1

Topic: Sad story to share...

Urban mamas, gara2 lagi nulis di blog ttg pngalaman sedih 3 thn lalu, dan karena nangis bombay baca artikel tulisannya Ratihjanis di sini, gw jadi bikin thread ini deh...

ada banyak kisah sedih yang kita alami sebagai seorang mama, dengan berbagi mungkin akan jadi penghiburan yang baik dan terutama jadi pelajaran untuk bersama..

gw mulai duluan yaa:

Tiga tahun lalu, saat liburan sekolah, Kenan dan Caca seneng bgt karena keluarga besar kami akan menginap di Putri Duyung Cottage. Semua berjalan dengan sempurna, hingga hari ke dua, saat karena saking semangatnya, malam hari Ken berlari ke arah kamar sebelah (kami menyewa dua kamar) dengan penuh semangat dan dia tidak memperhatikan kalau ternyata pintu masih tertutup, namun karena pintu terbuat dari kaca setebal lima mili dan suasana di dalam ruangan terang benderang, dia nggak 'ngeh' kalau pintu dalam keadaan tertutup. Alhasil, "PRANG!" terdengar suara yang sangat keras dari luar. Gw yang keluarga lain lagi asik ngobrol di sebelah, kami hanya pikir itu suara kucing atau apa pun. Tapi nggak tau kenapa gw berlari keluar dan gw ngeliat si abang menunduk sambil menutupi wajah dengan kedua tangannya. Dari sela2 jarinya menetes atau lebih tepatnya mengalir darah segar dan jatuh ke lantai yang sudah digenangi darah yang buat gw banyak banget (mungkin kayak ukuran i botol mineral water uk 250cc tumpah).

Bodohnya, gw panik dan ngga berani ngecek muka dia karena gw takut muka dia atau apa pun luka dia kena tangan gw dan memperparah keadaannya. Gw cuma meluk dia dari belakang sambil meraung2 histeris, "abang kenapa???, abang kenapaa???." Selang beberapa detik, keluarga gw berhamburan keluar, suami gw langsung ngambil handuk, kasih ke Ken dan minta dia nutup mukanya dengan handuk itu. Caca yang waktu itu masih umur 5 tahun hanya melongo sedih melihat sekumpulan orang bolak-balik ngurusin abangnya sementara gw, nyokap gw, serta saudara cewek lain malah sibuk nangis2 ngga jelas, horor ngeliat genangan darah dan situasi yang ngga jelas karena kami ngga tau apa yang terjadi dengan wajahnya, ngga bisa lihat lukanya, karena seluruh mukanya dipenuhi darah dan Ken harus terus menutupi wajahnya dengan handuk agar darah nggak mengalir makin deras.

Satu ipar laki-laki langsung menghubungi sekuriti cottage dan dengan sigap mereka langsung membawa kami ke RS terdekat.

Akhirnya sampailah kami di rumah sakit terdekat. Ken di bawa ke UGD dan langsung ditangani dengan baik. Barulah ketahuan, bahwa ada luka belah memanjang di pipi kanannya yang kata suami gw bentuknya seperti sosis yang dibelah ditengah dan digoreng hingga mengembang (coak gitu) dan yang juga cukup parah, ada daging yang hilang tepat di hidungnya yang tidak bisa diapa2kan selain dioperasi pelastik. Ya Allah..gw lemes sekaligus lega. Lemes karena sedih dan kasihan sama abang -apalagi karena lukanya cuma satu senti di bawah mata, nyaris bgt- dan lega karena hal itu tidak mengancam nyawanya.
http://2.bp.blogspot.com/-nbuY-RjBl7Q/UamFGvOB9bI/AAAAAAAAAvI/8C7cTxczJR4/s1600/Ken+stelah+UGD.JPG

Sambil nemenin proses ngurusin lukanya yang lumayan lama, gw ngga berhenti berdoa memohon kemudahan. Setelah dibius dia langsung dijahit, tapi kelihatan banget bahwa dia merasakan sakit, terlihat dari ringisan di wajahnya setiap kali jarum dan benang mengenai kulitnya (kata suami gw, karena gw gak berani liat). Terasaaaa banget Kenan berusaha menenangkan hati gw dan suami dengan bilang bahwa itu ngga sakit, namun ditengah2 proses dijahit dia bilang gini ke suami gw "ayah..boleh istirahat dulu ngga sebentar?," dan suami gw minta dokter untuk menghentikan dulu proses ngejahitnya karena itu artinya Kenan udah bener2 cape nahan rasa sakit. Beberapa jam kemudian 36 jahitan di pipi dan beberapa jahitan di jidat, telingan dan tangannya selesai. Gw lega meski pun ini belum berakhir.

Singkat cerita, semua berjalan dengan lancar meski pun ada beberapa kendala yang harus dihadapi. Gw dan keluarga banyak belajar dari kejadian ini, untuk lebih hati2, lebih saling menyayangi dan yang terpentng yg gw pelajari dari anak gw sendiri: tetap berusaha tenang demi menjaga perasaan keluarga lain.. love u abang!

Ini foto terbaru Ken yang sudah lebih pede dengan scars-nya..

http://3.bp.blogspot.com/-kfLeGm_DjOM/UamPT_M4d5I/AAAAAAAAAv8/vxBeKdHh114/s1600/abang+skrg.jpg

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

2

Topic: Sad story to share...

Duh Zataa, pasti sedih dan lutut rasanya lemes ya kalo liat anak berdarah-darah... Aku pernah pegang ponakan yang jatuh pelipisnya kepentok meja kaca sampe berdarah2 masih sigap, karena memang dulu belum punya anak. Kalo sekarang gak pengen deh ngabayangin Kira-Kara.. Badan panas, gak turun-turun aja rasanya pengen mewek, cemas gak karuan :D

-WiwiT-
An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
@wiwidwadmira | the Setyadi's

3

Topic: Sad story to share...

Iya Wit...udah lama berlalu tapi kalo kebayang lagi masih aja dada gw brasa deg2an. Dan emang, pas blm punya anak kita memang kurang peka ya sama hal2 yg berhub dng anak2. Gw juga gitu kok, sejak punya anak, baru deh, ngeliat anak orang kenapa2 aja gw sedihnya minta ampun...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

4

Topic: Sad story to share...

Haaa.. Mbak,sumpah lemes banget baca ceritanya. Aku pun kalau (amit amit) mengalami hal yg sama, pasti panik nggak karuan. Semoga kita para orang tua bisa lebih peka dengan keadaan sekitar yah.. Untung kenan sekarang sudah ganteng. Terima kasih mbak ceritanya. Mengingatkan aku untuk lebih berhati hati lagi..

5

Topic: Sad story to share...

diradiradira..

sama2..

mudah2an kita semua menjadi lebih waspada tapi tetep ikhlas ya.. aminnn...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

6

Topic: Sad story to share...

Hwaaa, sedih sekali ceritanya.. Bener sekali, sejak punya anak, liat anak kecil kejedot atau sakit jadi ikutan empati dan sedih ya, terbayang bgmn kalau kita ibunya..

Mbak zata, critanya miriiiip bgt seperti cerita aku waktu kecil, saya diposisi caca, masih tk.. Jadi teringat lg kakak laki2 saya, bapak dan saya wkt itu pulang nonton bioskop mampir ke toko kue di bdg. Bapak masih sibuk nurunin saya dari mobil, mas sudah semangat lari ke toko duluan. Ndilalah pintunya kaca dan ndak kliatan dari luar, ketabrak mas yg waktu itu umur 6-7 tahun saja kok ya lgsg pecah byaar... Kakakku dgn badan bertaburan kaca, bbrp nancep di kulitnya dan darah ngalir dimana2 malah bilang "pak, aku takut ditangkep polisi dah mecahin kaca.." Saya yang malah nangis2, jujur saya waktu itu takuut sekali krn mengira kakak saya akan meninggal huhuhuhu :( ..
Scenes dipangku org asing di mobil orang krn bapak sibuk megangin pergelangan tangan kanan mas yg darahnya ngucur terus, di RS melihat mas lgsg masuk ruangan tertutup, bapak nyuci kaos berdarah2 di kamar mandi, bau amis-getir darah campur klorin masih jelas sampai skrg.. Setelah operasi, tnyt ada otot ke bagian ibu jari tgn kanan yg tdk tersambung dgn baik, alhasil jempol kanan mas gak bs ditekuk. Akhirnya operasi lg, kali ini utk memperbaiki otot tsb. Hasilnya, msh butuh latihan berkali2 sampai mas bs menulis lg dgn tgn kanan. Setelah itu pun, bekas operasinya menjadi keloid dan sering terasa nyeri, operasi terakhir pun dilakukan utk membuang sisa jaringan berlebih..
Skrg malah tulisan kakak saya lbh bagus dari saya hehehe :) dan sempet bs nulis gantian kanan-kiri klo pe-ernya banyak

Setahu saya, toko kue itu akhirnya mengganti pintunya.. Tetap pintu kaca, tp ditambah stiker pelapis tembus pandang supaya kalaupun pecah tidak berhamburan dan membahayakan, dan lebih tebal. Bgmnpun, meski 5 mm kalau utk jadi pintu sepertinya masih tipis ya..

7

Topic: Sad story to share...

wah Eno Mughni..mirippp banget ceritanya..

Saat itu, stelah abang selesai di operasi, gw jg langsung kepikiran caca yg gw tinggal di cottage bersama oma dan keluarga lainnya. Abis itu dia langsung kami jemput karena gw gak mau dia sibuk bertanya2 ada apa dengan abangnya, dan gw juga agak merasa bersalah karena ngga 'merduliin' dia saat kejadian berlangsung, saking paniknya, saat naik mobil gw lupa ijin sama caca dan ngasih tau dia bhw kami hrs urusin abang dl dan dia jangan ikut dulu.. pas ketemu lagi di cottage, gw minta maap sama caca sambil ngejelasin keadaan abangnya, biar dia ngga terlalu khawatir lagi..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

8

Topic: Sad story to share...

wuih zata gue bacanya sambil deg2an dan hampir skipped a beat deh.. dan mau nangis.. gak kebayang gimana elo pas waktu kejadian itu. huhuhuuu..

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

9

Topic: Sad story to share...

SlesTa..pas nulis critanya aja idung gw sampe mampet...

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

10

Topic: Sad story to share...

Wahhhh... Ternyata ada forum ini....

Mau berbagi deh...
Anakku kan alergian.. Gampang sakit juga. One day di usianya 15 bulan, tiba tiba aja dia malam hari panas tinggi dan sesak... Mengenai sesak ini, baru kali ini terjadi, memang sering bapil, grok grok, tapi gak sampe sesak. Duh, kasian sekali melihatnya... Dia berusaha untuk tidur, tapi gak pulas, krna gak bisa nafas, nafasnya sampe kedengeran di kamar sebelah. Aku hanya berdua dgn suami dan ibu mertua yg sudah tua. Tengah malam, dia aku kompres, kasi obat panas dari dubur... Tapi sesaknya ini mengkhawatirkan sekali. Rasanya ingin malam itu juga cabut ke UGD, tapi suami nyantai abis, katanya tunggu besok pagi aja, lalu tidur lagi.... Kecapean mungkin papanya randi, krna kerja seharian. Saya sendiri gak bisa naik mobil, motor dan kami ada di kota kecil, perantauan, saya tidak ada teman, malam saya coba keluar rumah sepiiiii, gak ada becak juga. Setiap kali denger randi nafas rasanya mau nangis aja... Sampe dadanya naik turun, duh kasian banget... Akhirnya aku telfon apotik minta obat sesak yg ada yang bisa diuap. Karena waktu itu ada di kota kecil, gak semua apotik buka jam 12 malam, dan obat sesak yg biasanya ada di rumah sakit, gak tersedia di apotik. Saya beli obat sesak seadanya, waktu itu pake ventolin (biasanya dikasi steroid juga, tapi kosong), dan memohon mohon sama orang apotik buat antar ke rumah. Tiap dua jam saya uap anak saya dgn alat pribadi gantian ventolin dan cairan PZ, sesuai anjuran dokter. Saya merasa bersalah sebagai ibu tidak ada hal lebih yg bisa saya lakukan, dan menyesal kenapa tidak stock obat yang banyak di rumah. Sampai pagi hari saya cuman bisa berdoa sama Tuhan semoga anak saya baik baik saja sampai waktunya bangun. Dan Puji Tuhan, semuanya bisa terkendali sampai waktunya randi pergi ke dokter. Tapi tetep saya gak bisa lupakan malam hari itu dan tidak ingin lagi melihat anak saya sesak lagi....

Oia kalo berbagi kisah sedih selama kerja bisa gak ya?
Ini cerita yang gak pernah saya lupakan lho.... Saya kan pernah kerja di rumah sakit. Waktu itu di bangsal kelas tiga, ada seorang ibu dirawat dengan kanker paru. Udah stadium akhir... Ibu ini punya seorang anak perempuan yang sayang banget sama dia. Nah yang saya sangat terharu, di hari ibu itu meninggal, anaknya pas wisuda kuliah... Jadi itu anak pas banget habis wisuda, masih pake kebaya dan konde datang lari ke bangsal ibunya... Duuhhhh sedih banget, pas dia datang, pas ibunya udah nggak ada lagi.... Dia peluk itu ibunya dan nangis... Dan kita semua yang lihat peristiwa itu nyesek semua... Ya Tuhan, semua memang kita serahkan pada rencanaNya...

The greatest gift from God....my Randi

11

Topic: Sad story to share...

mom Zata Ligouw dan Eno Mughni,

ngeri banget baca ceritanya... :( Suka gak kuat ya kalo kenapa2 sama anak kita, apalagi kalo ada darahnya gitu...

uminya Rafisqy Raefal

12

Topic: Sad story to share...

Mbak Zata, ngeri banget bacanya :( gak kebayang klo aku yg ada diposisimu waduh langsung semaput seketika kali..

Sad story dari aku kejadian 8 hari yg lalu. Benaya (3m waktu itu) tidur berdua sama aku di kamar yg terpisah sm suami. Kami masih tinggal sementara dirumah nenekku. Sekitar jam 5 pagi aku tinggal ke toilet, Ben di kamar sambil dijagain Iyutnya sampe aku balik. Gak lama aku balik n langsung tidur lagi. Bener2 gak lama dari itu Ben nangis kejer, aku kebangun n omigod... aku liat ada tikus gak jauh dari bantalku di dekat Ben. Aku langsung loncat n teriak2 manggil suamiku, Ben masih nangis kejer. Tikusnya udah kabur ntah kemana.
Ben tidur selalu ditutupin sama kelambu yg kayak tudung saji itu lo. Pada waktu aku mau nenangin dia n angkat tudung sajinya, omigod (again)... ada darah segar di tangan Ben n kasur sekitarnya juga sedikit di tudung sajinya itu. Maaakkk.... teriaklah aku lebih histeris lagi sambil nangis, "Paaa, Benaya digigit tikus Pa!!! Aduh maafin mama Ben!"
Setelah sedikit drama2an begitu, digendonglah Ben sm papanya ke kamar lain sambil darah dari tangannya netes2 sepanjang jalan. Sungguh aku merasa jadi ibu gagal, kok bisa2nya tidur n gak merhatiin kondisi sekitar. Kok bisa kecolongan???? Jantungku kayak melorot ke kaki.
Setelah pindah kamar itu,sambil digendong papanya pangkal jari telunjuk kanan yg digigit itu dikasih Betad*ne sm ARTku. Aku sama sekali gak berani liat lukanya, takut n merasa bersalah. Kata papanya sih, ada luka bolong n robek. Thank God gak putus jarinya digondol tikus (awww, bener2 thank to my God)
Gak lama nangisnya berhenti, dikudang papanya sudah bisa ketawa2 lagi. Aku susuin dia sudah bisa senyum2 walopun matanya masih ada sisa2 airmata. Aku yg masih gak berhenti nangis, bener2 emak yg gak tabah!

Kira2 setengah jam dari kejadian penggigitan itu kami sudah ada di UGD RS terdekat. Entah berapa kali pertanyaan "Kok bisa sih digigit tikus?" terlontar, makin bikin aku merasa payah n gagal. Untungnya aku fokus sm pikiran bahwa terpenting Benaya sudah ditangani n tidak ada yg serius.
Seminggu lebih berlalu, luka Ben juga sudah kering, bahkan dibagian yg kata suamiku luka bolong sekarang sudah hilang tak berbekas. Tikus2 dirumah Iyut jg sudah diberantas habis. Tapi kenangan buruk tangisan Ben n perasaan sedihku gagal menjaga anakku sepertinya perlu waktu lama untuk bisa hilang. Kadang papanya guyon, mungkin tikusnya genmes kali liat Ben tangannya gemol2 mana bau susu lagi. Aku cuman senyum kecut aja, masih merasa bersalah :(

Benaya Hiranya's mother

13

Topic: Sad story to share...

@randi...duh kebayang kok prasaan randi waktu itu. Gw juga pernah tinggal di perantauan soalnya, jadi kebayang hopelessnya kalo situasi kayak gitu. Tapi randi hebat lho mnurut gw, bisa nyari solusi dengan telp apotik dan nge-uap anaknya semaleman..salutt..
Wuah..adegan di RS itu mah emang mengharukan abiss..wajar kalo gak terlupakan. Abis liat adegan itu, pasti inget ibu sendiri ya, ran..

@Mir...hadeuhh..ngeliat darah orang aja panik, apalagi darah anak sendiri ya..

@novel..aduh..gw meringis bacanya..tapi di satu sisi gw juga ngebayangin klo itu tikus emang gemezz ama Ben ;p. Eniwei..makasih share-nya ya. Kan kalo gak ada crita kaya gini, moms laen gak kebayang bakal ada tikus naek ke tempat tidur, apalagi dlm keadaan anak dikelambuin..musti lbh hati2 dan sering2 cek hama di rumah ya moms..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

14

Topic: Sad story to share...

Randi udah kebayang rasa nya gimana ,,in the middle of nowhere ,jauh kemana2 apa lg dr sarana kesehatan ....I feel you banget mom ...mudah2an ga kan kejadian kaya gtu lg deh ya ,siap kotak p3k kumplit emang perlu banget klo kita ada d tempat2 macem itu ,pas ke kota besar memang segala obat salem krim apapun d beli buat persiapan ..

:) Kenes Uletnya Dharmawan :)

15

Topic: Sad story to share...

huhuhu... ga tega baca ceritanya :'(

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

16

Topic: Sad story to share...

baru kebuka fotonya ken dan gw langsung nangis dooong..lemesss :'(

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

17

Topic: Sad story to share...

Sad story gw adalah ketika Dante tulang pundaknya patah.
Waktu itu Dante baru bisa jalan, dan lagi senang2nya naik2 kursi, manjat2 dsb.
Hari Minggu, saya memasak di dapur, sedangkan Dante dan Enzo bermain bersama Mbak pengasuh. Dante manjat ke atas kursi kerja (yang bawahnya ada rodanya), dan berdiri di atasnya. Karena dante gerak2, rodanya bergeser dan Dante jatuh dari atas kursi. Jatuh terbanting, badannya kena lantai. Dante menangis keras, dan langsung digendong oleh Mbak pengasuh. Digoyang-goyang dan dikelitikin, sampai akhirnya Dante tertawa.
Saya yang sedang in the middle memasak, jadi tanggung. saya tunggu sampai masakannya bisa ditinggal, saya kecilkan apinya dan saya mengecek Dante. saya lihat sih gak ada luka, dan saya raba kaki dan tangannya gak sakit, karena Dante gak meringis kesakitan waktu saya raba.

Siang harinya, setiap saya angkat untuk digendong, Dante meringis menahan sakit. Saat tidur siang dan tidur malam, rewel sekali.

Hari ke-2 saya lihat ada benolan besar di pundaknya, dan ketika diraba Dante menangis. Oh patah hati jadinya. Saya akhirnya membawa Dante ke dokter anak, dan dokter bilang positif patah tulang :( kemudian Dante dirontgent, dan alhamdulillah, tulangnya masih berada di dalam track, tidak menusuk ke organ lain atau merobek jaringan otot dan kulit. dan biasanya, tulangnya akan menyambung dan tumbuh normal seperti biasa.
tapi untuk mengobati rasa penasaran kami, saya dan suami dirujuk untuk konsultasi ke dokter bedah tulang. setelah berkonsultasi dgn dokter bedah tulang, kami lega karena Dante tidak perlu tindakan operasi. hanya perlu menunggu sekitar 2-3 bulan untuk melihat perkembangannya.
dan karena Dante termasuk anak yg super aktif, dokter tidak menyarankan Dante untuk menggunakan kompresor, tapi dibiarkan bebas bergerak saja. hanya perlu lebih mengutamakan bergerak di pagi hari di bawah sinar matahari pagi. dan perlu fokus memperhatikan gerakannya. karena Dante bergerak cepat sekali, hal ini yg bikin stress karena meleng sedikit saja bisa membahayakan.

Kejadian itu cukup membuat saya trauma, dan jadi over protektif thdp anak-anak. Mbak Pengasuh minta berhenti- mungkin krn merasa gak enak, dan setelah itu saya tidak lagi menggunakan jasa pengasuh.

Memang sih, bukan salah pengasuh sepenuhnya, krn memang pergerakan Dante yg sangat cepat. Karena kejadian itu, saya jd benar-benar menomorsatukan anak-anak. beberapa asisten datang dan pergi, tapi gak ada satupun yg saya percayakan untuk memegang anak-anak. sejak saat itu, anak-anak saya dan suami yg pegang, dari mandi, makan, main semuanya. Kemanapun saya pergi, anak-anak pasti saya bawa, kecuali jika ada papanya.

Agak ribet memang, saya tidak bisa bebas bepergian terutama di hari-hari kerja. tapi saya yakin, pasti gak akan sia-sia. saya dan suami cuma gak ingin kejadian yg sama terulang lagi.

a life-enjoyer mama :)
www.ekadeau.blogspot.com
@ekadeau

18

Topic: Sad story to share...

ya ampun eka..sampe patah gitu? kasian banget Dante.

Emang bener ya Ka.., kita ngga bisa nyalahin siapa2 kalo udah kejadian, memang dari kitanya sebagai orang tua yang harus super sigap menghadapi anak dan mengingatkan pengasuh untuk waspada dalam menjaga anak2. Gw juga gitu, gw gak mau kalo ada apa2 kita nyalahin pengasuh karena kalau udah kejadian, ngga ada gunanya, mendingan kita selalu wanti2 dan melakukan banyak pencegahan. Kalo di rmh, gw akan nutup semua yg tajam (misalnya sudut2 furnitur dan tembok) dengan baju bekas dan lakban. Rumah jadi keliatan jelek, tapi kami smua merasa aman.

Tapi sekarang Dante udah pulih total, kan? salam sayang buat Dante dan Enzo yaaa..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

19

Topic: Sad story to share...

zataligouw, tks sdh membuka trit ini, saya bak di cambuk utk segera melaminate kaca-kaca jendela di rumah, terima kasih sdh mengingatkan ttg bahaya kaca, huhuhu jumat pagi yang bergejolak ini...perut mulas baca sharing2nya. Alhamdulillah para mama punya kekuatan bercerita jadi bisa kita ambil hikmahnya.
Ada beberapa juga kejadian 'sad story to share' yg menimpa anak2, saya akan share nanti ya, skrg nggak bisa fokus ini ingin segera telephon toko kaca..:(

hari ini adalah hari baik

20

Topic: Sad story to share...

sama2 namila. Betulll..banget, gw malah telat, udah ngalamin baru deh di rmh, kaca2 yg dianggap membahayakan kita solasi2in dulu smentara.. ga apa2 aneh n culun kliatannya, yang penting sdh blajar dari pngalaman dan lbh baik mencegah daripada kjadian lagi, apalagi gw skarang punya batita lagi..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

21

Topic: Sad story to share...

sad story-ku based on DIA true story. DIA itu keponakanku. anaknya manis, kalem, pintar, dan penurut. suatu hari, pas usianya 4 tahun, ia mengalami demam (38, 5 dercel). orangtuanya tidak terlalu panik krn masih 1×24 jam. tiba2 DIA kejang selama beberapa menit hingga jatuh pingsan. orangtuanya segera membawanya ke dokter. setelah menjalani rawat inap, dokter menyatakan diagnosanya adl: epilepsi dan ada 9 saraf yang terganggu akibat kejang pertamanya itu. sejak itu, DIA sering kambuh kejangnya dalam berbagai situasi sehingga cukup bergantung pada obat resep dokter.

terganggunya 9 saraf DIA membuatnya harus sering menjalani beberapa terapi paralel. hingga usia 7 tahun, DIA mencatatkan perkembangan yang bagus. secara motorik, sosial, emosional, bahasa DIA terbilang normal, hanya saja fisiknya mjd mudah lelah dan pusing yg menurut DIA rasanya seperto vertigo. keterbatasan fisik itulah yang membuat DIA separuh minggu belajar di sekolah dan separuh minggu di rumah. yang menyenangkan, DIA selalu memperoleh 10 besar setiap kali terima rapor. tentu membuat orangtua yang keduanya kerja itu sangat bangga. oya, yang keren, cara belajar DIA itu lebih banyak secara audio (DIA senang kl adik atau orangtuanya membacakan materi pelajaran di dekatnya. kadang juga DIA merekam suaranya sendiri yang sedang membaca buku :)
sabtu lalu (22/6) DIA dinyatakan naik kelas dan meraih ranking 8. itu adalah rapor terakhir DIA.

tepat 25 juni kemarin alat bantu medis RS dilepas setelah 19 hari DIA koma. DIA mengalami kejang berulang (6/6) hingga kolaps setelah menderita infeksi gusi. saat koma, beberapa kali diagnosa berubah seiring dg perubahan kondisinya, namun meningitis & pneumonia mjd diagnosa utama sepanjang 19 hari koma. napas DIA sudah berhenti sejak 24 juni, sehari berikutnya barulah alat bantu dilepas atas persetujuan keluarga.

bagiku, menangis saja tidak cukup mengantar DIA pergi. aku belajar utk lebih peka thd keluhan Einar, tidak meremehkan demam (krn to
leransi tubuh setiap anak berbeda), dan mungkin jg antisipasi infeksi berat tersebut dg imunisasi (saya sudah menunda pemberian pcv, mumpung Einar blm 2 th, mau segera deh :(). smoga sharingku bermanfaat...

.: a momma who (keeps) learning about mothering from and (just) for baby Ei :.
The moment a child is born, the mother is also born.
She never existed before. The woman existed, but the mother, never.
A mother is something absolutely new ~ Rajneesh

22

Topic: Sad story to share...

Momma Bi..makasih share-nya ttg DIA ya, bikin gw berkaca2. Gw juga deket bgt sama ponakan2 soalnya jadi pasti rasanya ngga jauh beda sama anak sendiri..

iya, pelajaran buat kita semua ya utk ngga mengganggap remeh demam namun jg berusaha ngga panik dan melakukan yang terbaik aja..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

23

Topic: Sad story to share...

huhuhu mbak ZataLigouw kalo saya jadi dirimu sudah pingsan duluan :( mana tahan liat anak tercinta dalam keadaan spt itu, berdarah-darah, palagi saya ga kuat liat darah huhuhu...kakak kenan kuat sekali ya..salam buat kakak kenan yg kuat :)

o iya ini juga ada sad story to share ttg anak sahabatku yg masih 2 bulan sudah meninggal karena atresia billier yg sblmnya pernah diderita sama bayi bilqis :(

http://keluargakhalifah.wordpress.com/2013/06/25/memoar-raihan-sang-permata-jiwa-1/

24

Topic: Sad story to share...

makasih amelkugy, salam dari ken juga :)

huhuhu..baca blog memoar Raihan ngga kuat..sedihh..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

25

Topic: Sad story to share...

baru baca blog keluarga khalifah..sedih bgt :((..

positifnya jd makin sayang sama anak..harta yg tak ternilai harganya..semoga anak2 kita sehat terus ya,,
#jd melankolis gni..hiks