1

Topic: Surabaya

dinda permata wrote:
Hai ibu2 surabaya, mau sharing juga kebetulan bulan lalu baru melahirkan.

Aku lihat diatas belum ada yang melahirkan di RSIA Aisyiah Pacar Keling, letaknya di Pacar Keling surabaya timur atau lebih gampangnya di belakang RSHU ;)

Pro Normal
Aku kontrol di Prof Hariadi, beliau dokter senior dan merangkap juga sebagai direktur/CEO RS Husada Utama. Praktek di RSIA Aisyiah Pacar Keling setiap Rabu dan Jumat sore. Antrian tidak panjang, bikin janji lewat telpon, semakin pagi telpon semakin sorelah kita kontrol. Prof Hariadi sangat Pro Normal, baby saya BB 3.75kg 51cm, dan Normal.

IMD, ASIX dam Rooming In
Singkat cerita ketika kontrol saya selalu bilang ingin IMD, normal dan full asi. Dsog minta agar saya langsung bilang ke perawat dan bidan yang nantinya akan membantu kelahiran. knp tidak dengan dokter anak? krn dokter anak tidak stand by saat persalinan. Mulailah pendekatan ke bidan, oia saya juga kontrol bidan selama hamil. Setiap kontrol (siapapun bidan yg sdg bertugas di RSIA Aisyiah) selalu saya ulang berkali2 agar dibantu IMD dan ASIX serta Rooming In. Alhamdulillah saya melahirkan, semua bidan sudah mengetahui dan bisa IMD selama 1 jam lebih, sesuai prosedur tanpa dimandikan terlebih dahulu. Dan senangnya lagi selama proses IMD saya diperbolehkan didampingi konselor menyusui dari AIMI Jatim (kebetulan teman sendiri). Boleh masuk ke dalam ruangan persalinan (tentunya setelah konselor izin ke Nakes dan dokternya).

Setelah melahirkan, IMD, baru bayi dibersihkan dan langsung dibawa ke kamar inap. Untuk Rooming In, kita harus booking dulu sebelumnya. (caranya : begitu masuk RS langsung minta Rawat Gabung dengan baby (kena tambahan charge, 225rb/night). Selama di rumah sakit bayi hanya diambil ketika mandi pagi dan sore (tidak sampai 10 menit) dan langsung dikembalikan ke kamar saya. Alhamdulillah.

Memang, kasat mata rumah sakit ini tidak Pro ASI. Krn banyak sekali stok sufor di ruang bayi, pasien yg sufor juga banyak. Tapi tidak tertutup kemungkinan sangat bisa ASIX. Tentunya pasien harus keukeuh minta ASIX. Atau bisa seperti saya membawa konselor menyusui, berulang kali selama kontrol maupun proses pembukaan di ruang persalinan mengingatkan Nakes kl kita pengen IMD+ASIX, sebagai tambahan kalau tidak diperbolehkan saya juga membawa hang out PP no 33 thn 2012 ttg ASIX. hihi...

Untuk harga, jauh dibawah harga yang sudah disebut diatas, mungkin karena rumah sakit ini RS lama, punya yayasan dam termasuk kecil dan bukan tipe rumah sakit besar.

Maaf kepanjangan, Smoga membantu.. ;))

2

Topic: Surabaya

mom..new member nich..lgi progrm hmil..he2 mo tnya ad yg penglaman d RS IBI dupak g?, cz dkt ma mertua. rumah q di krian, ad yg tau g apa RS yg pro lairin normal n pro asi? bwt mom Dinda permata bisa minta info biaya persalinan d RSIA Aisyah pacar keling? makaci bwt smua^^

3

Topic: Surabaya

Mom adakah yang pengalaman melahirkan dengan metode waterbirth di RS Husada Utama? bagi ceritanya donk. Atau ada yang pernah melahirkan dengan dr. Amang? Apakah beliau susah jadwalnya? Karena setau saya beliau termasuk dsog yang laris ya, takutnya kalau saya melahirkan dengan beliau pas hari H nya beliau nggak bisa karena terlalu sibuk.

4

Topic: Surabaya

hi mom... salam kenal :)

sekarang lg hamil 6 bln, untuk anak kedua. Ak kontrol d husada utama pake dokter didi. Rencana lahiran juga di sini, tp masih bingung mana kamar yg dipilih antara kelas 2 dan kelas 3. Maklum mom, krn di kelahiran anak pertama ada masalah. jd kudu mikir antara biaya dan kualitas pelayanan untuk kelahiran anak kedua ini.

Ada yg pernah pengalamanan lahiran d husada utama? pelayanan tiap kelas kamar berbeda g? dan disetiap kamar, bayi bisa rooming in ?

Please mom..... kasih informasi. :)

5

Topic: Surabaya

mom Suhuba, untuk biaya dsb di RSHU ada di thread ini mom http://theurbanmama.com/forum/topic939-surabaya-sidoarjo-biaya-persalinan.html

setahu saya d RSHU bisa rooming in, perawat, dsog nya pro ASI dan pro IMD juga. saya jg px nya dr didi, tp pindah cz suami lebih sreg dsog perempuan :)

anak pertama ada masalah apa mom, klo boleh tau...^^

6

Topic: Surabaya

saya mau nambahin review ttg rs putri.
saya pake dsog dr.rudi harsono.

saya waktu itu cuman survey hcos & rs putri krn dekat dengan rumah mertua, yg mana suami saya lebih deket untuk mondar mandir rumah-rs.
sayangnya saya ngga membaca banyak ttg pro asi, jadi pas anak lahir (saya SC krn hipertensi), cuman ditunjukin sbentar, trus dibawa entah kemana ... saya dipindahkan ke ruang pemulihan. awalnya dibilang saya harus 24jam di situ (dalam hati, lha kapan saya belajar menyusui ya?) tp setelah hampir 12 jam, suami ngotot saya harus kembali ke kamar, krn ada bbrp tamu yg ingin bertemu. dan saya baru masuk kamar malam jam 7an. saya operasi jam 8 pagi.
mama saya sempat meminta suster (via telpon) untuk membawa bayi saya ke kamar supaya saya dapat melihatnya.
keesokan harinya baru saya belajar menyusui, itupun tidak didampingi suster.
memang sih pas awal sblm masuk rs, para perawat sudah mengatakan akan diberikan sufor.
saat saya sudah pulih, bayi saya dinyatakan kuning & bilirubin tinggi sehingga harus disinar 24 jam. saat itu asi saya baru keluar, saat saya dtg ke ruangan bayi untuk menyusui bayi saya, saya hanya diberikan bayi saya tanpa didampingi cara menyusui.

jadi ini kesimpulan saya :
+ perawat baik2
+ makanan ok
+ kebersihan kamar & kamar mandi ok

- tidak pro asi & imd

Stallion's mommy

7

Topic: Surabaya

oh ya, 1 hal yg harus kita utamakan ... rs tempat kita melahirkan sebaiknya punya fasilitas NICU dengan alat2 yg lengkap,
teman saya kmrn2 melahirkan di lombok 22 lontar, caesar,
pas lahir anaknya kesulitan bernapas (katanya telat adaptasi)
krn lombok22 lontar tidak punya peralatan yg memadai, anaknya dibawa ke husada utama.

Stallion's mommy

8

Topic: Surabaya

ada yg punya pengalaman melahirkan atau menjenguk kerabat yg melahirkan di RSAL Ramelan Surabaya ga? pengen kesana krn deket dengan rumah...

9

Topic: Surabaya

lupa belum cerita tentang RSIA Kendangsari dimari yah..
saya lahiran normal habis sekitar 12jutaan
pake dokter Vita Maya. Dokter Vita ini ngga praktek di RSIA Kendangsari tapi udah sering banget nolong persalinan di Kedangsari.

RS nya bersih, pro ASI dan IMD, kamarnya juga oke (saya ambil kelas 1), susternya ramah, ada juga yang agak jutek sih tapi untuung pas saya doi udah ganti shift.
kalo makanannya standar sih ya, ngga bisa milih tapi penunggu udah dapet jatah makan 3 kali sehari juga..

10

Topic: Surabaya

ikutan juga, saya lahiran dengan SC di RSIA Kendangsari tgl 16Feb2013 dgn dokter Indra Yuliati,kena 11.5juta lho kok hampir samaan ya biayanya sama mom dindai :D oh iya baru inget saya ambil kelas 3 hehe :D meskipun ambil kelas 3 tapi pelayanannya tetep bagus bgt di Kendangsari ini dan boleh ditungguin juga sama suami 24jam cmn suami makannya di kantin hehe..tapi tetep rekomended deh :) pro ASI skali pro IMD pro rawat gabung, menurut saya makanannya enak2 :D *ato emaknya aja ini yg doyan..

mmg sih stlh anak saya miel lahir, saat IMD itu dalam keadaan sudah dimandikan (apa krn SC ya) tp setelah itu 24jam miel ga minum asi karena miel msh blm bs latch on, alhamdulillah suster2nya mendukung asix dan dsa menenangkan karena miel pny cadangan makanan di lambungnya sampe 2x24jam dan akhirnya malam harinya saya pompa asinya dan keluarlah kolostrum itu, bahagia rasanya...

yg bikin terkejut esok harinya saat saya ingin meminumkan asip kolostrum itu tidak ada dot dsana, Kendangsari menyediakan cupfeeder, wiihh hebat ya RSIA ini, jadi miel umur 2hari minum kolostrumnya pake cupfeeder dibantu sama susternya dan ndak kesedak sama sekali... *sampe skrg mau 4bulan alhamdulillah pake cupfeeder minum asip nya :)

ayo ibu2 disini bener2 deh RSIA Kendangsari rekomended skali, ndak usah pake ngingetin suster2nya n dokter2nya utk bs IMD, rawat gabung, dan ingin ASIX karena udah standar RSIA Kendangsari begitu dan jg pelayanan yg memuaskan mskipun ambil kelas 3 dan suster2nya dan dsa nya akan dgn senang hati mengajari cara latch on yg benar :)

oh iya ada kekurangannya jg RSIA Kendangsari ini spt tempat parkirnya yg ga memadai jd agak bikin macet, kantinnya kecil, RSIA nya juga ga gede2 amat :)

*oh iya temen saya yg lahiran dsini jg pernah cerita klo kontrol ke dsa n ketauan baby qta pake sufor bisa disemprot habis2an :)

11

Topic: Surabaya

Moms, mo sharing aja pengalamanku melahirkan di RSI Jemursari awal September 2012 kemarin.

Sabtu siang aq ngerasain mules2 lgsg dianterin Suami ke RS, di VK diperiksa ternyata sudah bukaan 3. Lgsg disuruh ngamar sama suster jaganya. Suamiku milih kamar 1B. Isi 2 orang tp pas itu cuma ada aq.

Pas kontraksi uda makin sering, aq dbw kembali ke ruang VK. Ternyata sudah bukaan 5. Suami bs nemenin di dlm sampai akhirnya aq lahiran jam setengah 1 malam hari Minggu. Senin pulang.

Tapi Rabu kembali lagi anter si kecil yg kuning dan harus disinar 3 hari :( pas si kecil disinar, suster2nya ngingetin agar aq anter ASIP tiap 4jam. Bahkan pas tengah malam pun mereka masih terima Suamiku yg dtg anter ASIP.

Plus:
- suster2nya helpfull banget. Mereka nyemangatin agar aq bs lahiran normal dan pas uda lahiran dan di kamar ada suster yg telaten nerangin dan ngajarin cara nyusuin yg benar.
- dsogku kebetulan lg di LN jd yg pegang aq pas lahiran dsog lain tp beliau telaten nungguin aq sampai bukaan 10 dan jahitannya rapi (penting nih! hehehe...)
- bisa IMD, rooming in dan makanannya enaak
Minus:
Kamar VK dan kamar inapnya BANYAK nyamuknya! Aq lahiran dikerubutin nyamuk padahal ruang tertutup dan berAC! Ampuun...

Biaya:
Lahiran normal tanpa induksi di kamar kelas 1B 7JT+biaya ruang isolasi NICU 3 hari (krn bayiku kuning) 2JT. Total 9JT.

Kesyukuran tak terhingga

12

Topic: Surabaya

otty wrote:
Setuju sama eryka, RSI Jemursari juga oke dengan harga lebih bersahabat :p Ini dari pengalaman temen sih, n bisa rooming-in juga.

Oiya, buat mamas n papas yang butuh daftar RS beserta fasilitas n biayanya, bisa PM ya. Soalnya di sini ga bisa attach file kan. Gue punya file hasil survey pribadi sih, kali2 bisa membantu untuk nentuin mau melahirkan di RS mana. Kalo menurut gue sih sangat membantu (ya iya lah wong gue yang bikin :D).



mommy otty mau donk pricelist nya.. bisa kirim langsung ke emailku aja ya, mom.. [email protected]
thanks banget ya mommy otty. sangat2 membantu sekali nih infonya :D

13

Topic: Surabaya

Mom, minta review rs husada utama yg terbaru dong..
Kelas 2 di RS husada utama untuk 2 pasien ya mom?? Trus boleh tau keluarga yg nunggu tidurnya gmn ya??apa boleh bawa alas tidur dan bantal sendiri??

Mohon pencerahannya ya mom

14

Topic: Surabaya

mamas.. mau review RSIA Kendangsari, saya melahirkan disana Oct 2011 caesar dibantu dengan dr M Fachry SpOG dan Dr Diana SpA. IMD 1jam, pro ASi, rooming in,.
minusnya parkiran sempitttt.. apalagi sekarang katanya semakin ramai ya RS nya, ruang tunggu pasien nya terakhir jg udah ga nyaman kalo hari sabtu. mdh2an udah ada perbaikan ya.. *udah for good ke jakarta lagi soalnya* :)

15

Topic: Surabaya

moms,

ada yang pernah melahirkan di rs national hospital surabaya? sharing pengalamannya. atau yang pernah melahirkan dibantu dengan dr amang.


thanks

16

Topic: Surabaya

Halo moms,
Saya jga butuh info nih ada yg pernah melahirkan normal di national hospital? Bagi pengalamannya ya, sy rencanany dg dr hendera henderi..

Thx you

17

Topic: Surabaya

sani88 wrote:
Halo moms,
Saya jga butuh info nih ada yg pernah melahirkan normal di national hospital? Bagi pengalamannya ya, sy rencanany dg dr hendera henderi..

Thx you


Halooo sy kmrn lahiran dengan dr hendera henderi tpi sy operasi sih gak normal.. dokternya enak kok di ajak ngobrol trus suka kasi tau yg bagus buat kehamilan apa (makanan,minuman,olahraga apa yg cocok, dll)