1

Topic: Tips: How To Get A Job Abroad

*moga-moga ga salah kamar,ijin ya mamods*

Hai mama yang di Indo dan juga LN,
kalau ada yang berhasil dapet kerjaan di LN, boleh di share dong tipsnya... Secara general boleh apa aja, tapi aku mulai dengan bertanya kasusku yahh.. mohon dibantuuuu

Kebetulan diundang jadi pembicara di Seminar Internasional di Mexico bulan Agustus besok. Kebetulan juga saya masih jadi pengacara (pengangguran banyak acara, hehe). Membicarakan apa? Ternyata saya diundang untuk presentasi hasil penelitian skripsi sarjana saya (hadooh berasa dah lamaaa banget). Nah di acara ini tentu banyak orang penting, perusahaan penting, dan yang penting-penting lainnya. Sebar kartu nama, perbanyak koneksi, sudah tentu akan saya lakukan. Nah, apa mama & papa ada tips lain atau poin-poin tertentu yang sebaiknya saya notice selama di Mexico supaya sekalian dapet kerjaan (Amiiin)? Trims sebelumnya

*OOT: rencananya sekalian travelling ama suami dan anak kami (will be 5 mo by then), tapi ini mau di post di thread lain tentunya... yaaaak langsung push up...

Mother of Universe

2

Topic: Tips: How To Get A Job Abroad

Haii Koeliz...iiiiiiih senangnyaaa selamat yahh, asik banget tuh traveling sekalian kesonooo :D

Dirimu mau cari kerja di Mexico ato gimana kah? Tp yg diundang kan bukan cuma dari Mexico, internasional kan seminarnya?

Kalo di Mexico gue terus terang tak tauu, hahaha.

Tapi, kalo dari pengalaman sih ya, gue pernah ditawarin beberapa adv agency LN untuk kerja di mereka, meski gue gak mau sih karena betah tinggal disini dan udah nyaman punya kantor sendiri; waktu itu sih pernah nanya, kok malah ngajakin gue sih? Kan gue gak terlihat berminat nyari kerja di kalian?

Jawaban mereka: justru karena gue keliatan gak gitu butuh dan ngga despret, mereka bilang orang ini comfortable di pekerjaannya dan justru yg spt inilah yg mereka cari kalo mau headhunting.

Soalnya kalo pada saat seseorang ngga merasa nyaman di kerjaannya, dan lagi mencari pekerjaan lain, dia cenderung, apa yah? Ngga natural, konon katanya lhoooo, hahaha, krn emang pengen di-hire. Jadi kalo ngobrol sama headhunters2 ini ya tentu mereka ngga apa adanya krn emang bertujuan impress - ngga salah juga sihhh, namanya butuh yeeee, hihihi.

Beda kalo orang merasa nyaman di pekerjaannya, apa yg mereka ngomongin, diskusiin, obrolin itu tuh apa adanya karena emang mereka ngga ada hidden agenda mau cari pekerjaan lain, dan disitulah si headhunters bisa menilai kualitas sebenarnya karena orang tsb apa adanya.

Jadi kalaupun si orang tsb mau pindah kerja ke perusahaan mereka, bukan hanya karena butuh tapi karena mencari tantangan baru. Begitchu kurang lebih...IMHO bener juga sih logika mereka.

Nah bagi mereka sih selain hal tersebut dan portfolio pekerjaan sebelumnya yang bagus, biasanya orangnya yg penting.

Orangnya yg penting tuh maksudnya orgnya pembawaannya enak, ramah, dan rajin networking, di samping portfolionya bagus.

Kalo Koeliz udah bisa sampe diundang kesana sih udah pasti skripsi dan portfolionya OK banget yah say, jadi saran gue, pede ajaaaaa kan itu udah jadi salah satu bekal juga, nyaman aja dgn diri sendiri dan cari network sebanyak2nya, dan bersikap "jinak2 merpati" hihi...dalam artian, "Iya, gue emang lagi nyari kerja tapi gue juga pilih2" attitude begitu lah.

Semoga sukses yaaaaaaaa *hugs*

3

Topic: Tips: How To Get A Job Abroad

peachmargarita

Ga harus di meksiko, pengennya malah di UK, Canada, Australia, atau NZ hehehe..
Ooh gitu ya, musti jinak-jinak merpati... hihihi... btw gimana cara ngenalin itu head hunter? dari bicaranya, kah? pakaiannya, kah?

btw bukannya hebat sih, cuma ada orang baek yang bela-belain cariin funding buat yg punya penelitian dari basic patennya dia. sebenernya diriku yaah biasa sajaaa... masih seperti urban mama lainnya hehe..

Mother of Universe

4

Topic: Tips: How To Get A Job Abroad

Maaf nih, tdk bisa membantu koeliz

Dulu (kurleb thn 2006) aku pernah iseng2 posting CV ke jobsdb. Setahun kemudian (thn 2007) aku diinterview via telp oleh salah satu perusahaan engineering di Singapura, tp maaf nama perusahaannya aku sdh lupa. Sebenarnya waktu itu aku juga sdh kerja hampir setahun di salah satu perusahaan engineering & constructor di jakarta. Bbrp hari setelah interview ditelp lagi, dibilang aku diterima di perusahaan mereka, ditawari nego gaji dan melengkapi persyaratan ini itu. Tapi terpaksa kutolak karena waktu itu sudah menjelang hari H pernikahanku. Jadi sampai skrg batal deh bisa kerja di luar negeri.

5

Topic: Tips: How To Get A Job Abroad

wah mama koeliz hebat deh. emang waktu itu skripsi nya ngebahas ttg apa sih? *jadi penasaran*

input dari gue sih yaa.. sama lah sama peachmargarita yang penting kita networking dan sincerely untuk networking. tentunya ngasih tau kalo emang lagi looking for a job juga gapapa, tapi kan ga perlu yang terlihat jadi kayak desperate. anggep aja ceritanya elo lagi nyari kerja di indonesia karena baru punya anak :)

dan bener banget kata peachmargarita gue pun ngerasa seringnya gue dapet tawaran kerjaan itu kalo di saat gue sebenernya ga pengen banget nyari, karena lagi happy dengan kondisi kerja saat itu, jadi makanya tidak terlihat desperate, dan jadinya malah di offer kerjaan.

honestly, pengalaman kerja gue emang banyakan di LN, di indonesia cuma sempet 2.5 tahun. tapi ya keadaan gue kerja di LN pun bukan gue yang apply kerja sih. jadi rada susah juga ngasih tips gimana kalo lagi di indonesia trus apply kerja di LN. walopun sempet sebelom gue pindah ke singapore kemaren ini gue ditawarin kerjaan sama perusahaan financial lain, dan asli gue phone interview semua, malah sampe disuruh dateng ke kantor mereka, all expense paid, hanya untuk interview. sayangnya, last minute gue ga ambil, karena ternyata gue bisa transfer dari perusahaan gue di jakarta, ke cabang di singapore.

good luck networking ya!

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

6

Topic: Tips: How To Get A Job Abroad

semoga ga salah thread.... Mommy...domisili singapore.... ada yang punya info RS. yang sedang memerlukan general practitioner (dokter umum)??

? Alfarabbi and Hanuun Moms?
?dr. Adityo Putro sejati wife?
? https://twitter.com/QsAdityo ?