1

Topic: Alergi Obat pada Anak

Dear Moms...
Saya mau share pengalaman ttg anak saya yang alergi obat penurun panas. Anak saya Sandra mulai umur 1,5 tahun beberapa kali kena radang tenggorokan, badannya panas tinggi, tp untungnya tidak pernah smp kejang karena saya selalu siap kompres air hangat di seluruh tubuhnya, kalo selama lebih dari 5 jam panasnya susah turun baru dibawa ke DSA dan pasti diberi obat penurun panas yang lewat dubur (maaf).
Saat umur 2 tahun Sandra panas tinggi karena radang tenggorokan (lagi), saya ke DSA dan diresepkan obat penurun panas jenis ibuproven (proris). Setelah plg dari RS, saya minumkan Proris, 15 menit setelah minum proris, kelopak matanya lgs bengkak, saya lgs telp DSA, dan jawabannya Sandra alergi Ibuproven dan tidak boleh diminumkan lagi dan diganti paracetamol (sanmol).
Sejak saat itu saya mengingat dan mencatat jenis dan nama obat ibuproven/proris, jadi setiap saat ke DSA kalo sedang demam pasti ada pesan khusus kalau Sandra alergi ibuproven.
Untuk obat penurun panas, DSA menganjurkan paracetamol, saya juga siap di rumah obat penurun panas jenis paracetamol (sanmol atau termorex).
Tapi.......1 bulan yang lalu Sandra (5 tahun), panas tinggi lagi, saya berinisiatif untuk memberi termorex, tapi....15 menit kemudian kelopak matanya bengkak (persis seperti saat alergi ibuproven), dan panasnya tidak mau turun (39 dercel). Bingung banget.....5 jam panas tetap tinggi meskipun sudah dikompres selimut yang direndam air hangat, akhirnya saya bawa ke DSA, katanya kemungkinan Sandra alergi obat penurun panas yang dicampur sirup. Karena panasnya bandel, DSA memberikan novalgin. Lagi - lagi....bengkak di kelopak mata semakin parah...smp ada bercak merah....DSA kebingungan.
Ketika saya tanya apakah ada test khusus untuk alergi obat ? DSA jawab belum ada.....IMO berarti Trial and Error, saya ngeri kalo sampai kena Steven Johnson Syndrom (please God......lindungi Sandra). Akhirnya untuk menurunkan panasnya hanya kompres hangat saja sampai 5 jam.....dan banyak minum (panas akhirnya turun). Saran DSA (lagi) kalo panas lagi diberikan paracetamol yg bentuk tablet (tidak dicampur sirup), tapi saya kok ragu.
Apakah Moms ada yang punya pengalaman seperti itu, please share...

2

Topic: Alergi Obat pada Anak

elisa_sby huhuu sedih banget dengernya. kenapa ya kok bisa begitu? saya sering dengar anak2 yang emang kalo sakit panas bisa sampe tinggii gitu.. jadi emang tiap anak beda2.

selama ini apa kalau panas langsung dikasih obat?

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta