplemen tambahan yang dulu di resepken dsa 1 nya.. Ternyata ohh ternyata memang "sebaiknya" diberikan sampe umur 1tahun setidaknya.hehehee...Tapi kalo pun ga juga gpp asalkan anaknya grafik perkembangannya bagus.
Sama seperti yang amaliaputri bilang, bisa juga di kontrol dari pemberian makanannya.
Dulu saya berpikir ga mau kasih lagi suplemen2 itu, karena alhamdulillah baby nya udah oke perkembanganny dan kasian anaknnya terpapar bahan2 kimia trus. cukup lah pas di nicu udah kena obat macem2..

Besok jonash genap 7bulan (usia koreksi 6bulan), perkembangannya sampe saat ini belum bisa duduk sendiri (termasuk terlambat ga yaa?) tapi kalo didudukin udah cukup seimbang. Mau mulai dikasih bubur tim saring..

Kira Kara, lacto B itu untuk apa ya? Beberapa hari yang lalu jonash sempet diare dan salah satu obatnya dikasih lacto B, belum sempet aku minumin alhamdulillah udah berhenti diare nya..

15

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

MamiOnash,, iya kalau perkembangannya bagus mending dari makanannya aja :) semoga sehat terus yahh Jonash..
Anakku didudukin stabil baru pas usia 8.5 bulan (usia koreksi 7.5 bulan). Kalau duduk sendiri pas 10 bulan (koreksi 9 bulan)..nanya ke dokter katanya gak apa2..masih wajar :D

16

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

mamiOnash,
Yang aku pernah baca Lacto-B itu berisi bakteri baik untuk pencernaan. Jadi ketika diare ato BAB keras, solusinya ya saya kasih Lacto-B ini... eh tapi sebelum 1 tahun memang konsul DSA dulu untuk dosisnya. Kalo sekarang sih Alhamdulillah sudah stabil kondisinya, jadi Lacto-B hanya sebagai stock sajaa.. :)

Setuju sama amaliaputri, Kalau kondisi bagus, gak GTM, nafsu makannya ok dan perkembangannya bagus, mending dari makanan aja. Lebih mudah penyerapannya... :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

17

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

Bayi kembarku yang lahir di 34w, di usia 2 minggunya mulai diberikan tambahan zat besi dan apialys. apa memang perlu ya?

18

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

amaliaputri, Kira Kara TFS...Hugy wugy...

xivan, sebaiknya di konsultasikan ke DSAnya, kayanya hampir setiap anak prematur diberikan dua macem suplemen itu. tapi kembali lagi ke DSA nya dan pertimbangan kesehatan babynya.. Baru aja dapet cerita dari temen aku, tiga anaknya prematur semua dengan berat lahir dibawah 2kg ga dikasih suplemen apa2 dan diberlakukan seperti bayi baru lahir biasanya. ga disuruh cek ROP, BERA, dll sama sekali dan alhamdulillah sehat2 ajah katanya..

19

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

MamiOnash, saya kasihan aja liat si kembar yang sepertinya sulit sekali menelan dua suplemen itu. saya juga disarankan oleh DSAnya untuk memberikan HMF pada si kembar karena belum mencapai berat lahirnya setelah 2 minggu

20

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

xivan, mencari second opinion utk bahan pertimbangan sah kok.. sedikit agak ribet memang, harus bawa medical record dan cerita riwayat lahir. tp kalo demi kesehatan anak gpp kan.. sambil baca byk referensi tentunya.. ada jg dsa yg menyarankan tes darah dl utk memastikan kadar zat besinya.. the final decision is yours.. semoga segera menemukan solusi ya.. :)

mamionash. oh ya utk motoriknya aku ada link KPSP. semacam milestone perkembangan motorik. utk bayi prematur dihitung dr usia koreksi. bsk deh aku cariin..

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

21

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

mamionash,
as I promised before, ini link untuk KPSP.
KPSP atau Kuesioner PraSkrining Perkembangan ini berguna untuk mengetahui perkembangan bayi apakah normal atau ada penyimpangan. Untuk bayi prematur dihitungnya dari usia koreksi. Semoga berguna juga untuk Mama2 yang lain..

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

22

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

Kira Kara, Thx u soooooo mucheeeee...Link nya bermanfaat sekali..seneng banget deh baca bacanya...

Xivan, bener juga yang dibilang Kira Kara, kalo kamu masih ragu ada baiknya cari second opinion. Aku juga datengin beberapa dokter untuk supaya puas,hehehee...itupun sebenrnya masih belum terlalu puas..Hehehee..Buku RSnya anakku ga pernah keluar dari tas ku.Kalo boleh tau baby nya umur berapa bulan sekarang, klo ga keberatan boleh di share disini cerita lengkap nya..

23

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

Halo para ibu, anak saya yang ke 2 memiliki riwayat lahir prematur (kelahiran di umur 31 minggu dengan berat lahir 2,45 kg). Karena lahir di klinik persalinan (saya saat ini berdomisili di manokwari, prov papua barat) dengan kualitas yg kurang memadai saya menolak dipisahkan dengan anak saya 2 jam setelah persalinan, saya takut anak saya di beri susu formula. Inginnya sih asi yang pertama diberikan, sekarang anak saya berumur 6 bulan 21 hari, dengan berat badan 6,4 kg, saya kaget dan sempat kena marah ni sama bidan yang biasa beri imunisasi ( dsni DSA hanya 2 org yang terkadang jarang ada di tempat) . Kok berat badan anak saya susah naik ya?si kecil sdh di beri mpasi, tapi gerak mulut untuk menelan atau mau mneguyah kok, g ada?saya bingung, mesti gimana, kalo ngasih makan dengan posisi duduk pasti beleber semua makanannya.ada yang salah ya dengan tumbuh kembang anak saya

24

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

Hi mommies,

Ikutan share yahh..saya baru aja melahirkan baby diusia kehamilan 6.5 bulan karena ketuban berkurang drastis dari 18 menjadi 2. Katanya sii rembes meskipun saya gk pernah ngerasa basah" di panty. Baby Arte lahir dengan bb: 1.015gr dan panjang 37cm. 2 minggu sebelumnya saya sempet diopnam karena tifus. Saat ini baby Arte masih di nicu. Dan menurut dokter belum bisa diberikan ASI karena organ tubuhnya belum siap. Mohon doanya yahhh..semoga baby arte bisa segera stabil kondisinya dan segera pulang ke rumah..

25

Topic: Mengasuh Bayi Prematur

harniaty
coba deh masuk ke thread penyebab slow growth. Di thread itu banyak diskusi tentang bayi-bayi yang naik BBnya irit banget :) juga tips-tipsnya. HTH :)

putunovria
I feel you mama *hug* be tough yaa... Jangan lupa untuk tersenyum ketika menengok baby Arte di Inkubator. ceritakan yang indah yang menanti dia agar terus semangat untuk pulih. Semoga baby Arte segera stabil dan bisa dibawa pulang yaa..

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's