1

Topic: Mengasuh Si Kembar

wuaaaa baru tau kalo ada forum ini,anakku kembar fraternal Fafa Fifi sekarang udah 9m 2w, udah mulai rebutan mainan, si adek Fifi suka ngerebut mainan Fafa, padahal mainannya udah ada 2 sama persis.
Sepertinya stok sabar harus banyak ya kalo punya anak kembar

Baru denger juga ada catch up bayi kembar,Fafa Fifi masih dibawah terus, minta tipsnya mom biar bisa cepet catch up< kasihan juga ngeliat mereka mungil2

2

Topic: Mengasuh Si Kembar

welcome bubunyafafafifi.. :)
waaaahh.. rebutan mainan juga terjadi sama toddler sayaa.. meskipun ada mainan yang serupa. Meskipun seiring pertumbuhan usianya, acara rebutan makin jarang terjadi. Kalo saya mensiasatinya, dengan mengalihkan object pada salah 1 anak. Mainan yang lain pun juga tak kalah asiknya. Mainan tidak harus sama.. Kalau mau mainan yang sama ya sebaiknya gantian atau main bareng2. Awalnya di rumah setiap kali rebutan mainan selalu ditanggapi dengan histeris dan berlebihan. Tapi ternyata malah tidak menyelesaikan masalah.. yg ada tangisan makin kenceng, makin destructive dan makin menjadi2. Yang akhirnya mulai saya redam, dimulai dari diri saya sendiri. Ketika rebutan saya tidak lagi menanggapinya terlalu antusias. Paling hanya saya bilang "bunda gak suka kalo mainannya dibuat rebutan. Bunda suka kalo mainnya gantian/main sama2.." Lalu saya pura2 cuek.
berusaha menenangkan diri sendiri, dan tidak ditanggapi terlalu berlebihan.
Setelah selesai mulai deh di whisper hal2 yang positif... :) Never give up deh untuk whisper hal2 yang positip. Meskipun kelihatannya gak mempan, but it works.. pelan tapi pasti mulai menampakkan hasilnya.
Sekarang kalo mulai rebutan, saya cukup menampakkan wajah tidak suka, dan mereka mulai ada yg mengalah salah satu.. :)
Meskipun masih juga ada acara rebutan tapi frekuensinya sudah sangat jauuh berkurang, tak lagi se-destructive dulu.. memang butuh stock telaten.

Untuk catch up, semua bayi yang ketika lahir prematur atau BBLR pasti akan melalu tahap "mengejar ketertinggalan". Karena bayi BBLR harus mengejar ketertinggalan BBnya agar setara dengan bayi normal. Demikian juga bayi prematur. Umumnya pada bayi prematur ketertinggalan bukan hanya pada BB, tapi juga pada motorik. untuk share tipsnya, yang pernah saya lakukan dalam mengejar ketertinggalan BB dengan diet tinggi kalori. Untuk catch up kemampuan motoriknya dengan sering melakukan kegiatan2 yang merangsang perkembangan motoriknya. dan tidak terlalu over protective yang justru menghambat perkembangan motoriknya. agar tidak OOT catch up bayi mungil bisa di intip di bayi mungil. HTH (hope this help) :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

3

Topic: Mengasuh Si Kembar

Haiiii senang sekali ketemu tread ini, saya ellen mommy nya audrey dan patricia (13m) :)

Err.. mau sekalian nanya hehehehe, anak2 ku dah terbiasa tidur perlu diayun2 dulu *tepokjidat* , and now i would like to break that habbit, any advice gimana caranya? Secara udah keenakkan di gendong2 jadi klo ditaro di ranjang trus ditepok2 malah either nangis atau main2 di box *sigh* belom lagi klo satu nangis, satunya jadi bangun, atau belom tentu dua2nya dah ngantuk, yang bangun malah ngeberisikin satunya duh pusiiiing....

4

Topic: Mengasuh Si Kembar

Halo mamas, salam kenal semua.. Saya newbie disini... Senang deh bisa nemu thread ini karena saat ini saya sedang hamil kembar, baby boy and baby girl. Lahirannya sih masih Januari tahun depan tapi rasanya penting banget nih untuk mulai membekali diri dengan ilmu parenting, terutama bagaimana cara mengasuh anak kembar. Rasa2 nya saya akan banyak tanya nih ke mamas yang sudah punya banyak pengalaman di dunia parenting perkembaran secara aku new mom, jangankan mengasuh 2 babies... Satu baby ajha masih blank hahaha...:D

Pertanyaan pertama buat moms... Kalau bayi kembar begini baby sitter cukup 1 kemudian 1 baby nya lagi saya sendiri yang pegang, atau mungkin 1 BS dibantu 1PRT, atau gimana ya moms? Kondisi saya saat ini rasanya tidak memungkinkan untuk minta bantuan mama/mertua untuk bantu urus baby (mereka sudah berumur dan kebetulan ada penyakit jadi ndak boleh capek2). Tapi kalau langsung dibantu 2 babysitter rasanya berat di budget, soalnya saya baca di thread sebelah baby sitter new born yang ok starting rate nya 2.5 jt (*tepok jidat*). Saat ini sih saya sedang tidak ngantor (demi mensukseskan program IVF, makanya bisa dapet si kembar ini...yeyyy) dan baru rencana kembali ngantor lagi setelah babies-nya 5 atau 6 bulan, mungkin kalau saya kembali ke kantor mau tidak mau harus dibantu 2 BS ya moms... Mohon masukannya ya moms..

Thank you sebelumnya :)

Mom of adorable twinnies baby K & baby N

5

Topic: Mengasuh Si Kembar

Mommy Ellen, aduh pasti repot bgt ya klo kayak gitu,fafafifi juga baru bisa tidur kalo digendong, trus ditaro di tempat tidur tapi pelaaaan bgt trus diapit bantal badannya biar berasa masih dipeluk<emang agak susah awalnya, masih sering nangis kalo ditaro, tapi kita harus konsisten, lama kelamaan mau kok


mommy Iwidya,wah senangnya ya dapat twinies, kalo saya sih sikembar awalnya sama mertua+ 1 ART soalnya disini susah nyari BS + mahal

6

Topic: Mengasuh Si Kembar

mom Iwidya,
Wah semoga lancar ya kehamilannya sampai nanti melahirkan. Memang utk mengasuh anak kembar tidak semua art mau, jadi ini pake perjanjian bahwa kerjanya memang momong si anak. Sekarang ini aku pake 2 art utk menjaga si kembar athar audry yg umurnya 1th, dan kakaknya yang baru umur 2th 2bln lebih banyak sama eyang ti...hihi rame? pastipuuun..kalo ke mall se rombongan deh kita.

live in a colourful life with 3 lil angels, Jehan Athar Audry..

7

Topic: Mengasuh Si Kembar

audreypatricia,
setuju sama bubunyafafafifi kalau dibiasakan bobok tanpa di gendong, lama-lama terbiasa dan lebih mudah kok. I feel u.. satu sudah tidur lelap, satunya nangis, bangun semua deh.. biasanya kalo 1 udah tidur lelap dan 1nya masih on, biasanya saya pisah tidurnya. biar gak mengganggu siblingnya yg sudah lelap. kalo sudah capek, pasti lebih cepet boboknya.. :)

Iwidya ,
saya juga bekerja. selama ini saya hanya menggunakan 1 ART yang juga berfungsi ganda sebagai BS. selama saya kerja, Kira-Kara diasuh eyang utinya, dibantu ART ini. sebenarnya semua keperluan KI-KA sudah saya siapkan sebelum brkt termasuk makannya sudah siap. ART membantu hanya ketika uti-nya sedang mengerjakan hal lain seperti mandi, sholat, atau melakukan hal lain. KI-KA dijaga sama si ART. dan kalau saya di rumah ART libur handle ki-ka. hanya bebersih trus pulang (saya ambil ART yang gak nginep).
tapi, semua bergantung pada kenyamanan setiap orang tua. Pasti setiap ortu punya pertimbangannya sendiri2. Bahkan saya punya teman yang punya anak 1 tapi BSnya 2 karena si anak yang aktif sekali. Semoga segera menemukan solusi yaa.. :) yang penting lahiran nanti sehat semua ibu dan si kembar..

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

8

Topic: Mengasuh Si Kembar

Alhamdulillah saya akhirnya sempat bergabung di TUM karena dulu hanya ngikut di FB saja.

Saya tergolong Newbie disini, seneng banget ada forum ini, dan tahu kalo salah satu moderatornya punya twins juga.

2 bulan lalu saya menjadi ibu dari 3 anak, anak pertama kembar identik cowok (2y) otomatis menjadi anak pertama dan kedua, anak ketiga cewek (lahir menembus KB spiral :)hehe)
anak

untuk nama sengaja dari awal tidak dibuat kembar Zamir-Zello (singkatnya ZamZel). Saya dan suami juga tidak pernah menyamakan bajunya kecuali memang tidak ada pilihan, kami selalu minimal membedakan warna.

Alhamdulillah ZamZel lahir dengan BB seperti bayi normal 2,72 dan 2,85 sehingga selalu catch up, hanya saja masih belum bisa bicara jelas sampai sekarang, karena dikeluarga saya memang hampir selalu begitu, jalan cepet (zamzel 10bulan jalan) ngomong lambat,

ZamZel dari kecil mempunyai kamar sendiri dan tidur sendiri, tapi pas masih kecil sering saya bawa ke kamar saya. awalnya karena pasca melahirkan saya pendarahan hebat, sehingga cukup lama sakit dan recovery nya cukup lama mengingat ZamZel lahir dgn BB cukup besar untuk bayi kembar.

Saya punya tips untuk mom yang punya bayi kembar, entah saya pernah baca dimana sudah cukup lama. Kita sebagai ortu anak kembar harus punya waktu sendiri-sendiri dengan salah satu dari si kembar. jadi semenjak usia ZamZel setahun saya selalu bergilir mengajak tidur salah satu dari mereka. supaya terjalin kedekatan ortu dan anak dengan mengikuti gaya masing2. dan ini cukup berhasil menurut saya. saya jadi lebih tahu sifat dan kesukaan masing2. dan mereka bisa menjadi diri mereka sendiri tanpa harus mengikuti siapa yang dominan.

Saya ingin Tanya ke mama alesha, mama alesha suka nggak ya dibedain jadi kakak dan adek dengan kembarnya? Karena saya pernah dpt info dari beberapa anak kembar dan ortunya kalau mereka paling benci dibuat kakak dan adik, karena sang kakak jadi suka disuruh mengalah dan pada akirnya protes karena merasa umurnya sama jadi tidak perlu mengalah.
Jadi sejak ZamZel punya adek saya tidak membiasakan mereka dengan ber kakak-adik, saya menganggap mereka berdua kakak, karena punya adik lagi. Dan sebenarnya saya bingung menunjuk siapa yang kakak, karena menurut ibu saya (org jawa) kakak adalah yang lahir kedua (Zamir), padahal di Kartu Keluarga Zello adalah anak pertama karena berdasarkan surat lahir RS. Lagian kan saya lahiran sesar, jadi suka2 obgynnya ambil yang mana duluan ?,

Maaf mom kira-kara usia twinsnya berapa ya? saya ingin sharing langsung nih, kebetulan saya di Surabaya. Anak saya juga sangat suka berebut mainan, meskipun ada mainan persis sama yang sudah saya belikan mereka ttp berebut salah satu, mereka sangat suka bersaing. Saya sampai pernah membuang salah satu mainannya yang diperebutkan untuk efek jera, akirnya kadang mereka mengerti ketika mereka berebut dan saya bilang “kalau rebutan mainan, mainannya dibuang lho?” kadang salah satu akan mengalah, kadang juga tidak, tergantung mood mereka.
Anak kembar saya ini sekarang sedang sangat pemarah sering banget tantrum, rebutan, pukul2an, dorong-dorongan, dan semua kegiatan yang sangat membahayakan. Hal ini meningkat saat saya sudah hamil tua, dan sekarang puncaknya.
Saya sampai berencana menambah ART dari 2 menjadi 3. Karena 2 saya rasa sudah tidak cukup, 2 hari ini Zam dan Zel sudah jatuh beberapa kali, zel jatuh dikamar mandi 2 kali, Zam jatuh dari tangga 1 kali. Lalu adeknya (namanya Lova) suka ditindihin ZamZel sampai Asinya nyemprot kemana2 kalo pas nggak diawasin. Dan karena saya working mom yang super duper sibuk, hampir tiap minggu dinas keluar kota, dan sering dinas ke luar negeri begitupun suami saya, untungnya rumah saya bersebelahan dengan ibu saya.
Mama anak kembar yang lain apa kembarnya juga sering jatuh seperti saya?
Zamir sudah pernah bocor kepala karena jatuh dan sering sekali jatuh terkena bagian kepala, Zello juga sudah berkali-kali jatuh di kepala. Rasanya ZamZel jatuh adalah makanan sehari-hari, sedih bgt sebenarnya, cuman mereka memang sangat aktif dan susah sekali untuk dilarang, suka dorong2an dan tarik2an sampai membuat saudaranya jatuh. Yang jelas menjaga ZamZel tidak bisa lengah sedetikpun.
Lalu saya ingin Tanya juga dengan mama kembar yang lain, apakah kalau satu sakit pasti satunya ikut sakit? Bulan lalu ZamZel opnam di RS selama kurleb 2 minggu. Awalnya Zel kejang demam panas 38,5 lalu 4 hari kemudia Zam panas 39, karena takut dan zel sempat divonis DB, saya masukkan Zam ke RS juga meskipun tidak kejang, pertimbangan saya, saya sedang punya baby usian 2 minggu dirumah, kasihan kalau tertular DB dan supaya Zam tidak ikutan kejang. Saya gak tega dan gak siap liat Zam kejang seperti Zel. Eh 2 hari kemudian ternyata bukan DB dan sempat divonis kelainan darah / ITP (penyakit auto imun dimana ketika infeksi, imun menyerang trombosit) saya sampai datang ke 5 dokter dan melakukan berbagai tes untungnya akhirnya bukan ITP, tapi mungkin alergi yang tinggi, saat ini akan tes alergi. Kejadian ini sempat membuat jantung saya stop, karena salah satu dokter sempat bilang bahwa kembar monozigot sangat mungkin terkena penyakit kelainan darah karena kurang matang saat dirahim, dan apabila satu kelainan darah, kemungkinan 95% satunya juga punya kelainan darah.

Kalo urusan tidur, untungnya keluarga saya selalu melarang untuk menggendong anak terutama diayunkan, jadi zamzel cukup di puk-puk pantat ketika akan bobo, kecuali saat sakit.

Thanks TUM

Amazing Twinos and baby Girl

9

Topic: Mengasuh Si Kembar

haiii bundazamzelova
seneeeng deh ada mama bayi kembar lagi yang ikutan disiniii..
*toss* ternyata sama-sama di Surabaya yaaa.. kalo ada acara kopdar boleh dunk ikutan, biar bisa kenalan sama Zamir dan Zello.
Kembar saya KIRA & KARA usia 29 bulan sekarang. Lahir bulan Juni 2010. Katanya usia-usia itu memang usia anak lagi posesif2nya. Usia Eksplorasi dan berekspresi. KI-KA dulu kalo rebutan juga dahsyat, kalo gak gigitan2 ya dorong2an. Tapi semakin ditanggapi heboh, makin heboh pula rebutannya. Dulu awal2nya setiap kali gigit/dorong, kita selalu menanggapi dengan nada keras dan heboh. Tapi lama-lama saya menanggapinya "kalem". Maksudnya bukan dibiarin, tapi lebih cool down dan tetep tegas. Kalo sudah "anarkis" biasanya saya pisah dulu. 1 di kamar depan, 1 di ruang tengah. setelah agak tenang, saya dudukkan lagi berdua, mau maen lagi gak? mau berbagi gak? mau gantian gak? Kalo masih keukeuh pengen maen itu, dan tidak mau gantian, biasanya saya alihkan dengan mainan yang lain. saya beri opsi lain. Misal: mereka rebutan boneka barbie warna pink. krn tidak mau gantian/berbagi saya beri pilihan "mau maen masak2an gak?" atau "mau maen puzzle gak?". Tujuannya, tidak lagi rebutan, tapi juga menghindari tindakan ekstrim yg tidak mungkin saya lakukan. pernah bilang "nanti mainannya bunda buang" pdhl dalam hati bilang "sayang nih, harganya mahal" heuheu.. akhirnya ketahuan jg sama KI-KA kalo mainannya ternyata ga dibuang, jadi gak lagi mempan deh senjatanya. Lagian kok rasanya saya juga gak kalah ekstrimnya dengan KI-KA yang saling gigit yaa.. hihihi.. Akhirnya saya alihkan, meskipun mengalihkan perhatian mereka ke mainan lain itu susahnya bukan main. Bahkan saya harus berlaku nampak asyiiiik sekali dengan mainan lain itu, sambil merayu2 mereka untuk nemenin saya maen.. hehehe... yang penting saya gak mau kalah "tricky" deh sama KI-KA.. :D

Sependek pengalaman saya, ketika KI-KA mulai bertingkah "over", entah itu sering tantrum, manja yang teramat sangat, atau tingkah yang membuat alis saya berkerut, biasanya saya suka merenung, bertanya pada diri saya sendiri, apa yang salah dengan saya atau orang2 sekitar saya. Karena IMHO ketika anak tantrum atau manja itu untuk menarik perhatian, atau ada keinginan/emosi yang tidak tersampaikan secara tepat. Ketika ada yang "salah" pada KI-KA itu bukan karena kesalahan KI-KA, tapi kita (orang2 yang mengasuhnya). Karena bayi/anak belum memiliki niat buruk. Biasanya entah karena mereka terlalu diperhatikan atau justru malah kurang perhatian. Kalau eyangnya kangen, mereka sering jadi pusat perhatian, pasti tak berapa lama mudah rewel, mudah putus asa, dan ujung2nya dikit2 nangis dan minta gendong.
Jadi IMHO sikap anak adalah cerminan sikap kita. apakah kita sudah mengajarkan mereka cara berbagi yang benar, apakah kita sudah mengajarkan mereka cara mandiri dan saling menyayangi, apakah kita sudah mengajarkan mereka bersikap santun dan percaya diri.. Itulah kenapa sebagai orang tua kita dituntut untuk terus belajar...

waaakksss.. maap, saya jadi ceramah... Hanya bermaksud berbagi pengalaman. Yuuk hadapi masa2 indah bersama si kembar Mom.. Kalo ada waktu, ketemuan yuukk!!

Oh iya, soal sakit nih, so Far, kalo 1 sakit belum tentu yang 1nya sakit. Dan saya tidak menganut faham "kalo kembar satu sakit semua sakit" hehe.. sebenarnya saya hanya mensugesti diri saya sendiri sih. Jangankan yang kembar, yang saudara bukan kembar 1 rumah bisa saja 1 sakit dan lain bisa ikut sakit. Tergantung handling ketika sakit. Kalo 1 batuk, agar tidak tertular ya dipisah tidurnya, pake masker. Karena saya pernah handle waktu KIRA kena Roseola, saya keep agar KARA tidak tertular. Again, itu hanya sugesti saya sendiri utk memudahkan penanganan. Karena kalo 1 sakit semua sakit ribet jugaa yaa.. :D meskipun pernah juga semua kena batpil.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

10

Topic: Mengasuh Si Kembar

Waah gitu ya.. Kira Kara

mungkin memang saya agak cuek dengan ZamZel ya, karena IMHO mereka tuh cowok jadi sering saya biarkan menyelesaikan masalahnya sendiri. Tapi biasanya setelah nggak bertengkar saya suka ngomongin ke mereka satu persatu harusnya bagaimana, kenapa saya begitu, dan sebagainya. Apa saya kecepetan kali ya, Karena saya selalu merasa mereka nih sangat ngerti apa yang saya omongin tapi memang mereka belum bisa ngomong jelas aja ke saya.
Dan memang saya ngerasa banget kalau saya tidak punya cukup waktu dengan mereka mengingat saya memang punya pekerjaan yang sangat hetic. Dan memang saya ajarin mereka tidak terlalu tergantung dengan saya, kasihan kalo mereka manja dan tergantung dengan saya, saya jarang ada buat mereka. Hiks, iri banget sama full time mom. Tapi apa daya, biaya 3 anak ini cukup membuat financial planning berantakan.

Rumah Mom Ki-Ka dimana yaa? saya di daerah Surabaya Selatan. Mumpung saya sedang cuti nih sampai tengan Des, kalo bisa ketemuan sharing-sharing. Kopdar apaan yah? kopi darat gitu?

Kalau sakit nih mungkin karena memang sakit ZamZel ini karena allergi dan bakat lahir yaa, jadi mungkin keliatannya bareng. ini mereka batuk udah 6bulan, baru dapat rekomendasi buat tes alergi di dokter aryanto, tapi minggu depan baru kesana.

Oiya mom Ki-Ka, pernah ngerasa kayak mereka berdua bertukar Ruh nggak ya? karena saya sering banget ngerasa mereka itu bertukar kebiasaan, gaya, dan kesukaan. pokoknya serasa tubuhnya Zamir tapi ruhnya Zello dan sebaliknya, ini sudah saya rasakan sejak mereka bayi. hehehe, entah hanya perasaan saya saja atau memang begitu.
Trus Ki-Ka punya tanda lahir atau perbedaan yang jelas nggak mom? soalnya ZamZel ini nggak ada tanda lahir, perbedaan paling jelas hanya Zello sedikit lebih gendut dari Zamir.

thanks mom Ki-Ka ditunggu janji ketemunya.

Amazing Twinos and baby Girl

11

Topic: Mengasuh Si Kembar

hai bundazamzelova,
Bagaimana ketika si kembar bersama BSnya? Apakah BS juga memiliki pola asuh yang sama dengan bunda? bukankah pola asuh untuk mendidik anak itu dibutuhkan konsistensi?
Mungkin ada baiknya bunda membaca artikel psikologis anak atau mengikuti kultwit para psikolog. Menarik untuk dipelajari lhoo.. Karena menurut saya handling anak kembar itu sedikit berbeda dengan anak tunggal. Karena mereka terlahir sudah memiliki pasangan yang bisa jadi saling cemburu, saling bersaing, saling berbagi, saling segalanya deeh.. heuheu.. :) dan memperlakukan ke-duanya butuh keseimbangan berdasar karakter masing2 anak.

Iya, kopdar itu kopi darat. Rumah saya di area surabaya timur, tapi kantornya di area surabaya selatan. Bahasan kopdarnya via w.a aja yaa.. biar gak OOT.

Iya, saya juga mengalami sifat dan kebiasaan mereka suka berganti2. tapi kurang tahu deh apakah itu bertukar ruh atau bukan. :D Saya melihatnya mereka dalam masa pembentukan karakter. Dan lagi untuk anak kembar katanya ada yang namanya TES atau Twin Escalation Syndrome, yaitu kecenderungan perilaku seorang anak yang meniru kembarannya. Tujuannya untuk menarik perhatian orang-orang sekitarnya. Seiring pertumbuhannya akan semakin terlihat kok karakter asli tiap-tiap anak.

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

12

Topic: Mengasuh Si Kembar

Kalo dengan ART sebenarnya saya sudah ajarkan visi-visi pengasuhan sesuai kesepakatan saya dan abinya, tapi sedihnya baru aja ART saya ganti karena yang ikut saya dari ZamZel bayi menikah dan tidak kembali lagi.
Sekarang ARTnya baru lagi, jadi masih proses bonding dulu supaya ZamZel mau dengan ARTnya.
Nanti baru disatukan visi dengan kami.
Kalo ilmu tentang ini Alhamdulillah sudah pernah baca-baca buku sih.

kultwit psikolog dimana bacanya mbak, maklum newbie nih di forum2 ibu2 begini, saya banyak baca review banyak gak ngertinya ttg singkatan2 ibu2, apa ada guidenya ya di TUM ini. hehehe, supaya newbie kayak saya nggak terlalu confuse.

W.A apa ya? hehehe

tentang ganti ruh, mungkin mom Ki-Ka bener juga. tapi saya melihatnya itu perubahannya banyakan dari sifat bukan tingkah ya. tapi ya nggak ada yang tahu pasti sih, mungkin juga perasaan saya saja.

Mengasuh si kembar kayaknya memang nggak pernah habis nih ceritanya, saya menunggu kopdarnya deh

Amazing Twinos and baby Girl

13

Topic: Mengasuh Si Kembar

bundazamzelova
kultwit para psikolog biasanya saya ikuti via tweeter mbak..
untuk singkatan, nettiquette, silahkan tengok dulu forum berikut
w.a = whatssapp

Oh iya, untuk tanda lahir, kebetulan KARA memiliki tanda lahir di perutnya, sedang KIRA tidak ada. Kalo dari luar sih sama seperti ZAM-ZEL, biasanya orang akan mengenalinya juga dari posturnya. KARA lebih mungil dibanding KIRA.. :D
apalagi kembar saya catch up BBnya lambat banget, jadi dibanding anak usia sebayanya, KI-KA terlihat lebih mungil.. :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

14

Topic: Mengasuh Si Kembar

senang juga nih ketemu thread mengasuh si kembar ini :)

aku masih 6 bulan sih hamilnya, tapi udah bingung jg masalah ART ini, sampai sekarang di rumah ada ART tapi hanya cuci dan bersih2 rumah selama 2 jam habis gitu udah, pulang.. nah mau cari ART yang nginep sih tapi susahnya minta ampun ini...belum dapet-dapet, padahal target bulan ini udah dapet ART :D

makasih banyak sharingnya mom semua tentang mengasuh bayi kembar, bisa banyak terbantu deh nanti kalo mereka udah lahir ;)

15

Topic: Mengasuh Si Kembar

Hi moms, salam kenal semuanya... saya baru join nih, baru punya baby kembar, skrg usia 2 bulan... seneng deh ada thread ini, buat persiapan ngasuh twins nanti2...

Blessed mommy...

16

Topic: Mengasuh Si Kembar

menok dan elions,
sering-sering mampir di thread ini yaa.. biar bisa sama-sama share bagaimana mengasuh si kembar :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

17

Topic: Mengasuh Si Kembar

Wiwit...makasih share yang sangat membantu tentang cara menghadapi si kembar Kira-Kara..
Kebayang deh serunya punya anak kembar ;p

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

18

Topic: Mengasuh Si Kembar

@kira kara: i'm so sorry, sedikit menggaggu. topics vaginismus udh closed ya? :'( krn susah banget search nya...

19

Topic: Mengasuh Si Kembar

Reya bahasan Vaginismus ada disini ya :)

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

20

Topic: Mengasuh Si Kembar

mommies twinners...

agak OOT nih..., lahirannya normal atau cesar kah? apakah hamil kembar jaman sekarang harus di cesar..?

pls advise ya...

uminya Rafisqy Raefal

21

Topic: Mengasuh Si Kembar

haloo alhamdulillah udah lahiran nih maret kemarin jadi sekarang udah 3bln usianya, namanya sengaja aku dan suami bedain yaitu Alma dan Aida (cewek) dan lahir dengan satu plasenta melalui operasi sesar.

udah seru banget nih mengasuhnya, sekarang ngasuhnya dibantuin sama pengasuhnya anaknya kakak aku, jadi buat penyesuaian engga susah alhamdulillah :)
kalo kata banyak orang, susah ngebedain Alma sama Aida, tapi sejak awal lahir bentuk badan mereka udah beda. Alma agak gendutan sedangkan si Aida langsing, jadi ngebedainnya sampe sekarang masih bentuk badan :) dan memang sengaja engga kasih panggilan kakak ato adek, soalnya lahirnya sesar jadi sama aja, manggilnya kami biasain pake nama aja.

kalo masalah tidur, seringnya kalo siang Aida susah banget tidurnya, harus digendong kalo engga dikelonin, begitupun juga kalo malem. Aida ini mau tidurnya susah banget, tapi ini bakalan lanjut sampe gede ato gimana ya? pengen ngerubah kebiasaan itu, tapi susah banget apalagi kalo malem. pernah digendong tapi nangis terus engga berhenti, akhirnya aku kelonin baru busa boboknya tapi itupun harus ditemenin dulu sampe lama baru dipindah ke box. alhamdulillahnya sih, kalo malem kalo udah tidur beneran yaudah tidur engga pake rewel. paling bangun minta minum sama ganti popok aja :)

oiya, seharusnya bulan-bulan ini udah bisa miring atau tengkurep ya? nah tapi alma aida masih belom bisa miring sendiri moms, itu gak papa atau gimana? kadang suka khawatir aja sih hehe soalnya di buku-buku bilangnya sudah bisa miring sendiri...

kalo soal berat badan, dari lahir sampe sekarang, pasti ada selisih 4 ons. alma lahir 2.6kg sekarang 5.5kg kalo aida lahir 2.1kg sekarang 5.1kg

bentar lagi kan puasa trus lebaran, nah pasti pulang kampung ke blitar..nah ada tips engga? soalnya pengasuhnya engga mau disuruh ikutan pas lebaran ini jadi bingung nih..sementara solusinya sih nyewa supir buat pergi-pergi, sementara itu aku sama ayahnya yg pegang alma sama aida tapi masih ga yakin juga sih.. ada saran engga moms?

22

Topic: Mengasuh Si Kembar

maMir,
Gak selalu cesar kok. Sama seperti ibu yang mengandung bayi tunggal, bergantung banyak faktor. Tapi untuk proses persalinan normal pada bayi kembar, posisi kedua bayi turut menentukan :)

menok,
Dulu ki-ka juga telat perkembangan motoriknya. Tapi juga karena ki-ka prematur. coba cek menggunakan KPSP di link tersebut. Kalau ada keterlambatan motorik 1 atau 2 saja, masih bisa terus dikejar kok. Kalau memang sampai tahapan KPSP berikutnya masih belum terkejar juga, mungkin bisa dikonsultasikan ke ahli tumbuh kembang atau DSAnya.

Soal pulkam, dulu saya pertama kali ajak ki-ka pulkam pas usia 8 bulan'an (kalo gak salah inget :D) dengan ajak 1 pengasuh, tapi karena minus ayahnya. Tipsnya traveling bersama bayi mungkin akan banyak terbantu dengan thread travelling with infant
Btw, selamat atas proses persalinannya. Semoga Alma - Aida tumbuh sehat dan cerdas yaa.. ayo dunk pasang fotonya di twin club gallery Pengen lihat lucu-lucu nya bayi kembar niih.. :)

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

23

Topic: Mengasuh Si Kembar

Kira Kara wrote:
maMir,
Gak selalu cesar kok. Sama seperti ibu yang mengandung bayi tunggal, bergantung banyak faktor. Tapi untuk proses persalinan normal pada bayi kembar, posisi kedua bayi turut menentukan :)



thanks mom KiraKara
iya ya, make sense... kebayang aja kalo lahiran kembar normal.. gw normal satu janin aja udah megap2... apalagi kalo dua ya.. huhuhu

uminya Rafisqy Raefal

24

Topic: Mengasuh Si Kembar

Mir,
sama aja kayaknya. aku melahirkan Kira-Kara dulu juga normal. Malah yang lahir kedua, proses persalinannya lebih gampang, 2-3 kali tarik nafas panjang udah keluar.. :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

25

Topic: Mengasuh Si Kembar

Numpang stor muka aah.. Salam kenal buat mamas semua.sy jg ibu bayi kembar yg skrg berumur 3 blan.skrg masih fokus ngASI, tp share dr mamas jd psiapan sy nantinya nih..

Salam kenal ya dari kamal-kamil.