1

Topic: Menggendong saat Hamil

hai mamas,
saat ini saya sedang hamil 21minggu, dan usia kakak skrg 13 bulan. Alhamdulillah sudah lancar berjalan sendiri, tapi kalau sudah mengantuk atau saya baru pulang kantor selalu ingin digendong.
sebenarnya berbahaya tidak yah utk janin? kondisi bayi setiap periksa kehamilan normal. saya sendiri tidak ada keluhan sampai kemarin malam, kakak tidak bisa tidur dan minta digendong semaleman, perut rasanya mulas sekali.
saya bertambah khawatir krn kenaikan berat badan hanya 4kg selama 20minggu dan perut juga tidak terlalu bertambah besar. sampai sekarang juga saya masih menyusui, karena belum berhasil WWL.
ditunggu sharingnya ya mamas, terima kasih :)

2

Topic: Menggendong saat Hamil

waktu hamil dante, enzo juga masih berusia 10 bulan dan masih menyusui dan sering minta gendong. alhamdulillah gak ada masalah. memang agak pegel sih, apalagi waktu usia kandungan sudah masuk trimester k-3.

cara menggendongnya mungkin ada yg salah ma, karena ada tekniknya juga biar ga cedera.
saran saya sih kalo terasa sakit sekali, atau keluar flek, segera konsultasi ke dokter ya. tapi mudah2an sih baik2 saja, ga ada yg serius.

posisi/sikap tubuh sebelum menggendong hrs diperhatikan, tekukan lutut dan condongkan badan ke depan.
bila menggendong bayi dgn posisi bayi di pinggir/ di pinggang, posisi pertama ttp hrs dr arah depan, baru pindahin ke samping.
jangan menghentak, karena hentakan bisa menyebabkan cedera dan kontraksi.
kekuatan bertumpu pada paha saat mengangkat beban, jadi penting untuk menekuk lutut, agar kekuatan tidak bertumpu pada perut.
prinsipnya sama seperti mengangkat beban saat berolahraga aja sih ma, dan jangan lupa atur nafas juga, karena kalo kurang oksigen badan terasa cepat pegel :)

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

3

Topic: Menggendong saat Hamil

makasi masukannya :)
kalo gendong depan pake gendongan depan kayak boba gitu bahaya ga yah?

4

Topic: Menggendong saat Hamil

harusnya sih ga bahaya ya. tp balik lg ke kondisi msg2 bumil juga sih. kalo lg hamil gt kan agak risi ya, kalo mau gendong depan, jadi keteken dan ga nyaman. kalo saya sih gendongnya selalu menyamping ato gendong belakang. tapi memang ga lama2 juga, pegel soalnya :)
tapi waktu adiknya lahir sih, si kk balik lg sering digendong. sampe sekarang juga kk 4 thn masih suka saya gendong, tp memang dianya yg udah mulai nolak krn malu :p

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

5

Topic: Menggendong saat Hamil

hihi..iya nih..pengen belajar gendong balakang, tp anaknya g betah, kayak takut gitu, jd msh andalan sama jarik buat gendong sampingan aja
makasi yah sharingnya ;)

6

Topic: Menggendong saat Hamil

baru banget tau mulai hamil lagi dan masih early weeks..yeayyy gabung lagi dg pregnant mamas club :D
meski si kakak udah 2y4m tapi kalau pas jalan2 masih suka minta gendong
bahaya ga ya moms utk trimester pertama gitu??
TIA

7

Topic: Menggendong saat Hamil

seperti yg dibilang mba eka, kembali ke kondisi mama. sampe sekarang usia kehamilan 6 bulan saya msh suka mengendong kakak, tp memang tidak pernah lama2. kemarin sempat menggendong cukup lama dan langsung sering kontraksi. intinya tidak boleh dipaksakan kl memang mulai terasa berat.
kl trik menggendongnya sudah dijelaskan sama mba eka yah :)