1

Topic: Lidah putih pada bayi

Mamas,
Adakah yg baby nya pernah kena jamur di lidah, yg bikin lidahnya berlapis putih tebal? Anak sy udah seminggu ini kena, jadinya rewel dan nafsu makan turun. Dulu waktu msh umur 2 bulanan pernah kena jg, cuma bisa dikerok pake kasa steril. Tapi skrg udh punya gigi, emaknya gentar ama giginya, mana belum2 udh ngamuk n gamau buka mulut. Coba browsing2, katanya bisa pake yoghurt. Kalo mamas disini punya pengalaman sama, boleh disharing.. tenkiuu..

2

Topic: Lidah putih pada bayi

Mom,baby saya azzam jga kena jamur spt itu,dah dilap pake kasa juga ga ilang,akhirnya kedokter dikasih candistin, dosisnya 3 x sehari @ 1ml,skarang dah berkurang mom jmurnya....

Mamanya Syahid & Azzam

3

Topic: Lidah putih pada bayi

Hai mom, nadira dr lahir sampe skrg hampir 3m jg masi suka putih2 lidahnya, prnh dikasi mycostatin sm dsa nya tp ilang trus timbulg, mgkn gara2 itu jg jdnya putingku masi sering lecet klo aku prhatiin lecetnya pas dia putih2nya lg byk

4

Topic: Lidah putih pada bayi

kemarin jg Salwa (5mo)di diagnosis kena jamur di lidah trus diresepkan enystin nystatin dikasih 2x sehari, tapi aku sdkit heran. selama ini ngASInya lancar, dia jg g rewel, apa benar itu jamur? tau bedanya jamur dg bekas asi drimana ya moms, mgkn ada yg tau. apa kalo bisa ilang itu bekas asi pdhal Salwa agak susah buat buka mulutnya utk dbersihkan(-_-)
maaf y mom g bs kasih solusi tapi malah byk nanya.

??Keep trying 2be a best mother?? (^.^)

5

Topic: Lidah putih pada bayi

Jamur di lidah bayi itu yang kayak sariawan dilidah gitu gak siy mom? ak rancu banget nih... >.<

mohon petunjuk :)

6

Topic: Lidah putih pada bayi

aq juga masi rancu ya..tapi baby nisa pas kmrn ke dsa..katanya klo jamur, ga cuma di lidah tapi juga di dinding bagian dalam mulut..

7

Topic: Lidah putih pada bayi

Sesuai hasil browsing, sy udah kasi yoghurt ke anak sy (17m), Alhamdulillah skrg nafsu makan dah pulih dan putih2 di lidah udah tipis dan tinggal dikit.
klo utk anak < 1th, obat alaminya getah daun jarak.
sy sendiri emang berusaha menghindari obat2an untuk anak, sesedikit apapun, selagi masih ada pengobatan alami.
DSAnya sih gak nganjurin kasi yoghurt, katanya biar sembuh sendiri. Kalo dah mengganggu, baru dikasi antibiotik.
Anak saya, ya keputusan saya :)

8

Topic: Lidah putih pada bayi

aq juga masih rancu, mana yang disebut jamur, atau sekedar sisa asi,

awalnya aku gag tau menahu namanya lidah putih efek sufor/asi, jadi waktu lidahny Cheryl putih2, ampe bibir2nya, aq iseng caritau, searching2,.kenapa lidah bayi ada putih2nya, dan hasilnya katanya bisa jadi jamur,.. #waahh , panik malah...

langsung sms san ma kk di jkrt, ma sepupu di cilacap, yg sama2 punya momongan,..
tanya kenapa,.kenapa?
katanya ituh sisa ASI, kalo bis nenen, diminumin air anget pake sendok, tapi jangan banyak2 kurleb 2-5 sd bayi. (yang ini, langsung dipraktekin)
trus, kalo emang dah terlanjur banyak, dilap pake kasa/handuk/kain yg halus yang dibasahin aer anget, trus diusap pelan-pelan.. (yg ini juga langsung dipraktekin, tapi gag sukses, bahkan yang dibibirpun seolah-olah nyatu ma kulit bibirnya, g bisa sekedar di lap,
apalagi yang dilidah, waktu itu Cheryl 1m , akhirnya untuk cara ini nyerah --- lebih krn takut lecet malah kasian),

sambil mikir cara ngilangin, tiap bis nen aku minumin aer anget,.
eh, besok2nya si oma nya Cheryl(adek nyokap ) masuk2kin jarinya Cheryl ke mulutnya, biar dikemut-kemut gituh,..
Cheryl si seneng ajah, gag dimasukin ajah, dah dikemut ndiri jarinya..
dann,. weww,. terpana, putih2nya ngilang drastis,walau belom semuanya.. dibandingkan waktu aq coba lap...
Kemakan kali yaa,.. Hohoo,
ternyata dngan dia ngemutin jari, ituh putih2 bisa ngilang...

waktu ituh emang Cheryl dah mulai jarang ngemutin jari, sempet aq ga bolehin, krn takut kebiasaan ampe gede, (pengalaman ada tetangga, ampe SD masih ngemut jempol)
dan akhirnya aku biarin ngemut jari,. (sementara,.. #sampe sekarang siii, tapi ga sering, lhah kalo maunya nenen, dikasih jarinya malah tambah ngamuuk,.. :D #udah pinter ,)
dan mpe bener2 nyaris ilang tuh putih, baru aku PD rajin lap pake kain tiap abis nenen, ternyata membantu,
coba deh mamas perhatiin mulutnya tiap abis nenen, biasanya banyak putihnya, nempel di bibir, ituh skrang rajin ku lap tiap bis nenen, sama di minumin air anget (kalo bisa aer masak, jangan aer galon)
dan stlah diamati, bisa disimpulkan, mungkin yang sebelumnya gag bisa dilap ituh, dah kasep kali y,. kelamaan, jadi dilap ga bisa ilang, buktinya, kalo bis nenen langsung dilap, tuh putih2 yang kayak susu ngebeku nempel dibibir langsung ilang dngan 1-3x lap ajah...
HTH, #kepanjangan y,,. :P

oya, aq pernah baca kalo pake sufor lebih mudah terkena jamur lidah dibanding bayi yang ASI

yang bakal selalu nungguin Jumat berakhir, yang bakal kangen berat ma Cheryl, karna mu ninggalin Cheryl kerja rasanya juga beraaaaaaat bangettt,...

9

Topic: Lidah putih pada bayi

rere gemini kemarin aku tanya ma konselor laktasi klo jamur tu trnyta kyak sariawan, putih2 dan pinggirnya merah trus disekitar rongga mulut jg ada seperti yg dikatakan dsanya psu253.
fiuh... akhirnya lega stlh dengar pnjelasan KL q itu
kayopmet ciyus???*halah bhasane apaan sih Riska ini* apa g kepaitan tuh klo dikasih getah jarak
uul cilacapnya mana mom sepupunya,eh sorry OOT *tepokjidat* hahaha.. bsa y mom, pdhl slama ni salwa q larang klo tangan nya mulai masuk mulut.

??Keep trying 2be a best mother?? (^.^)

10

Topic: Lidah putih pada bayi

wah kok sepi ya thread, ini,,berarti bnyk jg mamas d sini yg ngalamin d lidah bayi terdapat lapisan putih,,sama nih dah 1 minggu ini baby keanu d lidah ny terdapat putih kelihatan teballll sekali,,stlh googling ternyata benar apa yg d bilang sama kayopmet cara menghilangkan ny secara alami dgn yogurt & daun jarak...dannn masalah ny baby ku baru berusia 6,5 bln.bukan nya yogurt baru boleh d berikan pd bayi usia 8 bln k atas..sementara sy belum mau memakai obat2 skalipun dari dsa,, uul@ tfs ya,, akan ku coba di praktekkan riska@aku bantu jwb ya menurut link yg aku baca untuk getah daun jarak boleh d berikan untuk bayi d bwh 6 bln dgn cara mengoleskan getah ny d telapak kaki bayi selama 4 hari..ehmm sy blm mencobanya,,secara nyari daun jarak ny rada susah,dan blm ada bukti ilmiah ny jg sih.

11

Topic: Lidah putih pada bayi

iya hernee.., kayaknya hampir semua yang punya bayi pernah ngalamin lidah bayinya putih. Dulu juga anak2ku begitu. Waktu belum tau, aku pikir itu karena sisa asi dan sufor yang numpuk dan mengeras, malah kalo kata sodara, itu tanda bahwa si bayi lagi ngga enak badan, soalnya saat si bayi fit lagi, lapisan putih di lidahnya juga hilang :) maklum deh anak pertama, belum tau banyak..
Setelah tahu kalau itu jamur, selain dibersihin pake kasa, pernah coba pake yogurt dan berhasil. Pernah juga kasih obat tetes (lupa namanya) dan sembuh juga..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

12

Topic: Lidah putih pada bayi

hai mom ZataLigouw...
yoghurt nya dimakan gitu? ato pake yoghurt bersihkan lidah ?

13

Topic: Lidah putih pada bayi

Mom ZataLigouw, yoghurtnya seberapa banyak ya? babyku juga sedang ngalami ini. Thanks ya

14

Topic: Lidah putih pada bayi

Mamas, aku pernah tny sama dsa, katanya kalau lidah putih pada bayi asix krn infeksi jamur itu perlu di cek apakah infeksi jamur jg terjadi di payudara mama nya (ciri2 nya terasa gatal dan panas), nah penyembuhannya jadi harus dr dua sisi (mama dan baby). Mungkin bisa minta resep salep anti jamur ke dsa utk dioles di PD mama.

15

Topic: Lidah putih pada bayi

waktu itu juga sempet ada putih2 dilidah trus kata Dsa nya dikasih obat micostatin apa ya kalo ga salah, trus ga lama ilang deh, ga rewel n nafsu makan balik lagi.

16

Topic: Lidah putih pada bayi

Baby saya juga lagi kena jamur, awalnya saya pikir karena sisa sufor yang nempel di lidah. Maklum baru nyobain top up sufor. Ternyata jamur dong. Cara ngebedainnya adalah kalo sisa sufor biasanya begitu dibersihin ato dikerok pake tangan ilang tapi kalo jamur tidak hilang. Kalo didiamkan lama2 bisa melebar biasanya tempatnya di lidah (paling sering) , di dalem pipi, di langit2 atas mulut dan bisa juga sampe ke gusi. Nah ketika anak kena infeksi jamur ini,biasanya anak jadi males makan karena nyeri dan jadi ngacai teurs2an. nafsu makan dan minum otomatis turun. Beruntung yang masih breastfeed karen PD sendiri lebih lunak daripada dot botol jd biasanya miminya lbh mau klo dia breastfeed ( pengalaman baby yg tadinya lbh attached ke dot jd lbh seneng mimi langsung)

Penyebabnya bisa macem2:
1. karena anaknya dalam kondisi imun turun, sedang atau abis sakit.
2. karena anak sedang atau abis pengobatan dengan antgibiotik, karena antibiotik sendiri membunuh kuman dan kuman2 baik yang normalnya ada di mulut ikut kebunuh akhirnya jamurnya berkembangbiak dengan bebas deh
3. nular dari ibu (kalo masih breastfeed)
4. karena anak lagi dalam masa2nya masukkin segala macem ke mulut yg kita ga tau bersih atau ngganya.

pengobatannya sih saya kemarin dikasih nistatin drop. dikasih 4x/hari dan disemprotinnya ke masing2 sisi mulut yang terkena. bisa juga ditambahin multivitamin kaya becombion syrup buat meningkatkan regenerasi mukosa mulut jadi lbh cepet sembuhnya. sebenernya sih yang saya baca bisa juga dikasih myconazole gel dioles pake kasa steril di bagian mulut yang terkena (dan katanya itu lbh efektif) tp jarang ada dsa yg ngeresepin itu yah? biasanya sih si jamur ini ga berbahaya dan akan sembuh sendiri dlm beberapa hari setelah pengobatan apalagi kalo imunitasnya baik,tp pengobatan harus dilanjutkan kurleb 3 hari setelah gejala ilang. oiya,jamur ini selain di mulut bisa juga di bokong terutama yang masih pake diaper jd jangan lupa dicek yah -.-

terus kalo babynya kena dan ibunya sehat biasanya krn breasfeed ibunya ikutan ketular dan kalo ngga ikutan diobatin (walaupun cuma pencegahan) nanti pas babynya sembuh, ketular lg dr nipple ibunya. gejalanya bisa nipple merah dan sekelilingnya putih, atau jadi nyeri pas diisep padahal biasanya ngga, cracked nipples,dll.

ini berdasaarkan pengalaman pribadi, nanya dsa, dan berguru sama mbah google. CMIIW ^^

17

Topic: Lidah putih pada bayi

Setau saya lidah putih pada bayi itu salah satu gejala alergi ya. Ntah itu susu sapi atau kalo msh asi ya alergi yg dimakan mama nya gituu..

18

Topic: Lidah putih pada bayi

Kensmom, kalau lidah putih pada bayi setauku tidak berhubungan dengan alergi, tapi krn infeksi jamur disebabkan oleh bbrp alasan brkt:
1. bekas susu yg mengendap di lidah bayi yg tdk dibersihkan
2. radang di payudara ibu krn bra yg lembab, karena itu bra atau breastpad hrs sering diganti
3. Infeksi kuman dr tangan ibu ketika memegang payudara atau ketika membersihkan dot utk yg menggunakan botol
4. Dot/botol susu yg kurang bersih

19

Topic: Lidah putih pada bayi

Gitu ya mom.. Mgkn tidak semua lidah putih alergi. Mungkin ada beberapa kasus hehe.. Soalnya baby ku kasus dengan gejala seperti itu. Habis diganti pepti junior dan ke HA jd gak putih2 lagi lidahnya bersih sama sekali..

20

Topic: Lidah putih pada bayi

Hoo brarti bisa jg karena alergi jenis susu tertentu yah.. Soalnya dl baby ku kena lidah putih nya krn tertular infeksi jamur di payudara hehe..

21

Topic: Lidah putih pada bayi

setahu aku itu jamur, dulu waktu di bawah 8 bulanan masih rajin di lap pake kasa lidah. setelah itu MPASI/MPASU dikasih yogurt di campur dengan pure buah dan rajin2 di kasih air putih.... memang jauhhhhh berkurang walaupun masih tetep ada. sampe sekarang masih rajin konsumsi yogurt baik2 aja dan tdk mempengaruhi nafsu makannya.

Mamonya demya
"teman hidup" papo demy
Finance & Accounting manager FUCHS Indonesia
Dimana bumi kupijak, Disitu langit kujunjung

22

Topic: Lidah putih pada bayi

Sebenernya dua2nya bisa sih,krn klo alergi memang manifestasi pada bayinya kemana2 : bisa kulit merah, gatal, batuk, tenggorokan bersekret, ingusan, muntah, bb sulit naik, konstipasi, mencret, bahkan lidah putih pada bayi. Eh oot :p

Back to topic, jd emang klo ada putih2 di lidah baby boleh mikir pertamanya bekas susu ato alergi(apalagi klo anaknya alergian) tapi si jamur ini harus dipertimbangkan juga. Masalahnya klo ga cepet2 diobatin,nyebarnya cepet dan anak pasti kesakitan (jd susah makan minum).

23

Topic: Lidah putih pada bayi

Iya setuju mom ayu rono, anak jd susah nyusu krn ga nyaman, in my case, mamanya juga kesakitan krn puting jd pecah dan lecet gt huhu.. Tiap latch on pake muka mengeryit dulu, kapok deh..

24

Topic: Lidah putih pada bayi

Dulu Nami juga sempet berjamur lidahnya, ditetesin obat jamur 2x langsung ngelotok..

@NoonKey
Istrinya Apah, Umahnya Anami dan Nayyara

25

Topic: Lidah putih pada bayi

maaf bunda..mau nanya, yoghourt bisa dibeli dimana?ada merk khusus untuk bayi 8bulan?
lalu cara pemberiannya gmn?
soalnya lidah baby sy putih dan baru hr ini aroma bau mulut agak berubah.terima kasih