1

Topic: Gentle Birth

buat Moms yg di bandung, bisa coba melahirkan ala gentle birth di Galenia (daerah jl.badaksinga, deket ITB). *bukan marketing-nya, ngga dibayar utk menyampaikan ini*

2

Topic: Gentle Birth

Mum adhya, kalo di semarang dimana yah?

3

Topic: Gentle Birth

wah blm tau mbak..coba nanya di grup FB: Gentle Birth Untuk Semua

4

Topic: Gentle Birth

adhya wrote:
wah blm tau mbak..coba nanya di grup FB: Gentle Birth Untuk Semua

thanks mbaa...

5

Topic: Gentle Birth

Woow ternyata dibahas juga disini,, udah pernah denger metode ini sebelumnya dr kakakku, dia jg lg nyoba praktekkin ke beberapa pasiennya..
Sayang aq telat taunya,, menyimak aja ah,, buat persiapan anak kedua nanti.. *entah kpn hehe

6

Topic: Gentle Birth

Mommies..
Aku juga udah tertarik bgt sama metode gentle birth ini dari jaman belum hamil (lohh :D)

Baca2 cerita di gentlebirthindonesia.com kebayaaaang intim dan rileksnya. Aku denger pengalaman mom-in-law bahwa kalo bayi normal dan sehat2 aja, sebetulnya kita dari dulu sudah bisa melahirkan dengan mudah dan cepat hanya pakai bantuan bidan..rasa sakit bisa dimanage dengan persiapan olahraga teratur sedini mungkin. --> easy to say, yaa tapi kalo lagi maboks mual dan pusing bgt kayak aku sekarang kok 10 menit warm up aja rasanya udah keliyengan :D

Nyokap2 kita jaman dulu cenderung terbiasa melahirkan normal, karena memang mindsetnya dikondisikan normal *ngga kayak sekarang yang kok kebanyakan malah heran kalo ada yg bisa melahirkan 'normal' kalo bisa caesar*

Gentle birth ini kayaknya metode yang memaksimalkan kemampuan ibu dan janin untuk melahirkan dengan cara "senormal-normalnya" alias tanpa intervensi. Which is what I dreamed of..

The stakes are, karena lingkungan keluarga rata2 backgroundnya medis mungkin agak susah meyakinkan untuk lahiran di rumah..hehe..
Kedua, aku mau lihat perkembangan janin dan kesehatanku. Skrg masih trimester awal jadi masih dini banget untuk memastikan tapi aku selalu berdoa agar bisa dilancarkan normal..
Ketiga, karena sedang nggak di Indonesia jd mungkin akan lebih riweh dikit nyari praktik gentle birth di SG, jadi masih mempertimbangkan soal lahiran di Jkt atau di SG. Kalo baby-nya cowok mendingan di Jkt aja kali yaa..hehehe..

Just want to share my two cents :)

I'd like to see every side of a story because I care :)

twitter: @kartikafirdaus - fb: http://facebook.com/kimionline

7

Topic: Gentle Birth

Dear Moms,

Please share..
[list=1]

  • Untuk gentle birth apakah persiapannya harus dari awal kah? Paling lambat berapa minggu sebelum kelahiran?[/*]
  • Latihan apa yang paling berasa manfaatnya saat melahirkan gentle birth?[/*]
  • Gentle birth tidak harus selalu waterbirth kan ya?[/*]
  • Apakah ada yang berpengalaman Gentle birth di rumah sakit?[/*]

    It takes a village to raise a child-African proverb
  • 8

    Topic: Gentle Birth

    MrsLazuardi,
    wah maap tdk bs menjawab pertanyaannya,tp klo mau sy bs kasi kontak kakak saya,bidan erie. skrg sdg mndalami dan praktek gentle birth, hypno birthing n lotus birth. beliau anak asuhnya bidan Lanny n temen almamaternya bidan yessie. Mom bisa konsultasi ke kakakku,orgnya open kok. siapa tau bs menjawab pertanyaan2 mom..Lokasinya di depok. hth

    9

    Topic: Gentle Birth

    semuanya..izin gabung ya..I'm a newbie striving to give my baby a gentle birth :)
    @bundanadiandra sy tertarik bgt dengan Bu Bidan Erie, bs tahu detil kontaknya? tolong kirimkan ke lia[dot]adhiim[at]gmail[dot]com

    Terima kasih banyak

    10

    Topic: Gentle Birth

    hai all, insyaAllah nanti aku juga mau lahiran dengan metode gentle birth ini. Sama kaya pinkishta, dari sebelum hamil, even sebelum married, tiba2 interest sama gentle birth. Cari tau sana-sini, dari mulai baca artikel, browsing2 internet, sampe nontonin orang lahiran gentle/water birth di youtube yg mostly tenaaaaaang banget persalinannya.

    Sampe akirnya ikutan seminar hypnobirthing yg diadain Pro V Clinic, trus ngobrol2 sama Bu Lanny Kuswandi, sampe juga akirnya nemu bidan yg emg udah pengalaman soal gentle birth ini dari Bu Lanny sendiri.

    Alhamdulillah suami mendukung, yg agak susah emang ngeyakinin orangtua, tapi setelah diajak ngobrol sama bidannya, akirnya orangtuaku juga ikhlas anaknya ga lahiran di rumah sakit. Sekarang cuma bisa berdoa dan terus latian relaksasi, mudah2an sisa kandungannya normal dan lancar, jd bisa terlaksana deh gentle birthnya..

    Buat yg interest, cari tau dulu aja infonya selengkap2nya, untuk yg di jakarta bisa ke pro v clinic, bandung ke galenia mcc, klaten ke bidan yesie (acc facebooknya bidankita), bali ke bumisehat. tapi sekarang udh banyak bidan2 yg terus belajar soal gentle birth ini kok :)

    a mother of little liliput Aqila Asfamahija Purnomo

    11

    Topic: Gentle Birth

    Teman ku baru cerita dia melahirkan anak keduanya di Galenia, dengan metode water birth.. katanya bedaa bgt sama lahiran di RS.. lebih relax, bahkan air nya bening karena tidak ada robekan.. dibimbing sama dr dan bidannya dari awal sampai akhir..
    Dulu anak pertama ku aku belajar hypnobirthing dan melahirkan fi RS biasa, mungkin karena kurang dalam mempelajari jadi sepertinya kurang berhasil.. hehehe... sekarang hamil kedua aku mau pelajari lagi hypnobirthing dan gentle birth ini.. soalnya rekomendasi teman ku bilang kalau metode ini bener2 ngebantu banget buat relax dan menjadikan proses persalinan itu tidak traumatis...
    Duh insyaallah bisa kali ini,, harus bisa......
    Hehehe...

    12

    Topic: Gentle Birth

    MrsLazuardi wrote:
    Dear Moms,

    Please share..
    [list=1]
  • Untuk gentle birth apakah persiapannya harus dari awal kah? Paling lambat berapa minggu sebelum kelahiran?[/*]
  • Latihan apa yang paling berasa manfaatnya saat melahirkan gentle birth?[/*]
  • Gentle birth tidak harus selalu waterbirth kan ya?[/*]
  • Apakah ada yang berpengalaman Gentle birth di rumah sakit?[/*]


  • 1. semakin awal semakin baik dulu sy minggu ke 34-35 baru mulai serius kesana
    2. yoga ibu hamil, taichi juga ok
    3.tidak harus, diceritakan pernah ada yg masuk kolam tp si ibu ga comfort, jd akhirnya lahiran di darat deh, tp tetap dg cara gentle birth..
    4.sepertinya blm bnyk ya, kalaupun ada bkn waterbirth, kecuali di bali di rs dan spognya dr hariyasa sanjaya

    13

    Topic: Gentle Birth

    MrsLazuardi and Moms, coba aku bantu jawab yah...

    MrsLazuardi wrote:
    Dear Moms,

    Please share..
    [list=1]
  • Untuk gentle birth apakah persiapannya harus dari awal kah? Paling lambat berapa minggu sebelum kelahiran?
    [/*]
  • Latihan apa yang paling berasa manfaatnya saat melahirkan gentle birth?
    [/*]
  • Gentle birth tidak harus selalu waterbirth kan ya?
    [/*]
  • Apakah ada yang berpengalaman Gentle birth di rumah sakit?
    [/*]


  • 1. Gentle birth itu lebih mengenai kelahiran secara keseluruhan, dimana calon Ibu dan Ayah mengerti mengenai rutinitas dan proses kehamilan dan persalinan, sehingga bisa mengambil keputusan dan mebuat Birth Plan dengan baik dan lebih aware.

    Kalau dirangkum secara singkat, GB mencakup Pengetahuan mengenai perkembang kehamilan dan persalinan, nutrisi dan latihan yang diperlukan selama kehamilan,'membersihkan' diri dari trauma, menggunakan cara2 yang alami dalam mengatasi ketidaknyamanan dalam kehamilan dan kelahiran (contohnya menggunakan essential oil khusus, massage dan accupresure dlm menghadapi morning sickness), mendorong dan membantu partisipasi Ayah dalam persalinan, IMD yang cukup untuk bonding Ibu dan Bayi, etc.

    Jadi sebaiknya GB dimasukkan ke dalam Birth Plan sedini mungkin Bunda, supaya masa kehamilan dan kelahiran bisa lancar :)

    2. Semua latihan terasa manfaatnya.
    Untuk 'membersihkan' trauma (mental ataupun fisik) terhadap Bunda nya dulu bisa melakukan hypnobirthing, TAT, konsultasi atau trauma healing lainnya.
    Untuk fisik, Bunda diajarkan latihan untuk otot2 yang akan digunakan pada saat persalinan (contoh : senam kegel, latihan jongkok berdiri, senam hamil)

    Ada pepatah bahwa persalinan sama beratnya dengan lari marathon. Kalau mau marathon aja kita persiapan dan latihan dulu, apalagi kalau mau persalinan Bun :)

    3. Sesuai yang td sy share diatas, GB adalah sebuah filosofi yang mementingkan keselamatan dan kenyamanan Ibu dan Bayi.

    Jaditidak selalu water birth. Sesuai dengan kondisi dan kenyamanan aja Bunda.
    Ada juga kok yang sudh nyiapin kolam, tapi ga jadi masuk karena tiba2 tdk merasa nyaman.

    4. Gentle Birth bisa dilakukan dimana saja, dirumah, RS, atau klinik. Maka itu sangat lah penting untuk memiliki Birth Plan, sehingga para Bidan/Dokter mengerti apa yang kita inginkan saat persalinan.

    Saat ini di Jakarta sudah ada beberapa RS yang membantu utk proses Water Birth, Lotus Birth (plasenta tidak dipotong, tp dtunggu utk puput dgn sendirinya).


    Untuk lebih jelas mengenai Gentle Birth bisa ikut Kelas Persalinan/Childbirth Class atau memiliki Doula.

    Childbirth Class itu adalah kelas untuk Ibu hamil(bisa dengan suaminya atau tidak) yang menjelaskan mengenai Gentle Birth, pengetahuan mengenai kehamilan dan persalinan, nutrisi dan latihan yang diperlukan, cara2 mengurangi rasa sakit yang mudah, dan membantu para calon ayah dalam berpartisipasi dan mensupport para calon ibu.

    Sedangkan Doula adalah asisten persalinan non medis (biasanya 1/2 minggu sebelum dan 1/2 minggu setelah persalinan) yang bertugas memastikan Calon Ibu dan Ayah mendapatkan service RS/Dokter/Bidan sesuai dengan Birth Plan mereka. Juga memberikan edukasi mengenai persalinan kepada mereka, membantu saat membuat Birth Plan. Dan paling penting lagi, memastikan IMD terjadi setelah persalinan sehingga mem bonding Ibu dan Bayi nya.



    TIPS :
    Untuk yang masih penasaran dengan Gentle Birth ini, sudah ada bbrp Mommies yang share ttg pengalamannya di TUM, bs search category 'Gentle Birth'
    dan bisa tonton trailer video Gentle Birth di Youtube dengan judul 'Birth as we know it' , di search aja Moms, dijamin ga nyesel nontonnya, hehehe :)

    14

    Topic: Gentle Birth

    Ada yg invite ke forum ini untuk share, tp telat bgt bukanya -___-" maaf yaaa

    15

    Topic: Gentle Birth

    kalo anak pertama SC, anak kedua bisa GB ga ya?... (jedanya 2 tahun)

    16

    Topic: Gentle Birth

    BubuBoma
    Gentle birth itu bukan metode melahirkan, tapi lebih pas kalo dibilang filosofi.. Jadi mau lahiran normal, WB, ataupun c-section, filosofi gentle birth ini tetep bisa diterapkan.. Intinya membuat ibu dan bayi senyaman mungkin selama proses persalinan, minim intervensi medis dan obat2an.. Penjelasan dr Marchie di atas rasanya udah cukup menggambarkan ko :)

    Temenku ada yg berhasil VBAC dgn menerapkan gentle birth.. Waktu itu metode yg dipilih kebetukan waterbirth sih, tp ga mesti WB ko.. Kalo temenku itu sih jedanya 2-3 tahun dr persalinan pertama.. Mungkin baiknya buat mastiin kondisi ibunya lebih baik konsultasi langsung sm obgyn, krn "peninggalan" c-section tiap ibu kan bisa beda2 ya :) Dan kyk yg Marchie bilang, emang perlu latihan (atau mungkin bs dibilang membiasakan diri).. HTH :)

    Yuti Kinasih
    a happy wife of @supersupta and proud mommy of Daffa

    Twitter : @pyuth / IG : @yutikinasih

    17

    Topic: Gentle Birth

    kok aku masih ngeri yaa tentang gentle birth ini..

    Putri Widyastuti - A happy mom and a fortunate wife
    Yuk, ke Lapak Perawatan Pasca Melahirkan Mom N Care di Mamas's Mall !
    FREE 2 Gurita TALI SEPATU. BOOK NOW ya, Moms!!
    www.momncare.com | @momncare | Call 021-90304090 | WA 083821020300 | BBM 5AC40B3E

    18

    Topic: Gentle Birth

    Kenapa malah ngeri, mom istanaputri? Kan justru ini yg paling natural, sesuai fitrah badan ibu dan bayinya.. Dan nerapin gentlebirth juga bisa meminimalisir trauma pasca melahirkan.. Ibu dan bayi bisa ngerasain proses persalinan dgn lebih nyaman, bayi jg jd lebih tenang (misal krn bs lahir sesuai waktu yg dia pengen tanpa ada intervensi yg ngeburu2, atau bayi diperlakukan dgn lembut dan tetap mendapatkan hak2nya seperti IMD)..

    Masih ngeri mana sama disuntik atau dibedah? :)

    Yuti Kinasih
    a happy wife of @supersupta and proud mommy of Daffa

    Twitter : @pyuth / IG : @yutikinasih

    19

    Topic: Gentle Birth

    halo moms, ikutan sharing yah. Gentle birth itu filosofi, intinya kita memberdayakan diri sbagai seorg wanita utk mlahirkan normal dan tanpa intervensi medis. Saya lagi hamil anak pertama, yg insyaalah HPL maret dan berencana mnerapkan kelahiran anak kami dgn filosofi gentle birth, dgn media waterbith, homebirth, dan lotusbirth. insyaallah lancar jika Allah mnghendaki. amiin

    20

    Topic: Gentle Birth

    hai..... semua, mau sharing nih
    alhamdulillah 4bulan yang lalu aku sdh lahiran putra pertamaku dengan gentle birth.
    awalnya terisnpirasi dari forum ini, akhirnya cari-cari informasi dan ketemulah sama bidan okke di galenia bandung.
    di usia kehamilan 20w kami pertama ketemu sama bidan okke, kagett jg ternyata masih muda tapi pengalaman dan pengetahuannya buat kita (aku dan suami) langsung klop.
    stelah ketemu bidan okke, saya tetap konsul dan periksa sama dokter kandungan sebelumnya.
    apa yang kita takutin atau ada pertanyaan2 mengenai kehamilan dan persalinan dijawab bidan okke dan jawaban2nya nenangin kita via sms or bbm.
    stelah 32w km ketemu lagi untuk ngisi birth plan, disana kita pilih metode gentle birth,kamar (langsung jatuh cinta sama kamar tropis) musik, penerangan, pendampingan, dll
    kami berharap bisa waterbirth tp disaranin dulu di normal. karena kalau kita sdh pilih wb maka kalau kita jd normal kita tetap bayar wb. lain halnya kita pilih normal ternyata kita pilih wb tinggal tambah.
    saat kehamilan 37w. keluar hijau dr vagina ku (udah takut itu air ketuban). kita ke galenia dan cek (bidan jaga sangat sigap) ternyata itu keputihan dan bidan okke menyarankan agar aku ketemu sama dokter kandunganku ku di rs bersalin untuk di usg dan minta resep (bidan okke g boleh kasih resep). pengalaman dirumah sakit itu bikin aku semakin mantap kalau aku harus gentlebirth. stelah itu terus2an berdoa, afirmasi dan melakukan kegiatan2 yg mendukung gentlebirth.
    di usia 39w dan pas hplnya babyku belum masuk pinggul. dokter nyaranin banyak jalan, minum, dan bila di hari selasa babynya belum lahir harus diinduksi dan kalau g bisa terpaksa sc.
    huaaa sempet stresss, dateng lagi ke galenia karena uda terasa mules dan cek pembukaan ternyata masih pembukaan 2.
    disuruh jalan-jalan lagi, krn blm disuruh pulang dan tetap disuruh tenang (krn keliatann semuanya khawatir, maklum anak pertama, cucu pertama dan buyut pertama. bidan2 disana bilang kalau hpl itu bukan harga mati, babynya tau ko bunda kapan dia mau keluar.
    walau kita bolak-balik cek pembukaan dan ngerepotin bidan2 disana digap dan ramah (kalau sudah booking, cek pemukaan free)
    tibalah hari senin dimana uda mules2 g kuat (frekuensi kontraksi 5 menit sekali). kita bilang biar kita chek-in aja, kapanpun melahirkan biar tambah aja kamar inapnya (di paket rawat inapnya 32jam). di kamar perawatan yg super nyaman disiapin bola, musik, aromaterapi. di sebrang kamarpun disiapin kolam untuk wb. tp pas magribh uda mulesssss bgt sampai menggigil minta bidan jaga dan bidan okke untuk melahirkan di tempat tidur kamar perawatan (ga jadi di kolam).
    jam 22 babynya belum jg keluar, bidan okke dan bidan2lainya sabar dan bikin keadaan itu jd nyaman, saran2nya aku lakuin semua kaya jgn dingedenin, disuruh minum, makan dulu. walau rasanya uda ga karuan tetap semangat, doa, dzikir dan nyanyi. akhirnya keluarlah babyku yg kupanggil kakang dengan berat 3.60 kg, tb 49 cm dijam 22.35. kesakitan yg td dan saat dijaait terlupakan krn saat imd yg ada tercium bau baby baru lahir dan rasanya senangggg, haruuuuuu, tenanggg, banggga wahhh semuanya jadi bikin kenangannn yg tak terlupakan.
    alhamdulillah ASI-ku banyak, babyku sehat termasuk baby yg tenang dan pemulihanku juga termasuk cepat.

    untuk para mama yg lagi mengandung, semoga ceritaku ini membantu yah.
    karena mengandung dan melahirkan adalah proses alami yg harus wanita jalanin
    ini foto waktu imd
    https://fbcdn-sphotos-d-a.akamaihd.net/hphotos-ak-ash4/q71/312281_4917122771411_326392599_n.jpg
    https://fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/hphotos-ak-prn2/q80/968818_4917111171121_1087750848_n.jpg

    21

    Topic: Gentle Birth

    dita_odet..selamat yaa dengan kelahiran si kakang.. baca ceritanya sptnya nyaman banget ya gb di sana..

    twitter and IG: @zataligouw
    Blog : http://www.zataligouw.com/

    22

    Topic: Gentle Birth

    ZataLigouw terima kasih.....

    23

    Topic: Gentle Birth

    moms, tertarik banget deh sama gentle birth...

    yg mau aku tanya, resiko apa aja si yg ada dari gentle birth? :D

    24

    Topic: Gentle Birth

    mom lady yusi..
    ini sepengetahuan aku ya

    gentle birth itu melahirkan dengan meminimalisir intervensi medis dengan maksud mengurangi trauma pada ibu dan bayi karena proses melahirkan itu proses yg normal..
    diindonesia, dokter obgyn yang berfilosofi gentle birth ini hanya hitungan jari,,salah satunya ada di bali,,dr hariyasa spog kl ga salah..
    umumnya praktisi gentle birth ini dilakukan oleh bidan/doula..
    waterbirth salah satu metode melahirkan berdasarkan filosofi gentle birth, air hangat dipercaya mengurangi rasa sakit dan trauma pada ibu juga media transisi yg baik bagi bayi...

    tipsnya kl mau gentle birth,,
    cari praktisi gentle birth yang baik,,diskusikan dengan mereka apa saja syarat untuk melahirkan di praktisi tersebut,,

    pengalaman saya melahirkan di galenia dengan gentle birth, beberapa syarat yg harus terpenuhi diantaranya : tidak sungsang atau full plasenta previa,full term, kondisi ibu sehat, tidak ada riwayat eklamsia dan juga penyakit kelamin menular ,secara umum kondisi ibu siap untuk melahirkan normal

    resiko gentle birth
    jarang dokter di RS yg berfilosofi gentle birth,,biasanya di klinik bersalin sehingga tidak ada fasilitas lengkap seperti SC/perawatan neonatal yg lengkap,,jika ada kegawatdaruratan, sang ibu harus punya dokter dan RS rujukan..

    itu aja sih gambaran singkat gentle birth :)
    semoga membantu

    25

    Topic: Gentle Birth

    wah moms lita_uchie
    makasi jawabannya :D

    aku jgn pingin ni moms lahiran di galenia, gentle birth.
    cukup banyak denger rekomendasi utk galenia ini kalo mau gentle birth

    dan lagi deket rs borromeus ya moms
    kalo ada gawatdarurat tinggal kesitu, hehe

    dulu moms waktu gentle birth di galenia, rs utk jaga2nya pakai rs borromeus kah?