1

Topic: Bayi tabung, lahir cesar atau normal?

Salam kenal, Moms...
saya sebetulnya pingin tau apakah ada Moms yang punya pengalaman hamil melalui program bayi tabung? Bagaimana melahirkannya, apakah normal atau dengan cesar?
Saya berhasil hamil melalui program bayi tabung, inipun program yang ke-2, program pertama gagal. Saya sudah menikah jalan 5 tahun, dan jalan tahun ke-2 pernikahan saya hamil di luar kandungan sampai menjalani operasi pengangkatan tuba fallopi sebelah kanan karena babynya nyangkut di situ. Sejak itu saya makin susah untuk hamil, sudah mencoba berbagai cara untuk hamil sampai akhirnya beberapa dokter yang saya datangi menganjurkan untuk ikut bayi tabung. Dokter tidak begitu menyarankan untuk inseminasi mengingat tuba kanan saya sudah tidak ada, dan saya juga mengidap pcos.
2011 akhir saya coba bayi tabung dan gagal. September 2012 saya coba lagi dan akhirnya berhasil. Saya ingin tau pengalaman Moms apakah ada melahirkan dengan cara normal, karena kayaknya bayi tabung itu identik dengan melahirkan cesar, betul ga, Moms? Walaupun sebetulnya dokter saya ingin saya berusaha lahir normal, saya sih berpikir mau lahir normal. Hpl saya 18 juni, sekarang saya sudah masuk mingu ke-33 kehamilan.
Trims ya, Moms...

2

Topic: Bayi tabung, lahir cesar atau normal?

hi mom susanico,

sekedar share yg pernah alamin bayi tabung itu tante saya. mrk sudah 15 thn ga dpt momongan n akhirnya jalanin bayi tabung n dapat.

awal rencana mereka akan lahir normal, tapi diakhir perjalanan akhirnya harus cecar krn kondisi tante saya yang agak lemah n bayinya harus lahir hari itu juga. walah prematur ya tapi sekarang tumbuh sehat.

kalo menurut saya tidak bisa diprediksi harus cesar ato normal. harus liat kondisi si janin n si ibu selama proses kehamilan.

yg terpenting sekali. jgn pernah capek. jangan sekalipun angkat barang2 berat2