1

Topic: Mimisan

Mama & Papa,
share dong, yg anaknya pernah mimisan.
Ponakanku dari batita sampai sekarang usia 10 thn masih sering mimisan kalo kecapekan atau udara terlalu dingin/ kering.

Trus, enzo juga pernah 1x mimisan waktu lagi pilek, tp gak banyak sih. dilap pake kapas trus tidur lagi, tidur dgn bantal agak tinggi & posisinya miring.

adakah mama papa yg lain yg anaknya mengalami mimisan?
share yuk, bagaimana penanganannya.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

2

Topic: Mimisan

Eka, dl waktu jaman aku kecil pernah sekali mimisan saat demam. Sama ibuku hidungku terus dimasukin gulungan daun sirih supaya cepat berhenti. Kalau posisi, sama ibuku aku disuruh duduk aja, jgn byk jalan atau lari kesana kemari dulu. Mmg ga lama kemudian mimisannya berhenti sih, ternyata mimisanku karena DB.

Ilyasaku pernah juga mimisan. Seingatku saat itu dia dalam sebulan 2 kali mimisan, padahal ga ada demam ga ada sakit apa apa. Karena ga ada daun sirih, perawatannya kubersihkan saja pakai tisu kering dan tisu basah. Saat itu ku pikir penyebab mimisannya karena saat itu dia lagi hobby korek2 hidung. Tp ternyata selang seminggu setelah mimisannya yg terakhir itu dia demam tinggi 4 hari, dan ternyata karena typoid fever. Sampai skrg aku juga masih bingung, itu mimisan ada hubungannya atau tidak dg gejala mau sakit typoid.

Semoga nothing serius ya dg enzo atau keponakan eka.

3

Topic: Mimisan

Eka
Aku juga sering mimisan, dari kecil sampai sekarang udah punya anak.. Dulu waktu kecil kalo mimisan biasanya karena lagi demam tinggi atau kelelahan karena abis mainan diluar ruangan yang panas, pas udah gede mimisan biasanya pas ujian, kalau belajar terlalu larut pasti deh besok paginya mimisan.
Udah periksa ke dokter, tapi semuanya baik dan normal, dokter juga bilang mungkin pas fisik lagi turun/lagi gak enak badan.. Sarannya lebih banyak istirahat aja.
Kalo untuk penanganan, biasanya disuruh tiduran sambil dikasi gulungan daun sirih, kalau gak ada daun sirih pake tissue gak lama juga udah mampet.
Semoga ponakannya baik2 aja, dan enzo juga sehat terus.. :)

4

Topic: Mimisan

Wah sama banget nih, Keira (6yro) juga akhir-akhir ini sering mimisan. Sejak lahir sampai usia sekarang kalo dihitung 5-6x mimisan. Meskipun gak pernah banyak tapi bikin khawatir juga.

Jadi pengen tahu lebih banyak soal mimisan ini. Sebenarnya mimisan berbahaya gak sih? Faktor apa aja yang menyebabkan mimisan? Terus bagaimana mengetahui mimisan yang berbahaya dan yang tidak.
Please share yaaa

5

Topic: Mimisan

citraria
Saya dan adik2 jg srg mimisan di umur2 segitu bahkan smp sekitar SMA. Tp smkn nambah umur,frekuensinya uda smkn berkurang. Biasanya krn keseringan aktivitas di luar rmh,berpanas2 ria tnp pk topi/payung. Dulu demen bgt sepedaan kemana2 ga pk topi,pulangnya mimisan aja gt.
Kalo uda gt,pake daun sirih digulung,dimasukin di hidung. Qt rebahan,posisi kepala lbh tinggi dr kaki. Kdg2 dl sm nyokap,hidungnya jg sk dikasih es batu.
Oia,,gr2 panas dalam jg bs mimisan,trs kalo pilek tll kuat buang ingus,bs mimisan jg.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

6

Topic: Mimisan

indriani budi utami wrote:
Mmg ga lama kemudian mimisannya berhenti sih, ternyata mimisanku karena DB.


Baru inget dulu pas DB gue juga mimisan. Sempet pengen nangis gitu kirain gue sakit parah atau apalah *udah kaya sinetron* Soalnya kan lagi demam ya. Ternyata pas browsing-browsing dan nanya dokter gpp. Fiuh!

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

7

Topic: Mimisan

citraria - katanya sih kalo mimisannya ga berenti selama 15menit alias ngocor terus-terusan harus langsung konsultasiin ke dokter. Terus juga kalo mimisan berhubungan dengan demam ama sakit kepala plus kalo sampe lemah, naaah itu juga harus langsung pergi ke dokter ya. HTH :)

website : http://thebabybirds.net
twitter/IG : @almaviva

8

Topic: Mimisan

kemaren beberapa hari yang lalu mika sempet mimisan seharian. maksudnya sehari itu beberpa kali keluar mimisan. Ga gw kasih apa-apa sih, cuman kayaknya emang dia kecapean aja jadi mungkin tubuhnya ga seimbang, anaknya sih masih aktif banget. rencananya kemarin kalo sampe 2 hari ga sembuh ya bawa ke dokter, tapi pas udah tidur sih besoknya ga nongol lagi.

Mimisan mungkin terjadi kalo anak kecapean, demam atau flue gitu atau bisa juga karena alergi. tapi kalo terlalu banyak harus segera bawa ke dokter

Ibunya Mika yang selalu pengen punya waktu banyak buat Mika

http://dieta.web.id/

9

Topic: Mimisan

beberapa hari lalu ilyasaku juga mimisan sehabis bangun pagi. mimisannya lumayan banyak, jadi agak2 parno deh.

buka internet, tanya sana sini, banyak yg bilang mungkin kecapekan dan pengaruh perbedaan suhu udara yg drastis. iya juga sih, mmg malamnyakita pulang malam sehabis evaluasi dg dsa tumbuh kembangnya, plus malam itu hujan deras, jd dingin sekali udara di bandung.

tapi dari pada bingung sendiri akhirnya aku bawa dia ke dsa langganan. ditanya sering ga mimisannya. aku bilang ga. langsung disuruh cek darah untuk memastiknnya. hasilnya leukosit diatas normal. mmg sih, saat itu ilyasa lg batuk pilek. diagnosa dokter infeksi saluran pernafasan.

10

Topic: Mimisan

Ikutan share. Disini ada 2 yang sering mimisan. Kira dan ayahnya. Ayahnya sampai sekarang kadang suka mimisan. Gak sering dan banyak sih. Belum tentu juga 6 bulan sekali. Tapi ya gitu ada masanya tiba-tiba dia mimisan.
Nah, Kira juga begitu. Kalo Kira bisa ditebak, mimisannya ketika dia kecapekan. Sama, gak banyak juga. Dan sekarang dia tahu harus gimana ketika tiba-tiba dia mimisan. Pernah mimisannya waktu di sekolah, yang teman-temannya heboh dan gurunya panik dikirain lagi sakit, Kiranya lempeng aja, minta tissue lalu pegang sendiri tissuenya. Pulang sekolah gurunya cerita :) Ehhmm.. adikku yang no.2 juga begitu. Kalo kecapekan atau kelamaan maen panas-panas'an juga mimisan. Sampe pernah dibully sama temannya, karena dia laki, anak desa pula tapi gak bisa kelamaan kena panas :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

11

Topic: Mimisan

Ikutan juga yaaa...
Dulu aku pernah sih ngalamin mimisan,tapi seingatku 1x yang beneran. soalnya inget banget jaman sd dulu pernah dikira mimisan sama guru,padahal mah jerawatan di hidung aku pencet dan berdarah. Trus sekelas heboh gitu -_-.

Nah,pengalaman nanganin mimisan sih pas adekku SD,tiba2 jadi sering mimisan,ternyata memang karena baru pindah ke klaten,kan panasnya beda dan sering kecapean,persis kayak adeknya mbak wiwit gitu.

Terus ternyata Wilson ini begitu 3th beberapa kali mimisan! Awalnya sih takut dan panik. tapi setelah dicek memang anaknya ga bisa kecapean dan hidungnya ini tipis banget.
Masuk usia sekolah,malah makin menjadi mimisannya.
Jadi selain hobi mengorek hidung sampe mimisan,kadang kalo pas bersin suka sampe mimisan,karena bersinnya heboh gitu.

Disekolahan pernah beberapa kali mimisan,guru sama ibu2 yang nunggu disana pada panik,tapi untungnya sih wilson sudah biasa dan langsung sumpel tisu,makanya tiap ke sekolah pasti aku bawain tissu yang banyak dikantongnya.
Suka gemes juga sih kalo dikasih tau mamanya jangan suka korek hidung sampe dalem dan tetep dilakuin :(

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

12

Topic: Mimisan

Cindy,
Hahahaha..itu aksi pencet jerawat kocak bangeeet!

Oh Wilson kalo ngupil terlalu bersemangat yaa? Sama nih sama Enzo kalo ngupil khusyuk banget mana suka dielap2in ke tembok hih kzl!

Enzo skrg udah ngga pernah mimisan lagi. Yg kejadian di Bandung itu mungkin krn dinginnya ekstrim dan kecapean main jadi alerginya kambuh dlm bentuk mimisan.

Yang sekarang bikin parno justru bukan mimisan, tapi batuk2 sampe muntah.

Jadi Enzo tuh kalo main yg too excited gitu dia ga bisa kontrol, terlalu seneng kali ya..jadinya loncat2, lari2, ketawa2 dalam waktu hampir bersamaan dan akhirnya kecapean sampe batuk2 dan muntah.

Tapi untuk masalah mimisan, alhamdulillah sudah kelar, in sya Allah ga ada masalah serius. Terima kasih ya mamas untuk masukannya :*

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

13

Topic: Mimisan

hahaha.. wilson dan enzo ngupilnya asyiiik bener ya. Kebalikannya Kara nih. Kara paling gak suka ngupil. Bahkan dibantu ngupil juga gak suka. Kayak yang geli-geli jijik gitu. gemes deh kadang.

Beberapa hari lalu gantian si ayah yang mimisan. Mungkin kecapekan dan kurang tidur karena bbrp minggu kerjaannya banyak. Weekend pun sering di "manipulasi" anak dan istrinya buat jadi sopir. No wonder kan ya kalo Kira juga gampang banget mimisan kalo kecapekan.

Sebenarnya mimisan ini karena apa ya? pembuluh darah di hidungnya tipis ya katanya?

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

14

Topic: Mimisan

teh eka nah itu dia. Enzo sama Wilson mirip2 yaa..
Wilson mah hobi dipeper kemana2 deh upilnya,jadi wajib bawa tisu kemanapun.
Terus kalo main dan teriak2 yang heboh gitu ya kayak Enzo,batuk dan muntah. cuma kemarin tumben aja tuh ngupil dan batuk2nya ngga keluar pas playdate.

mba wiwit hahaha... Herbie kayak Kara. ngga suka ngupil apalagi dibersihkan upilnya. risih dia.
dulu masih enak karena hampir selalu bersih hidungnya,kalo sekarang suka kotor tapi ngga mau dibersihin,kan mamanya gemes.

Kalo Wilson sih dulu memang dibilangnya karena terlalu capek dan dia pembuluh darah di hidungnya tipis.

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/