1

Topic: Tonsilitis (Radang Amandel)

Hai mamods, smoga ngga double posting or wrong posting..
Hai mamas papas sekalian, minta saran and sharingnya...
Lagi "galau" nih...*halaah..

Raras ku (3y 10m) sering sekali pilek (6 bulan terakhir ini), hampir 1bln 1x selama 1-2minggu. Selalu kubawa ke DSA dikasih AB, sembuh. Kata dokter amandelnya radang.
Bulan ini, Raras pilek mampet banget idungnya sampai hampir 2 minggu. Sudah minum obat dari DSA, tanpa AB karena katanya tidak ada radang, tapi ngga sembuh.
Kemarin aku periksakan ke dr.Sp,THT, katanya amandelnya membesar (diagnosa T3-T4), dikasih obat dan disarankan untuk operasi pengangkatan amandel, saat nanti sudah sembuh...
curiga juga adenoid nya membesar menghalangi jalan nafas.
haduuh... operasi ya?
denger namanya aja dah ngeri banget.

Adakah pengalaman mamas papas atau sodaranya tentang operasi amandel dan adenoid (tonsilektomi adenoidektomi) pada anak usia belum sampai 4th ?

Thank you...

mama Raras

2

Topic: Tonsilitis (Radang Amandel)

baby katie, judul thread-nya dipendekin ya ...

silakan mamas yg mau share ..

less ego, more heart

3

Topic: Tonsilitis (Radang Amandel)

baby Katie,
AFAIK masalah operasi amandel sampai saat ini masih menjadi pro dan kontra. Ibarat rumah, amandel adalah pintu gerbang yang menyaring virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh kita. Kalau pintu gerbang itu diambil, maka semua bakteri, virus akan lebih mudah masuk ke tubuh kita. Memang setelah operasi amandel anak jadi jarang sakit, karena memang sudah tidak radang lagi. radang amandel mengisyaratkan bahwa pintu gerbang sedang digedor2 musuh. Kalau tidak ada pintu gerbang memang sudah tidak ada gedoran2 keras lagi. Tapi kuman dan virus langsung masuk, bisa ke ulu hati, bisa ke ginjal, dan organ pencernaan yang lain. Padahal sebagian besar kekebalan tubuh kita ada di organ2 pencernaan. Maapken kalo salah CMIIW Mamas..

Sependek pengetahuan saya yang memiliki riwayat radang amandel di keluarga (saya, suami dan skrg anak saya) ada dokter yang menyarankan untuk tidak perlu operasi. Dulu waktu suami masih toddler juga pernah disarankan untuk operasi amandel. tapi MIL cari second opinion dan bisa tidak dioperasi. Dengan beberapa langkah pengobatan tentunya. Jadi saran saya, coba cari opini dari dokter yang berbeda. Semakin banyak masukan dari para pakar untuk jadi bahan pertimbangan, semoga semakin mempermudah mengambil keputusan ya Mama.. Semoga segera dapat jawaban yang terbaik :) HTH.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

4

Topic: Tonsilitis (Radang Amandel)

baby katie
dulu waktu aku kecil juga disarankan untuk operasi, tapi mama cari second opinion, dan dokter kedua menyarankan untuk menunggu dan kasih penjelasan kurleb kyk kata Kira Kara di atas.
ternyata, semakin besar, jarang kumat kok amandelnya..
thank god nggak dulu gak jadi langsung operasi.

kalau memang tidak mengganggu sekali, IMHO, coba tunggu beberapa tahun dan cari second / third opinion..

5

Topic: Tonsilitis (Radang Amandel)

Wah,,kalo aq yg termasuk dioperasi amandelnya. Pertimbangan nyokap utk setuju dioperasi krn hmp tiap bulan aq ga masuk sekolah krn radang amandel. Ini kejadiannya wkt SD,sekitar umur 9-10th. Kira2 smp seminggu ga masuk sekolahnya. Tiap radang pst dikasih AB. Akhirnya pas kira2 kelas 5 SD,dokter mutusin utk operasi. Kalo pertimbangan nyokap drpd ga masuk sekolah mulu,takut ketinggalan pelajaran. Jd yauda,amandelku diambil.
Oya,,kalo bokap jg operasi amandel di umur 45-47th.
Oya,,nyokap bukannya ga mau cr 2nd opinion dr dokter lain tp lbh krn dulu kami tinggal di kota yg dokter (yg oke) terbatas.

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

6

Topic: Tonsilitis (Radang Amandel)

Thanks mamas atas sharingnya.
Iya,ini baru masukan dari 1 dr.sp.THT. aku akan cari 2nd/3rd opinion lagi. karena hasil rontgen Raras menunjukkan hypertrophy adenoid juga. Ini kalau pas pilek, hidungnya mampet sampai mengganggu nafasnya saat tidur.
Aku sudah ke 2 DSA, beliau menasihatkan kalau atas indikasi medis, keputusan untuk operasi bisa dilakukan. Karena ditakutkan terjadi sleep apnoe/sesak nafas saat tidur. Adenoid ini nyambung dgn amandel/tonsil.
kata para dokter yang sudah aku kunjungi, kalau amandel diambil, pertahanan tubuh akan dibantu oleh sistem / organ/ kelenjar yang lain.

Semoga dapat jalan yang terbaik, mohon doa nya ya mamas...
dan semoga kita dan anak-anak kita sehat selalu...amin..

mama Raras

7

Topic: Tonsilitis (Radang Amandel)

Dear baby katie , sudah baca2 tentang tonsilitis di mayoclinic misalnya? juga hypertrophy adenoid? sekalian sleep apnea?

setuju dengan Kira Kira, tonsil itu pintu gerbang pertama terhadap perlawanan virus atau bakteri yang masuk melalui mulut.

aq iseng buka mayoclinic, ketemu ini untuk opsi operasi. lengkapnya baca di link di bawah. mulai dari penyebab, risk factor, complication, dll ada di sana.


source: http://www.mayoclinic.com/health/tonsillitis/DS00273/DSECTION=treatments-and-drugs

Surgery
Surgery to remove tonsils (tonsillectomy) may be used to treat frequently recurring tonsillitis, chronic tonsillitis or bacterial tonsillitis that doesn't respond to antibiotic treatment. Frequent tonsillitis is generally defined as:
- More than seven episodes in one year
- More than five episodes a year in each of the preceding two years
- More than three episodes a year in each of the preceding three years

A tonsillectomy may also be performed if tonsillitis results in difficult-to-manage complications, such as:
- Obstructive sleep apnea
- Breathing difficulty
- Swallowing difficulty, especially meats and other chunky foods
- An abscess that doesn't improve with antibiotic treatment

Tonsillectomy is usually done as a one-day surgery, unless your child is very young. That means your child should be able to go home the day of the surgery. A complete recovery usually takes seven to 14 days.
wrote:


semoga segera dapat pencerahannya. ga ada salahnya cari 3rd opinion. saya pernah di SpTHT waktu Katya Otitis Eksterna di usia 2m.

semoga berkenan. maaf ga bisa bantu banyak.

Mother of Katya and Karim

8

Topic: Tonsilitis (Radang Amandel)

Haii bunda mau tanya nie, kl amandel gt ciri2nya gmn yah.... apa kl srg radang tenggorokan itu bs jd amandel.
Ini anakkj kykna lg panas dalam, kl nelan mkanan dya mengeluh sakit, trs bibirnya jg kering.

TFS ya bunda sekalian :)

9

Topic: Tonsilitis (Radang Amandel)

Ashwindhiwa,
AFAIK, gejalanya salah satunya memang susah menelan. Demam. tenggorokan merah dan amandel membesar.
emang mirip2 sih sama radang tenggorokan. Kalo amandelnya membesar/bengkak berarti memang radang amandel. Sepertinya DSA nih yang bisa jelasin detailnya..

Kalo saya mengenali amandelnya KI-KA mulai radang, ketika tidur biasanya jadi ada suara dengkurnya. Karena ketika amandelnya membengkak, menghalangi jalan nafas. Means, saya harus ekstra aware untuk kekebalan tubuhnya. Banyak minum air putih, madu, dan jaga kebersihan/kesehatan mulutnya. HTH

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

10

Topic: Tonsilitis (Radang Amandel)

aswindhiwa
Cara saya utk tau sdg amandel ato enggak,,,selain susah/sakit saat menelan makanan,bs jg dg meraba di bagian atas leher ato tepat di bagian bwh rahang. Kalo terasa ada benjolan,biasanya amandelnya radang. Ini sih pengalaman diri sndr kalo dl srg ke dokter. Hehehehehe....

Garnetzhia and Ametysha are my little angels

11

Topic: Tonsilitis (Radang Amandel)

kira kara, natallia
Ohh gt yah bund, ini ashwin ga pake panes sih cm bibirnya merah gt. Maemnya agak ga selera. Kmrn pas imun adiknya smpat cek dokter ktanya itu iritasi dr mkanan (bs dr getah buah yg blm dibersihin misalnya) dan dsa.nya cm kasi salep bwt olesin di bibirnya krn smpe ujung2 bibirnya kering gt.
Ehhh dr td pagi kyknya skit lagi tuh, soalnya hbs mkn pagi pas nelen gt dy pegang2 tenggorokannya. Dan otomatis g mau mkn, mau susu aja. Bru siangnya cm maem cream sop dr bpknya :(
Jdi bngung jg, anaknya sih main biasa cm kl mau bo2 ato ga br bgn jd agak rewel mngkin kl lg kerasa skitnya.
Kl smpe bsk g da perubahan mo cek dsa lg, mdh2an mau sembuh deh ashwin :)