mrshandsumh you're welcome Al, hmm yg kelihatan berbeda, dibanding sama apa ya, hehe krn gue ga liat2 sekolah lain. Kl dibanding sama jaman gue dulu yg sekolah di sekolah nasional biasa tentunya, secara dulu belum ada, ya memang sekolah yg berbasis international sih terasa anak2nya jadi lbh aktif jg, mereka gak hanya belajar satu arah, tp jg sangat diencourage untuk berpendapat, participate, presentasi. Jauh lebih aktif lah daripada jaman gue sekolah dulu. Mereka dari kelas 1 SD aja udah terbiasa untuk present, telling story, kerja kelompok.
Kl gak salah inget, ipar gue pernah cerita jg, anaknya sekolah di Al-Azhar, nah di sana ya masih tuh model gurunya yg terus jadi ga suka kl anaknya terlalu banyak nanya, bisa jadi ini sih hanya personality gurunya aja. Tp kl di Binus in overall, guru2nya selalu open kl muridnya banyak nanya, kadang ya harus di rem, tp gak disebelin, malah guru2nya suka kl murid2nya aktif.
Trus soal pelajaran jg lumayan susah dan banyak quiz/test.. Di binus setiap minggu ada spelling test: english, bahasa, mandarin.
Untuk pelajaran, ada 5 main subject: english, science, math, bahasa indonesia, mandarin. Sementara subject2 lain kaya: art, social studies, music, olahraga, agama, itu disebutnya sebagai specialized subject. Yg mainly menentukan ya 5 main subject itu. Krn international ya bahasa pengantar bhs inggris, kecuali pelajaran bahasa indonesia dan social studies. Binus Serpong tadinya nasional plus, tp 3 taun lalu udah jadi international, jadi kalau mau Ujian Nasional itu nggak wajib, kl anaknya memang mau ikut ujian nasional nanti dikasih pelajaran tambahan sama Binus pas udah kelas 6..
Kira2 gitu sih, awalnya gambaran gue itu kl sekolah international takutnya terlalu santai, krn kan ada yg bilang kl itu disesuaikan dgn anaknya, anak diharapkan lbh aktif, otak kanan supaya lbh berperan etc, tp sepertinya untuk cambridge it doesn't happen. Kl dibanding jaman dulu gue sekolah pelajarannya tergolong cukup susah sih. Yang tadinya gue berpikir enaknya guru SD kelas 1 jaman sekarang ga usah repot2 ngajarin baca, krn skrg kan baca jadi bahan tes masuk ke kebanyakan SD, skrg gue malah jadi salut bener, ngajarin baca sih nggak, tp gimana coba ngajarin logika untuk soal matematik yg udah pake soal cerita, bukan lagi simply 1+1 = berapa or 15 + 2 = berapa..
Mudah2an bisa kasih sedikit gambaran ya..
Mungkin di sini ada yg anaknya sekolah di sekolah berbasis IB, gimana pengalamannya?