1

Topic: Salah urat & pijat urut

Hi moms..
Ini kehamilan pertamaku dan usia kehamilan 24w,seminggu yang lalu aku sempet jatuh dengan posisi berlutut,efeknya kaki kiri kerasa sakit banget kalau dipake jalan kayanya ada urat ketarik daerah pantat.Udah seminggu ini dibiarin aja tapi ngga kunjung membaik,ada yang pernah ngalamin kejadian salah urat/keseleo ga moms?terus kalo di pijat urut aman ngga untuk ibu hamil?

makasih sebelumnya..

2

Topic: Salah urat & pijat urut

Setau saya sih klo dipijat bagian kaki ga apa2.. Waktu hamil jg sering pijat kaki krn pegel banget.. Yang ga boleh itu klo pijat refleksi, pijat bagian perut dan pinggang. Cmiiw ya :)

3

Topic: Salah urat & pijat urut

Cb ke mom n jo deh mom,setau aku di sana bisa pijit untuk ibu hamil, coba tlp dulu tanya bisa pijat utk keseleo nda.

A mom and a wife of sailor and their chubby son Satria
http://www.mamaayuutami.com

4

Topic: Salah urat & pijat urut

ciitrapratiwi bagaimana kabar keseleonya? sudah sembuhkah?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

5

Topic: Salah urat & pijat urut

belum nih mba sLesTa ..akhirnya diperiksa ke SpOg dan dikasih rujukan untuk fisioterapi,karena dokter fisioterapi juga ngga mau ngasih treatment tanpa rujukan dari SpOg-nya.
Ternyata setelah di periksa ada otot yang trauma pas jatuh dan harus beberapa kali di fisioterapi karena otot yang trauma di lapisan yg agak dalam..

6

Topic: Salah urat & pijat urut

halo moms...

aku juga mau share ttg keseleo/salah urat ini ya
awalnya di TM1 aku mulai tidur dengan posisi miring kiri, mungkin krn tdk terbiasa suatu pagi setelah miring kiri, punggung belakang sebelah kiri dekat tulang ekor ku nyeri (nyeri ini biasa terjadi pd ibu hamil)

nah krn nyeri jalanku mulai ga imbang dan krn itu suatu hari nyeri itu bertambah sakit seperti sakit kalau salah urat/ keseleo.

singkat cerita sakitnya bertahan 3 minggu hehe selama itu aku harus menahan sakit setiap kaki kiri melangkah atau menaiki tangga.

aku pergi ke fisioteraphy di RS Bunda, disana terapis tdk melakukan penyinaran krn sdg hamil, yg dilakukan hanya massage dengan sound (alat spt usg) dan mengajari bagaimana posisi berjalan yg baik untuk menguatkan otot.

Intinya otot yg cedera/trauma/atau lama dlm posisi yg salah akan mengeras (mjd fibrose) sbg mekanisme pertahanan diri untuk recovery. Nah fibrose ini yg bikin sakit/nyeri. Biasanya fibrose dimassage agar melunak/tdk lg mengeras oleh terapis.

well kayaknya hanya waktu yg dpt menyembuhkan luka (ceileeee)

jadi aku sabar2in setiap pergi ke kantor dengan pincang dan orang2 bilang kalau itu krn "berat bawa baby" dalam hati aku mikir "bukan, bukan keberatan perut, aku lagi salah urat neeehhh"

hahhaha

jadi yg kulakukan:
1. pergi ke terapis
2. ganti tempat tidur dengan latex (konon lbh baik menopang tulang)
3. massage di area sakit spt yg diajarin terapis
4. melatih otot dgn gerakan tertentu spt yg diajarkan terapis
5. bersabar

dan suatu pagi di minggu ketiga sakit itu hilang HOREEEEEE

semangat ya moms