1

Topic: Cara Mendidik Anak Agar Sholeh

Siapa yang tidak menginginkan anak kita kelak menjadi anak yang sholeh? Ingat, anak yang sholeh adalah merupakan sebauh amal jariah. Mengapa? Karena jika nanti suatu saat kita telah tiada, anak kita yang sholeh akan terus mendo’akan kita. Oleh sebab itu, sudah seperti kewajiban tentunya agar kita berikhtiar untuk mendidik anak kita untuk menjadi hamba yang sholeh.

Berikut beberapa cara mendidik anak agar sholeh sejak dini:

1. Anda sholeh, maka anak anda sholeh

Jadi sebaiknya sebelum anda berebu-gebu menginginkan anak anda menjadi seorang yang sholeh, alangkah baiknya anda bercermin ke diri anada terlabih dahulu. Bagaimana sholat anda? Bagamana perlakuan anda kepada orang tua anda dll. Baru setelah itu anda transper kepribadian anda kepada anak anda sendiri.

2. Beri contoh yang baik

Orang tua sebagai panutan pertama anak harus bisa memberikan suri tauladan yang baik dalam kesehariannya. Misalkan: sholat berjama’ah, menjaga ucapan, berkata sopan, dll. Ingat ada pepetah mengatakan “buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya”

3. Pahami masa pertumbuhan anak

Pendidikan anak dari usia 1 – 5 tahun memiliki tahapan atau tata cara yang berbeda. Saat 1 -2 tahun ajarkan dia berbagai macam contoh yang baik (sama seperti poin ke-2). Saat 3 – 5 tahun, mulai berikan dia disiplin. Berilah dia porsi waktu yang tepat untuk bermain, belajar, dll. Disaat 7 tahun ke atas, anda sudah harus lebih mendisiplinkan dia lagi, bahkan anda boleh menerapkan konsekwensi berupa hukuman jika dia melanggar, misal dengan mencubit, menjewer, dll tapi bukan degan emosi melainkan kasih sayang. Kemuadian, di saat 10 tahun ke atas, berilah dia sebuah tanggung jawab penuh akan sesuatu. Misal dia memiliki tugas di rumah sebagai tukang rapi ruang tamu tiap hari Minggu, dll

4. Perhatikan lingkungan sekitar rumah dan sekolah anak

Usahakan anda berkeluarga dalam lingkungan sekitar yang baik. Sehingga mengurangi pengaruh luar yang buruk. Lingkungan tempat tinggal misalnya, libatkanlah anak anda ke pengajian anak-anak atau bekerjasamalah dengan orang tua lainnya untuk pendidikan sosial mereka. Hal serupa juga perlu anda terapkan di sekolah tempat dia menimba ilmu.

5. Tawakal, sabar dan iklhlas

Mendidik anak bukanlah hal yang gampang, ada kalanya anda akan merasa jenuh apalagi kalau misalnya pendidikan yang anda berikan tidak diterima oleh anak anda. Di saat anda mengalami hal ini, maka dekatkanlah diri anda kepada Allah, berdo’a dan bersabarlah. InsyaAllah ikhtiar anda pasti akan mendapatkan jawaban dariNya.

Mungkin itu saja beberapa cara mendidik anak agar sholeh, silahkan terapkan ke dalam keluarga anda.

Masih calon mama ;) - Temenan di FB juga yuk! https://www.facebook.com/ochyi

2

Topic: Cara Mendidik Anak Agar Sholeh

bagus nih, tapi beri contoh aja kayanya kurang. harus beri pengertian. soalnya kalo keluar rumah aja, dia udah gak punya dasar yg kuat krn hanya mencontoh. istilahnya, gampang goyang imananya. apalagi jaman kapitalis gini, anak kita udah bagus di rumah, pas sekolah bisa ancur krn pergaulan. IMO loh

Freelance Photographer | 3D Architecture Impressionist

3

Topic: Cara Mendidik Anak Agar Sholeh

Hai mom...mempunyai anak soleh/solehah memang idaman setiap keluarga muslim yaa sepertinya...

boleh nambahin yaa..

.)Nafkah yang halal juga merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan dalam rangka pembentukan anak untuk menjadi soleh/solehah...nafkah halal, makanan halal baik dari jenisnya yang memang termasuk makanan yang dihalalkan , cara pengolahannya dan cara mendapatkannya..

4

Topic: Cara Mendidik Anak Agar Sholeh

thanks momy

5

Topic: Cara Mendidik Anak Agar Sholeh

tipsnya bagus banget mom...masing2 anak beda2 ya cara mengasuhnya ya.