1

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

soRella..
kebayang tuh problematikanya hihihi..soalnya aku juga ngalamin saat kedua anak yang besar masuk SD di daerah Depok ini, ada pelajaran bahasa Sundanya. Awalnya sih ga tlalu kpikiran ya, eh pas suatu hari abang pulang dengan nilai bahasa Sunda tiga!, langsung deh kalang kabut, sampe minta mbak-nya untuk ajarin. Lama2 nilai mereka malah bagus2, ya karena udah terbiasa dapet pelajaran tersebut dan karena bantuan mbak-nya juga :) makasih banyak ya mbakkk :)

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

2

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

Hai mamas semua
mohon sarannya yah, anak ku 3 tahun sudah masuk preschool ,english speaking dan ada tambahan bahasa mandarin ( tahap pengenalan ) nah July besok pindah ke nursery dan ada 2 pilihan mandarin class dan non mandarin class. Hasil report progress anak ku, si kakak punya bakat dan minat di Mandarin krn suka nyanyi2 di hall dengan lagu mandarin dan lebih berani dibanding teman2nya .Dirumah juga sama mom suka nyanyi2 lagu mandarin. aku sama suami sama sekali engga bisa bahasa mandarin, aku tau sedikit2 krn pernah belajar tp hanya basic saja ( waktu sekolah )..duhhh moms mohon sarannya ya, kira2 masukin ke kelas yg mana yah ? secara anaknya suka sama mandarin, tp takutnya kedepannya bosan. Pls help ya mamas semua

" Finally mummy and always love my Baa baa...."

3

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

Akhirnya nemu tret ini juga.... Mak,ada belum yg share stori ceko family? Boleh ya ta critain dulu background linguistic keluarga kecil kami. *jreng jreng jreng!*
Suami warga ceko dan tidak berbahasa inggris, sy juga ga bisa bahasa ceko dan males aja suruh belajar bahasa ceko. Maka suamilah yg belajar bs inggris. Plis deh, ga malu ama rambut? Hahahahaha. Hal ini jugalah yg membuat sering miskomunikasi. Jadi kalo partner mama hanya bisa perancis, rusia, mandarin, dkk, mama sangatlah beruntung. Masih ada tempat kursusnya. Kalo ceko? Ada refrensi mama?
Sekarang sudah agak mendingan 50kata/tahun perbendaharaan kosakata bs inggrisnya *50 is already a good number ya mak*
Dulu, merry christmas saja dia ngga tau. *tepok jidat* Dan kami sepakat tidak akan menekankan grammar. So, talking to him in correct english is not a good idea. Ora mudeng!
Yg jadi permasalahan adl: dia akan selalu berbahasa ceko ke anak kami, dan menuntut saya bicara hanya bahasa inggris saja ke anak kami. Krn dia pikir bahasa indonesia akan otomatis bisalah, nanti teman2nya kan pake bahasa inggris. Tapi koq aneh ya rasanya, dengan modal lulusan pendidikan bahasa inggris univ jogja yg sudah lama ga dipake koq aku ga PD ya? Dan seringnya tiap kaget, ato Trudy rewel, ya yg keluar basa Jawa (yg suami kurang setuju kalo diajarkan ke Trudy). Hello... But that's my mother tongue.. I can speak English, but as a school teacher! Not as a mother. Mungkin mind-setku yg salah. Dan pertimbangan suami yg nyesel banget dulu ga pernah belajar bahasa inggris, jadi anaknya ini harus bisa bahasa inggris demi besok kalo cari kerjaan gampang.
Punya cerita nih, di Bali ada temen (orang Toraja) yg dpt org ceko juga. Anaknya akhirnya ya bahasanya campur2. Si bapak bahasa inggrisnya asal2an (tp masih mending dibanding suamiku, heheh) ibu bahasa inggrisnya juga kurleb sama.

Apa ya jalan terbaik yg harus kita pilih utk mendidik anak kami supaya dia bisa cerdas berkomunikasi? Apakah ini waktu yg tepat utk saya bicara bahasa inggris aja ke Trudy? Atau sy mulai dgn bahasa indo/jawa dulu? Adakah yg harus diperbaiki dari kami? *pasti banyak yah,cuman apaaa gitu heheh

Sarannya ya moms.. TIA...

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

4

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

ayuning..menurut aku, gimana kalo pilih yang ada Mandarin class-nya aja? karena umur dia kan masih di golden age yang mampu menyerap banyak bahasa dan ilmu. Kalo memang dia ternyata bosan, toh nursery ga tlalu lama ya? tapi yg lebih tau apa yang paling tepat untuk si kecil, ya mamanya :)

IndriBracov..lucu juga latar belakangnya :). Sekedar masukan, lebih baik Trudy diajak berkomunikasi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan tetap diajarkan bahasa Inggris, kalau perlu les juga biar tambah mantep. Jadi dia tetap lancar bahasa Indo dan bisa selalu praktek bahasa Inggrisnya dengan ibu dan bapaknya.., kalo ternyata Trudy lebih cepet pinter, kan bapaknya bisa terpacu untuk belajar bhs Inggris dng lbh semangat, minimal gak 50 kata/tahun, kan? ;p

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

5

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

Nah, kan? Kalo aku bicara bahasa indonesia itu penting juga kan? Aku sih seneng banget kalo ternyata Trudy bisa casciscus ngomong bahasa Inggris sesuai harapan. Tapi kesandung akunya yang ngga Native-like, malah jadi bahasa inggrisnya kaku lah, ngga bener lah, ato gimana.
Rencanaku juga akan diberi full bahasa ceko (ini juga harus bisa, keluarga di ceko ngga ada yg bisa bs inggris. Oya, papanya sekarang bahasa inggrisnya paling bagus sekeluarga dan teman2nya yg di sana loh! *bangga*), bahasa indonesia (mother tongue nya emaknya) dan diselipin bahasa inggris (didukung les yg 'ambisi emaknya' gurunya harus native speakers / EF). makanya ikat pinggang dikencengiiiiin sekenceng-kencengnya demi bisa ngirim anak kursus yg biayanya pasti bakal tinggi banget - juga biar jangan cuma 50kata/tahun x_x

Oya mom, tanya deh sekalian. Temen kita yg orang toraja itu waktu anaknya (Roman) 9m udah ngerti kata2 dalam bahasa ceko: 'Roman je cunyo!' (Roman jorok!) dan dia geleng2, sambil bilang 'Ne ne ne ne!' (no no no no). Koq sampe sekarang Trudy (hampir 10m) kayanya belum dong apapun yg aku n suamiku omongin yah? dipanggil namanya, misal lagi mainan kabel juga koq ngga nengok2. biasanya nengok, tapi kalo lagi main harus kitanya bernada agak tinggi: ANEZKO! (nama rumahan Trudy) baru perhatian dia teralihkan. sampai sekarang sepertinya belum mengerti makna 'jangan', entah pake 'NO!', 'NE!', 'TIDAK', 'JANGAN', 'OJO', 'AMPUN'. dan makna2 lain ketika dipuji 'pintar' entah pakai 'SIKOVNA', 'SMART', 'PINTAR'. selama ini kalau kita tepuk tangan dia ikut tepuk tangan. saya bilang 'tatata' dia juga bisa nirukan. dadah juga bisa ngikuti, diajak ketawa juga bisa. tapi koq memahami ujaran/makna yg kita bilang koq belum yah? wajarkah itu?

aku sih menyadari setiap anak itu unik dan berbeda-beda. tapi perbedaan itu sampai mana yg bisa dikatakan perbedaan yg wajar? *galau lagiii

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

6

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

halah IndriBracov galau lagi hihi.. gak usah terlalu dipikirin, jalanin aja, seperti yang Indri bilang sendiri, anak-anak itu beda-beda, punya kelebihan dan kekurangannya masing2, tinggal diarahin aja..mudah2an dengan berjalannya waktu semuanya makin lancar..aminnn..

sbg gambaran, anak gw yang pertama jalannya cepet, ngomongnya agak telat, sedangkan yang kedua terbalik, jalannya lama, ngomongnya cepet. Ehhh yang ketiga gabungan kakak2nya, jalan cepet, ngomong cepet :)

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

7

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

indribracov kalau menurut gue,mungkin diajarin 2 bahasa dulu, ceko papa nya indonesia mama nya. takutnya terlalu dini buat si anak untuk menyerap banyak bahasa,dan jadinya malah takut untuk ngomong dan ngga ngerti perintah sederhana.

ini bukan pengalaman pribadi gue sih,cuma beberapa temen dan sodara gue ada yang ngoyo ke anaknya untuk langsung bisa beberapa bahasa,dan hasilnya ada yang pinter ada juga yang malah bingung dan takut (salah) ngomong.

Tapi balik lagi ke ortu sih baiknya gimana,karena yang tau anak2nya kan pasti ortunya sendiri :)
CMIIW ya

Love my kids

twitter & IG : @ndiievania
blog : https://ndiievania.wordpress.com/

8

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

Indribracov aduh baby Trudy lucu sekali...cium cium!
Kita lumayan punya kasus yang sama dimana ortunya bilingual. Just for info, saya dan suami speak english and french fluently (2nd mother languange). Tapi kita beda nationality. Suami maroko, saya indo.... Dan kami putuskan, saya bicara dengan baby Sarah bahasa indonesia, dan suami bahasa arab. Tanpa dicampur2 dengan bahasa lainnya (french or english). Pure one languange one parent. Karena dua bahasa itu, is where she comes from...dan dengan begitu kita harap baby Sarah 100% fluent in a languange. Ga setengah2. Takutnya kalau sarah dicampur2 bahasa english, indo and french all together, nanti malah bingung....
Well itu yang kami lakukan siy mom... Mudah2an bisa bantu...

9

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

IndriBracov - hahahha, latar belakangnya lucu banget! seru, rame... hihihi.

aku rasa, kalo aku diposisinya indri, kayaknya bakal ama seperti yang Nyu2n deh. tiap orang tua pake mother tongue masing2, tanpa dicampur2 dengan bahasa lain (papa ceko, mama indonesia). soalnya kayaknya ribet kalo mesti ngomong ke anak sendiri pake bahasa yang kita ga terlalu fasih.

by the way, katanya kalo raised di multilingual home, si anak ada tendensi utk agak lebih lama mulai ngomong. jadi kalo Trudy blum ngobrol, gapapa... santai aja, mungkin rada lama pick up-nya.

? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia

10

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

IndriBracov gue juga setuju sama thalia dan nyu2n. sebaiknya diajarkan bahasa yang mama & papanya ngerti 100% dulu. jadi dia punya konsistensi. nanti lama2 juga pasti deh terekspos dengan english, apalagi jaman sekarang kan bahasa inggris sudah lumayan jadi bahasa sehari2. kalo bahasa kerennya, itu pake ilmu OPOL (one parent one language).

nanti kalau anak sudah agak gedean dan sudah lancar, baru mulai bisa di expose dengan bahasa ke tiga. tiap anak emang beda2. dan kemampuan anak untuk menyerap linguistic itu juga beda2. ada yang emang cepet, ada yang gak. jadi gak bisa sih kita paksa atau sama2in. yang penting emang basicnya ada dulu, biar ga bingung.

dan iya, katanya kalo anak dibesarkan di keluarga yang multilingual gitu emang jadi lebih lama ngomongnya.

? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta

11

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

Iya, setuju jg sama Nyu2n, mantepin bhs ortu dulu baru bahasa lain ya..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

12

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

Ikutan share yah,
kalo sy dengan suami sudah sepakat pas masih belum punya anak, nanti begitu lahir, bahasa yg dipakai di rumah harus bahasa mandarin. Mother tongue sy hokkian, dan di daerah asal sy di Riau dari kecil sudah terbiasa nonton siaran tv nya yg dari parabola (tv taiwan). Jadi untuk mandarin untuk sy sendiri bisa dibilang cukup fasih, walaupun kurang bisa menulis hurufnya.

Yang jadi kesulitan sih suami sy, karena dia sudah terbiasa dari kecil berbicara bahasa indonesia, hokkian cuman dapat dari orang tua, dan karna keengganan dia berbahasa hokkian, di rumah pun sedari kecil jawab ke ortunya bahasa indo walaupun diajak ngomongnya hokkian. Untuk mandarin malah sama sekali 0.

Tapi semua lancar aja tuh, Melody ketika mendekati umur 1 thn mulai berceloteh.. papa nya juga karna merasa mandarin bahasa yg penting, juga ikutan ngomong mandarin sejak Melody lahir, walau dengan intonasi yg lari dan terbata2. Bisa dibilang jadinya belajar mandarin berbarengan dengan Melody.

Di umur Melody yg sekarang, hampir 4 tahun, kita sekeluarga sehari2 menggunakan bahasa Mandarin terutama ketika berbicara dgn Melody. Ada sih bbrp occasion, papa nya kalau mau omel melody tanya dulu, ini bahasa mandarinnya apaan ya ? :D baru lanjut omelnya hahaha

Untuk bahasa indonesia nya, dari umur 2 pun melody sudah mulai menyerap dikit2, karna suami dan sy kebanyakan berbahasa indo kalau ngobrol berdua. Lalu yg paling intens itu adalah dari iklan tv. Sekarang melody kalau dengar bahasa indonesia sedikit banyak sudah mengerti, walaupun untuk bicara indo masih agak aneh , seperti dengar turis bicara deh hehehe

untuk sekarang pun Melody sy masukkan ke TK yg menggunakan bahasa utama nya mandarin, dan bahasa kedua nya inggris. Untuk bahasa Indo mulai banyak diajarkan tahun depan. Pertimbangan sy sih, karna bhs indonesia, pasti akan bisa karna tinggal nya disini. Nanti kalau sudah besar malah akan ada kemungkinan dia ga mau berbahasa mandarin lagi kalau kita gak pupuk dari sekarang.

So, mengajarkan multibahasa kepada anak, di jaman ini menurut sy sih sgt penting dan perlu. Tapi harus kompak biar sang anak gak bingung bahasa. U/ sy sendiri sih gak pake pembantu jadi benar2 komunikasi sehari2 sama anak relatif gak ada gangguan bahasa selain mandarin.

13

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

IndriBracov, sy juga setuju dengan Nyu2n, lebih baik masing2 orang tua berbicara dengan bahasa ibunya yang ia kuasai. mengenai bahasa tambahan lainnya, dengan seringnya berinteraksi dengan bahasa asing tambahan tsb, kemampuannya pasti otomatis akan terasah. sy juga pernah membaca dan mendapatkan pengajaran ttg tematik ini, dikatakan bahwa dasar bahasa ibu yang kuat akan menjadi fondasi yang kokoh untuk pengajaran bahasa asing lainnya :).

14

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

Blacksugarsweet..kebayang lucunya Melody ngomong pake semua bahasa itu :)

iya, menurut gw juga gitu, multibahasa penting bgt, tapi memang tergantung orangtuanya mau fokus ke bahasa mana aja, biasanya tergantung bahasa ortunya, misalnya gw, selain bhs indo dan bahasa daerah masing2 ortu (menado, padang, batak), kami berusaha agar anak2 jg terbiasa dengan bhs Inggris. Emang agak susah sih krn sehari2 di rumah kami pakai bhs Indo. Paling2, selain belajar di sekolah dan les, kami membiasakan anak2 membaca dan nonton acara berbhs inggris, biar sering denger dan terbiasa aja..

twitter and IG: @zataligouw
Blog : http://www.zataligouw.com/

15

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

Udah lama banget ga mampir ke tret ini. Ternyata banyak yg respon.. Tapi intinya sama yah, lebih baik dimantapkan bahasa ibu kedua ortu dulu baru bahasa lainnya mengikuti. Masih diperdebatkan dgn suami sih, soalnya masih ngotot harus ngomong bs inggris. Dan maksudku udah dirumuskan sama thalia , masa ngomong sama anak sendiri pake bahasa 'planet' lain? Thanks ya mom Zataligouw, cindy, sLesTa, inayati.. for the responds.. *cium balik tante Nyu2n, baby Sarah pasti kiyut jugak.. Group hug yuk everyone...

a wife of a crazy, amusing, charming comedian
a mother of a cute, magnetising princess :cool:

16

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

Hmm, metode dulu juga tetap berjalan bagus sih, tp kalau jaman sekarang mungkin bisa ditambah dengan berbagai media yang sudah meakin banyak. Seperti TV, gadged, dll. Tapi yang paling utama kemahiran ortu dia juga sih, biar nanti bisa nyambung jika komunikasi.

Masih calon mama ;) - Temenan di FB juga yuk! https://www.facebook.com/ochyi

17

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

kalo metode saya sih, karena saya anggapnya dia akan tumbuh di jakarta dan diindonesia. bahasa indonesia nya jarang saya ucapkan ke dia. lebih ke bahasa daerah ortu dan english. masih kata2 yang simple aja sih seperti good morning, good night, give me five, dll

18

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

Sy sudah coba metode One parent One Language ni mom, tapi pada prakteknya anakku malah bingung pada saat dia mau mengungkapkan ide2 nya dia.. jadi waktu itu aku sekolahin ke kidea tapi krn disana langsung menggunakan english n chinese dgn limited indo, jadi nya dia pasif banget dan gak sebawel dan seactive biasanya..setelah 3 bulan gak mau ditinggal papa nya (suamiku ngikut terus selama sesi pelajaran di pojok kelas wkwkwk..) akhirnya kita pindahkan kesekolah yang sekarang untuk kurikulum nasional plus nya, jadi mainly pake bahasa indo.. tapi "diperkenalkan" dengan bahasa english and chinese nya..nah disana dia lebih semangat krn dia bisa menyampaikan ide2nya dia dan apa yang dia suka atau gak dengan baik, dan untuk selanjutnya kyknya aku mau masukin dia ke sekolah lanjutan yang nasional plus aja.. krn mnrt ku bahasa itu bisa dipelajari, dan yang terpenting nnt kalo ada rejeki bisa kuliahin mrk ke luar negri hehehe.. ^^

19

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

hi all.. salam kenal.. mau ikut share yaa.

meskipun belum punya anak, tp aku mau coba share untuk mengajarkan bahasa ke anak-anak nih.. mengacu pada metode yg diterapkan papaku dulu waktu aku masih kecil. papa mewajibkan kita untuk terbiasa berbahasa Mandarin. karena dulu agak boring dan males untuk lihat tulisannya, jadi agak sebel klo disuruh les mandarin. setiap les pasti aja ada yang aku lupa nulisnya.

papaku lalu mencoba metode lain (mungkin krn udah cape ngomel2 meminta kita untuk belajar).. papa menempelkan setiap benda dengan label yang isinya bertuliskan huruf2 mandarin. seperti tv, meja, kursi, rak buku, lampu, tempat tidur, pintu, jendela, dll. awalnya memang agak merusak interior rumah, krn ada label2 kecil di mana2.. tapi dengan metode ini, mau tidak mau aku pasti melihat label itu, dr hari ke hari huruf itu secara tdk sadar masuk ke memori kepalaku, lama2 aku jd terbiasa dan hafal. Tanpa harus mendengar omelan2 papa, juga tanpa harus sengaja meluangkan waktu membuka buku pelajaran mandarin.

menurutku pribadi, berdasarkan pengalamanku, anak2 akan mudah menyerap apa yang dilihatnya secara visual. banyak yg bilang bahasa mandarin susah, gk bisa hafalin huruf2nya, dll. mungkin karena kapasitas pelajaran mandarin hanya lebih difokuskan baca (textbook dan bacaan) dan tulis (relatif susah untuk anak2 usia dini).

sekarang ini sudah banyak sekolah2 yang memasukkan bahasa mandarin ke dalam kurikulum mereka. menurutku bagus, selama guru tidak memaksakan si anak untuk menulis, membaca, menghafalkan dengan cara kilat, karena perlu proses yg relatif lama untuk anak2 preschool khususnya. (aku aja dulu SD lemot banget.. hehehe..). anak2 juga perlu menyerap apa yg dipelajarinya melalui aktifitas2 dan gambaran secara visual. (flashcard, video, story telling dengan menggambar, alat peraga). sehingga bahasa yang dipelajarinya menjadi pelajaran yang fun, tidak membosankan, dan pastinya tidak bikin anak menjadi trauma dalam mempelajari bahasa tersebut.

mungkin metode yang diterapkan papaku ini bisa digunakan tidak hanya untuk bahasa mandarin, bisa juga untuk diterapkan dengan bahasa2 lain. jadi buat mommies yg bingung mengajarkan anak2nya bahasa lain selain bahasa ibunya, semoga sharingku ini bisa membantu..

20

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

Menunggu anak bisa menguasai satu bahasa dulu.
Supaya bila ada kelainan dalam speech bisa dideteksi. Setelah itu bisa bagi tugas misal mama bicara bahasa A papa bahasa B.

21

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

Hi moms! Semoga threadnya rame lagi ya. Butuh masukan banget soal multilanguage nih. Karena aku gede diajarin dua bahasa, Indo-English, sekarang lebih thrive di English daripada Indonya. Padahal pengennya ngajarin lebih banyak Indo biar dia confident ngomong Indo. Do OPOL works?

As for now, (24m) anaknya si udah ngerti beberapa kata dalam kedua bahasa; kaya kiss-cium, anjing-dog. Tapi tetep, karena sama mama di rumah, jadinya banyakan ngomong Englishhhh. :')

Awesome's mama

22

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

aineerg,
OPOL so far oke :) at least waktu anak pertama... bapak english, aku indonesia. tapi anak ke dua karena udah tinggal di jakarta kompak pake indonesia :D. jadi memang bahasa inggris kid #1 better daripada kid #2.

ahahaha... lucunya jed. :)
tapi anak2 emang cepet nangkep banget sih yaaa.

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita

23

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

Hwaa..dulu prnh cari thread ini kok ndk nemu yaaa..malah prnh buat topik baruu krn nd tau udh ad pmbhsnny dsnii..mau bacaa dr awal dluuu ah...

Deevahawk | triosagittarian

24

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

Duluu banget sudah pernah baca thread ini, tapi dulu belum terlalu relevan dengan kondisi saya. nah, sekarang, baru lebih nyambung. Udah tambah panjang nih threadnya *maraton baca dulu*

*Lalu mau ikutan share juga*
Anak saya (Alif 3,5 tahun) saat ini termasuk kategori anak bilingual, persis seperti ayah dan ibunya. Ibu: bilingual Sunda dan Indonesia, ayah bilingual Jawa dan Indonesia..haha. Bedanya, anak saya saat ini bilingualnya bukan dengan bahasa daerah, tapi bahasa Indonesia dengan bahasa Jerman.

Karena sejak umur 2 tahun masuk day care berbahasa Jerman (karena kami pindah ke Jerman), jadilah di sana dia berkomunikasi dengan guru-gurunya hanya dalam bahasa Jerman. Mulai dari tidak paham dan cuma bengong, sampe bisa paham dan lancar ngomong. Saya juga membacakan buku anak-anak berbahasa Jerman untuk Alif, agar dia belajar juga bahasa tulisan formal lengkap dengan latar belakang budayanya.

Di rumah, saya dan suami (hampir) selalu mengajak Alif berbahasa Indonesia. Kadang-kadang saya ngomong pake bahasa Jerman, tapi jarang banget. Soalnya saran dari DSA nya Alif, sebaiknya di rumah pake bahasa ibu dan biarkan dia belajar bahasa Jerman dari lingkungan native-nya. Saya juga membacakan buku anak-anak berbahasa indonesia serta sering mendengarkan lagu anak-anak berbahasa Indonesia, agar si Alif nanti bisa juga menulis dalam bahasa Indonesia.

Saat ini, setelah yakin alif lancar berbahasa Indonesia dan Jerman, saya mulai memasukkan bahasa inggris, dengan cara membacakan buku dan mendengarkan lagu anak-anak serta sesekali tontonan berbahasa Inggris. Sedikit-sedikit, dia mulai paham kata-kata sederhana dalam bahasa inggris. Meskipun saya hampir tidak pernah berbicara padanya dalam bahasa inggris.

Tapi saya sering khawatir..apa kah yang saya lakukan tidak kebanyakan (dan berlebihan)? Plus, sebenarnya saya masih ingin mengajarkan bahasa Sunda pada Alif :D.

25

Topic: Mengajarkan Multibahasa Pada Anak

tatats,
duhhh seneng deh bacanya pake senyum-senyum gini tats! :) aku juga sama banget kayak dirimu, bilingual sunda indonesia. :D

wiii seneng banget yaaa alif udah lancar bahasa jerman. setuju banget tats dengan saran dari DSA. anak-anak cepet banget "switch" dari bahasa di rumah dengan bahasa lingkungan sekitar. sama lah kayak kita dulu... di rumah bahasa sunda tapi begitu di sekolah, bahasa indonesia.

tats, imo... tiap anak kan berbeda. kalau dirasa alif udah siap dikenalkan dengan bahasa inggris, kenapa ngga kaaan? :)

ih jadi pengen ketemu alif deeeh. :)

? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
@ninityunita