1

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

Dear moms

hari ini orang dirumah cerita, bahwa tadi pagi sebelum anak sy pergi sekolah (Ferrel, 3th, PG), mba nya nyium pipinya, mereka kaget, tapi tidak bilang apa2 ke mba itu.
terus terang sy pun kaget, dan pengen nya sih ga terjadi lagi...
tapi gimana ya cara yang halus, tidak menyinggung perasaan si mba (secara ini mba baru, baru 1 minggu kerja dirumah)
dan kejadian cium pipi nya pun, tidak dijelaskan detail oleh orang rumah, reaksi anak sy sih cuek aja...
gimana ya mom?
hal yg seperti ini perlu di angkat ke permukaan ga ya?

pls help

Eka

i'm a blessed and happy wife & mother of two

2

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

Kalo blh tau, knp keberatan kalo si Mbak nyium ankmu?

Oooh.. ARSENIA we love you..!!

3

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

b_3k4 sama pertanyaan di atas, kenapa ngerasa keberatan? apa karena mbaknya masih baru? atau gimana?

terus terang kalo gue sih ga masalah, karena namanya anak kecil dia ga akan ngerti, dan gue gak mau ngajarin kalo si mbak ga boleh nyium dia karena jd kayak ngajarin adanya perbedaan kelas, yang rasanya gak pengen aku ajarin ke anak deh.

yang penting, kalo pas gue di rumah, anak udah mandi jadi bebas deh aku cium2in.

soalnya gue sih mikirnya si mbak kan jadi kayak orangtua ke dua buat si anak, karena yang ngurusin segalanya kalo kita lagi ga ada (apalagi working mom kayak gue), jadi tentunya wajar ada tumbuh rasa sayang, dan mencium itu artinya sayang. selama cukup di pipi aja. dan itu gue ngajarin ke anak gue, gak boleh cium selain di pipi.

kalo ngerasa gak suka karena si mbak misalnya ga bersih trus cium2 anak kita, nah baru boleh diangkat bahasannya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

4

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

Gue sama sih kayak slesta, ga masalah si bude (panggilan buat yang jagain Nara) nyium Nara. Dan emang di pipi nyiumnya, gue juga ga pernah nyium Nara di bibir sih. Dari pagi sampe malem gue tinggal berdua, justru rasanya wajar kalo si bude sayang ke Nara dan ini diekspresikan dengan nyium/meluk2 Nara. Si bude sendiri berkali2 bilang kalo Nara udah kayak anaknya sendiri, dan Nara juga suka manja2 gitu (kalo gue lagi kerja). Tapi kalo gue udah pulang, si bude ga laku lagi hahaha...

Kalo masalah kebersihan, emang awalnya jadi issue buat gue karena badannya agak bau. Akhirnya terang2an gue bilang, sebaiknya dia mandi agak sering karena gue tau dia sering muter2 rumah (angkat jemuran, nyapu, ngepel, trus nemenin Nara main) dan jadi keringetan (plus ga tahan kalo kena AC masuk angin jadi dia ga bisa ngadem di kamar Nara juga). Jadi sehari dia mandi 3x (pagi, siang, sore), dan gue beliin deodoran sama splash cologne. Sekarang udah ga masalah lagi kok :)

yang selalu kangen sama si pipi gembil

5

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

gue juga ga keberatan Jeff dicium mbak nya. Karena tanda nya si mbak sayang. Jangankan dicium, klo si anak ga nyaman disentuh aja juga nolak kayanya.
Paling klo pagi pagi karena mbak masak dulu buat bekal makan siang gue dan suami jadi agak keringetan dan bau masakan, biasanya dia mandi dulu baru megang Jeff.

12.09.10 first time when i saw MIRACLE

6

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

saya ngga keberatan juga Almira dicium sama ART. karna cuma di pipi dan ga sering2 banget. waktu ART batuk kemarin juga tetep saya suruh masuk. deket2 Almra juga saya biarin. karna saya ngrasa Almira selama ini stranger anxiety-nya lumayan gede karna saya-nya juga ngrasa over protective. makanya mulai beberapa minggu terakhir saya berusaha utk cuek aja kalo Almira dicium2, asal sesama perempuan. tetangga juga nyiumin sesekali kalo dia 'berhasil' menggendong Almira. sepertinya terlalu sering khawatir bisa nular ke anak, jadi saya belajar mengurangi kekhawatiran sedikit demi sedikit, termasuk khawatir anak saya kenapa2 kalo dicium orang lain. CMIIW.

7

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

aku agak sedikit beda nih.. anakku emang cuma aku bolehin dicium sama keluarga aja.. alasannya kenapa yah?! hmmm.. numbers of reasons. ga mau anakku terlalu attach ma babysitter, is one of them. pengalaman ganti2 pengasuh, aku nempatin mereka emang sebagai pengasuh saat ga ada aku aja. tapi untuk sayang sayangan, it would be something he gets from his parents (or grandparents, aunt, uncle gitu). other reasonnya, takut kalo dibolehin cium pipi, nanti malah mau cium mulut or something :( soalnya aku juga ga tau pasti medical historynya mereka.

so to answer, aku jujur aja bilangin pas mereka masuk apa yg boleh, apa yg engga. nah ini termasuk juga larangan untuk cium2 bradley. so far sih suster2 ini ngerti. sempet nanya juga dan mereka bilang di yayasan pun emang dah dibilangin ga boleh nyium2 anak asuh..

8

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

Gw juga ga keberatan Kai dicium sama pengasuhnya.. Lagipula cium-nya cuma pipi dan kepala.. Kai sih juga cuek aja kalau dicium.. sama seperti Nara-nya Otty, kalau gw pulang kantor si mbak-nya juga langsung ga laku.

Tapi yaa.. tiap orang kan beda-beda, kalau memang dari awal dijelaskan begitu ya ga apa-apa. Ditanya aja baik-baik dan kasih penjelasan dengan alasan-asalan yang dia bisa mengerti.

A brand new mom who loves the smell of mint, the taste of berries and the unexpected twist of life.

9

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

sebenernya gak keberatan sih asa dicium, asal mbaknya nggak lagi sakit. tapi nyium asa itu emang susah, megang n gendong juga gitu. anaknya tipe belut gitu sih, gampang lepas klo dipegang. jadi selama ini mereka emang jarang sayang2an.
biasanya klo emang lagi butuh peluk n cium, asa akan mendekat sendiri n bilang minta disayang/peluk/cium, atau nggak dia inisiatif duluan nyium. tp biasanya dia gitu sama mamahnya aja sih

less ego, more heart

10

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

dear moms

terima kasih atas saran, info, dan sharing nya.

kurang lebih nya sama dengan Mrs. Lindsay alasan kenapa sy keberatan bila anak di cium oleh mba/sust nya. tapi memang salah sy karena diawal tidak menjelaskan secara gamblang aturan main dengan sust/mba nya. karena biasanya saat ada kejadian plus sy sedang on the spot, bila sy rasa itu don't (sy keberatan) maka akan sy langsung komentari/jelaskan kepada yang bersangkutan.

salam,

eka

i'm a blessed and happy wife & mother of two

11

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

mungkin kalo saya WM jg bakalan kayak Mrs.Lindsay sih.utk membatasi kedekatan anak dgn pengasuhnya.moga2 bisa dibicarakan dgn pengasuhnya ya b_3k4 sedemikian rupa sehingga dia jg ga tersinggung.karna mungkin maksud dia emang nunjukin kasih sayang bener. bagaimanapun pengasuh anak kita cukup penting jg. maaf kalo kurang berkenan :)

12

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

adhya gue juga working mom kok, tapi gue sih ga masalah kalo si mbak jadi attach ama anak gue, soalnya gimana pun, anak gue tau kalo gue mamanya, dan dia ga bakal memilih mbaknya kalo ada gue. tapi ya itu gue ya.. seperti yang lain bilang, tiap orang beda2 kondisinya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

13

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

b_3k4
kalo emang keberatan sih mending dikasih tau baik2 aja bahwa kita keberatan kl anak dicium2. kalau mau mengekspresikan rasa sayang pake cara lain saja misal dipeluk gitu. seharusnya sih beliau ngerti ya :)

engineer.wife.mom.daughter.sister.food lover :)

14

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

b_3k4, setuju sama charissarhanie, mending dikasih tau dengan baik-baik, mungkin mbak-nya Ferrel ditempat lama ada kebiasaan seperti itu, kalo mungkin gak disampein bisa menjadi keterusan. Mungkin dengan alasan Ferrel laki-laki, atau alasan lainnya.
Kalo mbaknya Lana (lana manggilnya Kakak), biasanya meluk Lana sambil bilang kalo "kakak sayang sama Lana", tapi gue sendiri gak keberatan kalo Mbaknya kiss atau meluk ke Lana.

15

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

klo anak2 gw malah diciumnya smp diunyeng2 sama mbaknya. sama kaya slesta, so far selama g cium bibir sih gw pikir g masalah. gw malah seneng anak2 gw ngerasa nyaman sama mbaknya. g nganggap mbaknya orang asing. jadinya gw juga ninggalin pas ngantor juga tenang.

lagipula krn si mbaknya ini sayang bgt sama anak2 gw lah yg bikin dia betah n mau balik lg abis mudik kemarin.

".. addicted to my two beloved boys A.."

16

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

Sama seperti mamas diatas, saya juga tidak keberatan anak-anak saya dicium/disayang di pipi atau keningnya sama pengasuhnya, selama pengasuh pas lagi gak sakit. Kalo pas lagi flu, paling saya minta pake masker aja. Selebihnya sih saya gak khawatir si anak bakal jatuh cintrong sama "budhe"nya. Karena mereka tahu mana bundanya. Setuju juga sama mamas diatas, saya pulang kerja semua orang di rumah langsung gak laku termasuk yangti dan yangkungnya.. hehe... Selama kita tahu bagaimana mendekatkan diri pada anak, saya kira mereka bakalan tahu bedanya hubungan anak-ortu dan anak-pengasuh.
Again, setiap orang memang memiliki pola asuh yang berbeda-beda.
Kalau memang tidak diperkenankan, sebaiknya dibicarakan saja... Toh mungkin "mbak"nya pasti ngerti maksud mama... Dan lagi mereka pun pasti menyadari posisinya di rumah, jadi gak perlu khawatir mereka tersinggung. It's just my opinion. Semoga nemu jalan keluar yang terbaik ya Mama....

-Wiwid-
Bunda kira-Kara

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

17

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

ttg dicium babysitter/ mbak ini emang beda2 yaa... spt TUM bilang there's always a different story in every parenting style.

kalo gw sih termasuk yang ga apa2 kalo anak dicium2 sama pengasuh, bagian dari kasih sayang mereka thd anak kita. artinya dia sayang. selama nyium ga di bibir, ga apa2. pokoknya bibir cuma buat ortu aja. even nenek/aki uwa yg masih keluarga deket ga boleh :p

pernah ada yg bilang, ga apa2 dicium drpd misalnya ketauan si pengasuh suka mukul huhu semoga ga ada yg ngalamin.

tapi bener kata semua mama, kondisinya beda. kalo dikasih tau baik2, insya Allah yang ngasuh juga ngerti :) bilang aja pengennya kalo cium2 itu eksklusif buat ortunya aja. insya Allah kl dijelaskan baik2 dengan cara yg menyenangkan pasti si mbak ngerti :)

hth yaa...

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

18

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

hi.. ikut sharing yaaa..
Kebetulan Raka anak pertama gua.. Waktu Raka newborn.. eyangnya uda wanti2 kalo jangan sampe Raka dicium2 sama siapapun. Dengan begitu... termasuk susternya.

Gue setuju. Tapi dengan alasan kuat. Yaitu, gue percaya kalo udara yang keluar dari idung ( napas ), sama mulut..itu ga bagus. Wong namanya saringan..hehhehhe. Dan itu berlaku kesemua orang. Untungnya.. secara temen2 gue uda pada emak2 juga... jadi kalo ketemu mrka tau kalo ga cium2 Raka di sekitar muka. Paling banter kepalanya.

Jadi gue bilangnya " Mbak...minta tolong yaa...mas Rakanya jangan dicium2 dulu, soalnya..masih bayi. Kata dokter.. (tekankan kalimat "kata dokter" :D), udaranya yang keluar dari idung dan mulut orang dewasa banyak kumannya. Nanti kalo ada anak2 kecil ato tamu yang mau cium2..diingetin juga yaa..."
Begitulah... kalimat 'kata dokter' lebih gampang dicerna dan diterima dibandingkan bilang.. " yang saya baca di buku atau di internet atau yang saya yakini :)

Setelah 6 bulan.. gue perbolehkan. Semuanya, tanpa kecuali.. eh.. kecuali yang lagi flu dan batuk.. ( kecuali gue yang flu.. gue punya hak veto hehhe..)

Oh ya, si suster juga bilang kok, diajarin diyayasan juga gitu... ga boleh cium2 newborn. so they're fine with that. :)

Sekarang? wuiih.. seneng banget liat si mbak sayang dan gemes sama Raka.. :)

Bibunya Raka dan Rayyi
Twitter : @tickzie
Tumblr : bibunyaraka.tumblr.com

19

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

yak gw pun serupa ama tickzie, waktu masih newborn ga mau liat aysha dicium2 orang selain gw dan suami, makanya waktu akikah gw serem banget liat org segitu banyak mau cium2 aysha semua hihihi..tp setelah bbrp bulan, gw bolehin asal ga lagi sakit. bahkan mbaknya pun gw bolehin, setelah gw liat dia emang orangnya bersih (malah lebih rajin bebersih dr gw nampaknya hihihi) dan skrg kalo liat bonding aysha ama mbaknya, alhamdulillah gw seneng banget krn keliatan mbaknya sayang banget sama aysha. tapi kalo orang asing yang baru gw kenal, gw masih suka ga rela gitu deh karena gw ga tau dia lagi sakit atau engga..jadi kadang langsung gw gendong aysha dan ngalihin topik hehehe :D

~Aysha's mom~

20

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

Kalo aku mungkin akunya yang terlalu percaya sama susterku dan gak yakin dengan feeling keluargaku. Anaku gak hanya diciumin tapi diempengin juga pake PDnya suster (kalo siang hari dia dirumah hanya berdua dengan susternya) padahal anaku dalam masa penyapihan kurang ajar banget tu suster tapi sudah aku keluarin tu suster dan aku juga komplain ke yayasan berani2nya tu suster ngempengin anakku. Hati - hati deh jangan sampai ngalamin seperti aku, nyesel banget padahal semua keluargaku sudah curiga krn saat pulang kerumah ortuku dan aku tinggal keluar kalo bobo in anakku kamarku dikunci aneh deh paddahal aku saja gak pernah kunci kamar ...... Hati - hati saja deh jangan terlalu percaya sama mereka

21

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

BundaAl hah? diempengin pake PD nya? OMG!! gak kebayang gimana perasaan elo sebagai ibunya. gue bacanya aja yang sedih gitu.. huhuhu.. soalnya breastfeeding itu adalah bond antara anak & ibu, gak rela deh prosesnya diganggu2 ama orang laen. i feel you.. pasti kesel banget nget ngeeett..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

22

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

BundaAL - ya ampun, berani banget itu susternya! beneran kurang ajar... dan pake kunci2 segala pulak. bahaya banget :(

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

23

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

BundaAL - Haaaaah ya ampuuuun?? Sebel & sedih ih bacanya! Sayang sih boleh aja tapi kalo sampe diempengin pake PD gilak itu freak banget yah? :(

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

24

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

BundaAl, ya ampun diempengin? Kalo kayak giru sih pasti ga bakal setuju lah ya dan untungnya dah ga kerja lagi ya huhu.

Kalo gw sih ga masalah pengasuh cium pipi asal bukan bibir itu menandakan kasih sayang aja sih kalo kata gw selain di peluk ya, karna biasanya gw menganggap pengasuh seperti saudara dan ga mau beda-bedain tapi tetep kalo cium bibir ga boleh.

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

25

Topic: Anak Balita dicium Babysitter/Mba-nya

BundaAL wrote:
Kalo aku mungkin akunya yang terlalu percaya sama susterku dan gak yakin dengan feeling keluargaku. Anaku gak hanya diciumin tapi diempengin juga pake PDnya suster (kalo siang hari dia dirumah hanya berdua dengan susternya) padahal anaku dalam masa penyapihan kurang ajar banget tu suster tapi sudah aku keluarin tu suster dan aku juga komplain ke yayasan berani2nya tu suster ngempengin anakku. Hati - hati deh jangan sampai ngalamin seperti aku, nyesel banget padahal semua keluargaku sudah curiga krn saat pulang kerumah ortuku dan aku tinggal keluar kalo bobo in anakku kamarku dikunci aneh deh paddahal aku saja gak pernah kunci kamar ...... Hati - hati saja deh jangan terlalu percaya sama mereka


Asli freak!Gemes sendiri bacanya.