1

Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

Mama ...

Ada yang anaknya sekolah di SD Tara Salvia Tangerang ngga?
Lokasinya di Pondok Ranji Bintaro.
Kalau ada, boleh sharing dong seputar gimana sih sistem belajar-mengajar di Tara Salvia, termasuk kurikulumnya.
Pertimbangan milih Tara Salvia dan gimana progress selama anak-anaknya sekolah di sana.

Termasuk sekolah alternatif selain lanjut dari TK yang sekarang nih.

Thanks ya :)

Lina

2

Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

waa keduluan sama mba Lina.. aku juga baru mau bertanya.. ada yang udah sekolahin anakanya di Tara Salvia kah..? minta sharingnya yaa..

tadi siang iseng2 tlp ke Tara Salvia, krn mereka sudah mulai buka pendaftaran lho untuk tahun ajaran tahun dpn.. :P ini rekapan hasil perbincangan di telpon tadi siang..

[list=*]

  • untuk masuk SD dan SMP mereka sudah buka pendaftaran dari sekarang, dan tutupnya sampai kursi kuotanya penuh.. *jadi gak tau kapan tu[/*]
  • yang SDnya nanti hanya dibuka untuk 48 murid (karna tiap angkatan hanya ada 2 kelas yang isinya 12 murid dg 2 guru)[/*]
  • uang pangkal untuk th 2012/2013 total untuk SD adalah 27 juta (ini berlaku selama 6 th, jadi tidak ada registrasi ulang di tahun2 berikutnya, sudah termasuk peminjaman buku wajib, penyediaan alat tulis selama SD, buku latihan (LKS kali yaa), buku tulis, field trip, perpisahan dll di luar seragam sekolah) jadi intinya dari kelas 1-6 sudah tdk ada pungutan apa2 lagi [/*]
  • untuk uang skolahnya 1,3 perbulannya (ini lupa tanya tadi termasuk ekskul gak yaa)[/*]
  • kurikulum mereka mengikuti diknas dg bahasa pengantarnya indonesia donk.. (bhs inggris masuknya ke pelajaran bhs, dan ekskul)[/*]
  • [/*]

    Nah kalau liat dari foto2nya sih kyknya lingkungan skolahnya bagus yaa.. jadi buibu.. kalo ada yang anaknya udah disana mohon sharingnya yaa.. krn kalo liat dan dengerin penjelasan mereka spertinya bagus.. tinggal denger cerita ortunya deh..

    makasiii :)

  • 3

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    Hai mbak Lina dan mbak Ratu, salam kenal

    Kebetulan anakku sekarang sudah kelas 5 di Tara Salvia, dan berencana melanjutkan ke SMPnya kelak :)

    Waktu anakku masuk, Tara Salvia belum sebagus sekarang :D, gedungnya cuma satu, lapangannya masih tanah. Tapi entah kenapa saya yakin sekolah ini yg saya cari utk anak saya setelah mendengar presentasi dari kepala sekolahnya, bu Angie S Anggari. Visi misi sekolah ini persis seperti yang saya bayangkan.

    Misalnya, pelajaran baca tulis hitung merupakan pelajaran yg diberikan di kelas 1, jadi tidak ada tes calistung, apalagi bahasa inggris utk masuk ke sekolah itu.

    Calon2 siswa hanya diobservasi. Cara observasinya si calon siswa ikut kegiatan di kelas selama sehari (atau lebih jika dibutuhkan), jika dibutuhkan akan melibatkan psikolog sekolah. Dan pada saat yg bersamaan (atau berbeda) orangtua diwawancarai oleh kepala sekolah.

    Tujuan wawancara orangtua adlah utk mengetahui apakah visi dan misi ortu sama dengan sekolah.

    Sekolah ini menerapkan "1 anak 1 dunia" jadi tidak ada perlakuan yg sama utk semua murid. Karena memang setiap anak punya gaya dan karakter yg berbeda, seperti gaya belajar.. Kan ada yg auditori, visual, kinestetik dll dll..

    Buat mereka yg bersekolah (atau anaknya sekolah) di sekolah konvensional, mungkin akan menganggap anak2 tara salvia santai banget. Ga kelihatan belajar.. Tapi bukan begitu sebenarnya..

    Sementara orang kan beranggapan belajar itu artinya membaca, mencatat, mendengarkan, menghafal.. Kalo di sekolah itu belajar adalah mencari. Saya selalu menyimpan pekerjaan2 anak saya dari kelas 1 lho...

    Ulangan. Soal tidak berupa multiple choice, tapi essay :D. Jadi memang harus mengerti, bukan hafal.

    PR. Bukan utk menyelesaikan soal2 latihan yg tidak selesai di sekolah. PR lebih banyak berupa project2. Sesuai dgn tingkat kelasnya. Dan tidak setiap hari.

    Misalnya, waktu kelas 1 anak saya diberi PR utk mewawancarai kami orangtuanya utk membuat buku kecil ttg cerita diri. Tapi begitu kelas 3 mulai dibiasakan utk mengerjakan PR berupa soal2. Itu pun tergantung kebutuhan masing2 siswa, jadi tiap soal berbeda tergantung tingkat pemahaman siswa thd mata pelajaran tsb. Tapi tetap lebih banyak PR berupa project sih.

    apa lagi ya??

    Oiya, memang bahasa pengantar bahasa indonesia. Karena memang bahasa ibu harus dikuasai dengan baik dan benar dulu, utk bisa menguasai bahasa asing. Tapi jgn kuatir, kelas 4 anak2 sudah bisa membuat buku berisi cerita pendek karya mereka dalam bahasa inggris.. :)

    Kalau mau, rencananya tanggal 19 November jam 9 pagi ada open day di Tara Salvia, mbak.. Kalo sempat datang yaaaa..

    4

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    ikaardina wow... a nice school ya. Saya juga sudah lama penasaran dengan sekolah ini. Anak saya masih jauh sih kalau mau sekolah disini, tapi sedari sekarang sudah mulai cari2 info.
    Mau tanya, Tara Salvia ini mulainya dari elementary ya? ada kelas kindergarten dan pre-schoolnya, tidak?
    TIA

    still learning....day by day....

    5

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    wah tarasalvia kebetulan deket banget sama rumahku, sekolahnya kerasa nuansa 'private'nya ya.. seneng dengan pendekatan dan metodenya soalnya sesuai dengan kriteriaku nih, pernah denger juga mereka ga terima murid banyak-banyak, karena memang disesuaikan dengan kemampuan sekolah dan pengajarnya.

    MamaAlula, setauku tarasalvia baru ada untuk SDnya aja, aku juga lagi cari preschool nih *curcol* hehe :)

    a happy wife & mom always defines me best! :)
    @mamaaltair

    6

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    jessti : Iyaaa... bingung mo cari pre-school :)

    still learning....day by day....

    7

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    waaa ikaardina makasii yaa reviewnya.. makin mantab menabung buat ke tara salvia nih.. :) jadi pengen dateng liat2.. gpp yaa anak ku baru 2th hihihi.. oyaa tgl 19 itu sampai jam brapa kah? karna kalo sabtu Rafa skolah dulu..

    kalau liat penjelasaannya ikaardina, spertinya Tara Salvia ini visi misinya dan sistem pengajarannya gak jauh beda yaa sama PGnya rafa skrng.. malah kemaren yang sempet tlp ke Tara Salvia ibu yang di tlp anaknya pun dari TKAI hehehe..

    oyaa buat jessti and MamaAlula kalo lagi cari PG coba liat2 TKAI.. hehehe bukan promosi sih.. cuman menurut aku bagus dan cocok sama anakku :)

    8

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    naksir sama Tara Salvia, tapi jauhnyaaaa,.. dari rumah kami di karawaci. kesian si mas kecil2 udah jauh2 gtu, bangun jam brp dia? :)

    ada ga ya, sd lain yg visi pengajarannya mirip2 tara salvia, tp lokasi deket2 karawaci-tangerang?

    9

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    ratudewiandrini please share alamat TKAI dooong...lagi cari2 PG utk si kakak nih...Tq b4 y :)

    10

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    untuk informasi alamat dan no.telp silahkan via japri (email/pm) ya mama..
    -mod-

    11

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    makasii y ratudewiandriani :) btw blom ada forum PG/TK ciputat/cirendeu yaaa....please share doong..sy udah observ k TK Al-fath,TK Mumtaza,TK Carita,TK Ananda,TK Ketilang UIN,TK Al-Hikmah,TK Salman ITB,TK Sekar Mitra,TK Aisyiyah V n TK Al-Syukro universal.. :D pengen cari yg mengajarkan hidup secara islami, berorientasi pd siswa (coz setiap anak adalah pribadi yg unik kan,mamas :D )kl bs pergaulannya tidak hedonis n tidak terlalu jauh dr cirendeu (ini kl bs sih hehehe)...#bundayangbanyakmaunya#

    12

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    AKhirnya nemu sama warga pamulang juga disinii.. Jarang banget ya yg review soal sekolah2 di pamulang.. huhuhu.. Lagi nyari tk-sd buat anakku yg masih toddler. Pengennya sih tk-sd nya skalian di tempat yang sama biar ga ribet. Di daerah pamulang sebenarnya banyak sekolah, tapi pengen nyari sekolah muslim, tp yg love indonesia dulu dah.. takut siwer anaknya klo bilingual.. Sempet tertarik sm AlFath cirendeu.. tapi jauh ya bo.. Kudu lewatin titik macet yang lumayan panjang. Sempet nengok Al Zahra juga.. tapi kok belom banyak yang review. webnya juga kayak ga update gituh.. Any recomendation? Makasih sharingnya ya mamaa..

    @windy_putri | mother of two | a hero's wife

    13

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    hi mamas...
    paaas banget nih nemu bahasannya...tara salvia ini deket banget sama rumah, tapi justru belum pernah survey kesini.. :P tara salvia ini sekolah umum kan ya? bukan sekolah agama? lalu gimana dg mata pelajaran agamanya? satu kali seminggu seperti SD negeri ya? mohon masukkannya dong utk yg punya infonya...

    14

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    warga tangerang mana y??
    Sm ky mama windy nih, nunggu review sekolah dseputaran karawaci..
    Granada, islamic, syafana,.. :)

    15

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    akhirnya.. tiba hari H untuk hunting2 SD.. tahun depan mulai SD soalnya.. ini lagi mau atur jadwal cuti untuk muterin sekolah2 itu... bunda farah, joinan yuk.. barengan survey2.. :)
    Tadi sih baru telp2 sama pihak syafana, dapet data sbb :
    1. akan ada Open house di Gd Paradiso : 19 Oct 2013 (Paradiso mengarah ke Catalina)
    2. Pendaftaran dilakukan secara online, start : 11 Oct 2013 (weird,.. masa daftar dulu baru open house? )
    3. Aku tanya2 apa anakku udah cukup umur, dan dapet info bahwa kelahiran Sep 2008 bisa masuk SD th ajaran 2014, namun ada tes dulu (karena belum mencapai usia 6 tahun saat tahun ajaran dimulai)
    4. Pengajaran berbahsa Inggris dan Arab
    5. Biaya SD tahun lalu : Uang Pangkal 24juta, SPP 1,15 juta
    6. Contact Person :Anti (021 5466622)

    yuk kita datengin yuk, penasaran duit segitu sekolahnya siste dan fasilitasnya kaya apa ya...?

    16

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    minggu kemaren coba untuk hunting sekolah TK disekitaran pamulang dan pondok cabe ke Muhammadiyah Pamulang, Mumtaza, al fath, ini reviewnya ya:

    * Muhammadiyah pamulang utk TA 2014 biaya masuknya itu 6 juta, sistemnya moving class ada sekitar 6 kelas TK A dan 8 kelas TK B lumayan banyak juga peminatnya dari kurikulum dia mengikuti standar Diknas dan buku2 yang tidak terpaku sama penerbit islam aja tapi juga penerbit yg lainnya yg menurut mereka bagus..krn sekolah ini udah agak lama jadi masih banyak yg mereka harus renovasi dan lebih dirawat..lingkungannya besar ada TK - SMP disitu cuma memang beda gedung n terpisah jadi lebih aman, TK nya nitik beratin bermain sambil belajar.

    * Al fath.. utk TA 2014 biaya masuknya 6 juta tapi belum termasuk uang eskul dsb bisa dilihat di websitenya alfath. kurikulumnya Bilingual jadi pengenalan bahasa inggris mulai dari dini, 1 kelas ada 24 siswa dengan 2 guru. Ada SD-SMP juga bersebelahan gedungnya.

    * Mumtaza, lokasinya dekat dengan al fath di Bukit cirendeu tepatnya utk TA 2014 biaya masuknya 10 juta cuma sampe januari karena mereka lagi diskon nanti setelah itu naik menjadi 12 jutaan..kurikulum yg dipakai bilingual juga.. yg bedain sekolah ini dengan sekolah sebelumnya ada Tahfidz quran nya jadi dari TK anak sudah dibiasakan untuk menghafal surat2 pendek target nya sampai surat Ad Dhuha, cambridge curriculum dan active learning, 1 kelas max 18 anak dengan 2 orang guru. ada SD nya juga tapi beda gedung dan agak jauh lokasinya.

    setelah dipikir dan ditimbang2 saya lebih sreg ke mumtaza krn dari segi kelas yang ada cukup untuk siswa dan memang anak murid nya lebih pede dibanding sekolah yg sebelahnya krn mereka negur dan mau kenalan sama anak saya yg saya bawa untuk keliling juga communication book yg ada lebih informatif dan infoin perhari anak belajar apa dan ngapain untuk saya yang tidak melihat anak saya sekolah communication book menurut saya penting...



    ayabaraka wrote:
    makasii y ratudewiandriani :) btw blom ada forum PG/TK ciputat/cirendeu yaaa....please share doong..sy udah observ k TK Al-fath,TK Mumtaza,TK Carita,TK Ananda,TK Ketilang UIN,TK Al-Hikmah,TK Salman ITB,TK Sekar Mitra,TK Aisyiyah V n TK Al-Syukro universal.. :D pengen cari yg mengajarkan hidup secara islami, berorientasi pd siswa (coz setiap anak adalah pribadi yg unik kan,mamas :D )kl bs pergaulannya tidak hedonis n tidak terlalu jauh dr cirendeu (ini kl bs sih hehehe)...#bundayangbanyakmaunya#

    17

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    @ mama windy karawaci nya dimanaaa kah ? seneng bgt deh stlh bbrp bln joint TUM akhirnya ketemu sma mamas yg rmh nya sama2 di karawaci...

    ak jg tinggal dikarawaci looh, kali aja kt suka ketemuan di mall apa dmna gitu tp krn kt blm saling kenal jd gak saling sapa deh..hehehheee

    Salam kenaal

    anyway ak jg lg cari play group nih buat Rio...

    18

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    Saya baru daftarkan si kecil Nursery di sekolah Menara harapan school yg di ciputat, setelah di refrensi sama tetangga, 2 minggu yang lalu anak saya di trailer disana.

    Beberapa point yang saya dapatin dari tetangga saya:
    1. Bahasa pengantarnya bahasa english untuk semua mata pelajaran, kecuali bahasa indonesia dan Agama.
    2. Murid2 di wajibkan mengikuti pelajaran bahasa mandarin (gurunya langsung dari China)
    3. rata2 murid2 sekolah Menara Harapan mempunyai sertifikat HSK (bahasa Mandarin, setingkat dengan TOEFL)
    4. Biaya SPP untuk KG 900.000,- sudah termasuk lunch, kalo SPP SD, kurang tau, tapi SPP di menara harapan sudah termasuk lunch, jadi sangat praktis.
    5. Guru Native untuk KG, berasal dari Irlandia.


    waktu di trailer, si kecil tidak mau pulang, sekarang tiap pagi mau pergi sekolah... so excited....

    19

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    Mau minta info nih, TPA / Pendidikan AlQuran yg well recommended di daerah pamulang-ciputat apa aja ya?

    20

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    Ada yg sudah survey ke MP UIN kah? Atau ada yg saudaranya nyekolahin anaknya Sd di situ? Gmn ya review sekolahnya.

    Ditunggu reviewnya

    21

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    Mau share..

    Anakku udah daftar kindy A di sekolah harapan bangsa di modern hill pd. Cabe.. soalnya pas trial dia seneng bgt n ga mau pulang.
    Di sekolah diajarin sarapan n makan siang bareng. Jd pulang trial dia makan sendiri. Secara dr dulu peer banget anakku urusan makan.
    Ntar mulai masuk sekolah bulan july.
    Anaknya udah ga sabar.tiap hari nanyain kapan sekolahnya.. hehe..

    Aku sreg ama sekolah ini krn melawan arus macet pagi2.. orang2 ke arah jakarta.. kita ke arah pondok cabe.jd dr rmh ke sekolah cukup 15 menit sajah.
    Trus bhs pengantar inggris n mandarin. Yg ngajarin native.jd ga kuatir anakku inggrisnya berlogat cincha lawra hehehehe..
    Trus yg paling bikin happy krn diajarkan sarapan dan makan siang di sekolah. (Kita yang sediain dari rumah)
    Pas trial ada anak yg makannya lelet.. temen2nya udah beres semua.. eh.. miss nya sabar banget loh nyuapin.

    Mudah2an anakku tambah mandiri deh disini.. ^^

    -You can`t spell CARENZA without Care-
    @Thesusanos

    22

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    Tk mumtaza klo spp ny brp y? Apa ada yg bsa kasih info apakah sd mumtaza nya sudah terakrediatsi? Sd baru kan ya? Soalnya pngennya cari yg udh skalian ada sd nya, sy hny liat tk mumtaza dr luar aja, apakah ada area bermain outdoornya?

    Keponakan ada yg di alfath, katanya alfath seringkali ada sumbangan atau uang lain2 meskipun katanya jumlah nya ga seberapa tp bkin males ajaa.. Itu sd nya siy ga tau tk

    Sy pernah ada kegiatan di tk harapan bangsa modern hill,sepertinya menyenangkan pernah liat gurunya bermain gitar dan lagu yg dinyanyikan variatif ada yg berbahasa inggris dan indonesia juga, yg saya suka siy sekolah ini klo lagi rapotan pasti ga bikin terlalu macet jalan krn utk parkir nya dan area sekitar msh memungkinkan

    Pernah juga ke tk twinkle star montesori di belakang superindo pamulang, meski tempatnya ga terlalu besar dan tmp bermainnya seadanya, tapi kegiatan di dalam kelasnya cukup atraktif

    23

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    Hai moms mau tanya2 dong,

    klo di Tara Salvia kan denger2 active learningnya bagus (yg kyaknya cocok bgt sama anakku yg aktif n gampang bgt bosenan). Cuma klo muatan materi eksaktanya kyak math, science, dll itu selain prakteknya, teorinya jug diutamain gak dsitu?
    Soalnya pengen bgt anak tertarik sama dunia math n science dri kecil (jug krn bobot pelajaran smp n sma skr udh lbih berat n bersaing) selain aktif dan mandiri.

    Mumtaza tertarik juga.. tpi sayang trnyata lumayan jauh n macet klo dri rmhku.
    Klo Auliya apa benarkah 1 kelas 30 org hanya dg 1 guru? Klo untuk sd itu ini pengaruh bgt gak ya?
    Untuk Mdrsh Pembangunan (MP) adakah yg anaknya sdh prnah/sdg sekolah dsana? coz blum nemu review2nya klo utk yg ini.


    *Anakku msh PG sh, tpi cm udh survei2 gini, mumpung lgi sempet, jdi nanti mendekati pendaftaran thn ajaran masuk, tinggal liat perkembanagn sekolahnya aja so far sdh smpai mana. ^-^

    Can't take my eyes of you... :) :) :)

    24

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    momifadz wrote:
    Tk mumtaza klo spp ny brp y? Apa ada yg bsa kasih info apakah sd mumtaza nya sudah terakrediatsi? Sd baru kan ya? Soalnya pngennya cari yg udh skalian ada sd nya, sy hny liat tk mumtaza dr luar aja, apakah ada area bermain outdoornya?


    Mom nemu blog mom lain nih yg ada info soal sd mumtaza 2014
    • Uang pangkal : 23.5jt
    • Spp : 1 jt
    • Uang tahunan : 3.5jt
    • Ada mobil antar jemput internal

    lengkapnya ada di blognya org ini: http://rurilukita.wordpress.com/tag/mumtaza/ (*eh boleh share link blog org lain gak ya dsni?)

    HTH ya..

    Can't take my eyes of you... :) :) :)

    25

    Topic: CIPUTAT/TANGERANG - SD

    Halo, mau share
    Anakku sekarang baru masuk PG TK Salman ITB dengan pertimbangan dekat dengan rumah dan cocok dengan suasananya, ditambah dengan akreditasi A dan semua gurunya sudah tersertifikasi, bonding guru-anak kuat, dilihat dari beberapa alumni yang justru malah main di situ sepulang sekolah. Berikut datanya

    UP: 2.550.000
    uang seragam: 550.000
    uang kegiatan satu tahun: 500.000
    SPP: 350.000

    UP jika masuk PG atau TK sama aja, SPPnya juga, tapi naik dari PG ke TK ada lagi pembayaran 250.000 kalo gak salah *lupa*

    Sebelumnya saya sudah survey ke TK alFath tapi kurang sreg sama suasananya

    Mom, ancer-ancer Tara Salvia dari stasiun pondok ranji sebelah mananya ya?

    http://rosaadelina.wordpress.com
    terus belajar menjadi seorang ibu