1

Topic: Surabaya

wiwi tan Survey kan bisa lewat telfon juga, dulu aku juga cuma mengandalkan telfon kok soalnya pagi-malem kan kerja :) Nanti dikirimin deh list yang ada, PM alamat emailnya ya...

BTW ada yang udah pernah melahirkan di Lombok 22 Jl. Lontar? Kalo di Jl. Lombok gue ga sreg, penasaran sama yang di Jl. Lontar soalnya bangunannya bersih dan deket banget sama rumah. Concern utama tentang rawat gabung, IMD, sama kesediaan RSB untuk ga ngasih sufor tanpa persetujuan dari ortu.

yang selalu kangen sama si pipi gembil

2

Topic: Surabaya

Kalo lontar kemaren sempet survey bersih banget karena masih baru bahkan kamarnya masih bau cat baru..... Plus fasilitas kamarnya lebih besar di lontar dr pada di lombok... At otty emailnya [email protected]

3

Topic: Surabaya

Dear mommies.....

Ada yang bisa kasih info RSB Lombok 22 Jalan Lombok? Pro ASI g yah? Soalnya ada beberapa temen yang disana malah disuruh sufor.
Tapi kok ada klinik laktasinya
Apa tergantung permintaan gitu yah??
Rencanany mau disana coz deket dan biasa kontrol di dr Amang Surya juga dokter disana

Tq for sharing ya mommies

4

Topic: Surabaya

Dear Moms...
ada yang bisa kasih info melahirkan di RS Adi Husada?
rencananya mau melahirkan di sana, tapi blm ada info gmn ngelahirin di sana...
kalo ada yang punya pengalaman or info pls share yah...

tq ya Moms...

5

Topic: Surabaya

baru lahiran maret lalu di RS darmo.. awalnya sempet ragu-ragu soalnya dgr dari bbrp orang kok gak pro ASI, jadi dari awal uda wanti-wantyi ke misua biar ngingetin nakesnya biar mau ngasi IMD hahhaa.. ternyata RS darmo uda pro ASI, aku kmrn tanpa bilang apa2 uda langsung IMD+rooming in.. malah kmrn anakku kan lahirnya jam 10 malem dan sempet lilitan leher jadi kudu observasi di inkubator 4 jam, jadi bayiku baru rooming in sama aku jam 2 pagi, tapi bidan2nya telaten kok jam 2 pagi itu juga, bayiku dibawa ke kamar dan diajarin posisinya sampe perlekatannyabener trus dsa yang aku pilih juga sangat pro ASI dan berhasil membuat mamaku yang awalnya pro sufor, skrg support bgt untuk asix , alhamdulillah puas banget! X)
sebelum lahiran smpt survei dan dikasi perkiraan biaya total, kalo persalinan normal 14 juta all in, kmrn sih karna sejawat jadi aku banyak dpt diskon :p

Bumi Rakha Danunendra's #1 fan :) | dianberbagicerita.blogspot.com

6

Topic: Surabaya

Lunche, kakakku bulan Feb lalu lahiran di Lombok, pengalaman dia sih di sana mmg suka nawarin sufor. Begitu anak lahir langsung ditawarin mau pake sufor apa, tp kakak bilang mau pake ASIP aja (kebetulan aku barusan lahiran bln Januari). Untungnya mereka ga ngotot sufor, jadi anak kakakku bisa minum asip pada hari2 pertama kelahiran.

Sayangnya mereka ngasih asipnya pake botol dot, padahal it's a big no no buat newborn kan. Akhirnya gara2 itu ponakanku jd bingung puting, baru umur 1 bln dia mau nyusu langsung ke ibunya.

7

Topic: Surabaya

nanya dong ada yang pernah remelahirkan di ramsay (hcos) share ya, katanya kok kurang oke dibanding RSI jemursari, ama Husada utama kenapa? hcso ini rs nya pro asi IMD and bisa rooming in nggak>thk u tya

fardania wrote:
nambahin yaah.

Rumah Sakit Bersalin Putri
Jl. Arief Rachman Hakim 122, Surabaya
t: 031-599-9987

tempat dulu nglahirin Divo, bnernya nglahirin di Ramsay (HCoS) tapi karna mlm itu nonton Indiana Jones, blom sempet pelm-nya abis keburu kontraksi, langsung ke rumahsakit terdekat mall. kebetulan dokternya praktek disini juga.

pas timester tiga gw bleeding dan opname 2 kali, setelah itu dokternya nyuruh USG 4 dimensi dan di rumahsakit ini tersedia, alhamdulillah smua proses cepat dan lancar.
tambahan..
cafe : makanannya enak banget, bisa DO ke kamar lhoo..
truus, kebersihan TOP abis. perawat smua wanita, lt paling atas buat senam hamil. dan rumahsakit ini khusus bersalin, jadi bs dipastikan ngga campur sm orangorang yg sakit.. :)
harga nya lumayan bersahabat dgn kualitas sebanding :D

recommended :)

8

Topic: Surabaya

hai all, pls share ya tentang kekurangan atau kelebihan melahirkan di hcos ramsay, krn ktnya susternya pinter gak sakit kl suntik en lainnya, mahal iyah, tapi rs ini pro asi, IMD n bs rooming in ngga ya?thk u all

9

Topic: Surabaya

Hai, aku mau share pengalaman pribadi-ku melahirkan di RSB Lombok 22 (yg di jalan lombok).

Aku ngelahirin maret 2011 (udah lebih dr sethn yg lalu).

Cerita dimulai dr kenapa memilih RS ini:
- Obgyn-ku praktek-nya di sini, husada utama, RKZ, adi husada. Jd pilihan melahirkan ya antara 3 RS itu.
- Yg paling dekat rumah ya lombok22 ama HU
- Memang dr awal aku pinginnya yg khusus bersalin.
Maka dipilihlah RSB lombok22 ini

Ttg Pro-asi & rooming in
- pas aku dtg ke RS ini (pas masih bukaan 3). Udah ditanyain: susunya pake susu apa?. Aku jawabnya asi (pede tinggi meski asi blm keluar). Trus djwb gini, "SUFORnya pake apa? Jaga2 aja kalo ASInya NGGAK KELUAR". Akhirnya aku jawab terserah...
- setelah baby keluar pun, gak bisa IMD. Alesannya sih waktu itu kondisiku lemes banget (emang setelah baby kluar, aku menggigil kedinginan gitu). Jadi ya aku percaya aja dibilang begitu.IMD GAGAL TOTAL
- ASIku ternyata emang ga kluar. Tp aku ngotottt bgt pgn ASIX. 24 jam setelah melahirkan, aku ga liat baby-ku sama sekali. Baby ditaruh di kamar bayi.
- Besok pagi-nya (hari ke-2), aku ke kamar bayi. Aku blg aku mau susuin baby-ku. Betapa kecewanya, ternyata udah KEDULUAN ama SUFOR + DOT. Ya itu tadi, krn ASI-ku blm keluar. Tp aku tetep keras kepala, muka tebel, tetep aku mau susuin (meskipun blm keluar). Dan begitu terus, tiap 2 jam, aku rajin ke kmr bayi buat latch on (atas INISIATIF SENDIRI!!!). Dan itupun GAK ADA SUSTER YG MEMBANTU (no lactation konselor, pdhl jelas2 ada ruang laktasi). Untung pas hamil rajin baca buku, jadi sedikit banyak masih ngerti caranya latch on.
- Latch on, pada prakteknya lebih susahhhh. Apalg baby udah terlanjur kenal botol dot + sufor. Tiap disusuin nangis2 histeris. Diperburuk lagi, aliran ASIku blm keluar.
- yayyy, HARI KE-3, akhirnya ASI-ku MULAI KELUAR. Menetes. Dan sedikit sekaliii. Pathetic dehhh. Pagi, sebelum plg dr RS, akhirnya bisa ROOMING IN (karena ASI sudah keluar). Tp mnrtku meskipun rooming in, ya ga ada efeknya.. La siangnya udah pulang dr RS.

Ttg suster:
- Kalo mnrt aku pribadi sih, suster2nya HELPFULL. Apalg ini pengalaman melahirkan yg pertama.
Pas aku udah capekkk benget ngejan (ngeden), mereka tetep nyemangatin. Malah sampai ada 1 suster yg naik ke atas ranjang, trus duduk d belakangku supaya bisa nopang aku. Dan ada juga 1 suster yg tgnku kesakitan, soalnya aku remesss tgn sekuatttt tenaga pas nahan kontraksi. Hehehe..
- Setelah lahiran, anytime aku butuh bantuan mereka (turun dr kasur, gantiin underpad, dll) mereka CEPET RESPOND-nya. Cepet dtg ke kmr.
- Nahhh tapi kalo menurut MAMA-ku, dia KURANG SREG ama suster-nya. Dia blgnya sih suster-nya KURANG DISIPLIN.
- Kalo ke baby kok agak kurang gentle yaaa (mnrtku pribadi lo). Aku ada VIDEO PAS LAGI MANDIIN BABY,kesannya KURANG HALUS..(Apa mmg semua suster RS mandiin-nya begitu yaaa?)
- Bagusnya mereka, KAMAR BAYI DIJAGA TERUS, ga pernah dibiarin tanpa ada suster. Jd kemungkinan bayi diculik kecil.

Lainnya:
- Gedung termasuk bersih. Minus di kamar mandinya, terlalu sempitt. Aliran air kecil bangettt.
- Pencahayaan kurang. Jd terkesan gelap dan agak suram. Tp bersih kok. Tiap hari ada cleaning service yg ngebersihin kamar.
- Makanan cukup enak.

Wahhh, udah panjanggg ternyata. Sekian dulu review-ku ttg RSB lombok22. Semoga berguna

10

Topic: Surabaya

enite wrote:
Dear Moms...
ada yang bisa kasih info melahirkan di RS Adi Husada?
rencananya mau melahirkan di sana, tapi blm ada info gmn ngelahirin di sana...
kalo ada yang punya pengalaman or info pls share yah...

tq ya Moms...



Temenku ada yg br melahirkan di RS adi husada. Mnrt dia krg Pro asi & gak bisa rooming in. IMD juga gagal. Itu aja sih yg aku tau...

11

Topic: Surabaya

yunaj
kok beda ya dg pengalamanku lahiran di sana (3 mei 2012) fyi, gue di ruang VIP, partus normal, rooming in.

+ waktu partus emg bidannya ok
+ alat lengkap
+ kebersihan ok

- dkt bgt ama mesjid yg ada bedugnya, jd pas subuh aku langsung kebangun scr dag dig dug darrr bgt
- kamar ga ada telp, kl di bel suster agak lama
- makanan katerinmgan, jd udah ga anget
- kl room in suster ga mau bantuin kita ganti popok, etc.
- suster ruang bayi cm seorang, jadi kl mandiin agak gitu deh, kya kata kamyu..
- kalau babynya di ruang bayi, ga akan ada info kl by kita nangis. sumpe deh..

aku juga maksa asix krn ga ada masalah dg asi ku, tp tetep dibilang kan sufor ada vitaminnya. (yeah, right..)

dan mahal banget. aku habis 19jt sajah. walopun dibayar penuh sama kantor tetep aja kaget, soalnya anak pertama lahir di jkt, cesar+induksi, cuma 25jt, di kamar yg VIP juga. untuk pertimbangan yg mau lahiran aja.

A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)

12

Topic: Surabaya

Puas banget sama RS Husada Utama :)
Juni 2012 kemaren melahirkan disana. Kebetulan DSOG q juga di sana
Sudah jatuh cinta sejak survey disana. Suster2nya mau nerangkan dengan detail, ngajak muter2 mulai dari ruangan VIP,kelas I, 2, dan 3.

** Suster terampil & sabar. Waktu masuk RS (sudah bukaan 7) sabar, bener2 helpful, ingetin untuk tenang kasih semangat (aq agak kesuitan mengejan waktu itu)
** Memperbolehkan ditemanin suami selama proses walaupun caesar (kebetulan aq lahir normal).
** Bisa IMD langsung setelah baby keluar (g dimandikan dulu ). cukup lama 20 menitan (mungkin ini tergantung dsognya yah)
** Bisa room in bahkan bed in. Aq ngalhirkan 23.30, jam 5 pagi baby sudah dimandikan dan dianter ke kamar :). Trus meski room in kalo kita bel susternya mereka cepet banget dateng dan mau ngebantuin
** Pro ASI banget.Susternya telaten ngajarin cara nyusuin yg bener. Membantu banget secara ini anak pertama dan menggendong newborn aja masih takut2. DSA nya juga pro ASI sampe bela2 in nerangkan pentingnya ASI ke suami. Jadinya suami jd pro ASI (banget). 4 me, sesuatu banget :)
** Makanannya juga enak.....sampe suami & tamu2 yg lihat mesti komentar enake masakanne :)
** Bisa lihat view Surabaya dari lantai 10
** Dapet foto baby

Pokoknya puas sama RS ini

13

Topic: Surabaya

Mummyhilya mungkin RSB lombok 22-nya udah ada perbaikan kali ya. Secara jeda-nya dgn aku nglahirin 1tahunan :D

And info tambahan aja. Barusan sodara sepupuku nglahirin di rsb kendangsari. September 2012, Bener2 pro asi. Bisa rawat gabung. Dia caesar tp bisa Imd. terus gak ngebolehin baby dikasih sufor. Padahal sepupuku udh bawain sufor karena asi dia blm klr.

Kata suster-nya, bayi thn selama 48 jam tanpa minum sama sekali.
Terus, selama asi blm klr, sus-nya rajin dtg buat ngebantu nyusuin, supaya asi bisa cepet klr. Selaen itu juga dsepupuku disuruh pumping asi-nya. Alhasil hr-2 asi udah keluar. Cara minum asi-nya pun pake cupfeeder.

Susternya pun strict menjaga bayinya, kalo ada org yg dtg njenguk, pasti disuruh cuci tgn dulu. Hehehehe.

Sekian info, semoga berguna.

14

Topic: Surabaya

Yunaj
Bener bgt, RSIA Kendangsari emang pro asi, imd, dan rooming in, suster2nya pun helpfull... Bln mei lalu aku juga lahiran disana dan puas bgt sm pelayanannya..
Harganya pun gak terlalu mahal dibandingkan dengan RSB yg lainnya ya, fasilitas jg lumayan lengkap..

Tapi ya tetep aja ada minusnya, kmrn pas aku lahiran sempet yang full bgt kamarnya, jd kmrn sempet 'dititip' sbentar di kamar bersalin sambil nunggu kamar ada yg siap ditempati..
Keseluruhan sih memuaskan ya.. :)

15

Topic: Surabaya

dear moms, aku jd tertarik nglahirin dirsia kendangsari krn pro asi n imd nya. tp apa bener ya fasilitasnya ga lengkap? ada mom yg punya pengalaman mungkin? fasilitas apa aja ya yg ga ada disana? soalnya sering dapat masukan jg klo nglahirin mesti cari rs yg fasilitasnya lengkap... pls sharingnya yah momss :) thanks

16

Topic: Surabaya

Setuju sama mom lunche. Puas bgt ngelahirin di RSHU. Semua detailnya sama persis dengan yg aku alamin. Yg kaget adalah roming in yg sebelumnya aku nggak tahu gimana prosedurnya. Ternyata setelah lahiran jam 9.30, lalu imd (sampe sejaman gt deh kayaknya), jam 11.30 ke kamar inap, setelah itu jam 12 mandi, setelah mandi niatnya tidur untuk istirahat eh...malah dianterin bayi disuruh nyusuin. Akhirnya tahu kalo itu bagus banget untuk pemulihan rahim dan mempercepat keluarnya asi.
Puas banget sm RSHU ini.

Mom of Nusantara and Gilimantra

17

Topic: Surabaya

Velee aku lahiran di rsia kendangsari. So far fasilitasnya oke untuk yg melahirkan/rawat inap. Suster/bidanny baik-baik n pro asi.
Aku lahiran sc jam 7.11, IMD, trus bayi dibersihin. Abis itu bayi terus belajar nyusu dari di ruang pemulihan smp ke kamar tetep nempel sm aku, jd langsung jago nyusu hehehe.

Waktu hamil 3 bulan aku jg op kista di rsia ini krn obgynku praktek disini. Mereka pro tindakan dulu baru urus admin. Dari aku masuk ugd smpe diputuskan op angkat kista ga sekalipun nanyain DP/uang jaminan. Malah pas suamiku tanya,dijawab sm suster nanti aj setelah op/tindakan selesai.

Pas bayi umur 2 minggu aku sempet opname selama 3 hari krn panas tinggi, tadinya suami minta kamar klas satu krn bayiku ikut nginep-ga ada yg jagain krn kita cm bertiga di sby- ternyata full, akhirnya suster lapor sm dokter dan dikasi kamar klas 2 tp yg ngisi cm kami brtiga. Susternya juga baik ikut ngrawat bayiku lg.

Tp klo buat rawat jalan/kontrol bayi no recomended, selain emang rsia itu kecil, administrasinya jg ribet. Bisa bolak-balik ga jelas, malah pengalaman temenku ada yg smpe di telpon krn 'katanya' belum bayar vaksin. Akhirnya aku pindah ke rsi jemur untuk rawat jalan/kontrol dsa.

Untuk kualitas tenaga kesehatanya memang juara, minusnya hnya di admin rawat jln aja.

18

Topic: Surabaya

lunche wrote:
Puas banget sama RS Husada Utama :)
Juni 2012 kemaren melahirkan disana. Kebetulan DSOG q juga di sana
Sudah jatuh cinta sejak survey disana. Suster2nya mau nerangkan dengan detail, ngajak muter2 mulai dari ruangan VIP,kelas I, 2, dan 3.

** Suster terampil & sabar. Waktu masuk RS (sudah bukaan 7) sabar, bener2 helpful, ingetin untuk tenang kasih semangat (aq agak kesuitan mengejan waktu itu)
** Memperbolehkan ditemanin suami selama proses walaupun caesar (kebetulan aq lahir normal).
** Bisa IMD langsung setelah baby keluar (g dimandikan dulu ). cukup lama 20 menitan (mungkin ini tergantung dsognya yah)
** Bisa room in bahkan bed in. Aq ngalhirkan 23.30, jam 5 pagi baby sudah dimandikan dan dianter ke kamar :). Trus meski room in kalo kita bel susternya mereka cepet banget dateng dan mau ngebantuin
** Pro ASI banget.Susternya telaten ngajarin cara nyusuin yg bener. Membantu banget secara ini anak pertama dan menggendong newborn aja masih takut2. DSA nya juga pro ASI sampe bela2 in nerangkan pentingnya ASI ke suami. Jadinya suami jd pro ASI (banget). 4 me, sesuatu banget :)
** Makanannya juga enak.....sampe suami & tamu2 yg lihat mesti komentar enake masakanne :)
** Bisa lihat view Surabaya dari lantai 10
** Dapet foto baby

Pokoknya puas sama RS ini


________________________________________

Ama dokter sapa waktu itu ya bunda?soalnya aku rencana jg mau lairan disitu sih?

19

Topic: Surabaya

Mommy Nusantara wrote:
Setuju sama mom lunche. Puas bgt ngelahirin di RSHU. Semua detailnya sama persis dengan yg aku alamin. Yg kaget adalah roming in yg sebelumnya aku nggak tahu gimana prosedurnya. Ternyata setelah lahiran jam 9.30, lalu imd (sampe sejaman gt deh kayaknya), jam 11.30 ke kamar inap, setelah itu jam 12 mandi, setelah mandi niatnya tidur untuk istirahat eh...malah dianterin bayi disuruh nyusuin. Akhirnya tahu kalo itu bagus banget untuk pemulihan rahim dan mempercepat keluarnya asi.
Puas banget sm RSHU ini.

----------------------------------------
boleh nanya waktu itu ama dr.Obgyn sapa ya bunda di RSHU?

20

Topic: Surabaya

susiani wrote:

----------------------------------------
boleh nanya waktu itu ama dr.Obgyn sapa ya bunda di RSHU?


Susiani,

Gw juga melahirkan di RSHU dengan dr. Robby Budilarto. Beliau tapi statusnya dokter tamu di RSHU. Yah nggak ada perbedaan apa apa sih di pelayanannya baik dengan dokter RSHU sendiri atau dokter tamu. Cuma beda di biaya aja :(. Kalau dokternya RSHU sendiri setahu gw namanya Dr.Didi.

Sama dengan Mommy Nusantara dan lunche, gw juga puas banget lahiran di RSHU. Susternya bolak balik memijat dan membantu gw memerah saat payudara gw bengkak sementara bayi harus disinar. DSA nya sampai duduk satu jam lebih di kamar gw, mengajarkan posisi menyusui yang benar, menjelaskan konsep ASI ke nyokap dan menerangkan soal bilirubin dan bayi kuning.

21

Topic: Surabaya

Duh, lagi dilema banget mau ngelahirin di Kendangsari or Husada Utama >_<
Padahal udah sreg di Kendangsari, tp kok banyak yg bilang peralatan kurang memadai ya (alias kurang lengkap)
Padahal aku pas melairkan caesar sekalian mau ambil kista coklat coklat juga, jadi parno2 sendiri dibilang alat gak lengkap

mrs.prayogo tapi mrs. prayogo operasi kista disana juga ya? Beneran oke aja ya?

22

Topic: Surabaya

hai moms..
mau ikutan sharing seputar RS utk melahirkan yyaa...

kl aku, pilih RS Mitra Keluarga yg di Satelit Indah.
alasannya karena jaraknya ngga terlalu jauh dr rmh (kl dibandingkan dg RS2 yg laen hehehehe..)
trus, alasan kedua, RS nya bersih, wangi dan terang benderang, jd ga berasa di RS.
utk dokter kandungan, sengaja aku pilih dokter yg ngga terlalu banyak pasien. males aja kl disuruh ngantri dokter sampe dinihari. kebetulan, atas rekomendasi temen, aku dpt dokter yg baiiiiiik bgt dan ga pelit informasi.

Januari tgl 3 kmrn, aku melahirkan anak yg ke-2.
Rencana awal, mau dilahirkan normal, tapi krn ada bbrp hal yg menyebabkan tdk bs melahirkan dg proses normal, akhirnya dokter memutuskan utk SC.

terus terang, utk SC, itu pengalaman pertama dan baru buat aku. krn (Alhamdulillaah) selama ini aku blm pernah menjalani proses operasi apa pun.
Tp syukur Alhamdulillaah, proses SC berjalan lancar.

soal ASI, dr RS sih mrk langsung bilang, ibu.. ntar kl bs, begitu dedeknya lahir, langsung ksh ASI ya? tp biasanya kl SC, utk sadar kembali, dibutuhkan waktu sekitar 3-4 jam kemudian. dan betul, SC nya jam 12 siang, aku baru sadar sekitar jam 5 sore. udah lumayan telat kan utk kasih asi. jdnya bayiku sempet dikasih sufor. aku sih ngga keberatan, krn anak pertama ku dulu jg gt kok. :D

stlh aku masuk ke kamar, suster bayi tanya, apa mau coba ksh asi buat dedeknya, mumpung lg bangun.
trus, aku masuk ke ruang bayi, dan blajar kasih asi di ruang laktasi. dean utk bbrp hr kemudian, setiap kl bayiku bangun, suster selalu ksh tau aku utk kasih asi. sip kan??

info aja, ruang bayinya bersiiiiih bgt, kita yg masuk ga boleh pake alas kaki dr luar. ruangannya nyaman, banyak suster jaganya. bisa lah bedain mana ruangan yg bersih dan nyaman, sama yg ngga?
spt biasa, hari2 pertama, asi msh blm kluar kan? tapi susternya kekeuh nyemangatin aku utk teteup ksh asi.
pengalaman anakku yg pertama, asi ngga banyak kluar.
jd anak ke-2 ini, aku hrs lbh semangat hehehehe...

stlh dirawat 5 hari di RS, aku akhirnya pulang.
seminggu setelahnya, aku balik ke RS, utk imunisasi bayiku.
senengnya, dokter anaknya jg ksh semangat utk ksh asi. pas aku bilang kl teteup aku ksh sufor, dokternya bilang gini, asi itu, semakin sering diberikan, akan semakin banyak produksinya, jd jgn kuatir kehabisan.
aku cuman bs nyengir aja.. hehehehe...

ini bayiku udah mau satu bulan, alhamdulillaah ngga ada maasalah utk ksh asi, meski teteup aku kasih sufor pake botol. pertimbangannya krn ntar aku mesti balik kerja, jd bayiku hrs terbiasa juga utk pake botol, kl ngga.. gawat dunk.

rencana sih, aku mau pompa asi utk bikin es asi. simpenan utk ntar pas aku balik kerja.
tp masalahnya... asi ngga banyak kluar kl di pompa.
ada yg tau ngga mamas, gmn caranya supaya asi banyak waktu di pompa??

many thanks... :)

23

Topic: Surabaya

mrs.prayogo tapi mrs. prayogo operasi kista disana juga ya? Beneran oke aja ya?
wrote:


Baby_chloe,
Iya, aku operasi kista malah pas hamil 3 bulan. Alhamdulillah aman, sampe akhirnya lahiran disana juga.

24

Topic: Surabaya

Kebetulan aq perkiraan lahiran awal juni, tapi sampe sekarang masih bingung mo lahiran dimana.. Hehehe
Dokternya pake dr. Budi Santoso.. Nah beliaunya ini praktek di HCoS, juga di kendangsari.. Jadi mungkin mo lahiran di salah satu RS itu..
Lebih prefer HCoS sih, cuma agak kuatir kl sampe babyku ntr di ksh sufor :(

25

Topic: Surabaya

Hai ibu2 surabaya, mau sharing juga kebetulan bulan lalu baru melahirkan.

Aku lihat diatas belum ada yang melahirkan di RSIA Aisyiah Pacar Keling, letaknya di Pacar Keling surabaya timur atau lebih gampangnya di belakang RSHU ;)

Pro Normal
Aku kontrol di Prof Hariadi, beliau dokter senior dan merangkap juga sebagai direktur/CEO RS Husada Utama. Praktek di RSIA Aisyiah Pacar Keling setiap Rabu dan Jumat sore. Antrian tidak panjang, bikin janji lewat telpon, semakin pagi telpon semakin sorelah kita kontrol. Prof Hariadi sangat Pro Normal, baby saya BB 3.75kg 51cm, dan Normal.

IMD, ASIX dam Rooming In
Singkat cerita ketika kontrol saya selalu bilang ingin IMD, normal dan full asi. Dsog minta agar saya langsung bilang ke perawat dan bidan yang nantinya akan membantu kelahiran. knp tidak dengan dokter anak? krn dokter anak tidak stand by saat persalinan. Mulailah pendekatan ke bidan, oia saya juga kontrol bidan selama hamil. Setiap kontrol (siapapun bidan yg sdg bertugas di RSIA Aisyiah) selalu saya ulang berkali2 agar dibantu IMD dan ASIX serta Rooming In. Alhamdulillah saya melahirkan, semua bidan sudah mengetahui dan bisa IMD selama 1 jam lebih, sesuai prosedur tanpa dimandikan terlebih dahulu. Dan senangnya lagi selama proses IMD saya diperbolehkan didampingi konselor menyusui dari AIMI Jatim (kebetulan teman sendiri). Boleh masuk ke dalam ruangan persalinan (tentunya setelah konselor izin ke Nakes dan dokternya).

Setelah melahirkan, IMD, baru bayi dibersihkan dan langsung dibawa ke kamar inap. Untuk Rooming In, kita harus booking dulu sebelumnya. (caranya : begitu masuk RS langsung minta Rawat Gabung dengan baby (kena tambahan charge, 225rb/night). Selama di rumah sakit bayi hanya diambil ketika mandi pagi dan sore (tidak sampai 10 menit) dan langsung dikembalikan ke kamar saya. Alhamdulillah.

Memang, kasat mata rumah sakit ini tidak Pro ASI. Krn banyak sekali stok sufor di ruang bayi, pasien yg sufor juga banyak. Tapi tidak tertutup kemungkinan sangat bisa ASIX. Tentunya pasien harus keukeuh minta ASIX. Atau bisa seperti saya membawa konselor menyusui, berulang kali selama kontrol maupun proses pembukaan di ruang persalinan mengingatkan Nakes kl kita pengen IMD+ASIX, sebagai tambahan kalau tidak diperbolehkan saya juga membawa hang out PP no 33 thn 2012 ttg ASIX. hihi...

Untuk harga, jauh dibawah harga yang sudah disebut diatas, mungkin karena rumah sakit ini RS lama, punya yayasan dam termasuk kecil dan bukan tipe rumah sakit besar.

Maaf kepanjangan, Smoga membantu.. ;))

@emaknyahazel